Makanan yang harus Dihindari setelah berhubungan intim

Jakarta -

Mengatur pola makan sangat penting untuk dilakukan dalam segala kondisi. Salah satunya setelah berhubungan seksagar tidak berpengaruh pada stamina dan kesehatan tubuh.

Ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi setelah berhubungan seksual. Mengingat saat berhubungan seks ada sekitar 60-100 kalori terbakar. Karenanya harus mengonsumsi makanan sehat untuk mengembalikan stamina.

Selain itu juga dapat meningkatkan suasana hati dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Makanan sehat tersebut adalah yang kaya antioksidan dan nutrisi lainnya.

Namun, ada juga makanan dan minuman yang harus dihindari setelah berhubungan seksual. Makanan dan minuman tersebut adalah yang mengandung kafein, tinggi kalori dan lemak yang berpengaruh pada stamina tubuh.

Dilansir dari Pulsecom (20/05) dan (10/05) berikut 10 makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari setelah berhubungan seks:

5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Usai Berhubungan Seks:

1. Alpukat

Ilustrasi alpukat Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula

Alpukat merupakan buah yang baik untuk kesehatan testis atau organ penting pada sistem reproduksi pria. Itu karena alpukat mengandung antioksidan berupa vitamin E yang berperan memperlebar pembuluh darah.

Kondisi tersebutlah yang nantinya akan mengurangi kerusakan DNA sperma. Selain itu, juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Semangka

Buah semangka dapat berperan untuk mengendurkan pembuluh darah. Di dalam buah semangka terdapat kandungan citrulline yang membantu menstimulasi dan meningkatkan mood.

3. Pisang

6 Hal Ini Bakal Terjadi Saat Kamu Berhenti Makan Pisang Foto: iStock

Buah pisang juga baik dikonsumsi setelah berhubungan seksual. Mengonsumsi buah pisang dan minum air setelah berhubungan seksual dapat mencegah kram atau kejang otot setelah berhubungan seks.

Baca Juga : 5 Makanan Pembangkit Gairah Seksual agar Tak Malas Bercinta

4. Apel

Mengonsumsi buah apel baik untuk pria maupun wanita usai berhubungan seks. Kandungan nutrisi yang ada pada buah apel dapat membantu lebih rileks dan lebih aktif selama atau bahkan setelah berhubungan seksual.

5. Kentang

Makan Kentang atau Ubi Jalar Mana yang Lebih Sehat? Foto: iStock

Biasanya setelah berhubungan seksual tubuh menjadi lemas. Nah, untuk mengembalikan energi kamu bisa mengonsumsi kentang yang kaya karbohidrat sebagai pembangkit energi.

Ilustrasi berhubungan intim (seks). (Foto: Shutter Stock)

Tahukah kamu, makanan memiliki peran yang cukup siginifkan dalam meningkatkan gairah seks? Beberapa makanan seperti kacang, bawang putih, daging, hingga kentang goreng ternyata tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum berhubungan intim.

Selain itu, ada juga beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah berhubungan intim. Pasalnya menurut beberapa penelitian, berhubungan intim yang intens bisa membakar 150 kalori dalam 30 menit. Karena itulah para ahli menekankan untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Makanan apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, berikut kumparanFOOD rangkum informasinya seperti dikutip dari Times of India berikut ini.

Ilustrasi Pizza (Foto: Pixabay)

Meski enak dan mengenyangkan, pizza justru tidak disarankan untuk dikonsumsi usai berhubungan intim. Alasannya sederhana, karena kandungan tepung dan keju yang ada di dalamnya bisa mengiritasi tubuh setelah berhubungan intim. Tak hanya itu, sirkulasi darah yang tinggi usai berhubungan intim juga bisa menyebabkan masalah serius bagi usus.

Kopi dan teh yang kembali hangat (Foto: Istimewa)

Tak hanya pizza, kopi dan teh juga tidak disarankan dikonsumsi setelah berhubungan intim. Keduanya sama-sama mengandung kafein yang bisa membuat kamu terjaga semalaman. Padahal menurut para ahli, usai berhubungan intim kamu disarankan untuk istirahat atau tidur yang nyenyak.

Keju cheddar (Foto: Thinstock)

Keju merupakan bentuk padat (proses koagulasi) dari susu. Kita semua tahu, kalau keju mengandung lemak, sodium, dan kalori yang tinggi. Bagi mereka yang memiliki masalah dengan fungsi hati dan pencernaan, sebaiknya hindari mengkonsumsi keju setelah berhubungan intim. Hal ini memicu masalah pencernaan yang serius dan membuatnya sulit untuk dicerna dengan baik.

Bahaya Minuman Alkohol Bagi Anak (Foto: Pixabay)

Menurut sebuah studi, mengkonsumsi alkohol sebelum berhubungan intim bisa menyebabkan disfungsi ereksi dan membuat pria kesulitan dalam mengalami orgasme. Selain itu, penelitian terbaru juga mengungkapkan jika mengkonsumsi alkohol setelah berhubungan intim bisa memperlambat metabolisme, menyebabkan iritasi, lesu, hingga pusing.

Kuning telur memang mengandung lebih banyak vitamin dibandingkan putih telur. Kabarnya, satu butir kuning telur mengandung tujuh vitamin, seperti; B6, folat, vitamin B, B-12, A, D, E, dan K.

Meski begitu, kuning telur juga mengandung tinggi lemak dan kolesterol yang justru tidak disarankan dikonsumsi setelah berhubungan intim. Alasannya, karena kandungan dalam kuning telur tersebut bisa membuat tubuh seseorang gelisah dan sulit untuk tidur.

Apa yang harus dihindari setelah berhubungan intim?

Melansir laman Healthshots, khusus untuk wanita, berikut ini adalah lima hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah berhubungan intim..
Jangan gunakan tisu untuk membasuh vagina. ... .
Tidak membersihkan mainan seks. ... .
Jangan memakai pakaian ketat. ... .
Jangan membersihkan vagina dengan sabun. ... .
Hindari mandi air panas..

Setelah berhubungan intim makan apa?

Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang baik dikonsumsi setelah berhubungan intim untuk mengembalikan stamina seperti semula:.
Pisang. Pria dan wanita bisa merasakan nyeri bahkan kram otot yang cukup hebat setelah orgasme. ... .
2. Oatmeal. ... .
3. Alpukat. ... .
4. Stroberi. ... .
Daging. ... .
6. Nasi..

Berapa lama harus berbaring setelah berhubungan intim?

Berbaring sejenak setelah berhubungan intim, setidaknya 20 – 30 menit. Posisi ini bisa meningkatkan kemungkinan sperma masuk dan menyebabkan pembuahan. Menaruh kepala di bawah dan mengangkat kedua kaki ke atas usai berhubungan intim. Mengganjal pinggul dengan bantal setelah berhubungan intim.

Bagaimana posisi tidur setelah hubungan agar cepat hamil?

Beberapa percaya bahwa ada beberapa posisi tidur yang baik setelah berhubungan agar cepat hamil, yaitu: Berbaring sejenak atau minimal 30 menit. Berbaring telentang atau kepala di bawah dan mengangkat kedua kaki ke atas dinding, agar sperma memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mencapai sel telur.