Mengapa aplikasi hilang dari layar utama?

Tidak jarang handphone android yang kita miliki digunakan oleh orang lain. Handphone android kita digunakan oleh adik, anak, saudara, dan orang terdekat lainnya. Saat handphone sudah kembali ke tangan, tiba-tiba aplikasi android hilang sendiri dari layar utama. Misalnya aplikasi pesan hilang, aplikasi galeri juga hilang. Tentu kawan pasti langsung panik kebingungan. Masalah ini umum terjadi jika handphone yang kita miliki tidak hanya dipakai oleh kita sendiri.

Aplikasi pesan, galeri, kamera, kontak, dan beberapa aplikasi serupa lainnya, biasanya merupakan aplikasi bawaan dari pabrik android tersebut. Sehingga, tidak akan hilang dari HP  kita. Sebagian orang awam akan menyimpulkan bahwa aplikasi tersebut sudah terhapus. Sehingga perlu dipasang/install lagi. Jelas langkah ini tidak diperlukan lagi karena hanya akan menghabiskan kuota data. Sementara aplikasi tersebut pada akhirnya akan mengalami kegagalan saat proses instalasi dari Playstore misalnya.

Jika terjadi masalah di atas, jurus pertama menghadapi masalah hilangnya aplikasi bawaan handphone dari layar utama adalah berusaha tenang. Selama tidak ada notifikasi terjadinya kesalahan pada sistem handphone khususnya android maka permasalahan di atas masih bisa dipecahkan dengan mudah. Contohnya, handphone android masih bisa membuka menu Pengaturan (setting).

Ikon Galeri


Cara mengatasi aplikasi pesan dan galeri hilang di android tanpa root

Untuk mengatasi aplikasi pesan, galeri, dan aplikasi bawaan android yang hilang tidak membutuhkan aplikasi dan root. Berikut cara mengatasi aplikasi pesan dan galeri hilang di android tanpa root.

1. Buka menu pengaturan (setting). Biasanya ikon pengaturan berbentuk roda bergerigi.

2. Buka menu Apl/Aplikasi/Manager Aplikasi. (tergantung jenis handphone). Untuk simulasi, admin menggunakan HP android Asus Zenfone Go.

3. Geser/slide layar ke kiri hingga menemukan tab menu Dinonaktifkan. Tab ini akan menampilkan semua aplikasi bawaan handphone yang dinonaktifkan secara tidak sengaja/sengaja. Pilih pada tiap-tiap aplikasi untuk membuka Info Aplikasi. Pada tampilan berikutnya, klik opsi Aktifkan.

Sayangnya HP android admin lagi sehat, sehingga admin simulasikan pakai aplikasi browser saja ya. Nah, sekarang kembali ke layar utama handphone. Taraa, aplikasi pesan, galeri, dan aplikasi bawaan android lainnya yang tadinya hilang sekarang sudah muncul lagi.

Nonaktifkan aplikasi bawaan android untuk meningkatkan memori bebas/tersedia android

Beberapa aplikasi android bagi sebagian orang tidak terlalu berguna dengan baik. Sebagai contoh, aplikasi Hangouts, WebStorage, Browser bawaan, Memo, dan lainnya. Aplikasi android yang jarang kita pakai sebaiknya dinonaktifkan. Tindakan ini bisa cukup melegakan memori HP android kita.
Cara menonaktifkan aplikasi android sebagai berikut.

Cara Pertama

Klik Menu pada layar utama. Klik dan tahan aplikasi yang akan dinonaktifkan. Sambil menahan aplikasi tersebut, geser ke opsi Nonaktifkan (opsi bisa berbeda tergantung jenis HP). Aplikasi android tersebut pun berhasil di nonaktifkan.

Cara Kedua

Klik Pengaturan/Setelan (Setting) >> Apl/Aplikasi/manager Aplikasi (tergantung jenis HP). Klik pada aplikasi yang akan dinonaktifkan. Klik opsi Nonaktifkan. Nah, aplikasi android tersebut pun berhasil di nonaktifkan.

