Mengapa kita harus menjaga lingkungan tetap bersih

Menjaga lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu. Kesehatan adalah anugerah dari Sang Pencipta dan lingkungan harus tetap dijaga agar kita dan keluarga juga masyarakat sekitar kita terhindar dari penyakit akibat lingkungan kita yang kotor dan tidak bersih. Karena kesehatan adalah hal yang tidak ternilai harganya.

Kebersihan lingkungan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.

Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.3. Bebas dari polusi udara.4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.

5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini.

0 penilaian0% menganggap dokumen ini bermanfaat [0 suara]

71 tayangan1 halaman

Halodoc, Jakarta - Hidup sehat harus dibudayakan sejak dini. Bisa dimulai dari diri sendiri, seperti rutin berolahraga, memenuhi asupan harian cairan pada tubuh, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi. Perhatikan pula kebersihan di dalam rumah kamu. Jangan sampai kamu membiarkan genangan air atau sampah yang menumpuk, karena bisa menjadi sumber penyakit.

Selanjutnya, mulailah lihat lingkungan sekitar kamu. Lingkungan yang bersih turut berpengaruh terhadap kesehatan, lho. Coba bayangkan jika lingkungan sekitar tempat tinggal kamu tidak terjaga kebersihannya, pasti kamu rentan terserang penyakit seperti tifus atau DBD.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Mengajari Anak Menjaga Lingkungan

Manfaat Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan

Menjaga kebersihan lingkungan tidak semudah yang dibayangkan. Masih ada saja tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan. Padahal, dibutuhkan kesadaran semua pihak dan lapisan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Lantas, mengapa menjaga lingkungan itu penting untuk kesehatan? Ini ulasannya.

1. Lingkungan Sehat Hindari Berbagai Penyakit

Kebersihan selalu identik dengan kesehatan. Artinya, manfaat menjaga lingkungan yang pertama adalah membuat kesehatan kamu tetap terjaga. Kamu perlu tahu, lingkungan bersih saja tak lantas membuat tubuh tidak mudah sakit, lho. Apalagi kalau kamu tidak berusaha menjaga kebersihannya. Lingkungan yang tidak bersih menjadi tempat terbaik untuk sarang nyamuk. Belum lagi dengan berbagai bakteri yang turut hidup di dalamnya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan, menjaga kebersihan lingkungan, seperti tempat tinggal, sekolah, dan rumah ibadah, masyarakat dapat menghindari penyakit demam berdarah dan hepatitis A. Tetanus, kolera, dan demam tifoid berpotensi muncul pada lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya.

Baca juga: Rumah Nyaman Rahasia Mental Sehat

2. Lingkungan Sehat Berkaitan dengan Kesehatan Mental

Tidak hanya kesehatan fisik saja yang terjaga ketika kamu memiliki lingkungan yang bersih. Lingkungan yang sehat juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental seseorang. Udara yang bersih, air yang bersih, banyaknya ruang hijau dan sanitasi dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Meningkatkan kualitas hidup tentu akan membuat seseorang terhindar dari kesehatan mental.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, banyak menghabiskan waktu pada lingkungan dengan banyak ruang terbuka hijau membantu untuk menurunkan tingkat kecemasan dan juga depresi. 

3. Lingkungan Sehat Lebih Nyaman untuk Ditinggali

Saat kamu berada di suatu kawasan yang kumuh, apakah kamu merasa nyaman untuk berlama-lama di sana? Tentu tidak, bukan? Bahkan, kamu sudah malas untuk mendekat atau mengunjunginya. Bagaimana jika itu terjadi pada lingkungan tempat tinggal kamu sendiri? Kamu tentu ingin segera pindah ke tempat yang lebih bersih.

Lingkungan yang bersih membuat kamu lebih nyaman untuk tinggal dan menetap dalam waktu lama. Tidak hanya itu, orang lain pun tidak akan enggan untuk berkunjung. Mereka menilai lingkungan kamu begitu asri dan rapi, serta nyaman untuk ditinggali.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja?

Itulah manfaat menjaga lingkungan bagi kesehatan tubuh. Usahakan untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih dan asri. Ingat, lingkungan yang bersih turut mendukung kesehatan tubuh dengan baik. Jika kamu memiliki gangguan kesehatan tertentu, silahkan diskusikan masalah yang kamu alami dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:The United Nations Environment Programme. Diakses pada 2021. Healthy Environment, Healthy PeopleAmerican Heart Association. Diakses pada 2021. Spend Time in Nature to Reduce Stress and AnxietyKementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2021. Pencemaran Air Bersih Diduga Penyebab Hepatitis A di Pacitan

Kita tahu bahwa kita harus menjaga lingkungan kita dengan baik. Mengapa demikian? Karena lingkungan yang sehat akan membawa kita dengan kehidupan yang sehat pula dan membawa suasana hati yang nyaman. Bagaimana lingkungan yang sehat itu?

Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang terbebas dari sampah, limbah, polusi, dan hal lain yang dapat mencemari lingkungan. Lingkungan yang sehat akan membawa kita dengan pola hidup pula seperti mencuci tangan sebelum makan, membersihkan diri, dan lain sebagainya. 
Bagaimana cara menjaga lingkungan tetap bersih? Dengan setiap hari kita harus membersihkan rumah, halaman rumah, membuang sampah pada tempatnya, membersikan tembat-tempat yang lembab dan tempat-tempat lain supaya terbebas dari hal yang mencemari lingkungan. Dengan begitu lingkungan kita akan terasa bersih dan nyaman.

Pentingnya menjaga lingkungan hidup bagi masyarakat adalah agar masyarakat menjadi lebih teratur dan rapi hingga terjadi keseimbangan dan keselarasan antara lingkungan rumah dan alam sekitarnya, dapat menghindari sedini mungkin perkembangbiakan nyamuk dan serangga lain penyebab munculnya penyakit dengan membersihkan seluruh selokan dan tong sampah. Agar lingkungan menjadi lebih bersih dan mendapat pasokan oksigen yang lebih banyak, terhindar dari serangan polusi udara yang berefek buruk, menjadikan suasana lebih tenang dan kondusif [aman], dapat lebih konsentrasi dalam beraktifitas sehari-hari, agar dapat menibfkatkan pasokan air bersih untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari berupa mata air, air sumur atau air tanah yang diambil menggunakan mesin khusus, dapat menybabkan masyarakat lebih mencintai kebersihan, dan juga mejaga kebersihan dapat mencegah banjir dan penyebab banjir, karena sampah yang tidak dibersihkan secara keseluruhan oleh masyarakat dapat menyumbat saluran air yang membuat air hujan tidak dapat mengalir keluar dengan baik,

Lingkungan yang kotor akan membawa kita kepada suatu penyakit, baik penyakit serius maupun penyakit tidak serius. Dan akan membuat kita semakin tidak nyaman untuk tinggal dalam lingkungan kotor tersebut. Seperti jika pada lingkungan yang kotor dapat mengakibatkan kita sakit demam berdarah, muntaber, difteri, kolera, tetanus, TBC, leptospirosis, pneumonia, endokarditis, haemophylus influenzae, dan lain sebagainya.
Hal yang termasuk aktifitas menjaga lingkungan hidup adalan membersihkan sarana kebersihan , memangkas tumbuhan atau rumput yang tidak perlu untuk menghindari munculnnya sarang nyamuk, sarang ular, sarang kalajengking, sarang lipan, dan lain sebagainya. Memperbaiki sarana umum yang biasanya di lakukan sebagai aktifitas masyarakat dalam sehari-hari, memperbanyak tempat sampah atau memperbaiki kondisi taman bermain agar dapat digunakan dengan semestinya, mengajak masyarakat dengan meningkatkan program penghijauan, pemanfaatan sampah organik sebagai pupuk buatan dan tumbuhan yang dihasilkan dari  berbagai macam dedaunan, dan juga menyemprotkan zat anti nyamuk 6 bulan sekali untuk pencegahan adanya wabah penyakit demam berdarah atau malaria.

Pada hutan pula akan terjadi efek negatif jika tidak digaja dan dilestarikan dengan benar yaitu dapat terjadi kebakaran hutan akibat kelalaian manusia, terjadi pemburuan liar yang dapat mengurangi habitat hewan langka yang ada dan dapat mengurangi kualitas hutan itu sendiri, perusakan dan penebangan hutan dan sampah yang tidak berguna yang mencemari keindahan dan kebersihan tanah hutan. Jika banyak manusia yang merusak lingkungan hutan maka akan menyebabkan degradasi tanah yang menimbulkan sekitar sungai ada yang dalam hutan menjadi lebih dangkal dan akan mengalami sistem hidrologi wilayah sekitarnya menjadi rusak tidak mampu lagi menyerap air hujan dengan baik. 
Mari kita lestarikan lingkungan yang baik dan bersih agar dapat membuat kehidupan lebih nyaman dengan melestarikannya dan menerapkannya.

Sumber :  ilmugeografi.com

By: Ayu Khoirotun Nisaq
 

Video yang berhubungan