Yang tidak termasuk peran penting dalam bola voli, adalah

Postingan tentang pertanyaan "tuliskan 4 peran penting dalam permainan bola voli" beserta jawaban pembahasan dan penjelasan lengkap.

"mau dapat uang dari kartu prakerja klik disini "

Jawaban

Tuliskan 4 peran penting dalam permainan bola voli yaitu (1) Tosser atau pengumpan adalah orang yang bertugas untuk mengumpankan bola kepada rekan-rekannya dan mengatur jalannya permainan, (2) Spiker bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan, (3) Libero adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh men-smash bola ke seberang net, dan (4) Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.

Baca juga: cara pakai google meeting

Selanjutnya, saya sarankan kamu untuk mambaca postingan pertanyaan jaringan yang mempunyai peran sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan adalah beserta jawaban pembahasan dan penjelasan lengkap.

Pembahasan dan Penjelasan

Perlu kamu ketahui bahwa pertanyaan "tuliskan 4 peran penting dalam permainan bola voli" yang saya berikan merupakan jawaban dengan pembahasan dan penjelasan lengkap.

Jawaban dari pertanyaan "tuliskan 4 peran penting dalam permainan bola voli" yang saya berikan melalui proses moderasi para tim ahli di bidangnya.

hp murah RAM besar

Yang dimana pertanyaan "tuliskan 4 peran penting dalam permainan bola voli" melewati proses pengkajian untuk menemukan jawaban paling benar dan akurat.

Kesimpulan

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan "tuliskan 4 peran penting dalam permainan bola voli" yang kami publikasikan.

Apakah Anda sedang mencari di bawah ini yang bukan termasuk peran penting dalam permainan bola voli yaitu, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Jangan lupa berdoa biar ilmunya berkah!

Soal: di bawah ini yang bukan termasuk peran penting dalam permainan bola voli yaitu

a. libero

b.tosser

c. jumper

d. defender

e. spiker

Jawaban: jumper

Pembahasan:

Jumper pada sebuah komputer sebenarnya adalah connector (penghubung) sirkuit elektrik yand digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit. Jumper juga digunakan untuk melakukan setting pada papan elektrik seperti motherboard komputer.

Baca juga: Gambar lapangan bola voli beserrta ukurannya yang mudah digambar

Demikian yang dapat teknik area bagikan, tentang di bawah ini yang bukan termasuk peran penting dalam permainan bola voli yaitu. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.teknikarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel penjaskes berikutnya.

TAG:

Rekomendasi 20 Laptop Core i7 Terbaik 2022!

  1. Asus ROG STRIX SCAR II
  2. Asus ROG GL552VW DH-74
  3. Asus ROG Zephyrus GX501VI
  4. Asus ZenBook Pro
  5. MSI GF 63 THIN
  6. MSI GV72
  7. HP Envy – 17T Touch
  8. HP Spectre X360
  9. Dell XPS 13 XPS9343-8182SLV
  10. Dell Inspiron i7559-2512BLK
  11. Lenovo FLEX 3
  12. Lenovo Yoga 920
  13. Lenovo ThinkPad X1 Yoga
  14. Toshiba Tecra A50
  15. Toshiba Tecra 15
  16. Toshiba Satellite Radius 12
  17. Acer Predator Helios 500
  18. Acer GTX 1660TI
  19. MacBook Pro 13 Inchi
  20. MacBook Pro 16
  21. MacBook Pro 13 with Touchbar

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia, olahraga bola Voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain dan berlomba-lomba mencapai angka 25 terlebih dahulu.Dalam sebuah tim, terdapat 4 peran penting, yaitu tosser (atau setter), spiker (smash), libero, dan defender (pemain bertahan). Tosser atau pengumpan adalah orang yang bertugas untuk mengumpankan bola kepada rekan-rekannya dan mengatur jalannya permainan. Spiker bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan. Libero adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh men-smash bola ke seberang net. Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.Permainan voli menuntut kemampuan otak yang prima, terutama tosser. Tosser harus dapat mengatur jalannya permainan. Tosser harus memutuskan apa yang harus dia perbuat dengan bola yang dia dapat, dan semuanya itu dilakukan dalam sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sepanjang permainan. Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain dan mengusahakan untuk mencapai angka 25 terlebih dahulu untuk memenangkan suatu babak.

sumber : https://id.wikipedia.org

Kegiatan ekstrakurikuler Bola Voli di SMK Negeri 52 Jakarta dilaksanakan setiap hari Kamis jam 15.30 s.d 17.30 WIB dan hari Sabtu jam 07.00 s.d 09.00 WIB.Pelatih :Prestasi Pelatih :1) Juara 2 Kejuaraan Bola Voli Putra Jayabaya Cup, Tahun 2018.

2) Juara 1 Kejuaraan Bola Voli MGMP PJOK Jakarta Timur 2, Tahun 2018.

Di bawah ini yang bukan termasuk peran penting dalam permainan bola voli yaitu?

