Kenapa mata kabur setelah bangun tidur?

Jakarta - Saat membuka mata di pagi hari, sebagian orang pernah mengalami penglihatannya mendadak buram layaknya efek blur pada kamera. Saat mengalaminya, kita biasanya akan bingung, dan bahkan merasa panik.

Keadaan seperti ini ternyata cukup umum terjadi pada kebanyakan orang. Biasanya, penglihatan kita akan kembali normal setelah berkedip ataupun menguceknya, tapi tidak boleh terlalu keras.

Berikut ini adalah 7 alasan yang bisa jadi penyebab penglihatan mata buram di pagi hari.

1. Air mata kering

Air mata berfungsi untuk melumasi, memberi nutrisi, dan melindungi mata. Tanpa disadari, mata selalu mengeluarkan air mata saat tidur. Tapi, terkadang saat malam hari air mata bisa mengering dari pemukaan mata dan menyebabkan penglihatan kabur di pagi hari. Untuk mengatasinya, cobalah berkedip beberapa kali setelah bangun tidur untuk memulihkan kornea mata dari penglihatan yang kabur.

2. Alergi mata

Alergi pada mata dapat menyebabkan mata gatal, bengkak, berair, serta kering hingga menyebabkan penglihatan kabur saat bangun tidur. Hal ini bisa terjadi karena beberapa penyebab, seperti tungau, debu, bulu hewan yang ada di kamar, atau mungkin memiliki alergi terhadap detergen yang digunakan untuk mencuci alas tidur.

3. Tidur telungkup

Posisi tidur telungkup juga bisa menyebabkan kondisi yang dikenal dengan Floppy eyelid syndrome (FES). Ini terjadi saat kelopak mata bagian atas telah kehilangan elastisitas. Hal ini bisa memicu penglihatan menjadi kabur di pagi hari hingga merobek dan membakar mata. Sindrom FES ini bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih sering terjadi pada pria berbadan gemuk.

4. Minum obat tertentu sebelum tidur

Berbagai obat dapat mengurangi produksi air mata, seperti antihistamin, obat tidur, obat flu, dan obat tekanan darah. Jika obat-obat tersebut diminum sebelum tidur dapat menyebabkan penglihatan kabur dan mata kering di pagi harinya.

5. Tidur dengan lensa kontak

Tidur dengan menggunakan lensa kontak dapat mengurangi suplai oksigen ke mata, menyebabkan mata kering, hingga pandangan menjadi kabur saat bangun tidur. Perlu diingat, sebelum tidur lepaskan lensa kontak dari mata untuk menghindari kemungkinan buruk yang terjadi, seperti kebutaan.

6. Masalah gula darah

Masalah gula darah yang terlalu tinggi ataupun rendah juga bisa menyebabkan keburaman saat bangun tidur di pagi hari. Namun, untuk penyebab yang satu ini biasanya diiringi dengan gejala lainnya seperti pusing dan badan lesu.

7. Tidur di bawah kipas angin

Tidur dengan kipas angin memang sangat pas dan sempurna, baik tidur siang maupun malam hari. Tetapi ternyata tidur seperti itu bisa mengeringkan kulit dan mata, bahkan saat kelopak mata tertutup rapat. Hal ini bisa memicu pengelihatan gatal hingga buram.

Simak Video "Ahli Ungkap Tanda Tangis Palsu Meghan Markle di Pemakaman Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 20:01 WIB

Cara Mengobati Mata Buram Setelah Bangun Tidur (Foto: Thelist)

CARA mengobati mata buram setelah bangun tidur akan dibahas dalam artikel ini. pernahkah Anda tiba-tiba mengalami pandangan mata buram usai bangun tidur?

Pandangan mata yang buram atau memudar saat baru bangun tidur di pagi hari ini dari segi kesehatan, diketahui bisa dipicu oleh banyak faktor. Mulai dari karena keluarnya produksi air mata saat tidur di malam hari, ada alergi di mata yang menyebabkan gatal, bengkak dan berair.

(Cara Mengobati Mata Buram Setelah Bangun Tidur, Foto: Thelist)

Selain itu, bisa juga karena posisi tidur dengan wajah menghadap ke bawah, sehingga menyebabkan kondisi disebut floppy eyelid syndrome (FES). Hingga karena mengalami distrofi kornea fuchs, kondisi yang menyebabkan kornea bengkak saat tidur, sehingga penglihatan menjadi kabur di pagi hari.

Bagi Anda yang mengalami mata buram saat bangun tidur di pagi hari, jangan panik dulu. Sebab, pandangan mata yang mengabur di pagi hari kemungkinan tidak memerlukan perawatan. Kecuali, jika mata buram ini akibat dari kondisi medis.

BACA JUGA : 4 Dampak Buruk Merokok pada Mata, Apa Saja?

Sebagai contoh, memgutip Healthline, Jumat (8/4/2022) jika pembengkakan kornea menyebabkan penglihatan kabur, biasanya dokter akan meresepkan obat tetes mata untuk menghilangkan kelebihan air dari kornea mata.

BACA JUGA : 3 Tips Cegah Gangguan Mata Akibat Gadget

Selanjutnya, cara mengatasi mata buram di pagi hari yang diakibatkan karena memiliki alergi mata. Maka solusinya, disebutkan bisa dengan mengonsumsi antihistamin yang berfungsi bisa mengurangi gejala alergi dan menghentikan keburaman mata.

Nah, untuk treatment sendiri yang mudah di rumah. Anda bisa coba mengaplikasikan obat tetes mata pelumas sebelum tidur atau saat baru bangun tidur. Fungsinya agar bisa menyegarkan mata, sehingga bisa mencegah atau menghilangkan keburaman mata saat baru bangun tidur di pagi hari.

(hel)

  • #Mata Buram
  • #Mata
  • #Cara Mengobati Mata Buram Setelah Bangun Tidur

Kenapa setelah bangun tidur mata terasa buram?

Pandangan mata yang buram atau memudar saat baru bangun tidur di pagi hari ini dari segi kesehatan, diketahui bisa dipicu oleh banyak faktor. Mulai dari karena keluarnya produksi air mata saat tidur di malam hari, ada alergi di mata yang menyebabkan gatal, bengkak dan berair.

Apa yang harus dilakukan ketika mata buram?

Cara Mengatasi Mata Buram.
Lakukan pemeriksaan mata secara teratur agar kualitas penglihatan tetap terjaga..
Gunakan kacamata sinar biru ketika sedang bekerja atau menonton/menatap layar monitor seperti Blue UV Capture atau Eyezen..
Gunakan kacamata hitam atau lensa Transitions saat di bawah sinar matahari..

Mata kabur disebabkan karena apa?

Mata kabur bisa disebabkan oleh beragam hal dan bisa terjadi pada satu atau kedua mata. Penyebab mata kabur yang paling umum adalah kelainan refraksi mata, seperti rabun dekat, rabun jauh, presbiopi, dan astigmatisme. Mata kering juga menjadi salah satu faktor lain yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

Kenapa mata buram saat melihat HP?

Selain karena kelelahan, mata buram juga bisa terjadi karena mata mulai terasa kering akibat menatap layar HP terlalu lama. Saat sedang menatap layar digital, kebanyakan orang cenderung lebih jarang berkedip. Padahal, normalnya seseorang seharusnya berkedip sebanyak 18 kali per menit.