Sebutkan 10 jenis musik yang berkembang di Indonesia

Perang khandaq terjadi di

Relimbi penggalan kisah yang diambil dari..

bentuk bangunan candi pada umumnya merupakan bentuk akulturasi unsur budaya Hindu Budha dengan unsur budaya asli indonesia.pertanyaan di atas merupaka … n pengertian dari​

cari sebanyak-banyaknya peninggalan pada masa manusia purba baik fosil artefak! dan nama daerah ditemukan barang itu! dan tahunnya!mohon bantu jawaban … nya ​

siapa penemu alat komunikasi bereguh?​

Jakarta -

Alat musik tradisional adalah salah satu warisan budaya yang ada di Indonesia dan tersebar di berbagai provinsi. Bahkan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), masyarakat telah dikenalkan beragam alat musik tradisional.

Dilansir dari buku "Seni Musik Tradisi Nusantara" karya Ketut Wisnawa, musik tradisional merupakan jenis musik yang lahir dan berkembang dari budaya daerah tertentu yang diwariskan secara turun temurun.

Dengan kata lain, musik tradisional merupakan musik asli daerah yang tumbuh karena pengaruh adat istiadat, kepercayaan dan agama, sehingga musik daerah memiliki ciri khas masing-masing.

Lantas apa saja alat musik tradisional Indonesia? Berikut ini ulasan, lengkap dengan daerah asal alat musiknya.

Alat musik tradisional Gamelan

Gamelan adalah alat musik tradisional yang sering ditemui di berbagai daerah di Indonesia, seperti misalnya di Bali, Madura, dan Lombok.


Namun istilah gamelan Jawa mengacu secara umum pada gamelan di Jawa Tengah. Alat musik ini diduga sudah ada di Jawa sejak tahun 404 Masehi, dilihat dari adanya penggambaran masa lalu di relief Candi Borobudur dan Prambanan.


Gamelan merupakan seperangkat instrumen yang dibunyikan dari beberapa alat musik, seperti diantaranya gambang, gendang, dan gong. Perpaduan ini memiliki sistem nada non diatonis yang menyajikan suara indah jika dimainkan secara harmonis.

Alat musik tradisional Angklung

Angklung adalah salah satu alat tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Angklung dikenal sebagai alat musik yang berasal dari tanah Sunda yakni Jawa Barat.


Angklung terdiri dari dua, tiga atau empat bambu dengan susunan dua, tiga dan empat nada. Cara membunyikannya dengan digoyangkan atau digetarkan.

Alat musik tradisional Tehyan

Teh-hian atau Tehyan adalah alat musik tradisional asal Betawi. Alat musik ini merupakan gesek berdawai dua dan dimainkan dengan cara digesek menggunakan tongkat bersenar plastik (kenur).


Badan alat musik Tehyan sendiri terbuat dari tempurung kelapa yang dibelah lalu dilapis kulit tipis, tiang kayu berbentuk bulat panjang, dan purilan atau alat penegang dawai.

Alat musik tradisional Sasando

Alat musik sasando berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sasando memiliki bentuk yang sangat unik dan berbeda dari alat musik petik lainnya yakni berbentuk tabung panjang.


Sasando sendiri terbuat dari bambu, kayu, paku penyangga, senar string, dan daun lontar. Cara memainkannya adalah menggunakan kedua tangan untuk memetik dawainya.

Alat musik tradisional Kolintang

Kolintang adalah salah satu alat musik tradisional masyarakat Minahasa di Sulawesi Utara. Alat musik ini terbuat dari kayu khusus yang disusun dan dimainkan dengan cara dipukul.


Biasanya alat musik tradisional ini digunakan untuk mengiringi upacara adat, pertunjukan tari, pengiring nyanyian, bahkan pertunjukan musik.

Alat musik tradisional Tifa

Alat musik Tifa bisa ditemukan di daerah Papua dan di Tanah Maluku. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu Lenggua yang dikosongkan isinya.


Namun, bentuk antara Tifa dari Papua dan Maluku berbeda. Alat musik Tifa Papua terdapat pegangan di sisinya, sementara Tifa Maluku hanya berbentuk tabung biasa tanpa pegangan.


Terdapat tiga jenis alat musik ini, yakni Tifa Jekir, Tifa Potong, Tifa Dasar, dan Tifa Bas. Semua jenis tersebut ditentukan berdasarkan asal daerah dan ciri khas masing-masing.