Sekarang memori bebas/tersedia android pun menjadi bertambah. Kawan bisa periksa menu Penyimpanan melalui menu Pengaturan. Penambahan memori tergantung seberapa banyak aplikasi yang dinonaktifkan tentunya.

Pastinya teman-teman disini pernah mengalami hal yang sama seperti saya yaitu hilangnya aplikasi pada ponsel padahal anda baru saja menginstal aplikasi tersebut di playstore akan tetapi setelah berhasil diinstal dan dilihat pada menu namun di daftar aplikasinya tidak ada aplikasi yang kita instal tersebut. hal ini tentu saja membuat kita menjadi bingung dan yang lebih bingungnya lagi aplikasi tersebut masih berstatus terinstal di playstore tetapi kemunculan icon aplikasi nya tidak ada.

Tentunya dengan keadaan seperti ini kita tidak bisa membuka aplikasi yang kita instal karena tidak ada iconya. terus bagaimana cara kita membukanya? ya pastinya harus membuka lewat pengaturan aplikasi. tapi masa setiap ingin membuka aplikasi harus selalu lewat pengaturan ribet amat.

Setelah saya periksa dan teliti lagi apa yang menyebabkan permasalahan itu terjadi ternyata ada beberapa hal yang memang menyebabkan aplikasi tidak muncul di layar handphone. beberapa kemungkinan itu bisa terjadi yaitu sebagai berikut :

PENYEBAB ICON APLIKASI TIDAK MUNCUL PADA LAYAR ANDROID

1 Aplikasi yang kamu instal tidak merespon atau tidak menanggapi

penyebab tidak munculnya aplikasi di layar depan setelah menginstal aplikasi dari playstore yaitu bisa dikarenakan aplikasi yang kamu instal tidak menanggapi proses dari hp nya. sehingga yang menyebabkan icon aplikasi tidak bisa muncul pada layar ponsel anda.

2. Aplikasi tidak terinstal dengan benar

Beberapa proses penginstalan aplikasi memang bisa saja mengalami kesalahan yang tidak terduga. jadi apabila kamu mengalami icon aplikasi tidak muncul bisa jadi proses penginstalan mengalami kendala jadi coba kamu bisa mencopot dan menginstal lagi aplikasi yang tadi kamu instal. tentunya dengan melakukan ini diharapkan icon aplikasi bisa muncul dan kamu bisa menjalankan aplikasi dengan normal

3. Kamu mendownload aplikasi plugin

Apabila kamu mengalami icon aplikasi tidak muncul ketika sudah menginstalnya bisa jadi kamu mungkin menginstal aplikasi plugin. aplikasi plugin yaitu adalah aplikasi yang menunjang kinerja aplikasi pertama jadi semacam aplikasi support. contohnya yaitu ada aplikasi yang belakangnya bertuliskan 32 bit nah itu adalah aplikasi plugin untuk mensupport 32 bit. jadi pastikan kamu menginstal aplikasi yang aslinya.

4. Kartu SD tercabut

Terkadang penyebab sebuah aplikasi yang berasal dari ponsel bisa hilang secara tiba-tiba karena anda tidak sengaja melepaskan kartu memori. 

Hal itu juga tergantung anda menyimpan aplikasinya kedalam memori internal atau eksternal. kalau memang pada saat waktu penginstalan aplikasi disimpanya didalam memori eksternal maka bukan hal yang aneh lagi kalau sewaktu-waktu akan hilang jika anda sedang melepaskan kartu SD. 

Tapi bukan berarti aplikasi tersebut akan terhapus melainkan hanya hilang saja dan akan kembali kalau anda memasangkan kembali kartu SD tersebut.

Jadi silahkan anda pastikan dulu sebelum mencabut atau mengganti kartu SD sudah memindahkan beberapa aplikasi yang tadinya ada di memori eksternal menjadi ke internal agar tidak hilang.

