Sebutkan tiga aspek yang termasuk faktor internal terjadinya hubungan internasional

Merdeka.com - Tentunya kamu pernah mendengar tentang duta besar. Duta besar sering dikaitkan dengan hubungan politik luar negeri atau hubungan Internasional. Lalu, apa itu hubungan Internasional? Hubungan internasional adalah interaksi, kontak, dan komunikasi diantara bangsa-bangsa yang bertujuan untuk melakukan politik luar negerinya. Tentunya, ada beberapa faktor yang mendukung sebuah negara untuk melakukan hubungan internasional. Apa saja itu? Check this out!

Faktor-faktor untuk melakukan politik luar negeri dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Kita akan membahas tentang faktor internal terlebih dahulu. Maksud dari faktor internal adalah adanya kekhawatiran terhadap kelangsungan hidupnya melalui kudeta ataupun paksaan dari negara lain. Faktor internal meliputi hal-hal seperti:

  1. Adanya kepentingan nasional yang nggak bisa dipenuhi kalau cuma dilakukan didalam negeri, baik yang sifatnya ekonomis, politik, kultural, ataupun keamanan.
  2. Keinginan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan nasional.
  3. Keinginan untuk bisa menjalin hubungan politik dan memperoleh dukungan dari negara lain.

Yang kedua adalah faktor eksternal. Maksud dari faktor eksternal adalah ketentuan hukum yang nggak bisa ditolak kalau sebuah negara nggak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan negara lain. Faktor eksternal meliputi hal-hal berikut:

  1. Adanya perbedaan kemampuan atau skill dalam pemahaman ilmu pengetahuan di berbagai bidang.
  2. Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim,tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan perbedaan pendapatan negara.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang apa itu faktor internal dan eksternal dari hubungan internasional. Bab ini penting untuk kamu pelajari karena berhubungan langsung dengan pendapatan ekonomi negara kita. Tertarik untuk bisa mempelajarinya lebih lanjut kan? Jadi, selamat belajar!

Faktor-faktor yang mendorong terjadinya hubungan internasional dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal.

  • Dari sisi internal, pendorong terjadinya hubungan internasional sebagai berikut.
  1. Adanya kepentingan nasional yang tidak bisa dipenuhi kalau hanya dilakukan didalam negeri, baik yang sifatnya ekonomis, politik, kultural, ataupun keamanan.
  2. Keinginan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan nasional.
  3. Keinginan untuk bisa menjalin hubungan politik dan memperoleh dukungan dari negara lain.
  • Dari sisi eksternal, pendorong terjadinya hubungan internasional adalah sebagai berikut.
  1. Adanya perbedaan kemampuan atau skill dalam pemahaman ilmu pengetahuan di berbagai bidang.
  2. Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim,tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan perbedaan pendapatan negara.

Dengan demikian, terdapat dua faktor pendorong terjadinya hubungan internasional, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal pendorong terjadinya kerjasama Internasional yakni adanya kepentingan nasional yang tidak dapat dipenuhi di dalam negeri hingga adanya keinginan untuk menjalin hubungan politik. Faktor eksternal yang  menjadi pendorongnya adalah adanya perbedaan kemampuan dalam pemahaman ilmu hingga perbedaan sumber daya.

Faktor internal dalam hubungan internasional yang menghasilkan kerja sama antarnegara di dunia.

GridKids.id - Kids, apakah kamu tahu faktor-faktor internal yang ada dalam hubungan internasional?

Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari hubungan antarnegara.

Artikel ini akan membahas tentang faktor internal dalam hubungan internasional yang menghasilkan kerja sama antarnegara di dunia.

Menurut KBBI, hubungan internasional adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang interaksi, relasi, dan komunikasi yang terjalin antarnegara.

Hubungan internasional berhubungan dengan kebijakan luar negeri suatu negara.

Kebijakan luar negeri di antaranya terdiri atas aktivitas diplomasi, penyelesaian konflik, kesejahteraan, ekonomi, dan perdamaian dunia.

Tujuan Hubungan Internasional:

1. Menjalin aktivitas dalam pertumbuhan ekonomi setiap negara di dunia internasional

2. Menciptakan hubungan keterikatan antarbangsa dalam membina dan menegakkan suatu perdamaian.

Baca Juga: Materi IPS Kelas 9 SMP: Faktor dan Tujuan Perdagangan Internasional

5 Faktor Internal yang Ada dalam Hubungan Internasional

Lihat Foto

AFP PHOTO / POOL / MARKUS SCHREI

Presiden AS Donald Trump (tengah) berbicara dengan Perdana Menteri India Narendra Modi (kiri), Perdana Menteri Italia Paolo Gentiloni (dua dari kiri) dan Presiden Indonesia Joko Widodo pada hari kedua KTT G20 di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/7/2017). Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menjadi pembicara pada Leaders Retreat KTT G20 atau G20 sesi I mengenai terorisme, Jumat 7 Juli siang waktu setempat.