Alat musik tradisional Saluang

Saluang adalah alat musik tradisional khas suku Minangkabau di Sumatera Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu tipis atau bambu talang. Bambu talang dipercaya bisa mengeluarkan suara yang lebih bagus dan merdu.


Alat musik Saluang termasuk golongan seruling, tapi pembuatannya lebih sederhana. Cukup dengan membuat empat lubang pada bambu talang. Sama seperti seruling pada umumnya, sara memainkannya dilakukan dengan ditiup.

Alat musik tradisional Panting

Dilansir dari situs resmi Kemdikbud, alat musik Panting adalah salah satu alat tradisi yang secara pemetaan tumbuh dan berkembang di daerah Tapin, Kalimantan Selatan.


Alat musik panting terbuat dari kayu, kulit zat pewarna, dan senar. Kayu yang digunakan di antaranya kayu pulantan, kayu kambang, kayu jingah, kayu halaban, dll.


Sedangkan bahan kulit diambil dari kulit hewan yang hidup di hutan seperti kulit kijang, rusa, atau kulit hewan melata seperti kulit ular puraca, ular sawa, dan biawak. Alat musik ini dipakai atau digunakan dengan cara dipetik.

Alat musik tradisional Genggong

Genggong adalah salah satu satu alat musik tradisional Bali yang masih sering dimainkan hingga saat ini. Alat musik ini terbuat dari kayu aren dan bambu.


Uniknya, nada yang dihasilkan alat musik Genggong ini murni berasal dari teknik pernapasan, meniup dan menarik udara, melalui celah dari kayu aren.

Alat musik tradisional Kompang

Kompang merupakan alat musik tradisional dari Provinsi Lampung yang dibuat dari kayu dan kulit kambing.


Alat musik Kompang tersebar bersamaan dengan penyebaran agama Islam di Indonesia. Kompak digunakan dengan cara dipukul dan biasanya diiringi dengan lagu atau syair bernuansa islami.


Dalam perkembangannya, Kompang biasanya dimainkan pada beberapa acara seperti upacara adat, acara pernikahan, dan penyambutan pejabat yang sedang berkunjung.


Itulah jenis alat musik tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Ikut lestarikan yuk detikers!

Simak Video "Mengenal Jegog, Seni Musik Tradisional Jembrana Bali"


[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Jenis Genre Musik – Saat ini musik menjadi lambang dari suasana hati manusia, kalau lagi galau yang dengerin musiknya yang sedih-sedih, sedangkan kalau lagi bahagia dengerin musiknya yang sesuai dengan isi hatinya.

Dalam kehidupan sehari- hari, musik menjadi bagian yang sangat sulit dipisahkan dari diri manusia. Saat bangun, kadang di kamar mandi, saat bekerja, saat diputusin pacar, bahkan nada dering hp kalian juga menggunakan musik. Sungguh musik menjadi bagian dari diri kita.
Nah, di dalam musik banyak sekali genre-genre musik yang harus kita kenali, bisa dilihat dari ciri khas masing-masing genre.

Pengertian Musik

Sebelum memahami tentang genre musik dan macam-macam genre musik yang ada saat ini. Mari kita membahas dulu mengenai pengertian musik. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Musik merupakan suatu hal yang mengandung irama, lagu dan keharmonisan yang didapat melalui penyusunan nada atau suara yang sedemikian rupa.

Penggunaan kata “musik” awalnya berasal dari bahasa Yunani yang disebut “musike”. Musike sendiri berasal dari kata muse-muse, yang memiliki pengertian sebagai sembilan dewa-dewi Yunani yang berada di bawah dewa Apollo, yang menjadi pelindung seni dan ilmu pengetahuan.

Sedangkan untuk pengertian seni musik menurut Jamalus, seni musik dianggap sebagai suatu hal yang menghasilkan suatu karya seni, yang dalam hal ini berupa bunyi yang merupakan komposisi berbentuk lagu, merupakan curahan pikiran serta perasaan pembuatnya dengan menggabungkan unsur-unsur pokok musik, ada irama, harmoni, melodi, dan bentuk atau susunan lagu, ekspresi dan perasaan sebagai satu kesatuan yang utuh.

Dalam lebih memahami mengenai musik, Grameds dapat mempelajarinya melalui buku Pendidikan Dan Seni Budaya Musik, Untuk SMP/MTs Atau Sederajat Kelas 7 Disertai Soal-soal Ujian Akhir Semester oleh Bayu Satya Dwi Saputra.

