Kutipan teks eksposisi berikut ini yang menggunakan pola pengembangan proses adalah

sulistiani766256 sulistiani766256

Jawaban:

1. pola proses adalah pengembangan paragraf yang tersusunatas beberapa kalimat secara runtut sehingga membentuk satu gagasan yang utuh.

2.pola sebab akibat adalah pengembangan paragraf dari pola induktif dimana kalimat utama nya terletak pada bagian akhir paragraf.

3.pola ilustrasi adalah paragraf yang berfungsi untuk memperjelas suatu uraian, khusus nya uraian yang bersifat abstrak.

Pertanyaan

Perhatikan teks eksposisi berikut! 


Tahukah Anda bagaimana cara untuk memutihkan wajah secara alami? Banyak orang yang ingin memiliki wajah yang putih namun dengan cara alami. Cara memutihkan kulit ini sebenarnya sangat mudah. Caranya, ambillah sesendok air perasan jeruk nipis dan setengah sendok madu murni. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan secara lembut pada wajah Anda. Biarkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Basuh dengan air dingin hingga. bersih. Lakukan dua kali dalam seminggu. Mudah bukan? Jadi, selain Anda menjadi lebih cantik alami, dengan cara seperti ini Anda juga tidak pei:lu mengeluarkan biaya banyak. 

Teks eksposisi tersebut menggunakan pola pengembangan .... 

Pertanyaan

Kutipan teks eksposisi berikut ini yang menggunakan pola pengembangan proses adalah ...  

  1. Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman rimpang yang sangat populer. Jahe biasa digunakan sebagai bahan masakan atau penyedap rasa alami. Selain bisa digunakan sebagai rempah-rempah, tanaman ini juga bisa mengobati beberapa penyakit, seperti batuk, panas dalam, dan masih banyak lagi. Tanaman jahe memiliki tinggi sekitar 30 hingga 100 mm. Daunnya berbentuk menyirip dengan panjang sekitar 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Jahe memiliki rimpang atau akar berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Akar inilah yang diambil dan dimanfaatkan sebagai jahe. 

  2. Oksigen yang kita hirup ini merupakan hasil dari proses fotosintesis pada tumbuhan. Proses ini terjadi di dalam daun. Pertama-tama, tumbuhan akan mengumpulkan tiga bahan utama dalam proses ini, yaitu karbondioksida (C02), sinar matahari, dan air. Karbondioksida (C02) di udara bebas diserap melalui stomata (alat pernapasan tumbuhan di daun), sinar matahari diserap oleh klorofil (zat hijau daun), dan air diangkut dari dalam akar menuju daun oleh pembuluh xilem. Setelah semua bahan terkumpul, barulah proses ini dimulai. Air (H20) dan karbon dioksida (C02) akan dipecah oleh bantuan sinar matahari sehingga menghasilkan glukosa (C6H12O6) dan oksigen (02). Glukosa inilah yang dipakai oleh tumbuhan sebagai makanan mereka, sedangkan oksigen dilepaskan kembali ke udara. 

  3. Bakpia dan latopia adalah dua buah jenis kue kecil yang digemari oleh masyarakat. Kedua jenis kue ini terbuat dari bahan yang sama, yaitu terigu. Tidak hanya bahannya saja yang sama, tetapi juga isi kue dan cara pembuatannya hampir sama. Pada umumnya kedua jenis kue ini menggunakan kacang hijau sebagai bahan isian dan cara pembuatannya sama-sama dipanggang. Namun, kue bakpia dan latopia berasal dari daerah yang berbeda. Bakpia berasal dari Yogyakarta, sedangkan latopia berasal dari Solo. Bentuk dan teksturnya pun berbeda. Bakpia berbentuk bulat dan cenderung basah. Sernentara itu, latopia berbentuk hampir persegi dan cenderung kering. Hal itulah yang membuat latopia lebih awet jika dibandingkan dengan bakpia. 

  4. Tumbuh-tumbuhan dapat diklasifikasikan ke dalam dua jenis golongan jika didasarkan pada jenis bijinya. Penggolongan tersebut adalah tumbuhan dikotil dan monokotil. Tumbuhan dikotil adalah jenis tumbuhan yang pada bijinya memiliki dua buah keping biji. Ciri-ciri tumbuhan dikotil adalah memiliki akar tunggang dan pada daunnya memiliki variasi dalam hal ukuran serta cabang ruasnya. Sementara itu, tumbuhan monokotil ialah jenis tumbuhan yang memiliki satu keping pada bentuk bijinya. Pada tumbuhan monokotil terdapat ciri-ciri khusus, yaitu akarnya berbentuk serabut dan menyebar ke segala arah, bentuk daunnya panjang, serta batangnya memiliki cabang dan ruas. 

  5. Setiap anak yang baru lahir ke dunia ini masih suci seperti halnya selembar kertas putih yang belum ternoda oleh tinta. sedikit pun. Kertas putih tersebut akan sangat bergantung kepada sang pemiliknya. Entah kertas itu akan ditulis dengan baik atau bahkan dicoret-coret. Begitu juga dengan baik dan buruknya anak-anak yang baru lahir bergantung pada didikan orang tua mereka. Jika mereka dididik dengan benar, mereka akan menjadi anak yang baik, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, kita harus mendidik anak kita sedini mungkin karena hal itulah yang akan menentukan nasib dan sifat mereka di masa depan. 

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

jawaban yang tepat adalah pilihan B. 

Paragraf atau alenia adalah suatu bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat. Pola pengembangan proses adalah suatu urutan dari tindakan-tindakan atau perbuatan-perbuatan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu atau urutan dari suatu kejadian atau peristiwa. Pada pilihan paragraf di atas yang merupakan pola pengembangan proses adalah pilihan B, paragraf tersebut menjelaskan proses fotosintesis pada tumbuhan yang menghasilkan glukosa dan oksigen. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B. 

896