Kenapa HP saat di charge tidak bertambah?

Ilustrasi. Terjawab sudah kenapa baterai hp saat dicas tidak bertambah, kenali penyebab dan cara mengatasinya. 

TRIBUNKALTIM.CO - Terjawab sudah kenapa baterai hp saat dicas tidak bertambah, kenali penyebab dan cara mengatasinya.

Saat ini, pertanyaan kenapa baterai hp saat dicas tidak bertambah, jangan panik karena ada cara mudah mengatasinya.

Bagi sebagian pengguna handphone (HP), entah HP Android atau iPhone, mungkin pernah menjumpai persoalan daya pada baterai tidak terisi, kendati sedang dicas.

Daya pada baterai bisa jadi tidak bertambah atau bahkan saat HP dicas malah berkurang.

Baca juga: Daftar Harga HP Oppo Terbaru di Akhir Bulan April 2022, Oppo A55, Oppo A95, Oppo Reno7 Z 5G

Idealnya, daya baterai akan bertambah saat HP terhubung dengan perangkat cas.

Seiring lama waktu HP terhubung dengan perangkat cas, baterai bakal menerima dan menyimpan daya hingga penuh sesuai kapasitasnya.

Namun, terdapat kondisi tertentu daya baterai HP dicas tapi tidak mengisi.

Saat pengisian daya berjalan, biasanya bakal muncul simbol tegangan listrik di bar baterai pada layar HP.

Simbol tersebut jadi tanda bahwa baterai HP tengah diisi dayanya.

Pada kondisi daya baterai HP dicas tapi tidak mengisi atau malah berkurang, simbol tegangan listrik pada layar HP tersebut biasanya tetap muncul.

Meski simbol itu muncul, tapi persentase daya dari baterai tak kunjung bertambah.

Lantas, kenapa baterai hp saat dicas tidak bertambah?

Penyebab dari persoalan ini bermacam-macam, bisa dari segi kabel cas, adaptor cas, stopkontak, dan sebagainya.

Masalah menyebalkan yang biasa dialami oleh pengguna handphone adalah saat gadget tersebut tidak mau di-charge. Baterai sudah merah, saat disambungkan ke charger ternyata tidak terjadi apa-apa. 

Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi. Misalnya perangkatmu memang menolak untuk di-charge, kabel yang bermasalah, atau mungkin handphone-mu bisa mengisi tapi sangat lambat. Jika kamu mengalami salah satu darinya, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Simak berikut ini!

1. Matikan dan nyalakan kembali handphone

wired.com

Sering kali masalah handphone hanya terjadi sementara. Untuk mengatasinya, reboot atau mematikan dan menyalakannya kembali adalah langkah pertama yang harus kamu coba. Simpel kan? Walaupun begitu banyak orang yang kerap melupakan langkah ini. 

Ketika handphone dinonaktifkan, semua aplikasi yang berjalan sebagai background akan mati. Jadi apa pun yang menyebabkan masalah charging secara otomatis akan hilang. Namun jika handphone-mu masih belum bisa di-charge lagi setelah dinyalakan, coba ikuti langkah-langkah selanjutnya. 

2. Bersihkan charging port

amazon.com

Bisa jadi masalah bersumber dari port yang ada di handphone-mu. Sering kali plat logam yang ada di dalam port dan charger tidak melakukan kontak yang baik. Ini bisa terjadi karena terjadi penyumbatan karena debu. 

Solusi termudah dan tercepat untuk hal ini adalah dengan membersihkannya secara manual. Untuk melakukannya, matikan handphone dan keluarkan baterai jika memungkinkan.

Kemudian gunakan tusuk gigi atau semacamnya untuk membersihkan debu. Lakukan dengan perlahan agar tidak merusak lempengan. Setelah itu coba nyalakan handphone dan isi baterainya.

3. Ganti kabel atau adapter charger

shopify.com

Jika handphone masih tidak mau di-charge, masalah bisa jadi berasal dari kabel charger yang kamu gunakan. Entah karena ada komponen yang putus, konslet, atau karena kabel yang kamu gunakan tidak ori. Untuk mengatasinya coba ganti ke kabel lain, terutama yang memang bawaan dari handphone saat kamu membelinya.

Jika nampaknya kabelmu tidak bermasalah, cobalah untuk memeriksa adapter. Alat tersebut sering kali menjadi longgar akibat terlalu lama dipakai. Kamu juga bisa mengetes kombinasi kabel dan adapter lain. Siapa tahu yang kamu gunakan sekarang sudah tidak cocok lagi.