Musik merupakan hal yang sangat menarik untuk dipelajari bahkan untuk didengar di kehidupan sehari-hari. Mendengarkan musik membuat kehidupan lebih berwarna. Nah, tahu atau enggak sih, kalian, di dalam musik ada penggolongan berdasarkan ciri yang melekat pada musik itu, biasanya disebut dengan genre musik. Artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian genre musik lebih dalam lagi dan memahami apa saja genre-genre musik yang ada saat ini.

Pengertian Genre Musik

Setelah memahami tentang musik, maka kita akan memahami mengenai genre musik dan genre musik apa saja yang ada. Pasti kalian sangat penasaran tentang apa aja sih genre-genre musik yang ada.

Sebelum itu kita harus memahami dulu mengenai pengertian genre musik. Genre musik diartikan sebagai penggolongan musik yang didasarkan pada kemiripannya satu sama lain. Penggolongan ini dapat juga disesuaikan dengan kriteria lain, misalnya kesamaan geografi.

Teknik musik, konteks, gaya, dan tema musik dapat menjadi acuan definisi dalam sebuah genre musik. Pada dasarnya, genre musik tidak bisa didefinisikan secara gamblang, karena ketika genre tersebut didefinisikan oleh seseorang, maka orang tersebut mendefinisikan tanpa melihat aspek dari sisi lainnya. Bahkan, terkadang dalam suatu lagu terdapat 2 genre di dalam nya, akan tetapi hanya didefinisikan menjadi satu genre saja.

Jenis-Jenis Genre Musik

Setelah memahami pengertian dari genre musik yang selanjutnya kita akan memahami mengenai macam-macam genre musik dan sejarah genre tersebut lahir, yaitu:

1. Genre Musik Klasik

Genre musik ini diartikan sebagai jenis musik yang intelektual dan indah, dapat dinikmati hampir dari semua zaman yang ada. Awalnya berasal dari Eropa ketika tahun 1750 sampai 1825. Biasanya dalam musik klasik ini ada pembagian berdasarkan periode tertentu.

Lebih tepatnya, ada pembagian menjadi tiga zaman, yaitu ada Medieval serta Renaissance, ada Baroque Klasik serta Romantis, dan ada Modern serta Kontemporer.  Dari pembagian tersebut ada beberapa musisi dari genre musik klasik yang terkenal sampai saat ini diantaranya, yaitu:

  • Mozart
  • Johann Pachelbel
  • Chopin
  • Beethoven
  • dan lain-lain.

Dari keempat musisi yang penulis sebutkan diatas yang paling terkenal dan populer adalah Johann Pachelbell. Mungkin nama beliau cukup asing di telinga kita, tapi karya nya yang berjudul “Canon in D” mungkin beberapa ada yang familiar dengan lagunya.

Musik klasik ini menjadi inspirasi bagi musik dan musisi yang bermunculan saat ini. Musik klasik merupakan musik yang menenangkan, ketenangan yang dibawa dalam genre ini membawa banyak manfaat bagi manusia.

Bahkan menurut penelitian musik klasik memiliki banyak manfaat salah satunya, yaitu meminimalisir penyakit hipertensi dan menenangkan emosi.

Beberapa contoh genre musik klasik adalah musik Symphony 40, Piano Sonata No 16 yang merupakan karya dari Mozart dan Moonlight Sonata karya Beethoven.

Mozart sebagai salah satu musisi musik klasik yang memiliki nama besar dan diakui di seluruh dunia memiliki cerita hidup di belakang kesuksesannya. Grameds dapat membacanya pada buku Why? People – Wolfgang Mozart oleh YeaRimDang yang dikemas dengan animasi.

Musisi selanjutnya, yaitu Beethoven yang merupakan musisi musik klasik ternama selanjutnya, dalam kehidupannya memiliki kesulitan dan masalah pada pendengarannya, namun hal tersebut tidak menghalangi karyanya menjadi sukses. Buku Beethoven oleh Edmund Morris menceritakan perjalanan kehidupan dari musisi musik klasik dunia ini.

Genre musik jazz dianggap sebagai jenis musik yang muncul karena adanya penggabungan dari genre musik lainnya, yaitu blues, ragtime, dan musik eropa, termasuk di dalamnya musik band.