KOMPAS.com - Hubungan internasional merupakan hubungan yang dilakukan antar satu negara dengan negara lainnya untuk mencapai kepentingan nasional.

Hubungan internasional bisa dilakukan dalam berbagai bidang, seperti bidang ekonomi, keamanan, sosial budaya, serta politik.

Dalam menjalin hubungan internasional, ada faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya.

Berikut penjelasannya yang mengutip dari Buku Panduan Sukses Tes BUMN dan CPNS (2020) karya Nurul Hudha,dkk:

Faktor ini berasal dari internal suatu negara. Adanya faktor internal membuat suatu negara memutuskan untuk menjalin hubungan internasional. Berikut penjelasannya:

  1. Adanya kekhawatiran karena keberlangsungan hidup negara terancam
    Suatu negara menjalin hubungan internasional karena khawatir jika negaranya akan dikudeta atau mendapat intervensi dari negara lainnya.
  2. Sumber Daya Alam (SDA) kurang merata
    Faktor SDA menjadi faktor internal suatu negara melakukan hubungan internasional. Agar kebutuhannya dapat tercukupi, contohnya melalui kegiatan ekspor impor.
  3. Kebutuhan nasional belum tercukupi dengan baik
    Jalinan hubungan internasional antar negara dilakukan untuk mencukupi kebutuhan nasional. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa diproduksi oleh nagara tersebut. Contohnya impor kendaraan bermotor.
  4. Ingin mewujudkan kepentingan nasional
    Setiap negara tentunya memiliki kepentingan nasional. Contohnya di bidang politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Agar bisa mewujudkan kepentingan tersebut, maka suatu negara akan menjalin hubungan internasional.
  5. Kondisi dan letak geografis yang berbeda
    Negara akan menjalin hubungan internasional jika kondisi dan letak geografisnya berbeda sehingga mempengaruhi beberapa bidang kehidupan. Contohnya negara yang tidak bisa menanam padi akan mengimpor beras dari negara lainnya.

Baca juga: Mengapa Setiap Negara Perlu Menjalin Hubungan Internasional?

Faktor eksternal 

Berkebalikan dengan faktor internal, faktor eksternal merupakan faktor yang muncul dari luar suatu negara. Berikut penjelasannya:

  1. Ketergantungan antar negara
    Dalam menjalankan kehidupan, negara tidak bisa bertumpu hanya pada kemampuan nasionalnya sendiri. Contohnya dalam penyelesaian masalah ekonomi, hukum dan politik.Atas kesadaran inilah antar negara akhirnya memutuskan untuk menjalin hubungan internasional.
  2. Membangun komunikasi dan persahabatan antar negara
    Hubungan internasional dilakukan sebagai upaya untuk menjalin hubungan komunikasi dan persabahatan antar negara, sehingga bisa memunculkan kerja sama yang produktif dan menguntungkan.
  3. Ingin mewujudkan tatanan dunia baru
    Negara menjalin hubungan internasional karena ingin memberi manfaat untuk kesejahteraan serta perdamaian masyarakat dunia.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

apa sanksi bila melanggar norma dan keadilan (SELAIN sanksi norma kesusilaan, kesopanan, agama dan hukum)

Apakah pelayanan publik untuk masyarakat miskin sudah memadai?​

Apakah kantor-kantor pemerintah menjalankan fungsi pelayanan kepada masyarakat dengan sewajaran nya : pembuatan KTP , SIM , KK laporan kehilangan Pela … yanan Pajak?​

Apakah infrastruktur kota bagi pelayanan publik sudah memadai ​

I Kerjakan bersama teman sebelahmu. Carilah informasi tentang listrik dari berbagai sumber, seperti buku referensi, internet, atau bertanya kepada ora … ng tuamu. Informasi yang harus kamu cari meliputi hal-hal sebagai berikut. a. Kehidupan manusia sebelum listrik ditemukan. b. Jenis pembangkit listrik dan penemunya. Manfaat listrik dalam bidang ekonomi,sosialdan budaya​

4 macam gotong royong menurut koencara ninggat​

makalah presentasi haji Agus Salim​

manfaat antar warga sekolah tema kelas 5​

Ketika melakukan upacara adat ngaben, apakah tubuh jenazah akan diletakkan di dalam peti sebelum dikremasi?? ​

salah satu fungsi ideologi bagi suatu bangsa adalah sebagai