Baca Juga: 7 Cara Menyelamatkan Handphone yang Tenggelam di Air

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • WhatsApp Gak Bisa Kirim Gambar? Ini Cara Mengatasinya!
  • Baterai HP Kamu Cepat Habis? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya
  • Facebook Aktifkan Fitur Security Check di Kanjuruhan

4. Ada kemugkinan masalah tersebut timbul karena software bug

naldotech.com

Software bug atau cacat desain pada perangkat lunak juga bisa menyebabkan masalah charging. Kamu bisa memeriksa hal ini dengan memasang aplikasi bernama Ampere yang tersedia untuk Android. 

Ampere akan menunjukkan berapa banyak daya yang tersedia di handphone-mu. Berbekal informasi tersebut, aplikasi ini bisa menganalisis apakah ada bug yang mengganggu proses charging atau tidak. Jika memang ada, kamu bisa melakukan update OS atau reset.

5. Handphone memerlukan update OS

pocket-lint.com

Sudah berapa lama sejak kamu memperbarui sistem operasi handphone-mu? Permintaan update yang terus diabaikan bisa memengaruhi kinerja charging. Coba periksa apakah ada versi OS terbaru yang perlu diinstal. Kamu harus membuka Settings > About Phone atau System Updates. 

6. Apa yang harus dilakukan jika ini terjadi gara-gara handphone kemasukan air?

fonpit.de

Jika baru-baru ini handphone-mu jatuh ke dalam air, mungkin saja itu adalah penyebabnya. Sebenarnya ketika kondisi itu yang terjadi, sebaiknya kamu tidak mengisi baterainya terlebih dahulu karena akan terjadi konslet. 

Kamu harus memastikan bagian dalam handphone benar-benar kering. Kamu bisa melakukan ini dengan memasukkan handphone ke dalam beras, silica gel, atau mengeringkannya dengan vacuum cleaner. Jika masih bermasalah, kemungkinan besar kamu harus mengganti baterainya.

7. Kalibrasi baterai

appmifile.com

Kalibrasi adalah proses yang bertujuan untuk menormalkan baterai agar kapasitas yang tertera di layar sama dengan kondisi sesungguhnya. Sebenarnya ini adalah upaya untuk mencegah kerusakan baterai. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Habiskan baterai hingga handphone mati dengan sendirinya;
  2. Nyalakan dan biarkan ia mati kembali;
  3. Sambungkan handphone dengan charger tanpa dinyalakan. Charge hingga layar menunjukkan bahwa bateraimu penuh, kemudian cabut kabel;
  4. Nyalakan handphone-mu. Jika daya yang tertera tidak 100 persen, charge lagi hingga penuh;
  5. Cabut kabel dan reboot handphone;
  6. Jika daya yang tertera di layar masih tidak 100 persen, ulangi lagi poin 4 dan 5 hingga kapasitas baterai di layar menunjukkan angka 100 persen;
  7. Jika sudah, gunakan handphone sampai baterainya habis lagi;
  8. Sambungkan charger ke handphone, kali ini kamu bisa men-charge tanpa hambatan.

Gimana, mudah kan? Jika handphone-mu masih tidak bisa di-charge setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka cara terakhir adalah membawanya ke service center. Ya, setidaknya kamu sudah mencoba kan?

Kenapa baterai HP saat di cas tidak bertambah?

Masalah yang paling umum bila baterai hp tidak bisa di-charge adalah usia baterai yang sudah terlalu lama, atau baterai sudah bocor. Namun hal ini juga bisa terjadi karena kepala charger, atau kabel charger yang digunakan, rusak.

Bagaimana cara memperbaiki HP yang tidak bisa di charger?

7 Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Di-charge, Gampang....
Matikan dan nyalakan kembali handphone. ... .
2. Bersihkan charging port. ... .
3. Ganti kabel atau adapter charger. ... .
4. Ada kemugkinan masalah tersebut timbul karena software bug. ... .
Handphone memerlukan update OS..

Apa ciri ciri baterai HP bocor?

Ciri-ciri Baterai HP Bocor Anda bisa mengetesnya juga dengan cara diputar. Jika diputar bisa memutar cepat dan lama, itu tandanya memang baterai menggembung yang artinya baterai smartphone sudah mengalami fase kebocoran baterai.

Apa yang membuat charger lama mengisi?

Penyebab dari HP Anda lama dicas saat mengisi ulang baterai bisa jadi diakibatkan karena beberapa faktor. Misalnya, port pengisian daya yang bermasalah, kabel pengisi daya yang rusak, dan sebagainya.