Mengingat pengertian genre musik tadi, kalau pada dasarnya ada beberapa genre musik dalam sebuah lagu yang akhirnya dijadikan menjadi sebuah genre. Ada beberapa sub genre di dalam genre musik jazz, subgenre itu antara lain, dixieland, bebop, cool jazz, swing, hard bop, free jazz, jazz fusion, cafjazz, dan smooth jazz.

Di Indonesia ada beberapa musisi jazz, diantaranya adalah :

  • Barry Likumahuwa Krakatau
  • Embong Rahardjo
  • Benny Likumahuwa
  • Indra Lesmana
  • Karimata
  • Bhaskara
  • Bubi Chan
  • Spirit Band
  • Jopie Item
  • dan lain-lain.

Alat musik yang biasa digunakan dalam genre musik ini adalah trombon, trompet, piano, saksofon dan gitar. Terkadang tidak semua orang dapat menikmati genre musik jazz ini. Dalam penggunaan nada, nada-nada dari genre ini sungguh unik dan memiliki ciri khas dalam permainan musiknya.

Untuk contoh musik dari jazz di Indonesia sendiri ada Could it Be dari Raisa, Everybody Knew dari Citra Scholastika. Salah satu ciri khas dari musik jazz adalah porsi permainan improvisasi yang memperkaya harmoni serta menambahkan keindahan pada musiknya. Untuk mempelajari musik ini, Grameds dapat membaca Mahir Nge-Jazz dengan Metode Gitar Blues, Jazz oleh Bayu Satya Dwi Saputra.

3. Genre Musik Blues

Genre musik blues merupakan sebuah aliran yang berasal dari Amerika Serikat baik musik vokal maupun instrumennya. Muncul dari musik-musik pujian dan spiritual, yang awalnya muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika yang di Amerika Serikat.

Hal ini dibuktikan adanya penggunaan lirik-lirik lagu serta penggunaan blue note dan adanya penerapan dalam pola call and response (dalam hal ini ada dua kalimat yang dinyanyikan oleh dua orang secara berurutan dan pada kalimat kedua, dianggap sebagai “jawaban” atas “pertanyaan” di kalimat pertama).

Musisi dan band terkenalnya antara lain :

  • Slank
  • Gugun Blues Shelter
  • Adrian Adioetomo
  • Rama Satria Claproth
  • Endah dan Rhesa
  • Ginda Bestari
  • Andre Harihandoyo & Sonic People
  • Blues Libre
  • Titiek Puspa

Martin Scorsese Presents The Blues: A Musical Journye oleh Peter Guralnick yang berisikan mengenai dokumentasi perayaan musik blues.

4. Genre Musik Country

Genre musik country, merupakan genre dari campuran unsur-unsur musik Amerika, yaitu gabungan dari Pegunungan Appalachia dan Amerika Serikat bagian selatan. Musik ini memiliki nada yang ceria dan dan pembawaan santai dan ringan.

Musik country ini awalnya berasal dari lagu rakyat Amerika Utara, musik gospel, musik kelt, dan hal ini berkembang sejak tahun 1920-an. Pada sekitar tahun 1940-an mulai dipakai istilah untuk musik country, istilah ini menggantikan istilah musik hillbilly yang dalam pengertiannya terkesan merendahkan.

Lalu di tahun 1970-an, istilah ini mulai populer. Ada istilah lain untuk genre musik ini yaitu country and western, akan tetapi hal itu sudah jarang dipakai, kecuali di Irlandia dan Britania Raya. Artis populer yang menggunakan genre country ini adalah Taylor Swift, contohnya dengan judul lagu Red.

Musik country identik dengan suara petikan alat musik gitar yang menarik, untuk mempelajarinya Grameds dapat melihat buku Country Hits: Cara Cepat Belajar Gitar Untuk Pemula&Ahli+Cd oleh Cheche Gg.

5. Genre Musik Techno

Genre musik yang satu ini merupakan genre musik yang aliran musiknya biasanya menggunakan tema futuristik. Di klub-klub malam biasanya memakai genre-genre musik ini dan biasanya musiknya dimainkan oleh seorang DJ (disk jockey).

Menggunakan alat musik digital seperti DJ Maker yang selalu digunakan untuk meremix musik yang sudah ada menjadi musik yang memiliki tema futuristik. Karena menggunakan alat musik digital, genre musik ini tidak bisa dimainkan oleh alat musik yang tradisional ya, seperti gitar, sasando ataupun gendang. Grup musik yang menggunakan genre musik ini adalah Daft Punk.