  1. Defender
  2. Libero
  3. Jumper
  4. Tosser
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: C. Jumper.

Dilansir dari Ensiklopedia, di bawah ini yang bukan termasuk peran penting dalam permainan bola voli yaitu Jumper.

[irp]

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Defender adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Libero adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

[irp]

Menurut saya jawaban C. Jumper adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban D. Tosser adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

[irp]

Menurut saya jawaban E. Semua jawaban benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C. Jumper.

[irp]

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

tirto.id - Olahraga bola voli membutuhkan strategi khusus agar memenangkan pertandingan. Untuk menunjang hal tersebut, setidaknya ada 4 peran penting dalam olahraga bola voli sebagai bagian dari strategi pertandingan. Apa saja 4 peran tersebut beserta tugas pemainnya?

Permainan bola voli termasuk olahraga populer di Indonesia. Kompetisi bola voli diselenggarakan di berbagai tingkat kejuaraan, mulai dari tingkat kampung, sekolah, regional, hingga nasional.

Induk organisasi bola voli di Indonesia adalah PBVSI yang merupakan singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Di tanah air, permainan bola voli mulai dilagakan secara resmi di Pekan Olahraga Nasional (PON) 1951 Jakarta.

Sementara itu, organisasi yang menaungi olahraga bola voli di tingkat dunia adalah Federation Internationale de Volleyball (FIVB) yang didirikan pada tahun 1947. FIVB menyusun sejumlah aturan dan cara bermain voli yang dikenal sebagai rules of the game. Aturan itu lazimnya menjadi regulasi resmi dalam permainan bola voli secara global.

Baca juga:

  • Mengenal PBVSI: Induk Organisasi Bola Voli Nasional
  • Apa Saja Syarat Menjadi Wasit Bola Voli?

4 Peran Penting Dalam Permainan Bola Voli

Di antara cara bermain bola voli yang diatur FIVB adalah peranan atlet dalam menguasai permainan. Tono Supriatna Nugraha dalam buku Permainan Bola Voli (2020) menuliskan 4 peran penting dalam permainan bola voli, yaitu sebagai tosser/setter, spiker/smasher, libero, dan defender. Berikut penjelasannya:

1. Tosser/Setter

Tosser adalah pemain yang bertugas memberi umpan pada rekan-rekannya sebelum bola di-smash. Seorang tosser dituntut mempunyai kemampuan otak yang prima karena harus pandai membaca situasi pertandingan dan mampu berpikir cepat saat menyerang dan bertahan.

Selain itu, tosser juga harus mampu mengenali karakter spiker atau tukang smash. Bagaimanapun juga, ia berhubungan dengan spiker dalam hal memberi umpan. Seorang tosser biasanya dipilih berdasarkan postur tinggi tubuhnya. Sebab, keunggulan postur tersebut bisa digunakan untuk membantu tim saat membendung serangan lawan.

2. Spiker/Smasher

Spiker adalah pemain yang bertugas melakukan serangan smash ke pertahanan lawan. Smash yang baik dan berhasil menjadi ajang mendulang poin. Posisi spiker berada di dekat net dan tosser.

Spiker juga dikenal sebagai pemukul sisi kanan, yang mana harus memiliki keseimbangan antara menyerang dan bertahan. Selain melakukan smash, seorang spiker juga harus bisa berperan sebagai blocker untuk membendung serangan lawan.

3. Libero

Libero adalah pemain yang bertugas memberikan passing, khususnya umpan bawah untuk memudahkan tosser dalam melakukan umpan ke spiker. Dengan kata lain, libero biasanya orang pertama yang menerima bola dari lawan.

Pemain yang bertugas sebagai libero harus mempunyai kekuatan dan kelincahan serta teknik pertahanan yang kuat guna menahan serangan lawan dari pukulan servis atau smash yang keras.

Dalam olahraga bola voli, pemain libero punya keistimewaan karena fleksibel dan dinamis dalam menggunakan kostum pertandingan. Selain itu, libero dalam tim voli juga dibebaskan keluar dan masuk arena pertandingan.

4. Defender

Defender adalah pemain yang kedudukannya berada di area lapangan bagian belakang, diperankan oleh dua pemain dan akan bertambah satu jika server telah melakukan servis pertama.

Tugas defender adalah menerima serangan lawan dari segala arah dan memegang peran penting dalam hal pertahanan. Oleh karena itu, defender harus memiliki fisik yang prima dan kemampuan teknik passing yang baik. Terkhusus defender yang kerap menerima bola-bola serangan lawan, sebaiknya ia punya keterampilan passing bawah di atas rata-rata.

Baca juga:

  • Cara Melakukan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli
  • Gerak Dasar Passing Atas dan Bawah serta Servis dalam Bola Voli

Baca juga artikel terkait OLAHRAGA VOLI atau tulisan menarik lainnya Rofi Ali Majid
(tirto.id - rof/hdi)


Penulis: Rofi Ali Majid
Editor: Abdul Hadi
Kontributor: Rofi Ali Majid

Subscribe for updates Unsubscribe from updates