CARA MENGATASI ICON APLIKASI TIDAK MUNCUL PADA LAYAR PONSEL 

1. Restart ponsel anda

Melakukan restart pada ponsel akan membuat keadaan ponsel akan menjadi lebih fresh dan menghapus semua kesalahan error pada sistem. jadi apabila kamu mengalami kendala ataupun semacam kerusakan error atau apapun itu hal basic yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan restart pada ponsel. setelah kamu melakukan restart maka coba lihat kembali apakah ponsel kamu sudah ada icon aplikasi yang tadi sempat ilang atau tidak ada. jika masih belum kamu bisa mencopot aplikasi lalu menginstalnya kembali.

2. Hapus aplikasi yang membuat layar halaman anda penuh

Kemungkinan penyebab icon aplikasi tidak muncul pada saat menginstal aplikasi yaitu bisa juga disebabkan karena tidak ada ruang halaman lagi yang bisa ditempatkan untuk aplikasi baru. jadi sebisa mungkin apabila kamu ingin menginstal aplikasi alangkah baiknya cek terlebih dahulu keadaan ruang memory nya apakah masih bisa menampung aplikasi atau tidak. setidaknya jika kamu menginstal aplikasi yang misal berukuran 56 mb maka kamu setidaknya ada ruang sekitar 100 mb an agar penyimpanan tidak benar-benar full sekali. jadi sisakan ruang kosong.

3. Hapus data dan chace pada launcher

Hal yang ketiga yang  bisa dilakukan yaitu adalah dengan menghapus data beserta chace launcher di pengaturan. caranya yaitu kamu bisa pergi ke menu pengaturan > lalu pilih aplikasi > setelah itu kamu lihat pada bagian semua lalu cari launcher. untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini. saat ini saya menggunakan handphone mito A360

4.Restart pabrik atau reset factory

Apabila cara diatas masih saja belum menemukan solusi pada permasalahan ini cara terakhir yang bisa kamu lakukan ialah dengan melakukan reset pabrik yaitu menghapus semua data yang ada ponsel kamu dan mengembalikanya pada pengaturan pabrik. kemungkinan kamu telah tidak sengaja menyetting pengaturan tetapi kita tidak tahu apa yang diubah maka dari itu bisa melakukan reset pabrik untuk mengembalikan pengaturan kesemula. caranya yaitu adalah dengan pergi ke pengaturan > pencadangan dan setel ulang > lalu pilih kembalikan ke setelan pabrik. tiap hp pasti beda-beda pengaturanya kamu bisa cari pada bagian pencadangan pasti ada menu setel pabrik. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Itulah cara yang bisa dilakukan agar icon aplikasi tampil kembali ke halaman ponsel semoga bisa bermanfaat. apabila hal tersebut masih saja tidak teratasi kemungkinan ponsel kamu ic power nya sudah lemah dan harus diganti dengan yang baru. ciri-ciri ic power ponsel lemah yaitu tidak bisa menjalankan tugas nya dengan baik yang menyebabkan selalu terjadi kendala saat menggunakan ponsel.

Kenapa aplikasi di layar utama hilang?

Pada umumnya, kejadian ini disebabkan oleh kondisi sistem yang error, misalnya ada bug di dalam sistem, launcher yang corupt, ada bug pada icon aplikasi tersebut, atau bisa juga karena icon masuk ke dalam folder.

Bagaimana cara menampilkan aplikasi di layar utama?

Sentuh dan tarik aplikasi. Anda akan menemukan gambar setiap Layar utama..
Ketuk lama aplikasi. lalu, angkat jari. ... .
Sentuh lama pintasan..
Geser pintasan ke tempat yang diinginkan. Angkat jari..

Bagaimana cara menampilkan aplikasi yang hilang?

Untuk mengatasi icon aplikasi hilang di HP Android, berikut langkah-langkahnya..
Buka Settings > masuk ke bagian Aplikasi..
Pilih aplikasi yang hilang di Homescreen..
Buka App info > lalu buka Storage & cache..
Tekan Clear storage atau Clear cache > lalu tekan OK..