6. Genre Musik Reggae

Musik reggae menjadi suatu aliran musik yang pada awalnya dikembangan di Jamaikan, sekitar akhir era 60-an. Biasanya penamaan ini digunakan secara lebih luas untuk menamai segala jenis musik yang ada di Jamaika.

Reggae ini musiknya berdasar pada aksen pada sinkopasi atau off-beat untuk ciri khas dengan gaya musik ritmis, hal ini disebut dengan skank. Tempo musik reggae ini biasanya lebih lambat. Band yang biasanya menggunakan genre reggae adalah Steven and Coconut Treez.

Berikut adalah musisi bergenre Reggae :

  • Bob Marley
  • Jimmy Cliff
  • Tony Q Rastafara
  • Ras Muhammad
  • Mbah Surip
  • Imanez
  • Dhyo Haw

7. Genre Musik R&B

Dalam genre musik R&B, mulai populer karena musik ini menggabungkan diri dari beberapa genre musik lainnya, seperti genre jazz, genre blues dan gospel. Awal mulanya diperkenalkan oleh pemusik yang berasal dari Afrika-Amerika.

Nah, musik R&B itu merupakan singkatan dari Rhythm and Blues. Artis yang menggunakan genre musik R&B adalah Justin Timberlake. Nih, kalo lagu dengan musik R&B yang lagi sering-seringnya penulis dengar saat ini, adalah At My Worst oleh Pink Sweats.

Baca juga : 37 Rekomendasi Film Untuk Remaja dan Anak-anak

8. Genre Musik Rap

Musik rap menjadi salah satu unsur dari musik hip-hop. Kalau biasanya kalian dengerin genre ini, biasanya teknik vokal yang digunakan adalah dengan berkata-kata cepat. Penyanyi genre ini dikenal dengan sebutan rapper.

Rap yang dilakukan biasanya diiringi dengan musik oleh sebuah band atau DJ. Rapper ini juga termasuk dalam penyanyi biasa yang bernyanyi solo, rapper tersebut adalah Xzibit dan Jay-z. Selain itu ada rapper yang menjadi anggota dari suatu band, contohnya adalah Linkin Park. Nah, untuk contoh penyanyi yang menggunakan genre musik rap yang terkenal di Indonesia adalah Igor Saykoji.

Berikut daftar musisi dan band terkenal ber genre musik rap :

  • Igor
  • Saykoji
  • Younglex
  • Akon
  • Iwa K
  • Bondan Prakosa

Salah satu musisi musik rap yang hingga saat ini masih terkenal adalah Nicki Minaj yang memiliki kisah hidup dimana lahir dan besar di Jamaica, kemudian mendapatkan ketenarannya melalui berbagai karya yang ia keluarkan. Pada buku FAME: Nicki Minaj oleh Michael Troy, kamu dapat membaca kisah hidup dari bintang ini.

9. Genre Musik Death Metal

Musik death metal, genre ini merupakan sebuah subgenre dari musik heavy metal yang awalnya berkembang dari trash metal di awal 1980-an. Corak khas yang ada di genre musik ini adalah pada liriknya, yang umumnya bertema pada kematian atau kekerasan. Band yang menggunakan genre musik death metal ini adalah The Berzerker.

Berikut ini daftar band dan musisi bergenre metal :

  • Metalica
  • Avenged Sevenfold
  • Rash
  • Slayer
  • Diamond Head

10. Genre Musik Dangdut

Ketika mendengar istilah “dangdut” pasti kalian familiar banget dengan genre musik yang satu ini. Dangdut merupakan salah satu genre musik yang paling populer di Indonesia. Ciri khas musik ini adalah adanya permainan alat musik gendang atau tabla.

Kalau, kalian mendengarkan genre musik yang satu ini pasti kalian familiar dengan musik-musik Bollywood, karena pada dasarnya musik dangdut terpengaruh oleh musik India Klasik dan Bollywood.

Selain itu, apabila dilihat dari unsur-unsur asal gaya musiknya, bisa disimpulkan bahwa dangdut merupakan perpaduan unsur-unsur Melayu, hindustan, dan Arab. Mengingat bahwa musik dangdut merupakan perpaduan unsur musik Arab juga, karena hal ini dilihat dari adanya cengkok dan harmonisasi nadanya.

Awal hadirnya musik dangdut ini dimulai pada tahun 1960-an, hal ini beriringan dengan populernya film Bollywood pada tahun 1950-an. Sebenarnya, berakar juga dari adanya musik Melayu di tahun 1940-an.

