Kenapa kalo bangun tidur hidung mampet

Ilustrasi Mual/https://www.shutterstock.com/Twinsterphoto

Fimela.com, Jakarta Hidung tersumbat, bersin, postnasal drip, batuk, pilek, merupakan salah satu reaksi umum pada suatu alergen. Alergi akan muncul kapan saja sepanjang tahun, terutama selama musim semi, musim panas, bahkan hingga musim gugur. Pernahkah kamu mengalami pilek di pagi hari? Perasaan satu ini mungkin membuat kebanyakan orang tidak nyaman.

Pilek terkadang akan membuat hidung menjadi meler dan membuat kita terjadi di sepanjang malam, setiap orang tentu pernah mengalami hidung yang meler atau disebut sebagai rhinorrhea.

Pilek di pagi hari terkadang akan menghasilkan suara yang bindeng dan ketidaknyamanan saat bangun tidur, meskipun tidak membuat khawatir tetapi terkadang pilek dapat menandakan adanya masalah yang serius. Berikut beberapa penyebab pilek di pagi hari yang bikin penasaran:

1. Alergi

Ilustrasi Mual/https://www.shutterstock.com/New Africa

Rhinitis alergi biasanya dapat mempengaruhi banyak orang dan dapat disebabkan oleh lingkungan sekitar yang dapat memicu respons alergi, Selain itu terkadang ketika tubuh mengalami respons alergi dapat menyebabkan lapisan hidung membengkak dan menghasilkan banyak lendir.

Beberapa orang yang mengalami rhinitis alergi biasanya akan merasakan pilek di pagi hari, selain itu jika pada pagi hari kamu mengalami pilek secara tiba-tiba bisa jadi hal ini menandakan adanya paparan alergen tertentu pada malam hari seperti debu, tungau, maupun bulu hewan peliharaan.

2. Flu Biasa

ilustrasi perempuan bersin/copyright by gpointstudio (Shutterstock)

Mungkin kamu akan mengalami lebih sedikit pilek selama setahun terakhir dan terpapar lebih sedikit kuman saat menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Akan tetapi, jika kamu mengalami sesak dalam waktu singkat selama beberapa minggu saat bangun tidur, maka dapat menandakan pilek yang dapat menyerang lapisan hidung. Gejala pilej juga dapat muncul secara bertahap seperti hidunh yang tersumbat, sakit tenggorokan, atau bahkan sakit kepala.

3. Lingkungan

Ilustrasi Sakit/https://unsplash.com/Engin Akyurt

Cuaca yang sangat dingin atau panas, kelembapan, atau berada pada lingkungan yang penuh asap dan debu ternyata dapat menyebabkan hidung tersumbat.

4. Kehamilan

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/UvGroup

Masa kehamilan ternyata dapat menyebabkan banyak perubahan tubuh salah satunya adalah peradangan pada lapisan hidung karena adanya hormon. Hidung yang tersumbat juga akan mereda dengan sendirinya ketika kamu tidak lagi hamil.

5. Terlalu Sering Menggunakan Semprotan Hidung

Ilustrasi Furunkulosis Hidung Credit: pexels.com/Andrea

Pernahkah kamu menggunakan semprotan pada hidung? Beberapa penggunaan semprotan hidung yang berlebihan ternyata dapat membuat hidung tersumbat atau pilek saat bangun tidur di pagi hari.

Gejala alergi di pagi hari juga bisa menganggu kualitas tidur di malam hari, selain itu kamu juga membutuhkan obat resep untuk menentukan penyebab gejala dan mengatasi gejala lainnya. Meskipun membuat kita tidak nyaman saat bangun tidur, beberapa masalah pilek di pagi hari dapat mereda dengan sendirinya.

What's On Fimela

powered by

Kenapa hidung selalu tersumbat saat bangun tidur?

Udara dalam Ruangan yang Kering Ketika kelembapan udara rendah, tubuh akan berusaha memproduksi lendir agar hawa kering ini tidak masuk ke paru-paru. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan hidung menjadi beringus dan mampet di pagi hari.

Apa penyebab hidung tersumbat tapi tidak pilek?

Hidung tersumbat dapat terjadi ketika jaringan di dalam hidung terganggu. Gangguan bisa disebabkan iritasi karena menghirup polusi udara, baik dari asap kendaraan atau pajanan asap rokok. Penyebab lain dari hidung tersumbat adalah alergi, sinusitis, dan infeksi, contohnya ISPA dan influenza.

Hidung tersumbat apa yang harus dilakukan?

6 Tips Meredakan Hidung Tersumbat.
Hirup uap hangat. Menghirup uap hangat bisa mengatasi hidung tersumbat dan melegakan pernapasan. ... .
Posisikan kepala lebih tinggi saat berbaring. ... .
Perbanyak minum air putih. ... .
4. Gunakan humidifier. ... .
Cuci hidung dengan air garam. ... .
6. Konsumsi obat-obatan..

Bagaimana cara mengatasi pilek di pagi hari?

Beberapa anjuran yang dapat Anda lakukan yaitu ;.
Minum lebih banyak cairan, konsumsi air putih 2-3L/hari agar membantu mengurangi kekentalan lendir di hidung..
Hindari paparan alergi seperti udara dingin, debu, serbuk tanaman, bulu hewan..
Jaga kebersihan dan selalu cuci tangan setelah beraktivitas..
Hirup uap air hangat..