Tari yang melibatkan penari lebih dari 30 orang disebut

Jenis tari [Tari tunggal, berpasangan, kelompok, masal dan drama tari] serta cara membuat proposal tari kreas.

 

Jenis Tari nusantara - indonesia

Jenis tari – jenis tari menurut penyusunan dan penyajian dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya sebagai berikut.
 

#1. Tari tunggal
Tari tunggal adalah jenis tari yang dimainkan mutlak oleh seorang penari. Hal ini berarti bahwa si penari harus mempunyai  kemampuan  trampil dalam olahh gerak, peka tehadap irama gendhing, dapat mengekspresikan tari yang dibawakan, baik koreografinya maupun karakter tari dengan penuh  percaya diri, serta  dapat mengolah/mengisi ruang pentas.  

Sebagai persiapan  dalam belajar tari tunggal  perlu diperhatikan beberapa hal sebagai  bekal yaitu sebagai berikut :

  1. Penguasaan ragam gerak sesuai koreografiPenguasaan irama seiring jiwa/karakter tari
  2. Penguasaan ruang pentas
  3. Rasa percaya diri

Contoh tari putri tunggal antra lain : maniputi, golek, gambyong, batik , bondan.


Contoh tari putra halus tunggal antara lain :
gunung sari, menak kincar, pamungkas


Contoh tari gagah tunggal antara lain :
cantrik, kelinci, topeng klana, gatotkaca, kuda-kuda
 

#2. Tari berpasangan
Tari berpasangan adalah tari yang dibawakan oleh dua orang penari yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya, pada tari berpasangan ini diperlukan keterlatiahan gerak dengan patner/lawan main.pasangannya waktu tampil untuk  mewujudkan keserasian dan keharmonisan. 

Contoh : tari roro mendut, tari damarwulan, dan tari perang sugrowo subah.
 

#3. Tari kelompok
Tari kelompok adalah tari yang disajikan oleh sekelompok penari yang tidak berpasangan, jumlah penari bisa 3 – 4 – 5 atau lebih.


Contoh : tari lenso [ambon], tari pendet [bali] , tari golek [yogya] tari mafian [irian], tari saman [aceh]
 

#4. Tari massal
Tari massal adalah tarian yang dimainkan oleh banyak penari. Penyajiannya memerlukan tempat yang luas seperti lapangan, aula dan lain sebagainya.


Tari yang banyak melibatkan penari [massal] dibedakan menjadi dua bagian yaitu: 

  • Tari kolompok non carita artinya tari dengan bentuk koreografi - Susunan gerak tari kelompok yang bertemakan [non dramtik] contoh tari tunggal gembyong, jaranan tayub, tari dolanan anak.
  • Tari kelompok yang menggunakan cerita [dramatic] dapat diwudkan  frgmen atau cerita singakt - Contohnya tari pejuang sendratari jaka tarub leangendriyan menak, jinggo leno.

#5. Drama tari
Drama tari adalah tari yang dilakukan oleh beberapa orang dan membawakan sebuah cerita biasaya drama tari manjadi  atas beberapa babak.

Tarian yang dibawakan dalam bentuk cerita yang terdiri dari beberapa adegan. Contoh randai [sumatra]. Mahyong [sumatra], wayang topeng [cirebon], langgendriyan kudung [yogya – solo ] wayang orang [ jateng – jatim]

Artikel terkait lainnya : Bentuk pengamatan tari pakerena serta sejarah singkat tari pakarena [sulawesi]

Gagasan atau konsep merupakan ide dasar yang menjadi latar belakang suatu bentuk ciptaan karya tari terutama tari kreasi baru.


Untuk mejelaskan suatu gagasan dituangkan dalam bentuk tulisan yaitu sinopsis.  Dengan sinopsis orang akan paham mengenai isi ringkasan  carita. Di samping  itu, ide  dapa t dituangkan  dengan  membuat proposa,  proposal merupakan  cara menunjukan gagasan ide, pendapat yang betujuan untuk memecahkan persoalan terutama pendanaan, model ataubentuk proposal-proposal berbeda – beda tidak ada patokan yang baku.


Dalam menyusun  gagasan atau ide ke dalam suatu bentuk tari kreasi yang bersumber pada keunikan tari daerah di indonesia diperlukan  persiapan khusus, hal pertama yang disiapakan  adalah proposal. Dalam membuat suatu proposal tidak ada aturan yang pasti dalam pengartian harus dikuti secar ketat.


Dalam menyusun proposal, pormat atau susunan proposal juga  bebas, tetapi tetap mengikuti kaidah penulisan ilmiah , yang meliputi : sinopsis, gagasan pokok, gagasan gerak, durasi aksesoris, properti dan tempat.


Daftar pustaka : Fitriana, Anisyah, S.Si, dkk. Modul Seni budaya Untuk SMK Kelas XI. Solo: CV Haka Mj


Nah, sekrang kamu sudah tahu bukan Jenis tari [Tari tunggal, berpasangan, kelompok, masal dan drama tari] serta cara membuat proposal tari kreasi.


Indonesia adalah salah satu negara yang kaya ragam budayanya,salah satunya ragam seni tari, hampir setiap daerah di nusantara memiliki ragam seni tari yang berbeda-beda.


Karna keragaman seni tari di indonesaia, indonesipun diakui dunia sebagai negara yang memiliki keragaman seni yang luar biasa.


Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Memahami perintah kerja tertulis serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat pengumuman

Pengertian kalimat perintah, ciri-ciri kalimat perintah dan jenis kalimat perintah

Jakarta -

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, tari diartikan sebagai gerakan badan mengikuti irama. Berdasarkan jumlah penari, tari dibedakan menjadi tari tunggal, tari berpasangan, dan tari berkelompok.

Menurut Modul 6 Seni Budaya Tari SMP oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tari berpasangan adalah jenis tari yang dimainkan oleh dua penari yang saling melengkapi. Dua penari ini bisa terdiri dari perempuan atau pria. Bisa juga salah satu penari adalah perempuan dan yang lainnya pria.

Gerak tarian berpasangan dinilai lebih kompleks. Hal ini karena pasangan harus menyesuaikan keharmonisan gerak mereka. Setiap pasangan harus saling menyesuaikan diri dengan tempo musik pengiring walaupun gerakan yang mereka lakukan berlawanan.

Dalam tari berpasangan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Modul Seni Tari SMA N 7 Mayong merangkumnya sebagai berikut:

1. Kekompakan
Kedua penari perlu menyesuaikan gerakan dengan ritme yang sama. Tanpa saling mendahului dan melakukan kesalahan.

2. Keserasian
Antara penari satu dengan penari yang lain harus saling mengisi serta menyesuaikan. Saling membantu dengan menguatkan ekspresi dan menutup kekurangan pasangan.

3. Keluwesan
Tari akan semakin indah jika dibawakan dengan keluwesan. Kedua penari harus terus melatih dan membentuk keluwesan gerak dari anggota tubuhnya masing-masing.

4. Keharmonisan
Kedua penari perlu memiliki hubungan yang harmonis. Keharmonisan ini ditentukan oleh faktor waktu, komposisi, dan pembagian tugas.

5. Pembagian
Pembagian tugas akan menampilkan sikap gerak yang berbeda antar kedua penari. Seorang penari dapat berhenti, sedangkan yang lain aktif menari. Pembagian ini bermanfaat agar dinamika antar penari tersampaikan pada penonton.

Contoh Tari Berpasangan

Tari berpasangan dibedakan menjadi tari berpasangan sejenis [perempuan dengan perempuan, pria dengan pria] dan tari berpasangan tidak sejenis [pria dengan perempuan]. Simak contoh tari berpasangan di bawah ini.

1. Tari berpasangan sejenis [perempuan dengan perempuan]

Contoh tari: - Srikandi Mustokoweni [Jawa Tengah]- Retno Tinanding [Jawa Tengah]- Retno Ngayudo [Jawa Tengah]- Srikandi Larasati [Jawa Tengah]

- Legong Kraton [Bali]

2. Tari berpasangan sejenis [pria dengan pria]

Contoh tari:

- Bugis Kembar [Jawa Tengah]
- Tari Uluk Ambek [Aceh]

3. Tari berpasangan tidak sejenis [pria dengan perempuan]

Contoh tari: - Karonsih [Jawa Tengah]

- Rama dan Shinta [Jawa Tengah]

Dari contoh tari berpasangan yang sudah disebutkan, apa tari favoritmu, detikers?

Simak Video "Unjuk Kebolehan Seniman Tari Lintas Negara di Gelaran 'Asia Tri 2021'"

[lus/lus]

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Lihat Foto

Kompas.com/Josephus Primus

Anak perempuan penghuni SOS Childrens Villages Tabanan Bali menari Tari Bumbung saat hari terakhir perhelatan Run To Care [RTC] 2019 pada Minggu [28/7/2019].

KOMPAS.com - Tari adalah aktivias gerak olah tubuh yang diiringi dengan musik tertentu. Setiap negara dan setiap wilayah pasti memiliki kesenian tarinya masing-masing.

Kesenian tari bisa dibagi berdasarkan jumlah penarinya. Apa sajakah itu?

Menurut Sigit Astono, Margono, Sumardi dan Sri Murtono dalam Buku Apresiasi Seni: Seni Tari dan Seni Musik [2007], kesenian tari dibagi menjadi tiga, yaitu tari tunggal atau solo, tari duet atau pas de deux, serta tari kelompok atau group choreography.

Tari tunggal atau solo 

Jenis tarian ini dilakukan oleh satu orang penari saja. Semua koreografi dilakukan oleh satu orang saja di atas pagelaran.

Masih ada orang yang menganggap jika tarian tunggal sama dengan tarian duet. Padahal sebenarnya dua jenis tarian ini berbeda.

Orang yang menganggap kedua jenis tarian ini sama karena ada beberapa koreografi dalam tari duet, dimana kedua penari melakukan koreografi masing-masing di atas panggung yang sama.

Contoh tari tunggal adalah Tari Gambir Anom dari Jawa Tengah serta Tari Panji Semirang dari Bali.

Baca juga: Jenis Tari Modern

Tari duet atau pas de deux 

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica, pas de deux berasal dari Bahasa Perancis yang berarti step for two. 

Jenis tarian ini dilakukan oleh dua orang di atas panggung. Biasanya dilakukan oleh seorang pria dan perempuan. Kisah atau tema ceritanya beragam, mulai dari kisah percintaan hingga kisah perkelahian.

Biasanya dalam pertunjukan balet pas de deux, ada koreografi masing-masing untuk pria dan perempuan. Sehingga hal ini hampir terlihat sama dengan tari tunggal.

Video yang berhubungan