Nah, di tahun 1968, Rhoma Irama salah satu pelopor musik dangdut di Indonesia. Mulai di tahun 1970-an, musik dangdut mulai terkenal secara meluas di Indonesia. Bahkan di tahun 1970-an sampai 1980-an, genre musik ini menjadi genre musik primadona yang digemari oleh orang-orang di Indonesia.

Istilah nama dangdut sebenarnya merupakan onomatope, yang berasal dari gendang atau tabla yang biasanya dipenuhi dengan bunyi dang dan ndut. Dan dalam perkembangan selanjutnya disebut dengan dangdut. Artis yang menggunakan genre musik ini adalah Rhoma Irama, yang memiliki julukan si Raja Dangdut dan Elvy Sukaesih yang dijuluki sebagai Ratu Dangdut di Indonesia.

Daftar musisi dangdut terkenal di Indonesia :

  • Rhoma Irama
  • Elvy Sukaesih
  • Nazar
  • Inul Daratista
  • Via Vallen
  • Ayu Ting Ting
  • Happy Asmara
  • Zaskia Gotik
  • Cita citata
  • Nella Kharisma
  • Siti Badriah

11. Genre Musik Pop

Nah, untuk genre musik yang selanjutnya adalah genre musik pop. Biasanya musik pop ini nada dan lirik yang dibuat cenderung sederhana, berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, musik genre ini lebih mudah untuk dicerna dan sangat mudah untuk dinyanyikan, bahkan mudah untuk dihafal liriknya. Genre ini menjadi genre musik yang universal karena mampu diterima orang secara baik.

Genre musik ini disebut juga genre musik populer dan berasal bentuk yang lebih modernnya yang ada di Inggris dan Amerika Serikat, sejak pertengahan 1950-an. Batasan genre ini adalah merujuk kepada musik yang mempunyai daya tarik yang luar biasa, mengingat istilah genre musik ini adalah genre musik populer.

Beberapa lagu yang masuk dalam kategori genre musik pop adalah Cerita Cinta dari Arsy Widianto, Kepastian oleh Aurelie Hermansyah, dan Tak Sanggup Melupa dari Ziva Magnolya.

Berikut adalah daftar musisi dan band bergenre pop :

  • Noah
  • Rizky Febrian
  • Afgan
  • Isyana Saraswaty
  • Tylor Swift
  • Dewa
  • Melly Goeslaw
  • Raisa
  • Tulus
  • Hijau Daun
  • Ungu

12. Genre Musik Balada

Ada genre musik balada, yang mana genre musik ini merupakan salah satu jenis musik yang harmoni lagunya mengalun dengan lambat dan biasanya tema-tema yang digunakan ada tema tentang percintaan.

Menggunakan lirik-lirik yang puitis dan menggunakan alunan musik lambat. Secara khusus dalam pengelompokkan genrenya, balada memiliki karakteristik khusus yaitu adanya puisi dan lagu mendayu. Genre ini hadir sebagai bentuk lambat dari lagu cinta yang populer.

Musik balada sendiri istilah katanya diambil dari bahasa inggri yaitu “ballad” yang memiliki pengertian sebagai musik yang berbentuk narasi. Mulai populer pada abad pertengahan hingga abad 19, lalu meluas ke seluruh Eropa dan selanjutnya Amerika, Australia serta ke Afrika Utara. Lagu yang sangat cocok untuk yang sedang jatuh cinta atau patah hati!

Nih, penulis akan memberi contoh mengenai lagu-lagu balada yang enak didengar khususnya saat patah hati. Ada Back In Time dari Lyn, lalu ada I Will Go to You Like The First Snow dari Ailee, dan ada Because I Love You. Asli lagu yang terakhir bakalan bikin mewek banget, pokoknya asli sedih banget pake banget lagi!

Nah itu dia beberapa jenis genre musik yang ada di dunia dan Indonesia, beserta contoh penyanyi dan lagunya. Masing-masing genre tersebut memiliki corak dan ciri khas masing-masing, bahkan sejarah pembentukan genre musik yang berbeda.

Akan tetapi, genre-genre musik tersebut memiliki satu tujuan yaitu menghibur pendengarnya. Jadi, setelah memahami masing-masing genre musik yang ada, mana nih genre musik kesukaan kalian?

Baca juga : Selain Musik, Heidi TGWTH Berkarya Lewat Buku Puisi

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien