Panduan hkn ke 52 2022

FIKES UPNVJ - Hari Kesehatan Nasional (HKN) merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan Kesehatan. Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November di Indonesia. Momentum HKN mengajak kita untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan diri yang diwujudkan dengan berperilaku sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Untuk memperingati HKN yang ke-56 ini, Departemen Sosial Masyarakat BEM Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta melakukan kegiatan dengan tema “Peningkatan Kesehatan Masyarakat dengan Pembinaan Lingkungan”. Kegiatan ini dilakukan di desa binaan FIKES, yaitu di Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Depok pada Sabtu, 14 November 2020. Kegiatan ini dilakukan secara langsung dengan menerapkan protokol Kesehatan. Sasaran dari kegiatan ini adalah Masyarakat Kelurahan Krukut khususnya Ibu kader atau PKK.

 

Acara peringatan HKN ini dibuka oleh Bapak Lurah Krukut. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan talkshow tentang Peningkatan Kesehatan Masyarakat dengan Pembinaan Lingkungan. Acara talkshow terdiri diri dari 2 orang pembicara. Pembicara pertama adalah Bapak Arga Buntara, SKM., MPH yang merupakan seorang dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UPNVJ. Tema yang dibawakan adalah “Pembinaan Lingkungan Melalui Penanaman Pohon dan Pengelolaan Sampah untuk Peningkatan Derajat Kesehatan”.

Sedangkan pembicara kedua dari kegiatan ini adalah Yessica Levani Widha yang merupakan seorang campaign officer Waste4change. Tema yang dibawakan oleh pembicara kedua adalah “Mekanisme Penanaman Pohon dan Pengelolaan Sampah”. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara ini ditutup dengan kegiatan penanaman bibit pohon sebagai bentuk pembinaan lingkungan.

Melalui kegiatan peringatan HKN di Kelurahan Krukut ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan Kesehatan dengan meningkatkan kualitas lingkungan, mengembangkan lahan kosong menjadi lahan hijau, serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan dengan pengelolaan sampah.

-BEM FIKES UPN Veteran Jakarta-

Pemerintah Kota Padang Sidempuan menyambut kedatangan Tim Evaluasi Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PT.P2W-KSS) Provinsi Sumatera Utara, Rabu (28/9) di Desa Joring Natobang.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Arwin Siregar bersama Wakil Ketua PKK Ny. Linda Arwin Siregar, Sekretaris Daerah Letnan Dalimunthe bersama Ketua DWP Ny. Masroini Letnan Dalimunthe mangulosi Tim Evaluasi Provinsi Sumatera Utara.

Dalam Sambutannya Wakil Wali Kota Arwin Siregar mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat untuk penanggulangan, peningkatan peran perempuan dalam pembangunan Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Keluarga Sehat Dan Sejahtera (PT.P2W-KSS).

“TIM PT-P2W-KSS bertujuan guna mengukur sejauh mana peningkatan kualitas hidup perempuan pada aspek pendidikan, kesehatan, terutama bagi keluarga di Desa sebagai program terpadu untuk peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera,” katanya.

Sementara Wakil Ketua TP PKK Padang Sidempuan Ny. Linda Arwin Siregar menjelaskan bahwa, Setelah Desa Joring Natobang ditetapkan Pemerintah Kota Padang Sidempuan menjadi Desa PT.P2W-KSS, Tim Penggerak PKK Kota Padang Sidempuan bersama-sama dengan Dinas/Instansi melaksanakan kegiatan berupa pelatihan, penyuluhan, pengobatan dan pemberian bantuan dalam rangka pengentasan rawan pendidikan, rawan kesehatan dan rawan ekonomi melalui warga binaan PT.P2W-KSS Desa Joring Natobang.

Selanjutnya, Pemerintah Desa dan Tim Penggerak PKK Desa juga turut memfasilitasi kegiatan dari warga binaan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (PT.P2W-KSS), ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua Tim Penilai PT. P2W-KSS Provinsi Sumatera Utara Angga Pramudia, bahwa tujuan evaluasi pelaksana terbaik Desa/ Kelurahan PT. P2W - KSS, adalah suatu cara koordinasi dan komunikasi antara Tim Penggerak PKK dan Anggota Pembina PKK untuk penyamaan persepsi tentang metode peningkatan keberdayaan dan kesejahteraan keluarga miskin khususnya rawan ekonomi, pendidikan dan kesehatan serta sarana dan prasarana lingkungan tempat tinggal dengan tujuan mempercepat peningkatan kesejahteraan bagi penduduk miskin di perdesaan yang terpencil dan terisolir.

Kepala Desa Joring Natobang Andi Ariyanto Harahap, menyampaikan profil Desa Joring Natobang merupakan satu dari delapan desa di Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu. 

“Adapun luas desa kami seluas 243 Hektare dengan jumlah Penduduk 1038 Jiwa”, ucapnya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Kota Padang Sidempuan, Dinas PMD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian dll yang telah memberikan berbagai pelatihan dan pembinaan kepada kami di Desa Joring Natobang”, tutup Andi.

Turut Hadir Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah Letnan Dalimunthe, Asiten I Pemerintahan Iswan Nagabe Lubis, Camat Padang Sidempuan Angkola Julu, Pimpinan OPD, Wakil Ketua TP-PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, dan Warga Binaan PT.P2W-KSS.

sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Padang Sidempuan