Tampilan yang muncul ketika pertama kali masuk ke dalam Windows disebut

Show

Microsoft Windows 1.0 merupakan versi pertama sistem operasi dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation . Versi ini sebenarnya diluncurkan pertama kali pada tanggal 10 November 1983,[3] tetapi tidak pernah keluar ke pasar publik sebelum bulan November 1985, karena banyaknya hambatan yang terjadi ketika pengembangan berlangsung.

Windows 1.0Berkas:Windows1.0.png

Tampilan Windows 1.01

PembangunMicrosoftKeluarga OSMicrosoft WindowsModel sumberSumber tertutupDirilis ke
manufaktur20 November 1985; 36 tahun lalu (1985-11-20)Rilis terbaru1.04 / April 1987; 35 tahun lalu (1987-04)[1]LisensiMS-EULADidahului olehMS-DOSDigantikan olehWindows 2.0 (1987)Status dukunganTidak didukung sejak 31 Desember 2001; 20 tahun lalu (2001-12-31). Tidak memiliki dukungan tambahan.[2]

Windows 1.x bukanlah merupakan sebuah paket sistem operasi GUIā€”seperti halnya Apple dengan Lisa dan Macintosh-nya, tetapi hanya merupakan paket GUI tambahan yang berjalan di atas DOS, karena itulah, nama kode yang digunakannya adalah Interface Manager. Windows 1.x menggunakan tampilan bitmap (device independent bitmap atau disingkat DIB) dan menambahkan tetikus sebagai satu lagi perangkat yang dapat digunakan untuk mengoperasikan Windows.

Windows 1.x juga mendukung tugas ganda antar banyak program. Hal ini tentu saja merupakan peningkatan yang sangat penting jika dibandingkan dengan DOS, yang hanya dapat menjalankan satu program saja pada satu waktu. Karena Windows 1.0 merupakan masih berbasiskan DOS, hanya satu aplikasi saja yang boleh berjalan di muka (foreground application), sedangkan aplikasi yang berjalan di latar belakang (background application) diberhentikan secara sementara hingga pengguna mengaktifkannya kembali. Metode ini disebut juga dengan cooperative multitasking.

Pada versi pertama ini, Microsoft mengintegrasikan banyak program tambahan, seperti Microsoft Paintbrush, Write, Notepad, Calendar, Calculator, CardFile, dan juga Clipboard. Game yang disediakan pun hanya satu: Reversi. Sebagai syel untuk mengatur berkas, digunakanlah MS-DOS Executive. Fungsinya sama saja dengan kebanyakan shell yang beredar di pasaran seperti Norton Commander atau DOS Shell, tetapi MS-DOS Executive berjalan di atas Windows, sementara kedua shell tersebut berjalan di atas DOS.

Windows versi 1.x juga mendukung MS-DOS prompt langsung dari Windows, sehingga pengguna tidak perlu keluar ke DOS terlebih dahulu untuk menjalankan program DOS.[4][5]

  1. ^ http://support.microsoft.com/kb/32905
  2. ^ "Obsolete Products". Microsoft Support. Microsoft Corporation. 25 July 2011. Diakses tanggal 21 August 2011. 
  3. ^ Chaitanya Sareen (20 November 2008). "The Windows 7 Taskbar". Microsoft. Retrieved 4 September 2009.
  4. ^ http://support.microsoft.com/kb/32905
  5. ^ "Salinan arsip" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 2012-01-04. 

 

Artikel bertopik perangkat lunak ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • l
  • b
  • s

 

Artikel bertopik Microsoft Windows ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • l
  • b
  • s

Diperoleh dari "https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Windows_1.0&oldid=20907847"

KOMPAS.com - Setelah enam tahun sejak kehadiran Windows 10, Microsoft akhirnya memperkenalkan sistem operasi (OS) teranyarnya, Windows 11.

Salah satu pembaruan yang paling signifikan pada OS tersebut ialah hadirnya desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih.

Dengan diresmikannya Windows 11, ini menandai sudah ada 15 versi OS Windows garapan Mircosoft sejak dirilis 29 tahun silam. Lantas seperti apa transformasi penampilan Windows dari masa ke masa, mulai dari Windows 1 hingga Windows 11?

Windows 1

Lihat Foto

The Guardian

Tampilan Antarmuka Windows 1.

Perusahaan rintisan Bill Gates dan Paul Allen ini pertama kali merilis OS untuk PC pada November 1985, yang diberi nama Windows 1.

Dari segi tampilan, Windows 1 masih sangat sederhana. Terlihat jendela aplikasi tersususn rapi yang terbagi rata dalam tiga kolom.

Windows 1 dibekali dengan sejumlah fitur, mulai dari ikon jam, game, MS-DOS Executive yang menampilkan penyimpanan file, hingga software pengolah kata.

Baca juga: Microsoft Susul Apple Jadi Perusahaan 2 Triliun Dollar AS

Windows versi awal yang berjalan di atas MS-DOS ini, memungkinkan pengguna menggunakan mouse, menampilkan teks, dan gambar di layar komputer.

Ketika itu meski sudah tersedia, penggunaan perangkat mouse masih belum masif dan banyak orang yang belum terbiasa.

Sehingga Microsoft menyediakan sebuah game bernama "Reversi" (seperti gambar di atas). Game ini hanya bisa dimainkan dengan mouse. Tujuannya tak lain agar pengguna Windows 1 dapat terbiasa dengan penggunaan mouse.

Lihat Foto

The Guardian

Tampilan Antarmuka Windows 2.

Dua tahu setelah kehadiran Windows 1, Microsoft meluncurkan Windows 2 pada Desember 1987. Dalam versi kedua ini, Microsoft banyak menghadirkan inovasi baru.

Misalnya kemampuan jendela aplikasi yang bisa tumpang tindih dengan aplikasi lainnya. Selain itu, fitur minimize (memperkecil) dan maximize (memperbesar) jendela aplikasi juga diperkenalkan.

Untuk pertama kalinya juga, Microsoft turut memperkenalkan "control panel", di mana pengguna bisa mengakses beragam pengaturan sistem dan opsi konfigurasi untuk komputer miliknya. Fitur control panel masih bertahan hingga saat ini.

Tak hanya itu, software Microsoft Word dan Excel juga berjalan pertama kali di Windows 2 ini.

Windows 3

Lihat Foto

The Guardian

Tampilan Antarmuka Windows 3.

Pada 1990, Microsoft meluncurkan Windows 3. Tampilan antarmuka Windows 3 kala itu sudah mulai lebih berwarna dan modern.

Sejumlah icon yang semula masih hitam putih pada Windows 2, sudah memiliki warna. Seperti icon aplikasi paintbrush, recorder, dan calendar. Pada versi OS ketiga ini, permainan kartu Solitaire pertama kali diperkenalkan.

Windows 3.1

Lihat Foto

The Guardian

Tampilan antarmuka Windows 3.1.

Alih-alih menggunakan nama Windows 4, Microsoft justru meluncurkan penerus Windows 3, dengan nama Windows 3.1 pada 1992.

Salah satu inovasi yang paling penting pada Windows 3.1 ini ialah diperkenalkannya font TrueType (TrueTypeFont/ttf). Selain itu, Microsoft juga menghadirkan game legendaris Minesweeper untuk pertama kalinya.

Baca juga: Ini Spesifikasi PC untuk Menjalankan Windows 11

Baca tentang