Kenapa Hp Oppo tiba-tiba Tidak ada Suara

HP Android yang tidak mengeluarkan suara sama sekali tentu membuat kita merasa jengkel. Bagaimana tidak? Banyak aktivitas membutuhkan suara seperti mendengarkan musik, menonton video atau film, melakukan panggilan audio dan video, memutar pesan suara, nada notifikasi, alarm, dll. Meski bisa digunakan untuk aktivitas lain, namun tetap saja HP Android yang tidak mengeluarkan suara tidak nyaman digunakan. Lalu apa penyebab suara HP Android yang hilang? Dan bagaimana cara memperbaiki suara HP Android yang hilang?

Untuk mengetahui penyebab dari masalah ini, Anda harus mengingat adakah aktivitas tertentu yang sebelumnya Anda lakukan hingga akhirnya membuat HP tidak mengeluarkan suara, misalnya: HP terjatuh atau terbentur benda keras, kemasukan air, atau mungkin menginstall aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Hal semacam ini perlu Anda ingat-ingat, karena faktor penyebabnya hanya ada dua yaitu: kerusakan komponen speaker atau bugs pada sistem atau aplikasi.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP Android

Ada beberapa poin yang menjadi penyebab utama suara HP yang hilang atau tidak keluar, di antaranya yaitu:

  • Bugs pada sistem dan aplikasi – Faktor penyebab suara HP yang hilang paling sering terjadi karena bugs pada sistem dan aplikasi. Untuk itu, cobalah untuk memperbarui sistem dan aplikasi untuk memperbaiki masalah tersebut.
  • HP dalam keadaan diam / mute – Jika Anda merasa nada panggilan atau nada notifikasi tidak bunyi, coba cek kembali mode yang Anda gunakan, apakah mode dering atau mode diam.
  • HP mengira masih tersambung ke speaker bluetooth – Dalam beberapa kasus, ada beberapa HP yang mengira masih tersambung ke speaker bluetooth padahal speaker dan bluetooth telah dimatikan. Hal ini biasanya juga ditandai dengan ikon mode headset yang tidak hilang-hilang.
  • HP mengira masih tersambung ke headset – Selain speaker bluetooth, hal yang sama juga dapat terjadi saat HP mengira masih tersambung ke headset padahal port headset sudah di copot.
  • Speaker HP mengalami kerusakan – Jika HP Anda pernah terjatuh, terbentur benda keras, atau mungkin kemasukan air maka mungkin saja speaker HP mengalami kerusakan dan tidak mengeluarkan suara sama sekali.
  • dll.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android

Cara mengatasi suara HP Android tidak keluar

Jika Anda merasa tidak melakukan aktivitas yang menyebabkan kerusakan komponen speaker, mungkin Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mencoba beberapa metode yang saya paparkan berikut ini.

1. Periksa pengaturan volume HP

1. Cek mode yang Anda gunakan. RUDI DIAN ARIFIN

Pertama, coba cek kembali pengaturan volume dan mode perangkat Android yang Anda gunakan. Tujuannya untuk memastikan apakah pengaturan speaker dalam keadaan diam atau tidak. Anda bisa membuka menu Setelan atau menggulir panel notifikasi untuk mengetahui mode yang Anda gunakan.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Gulir ke bawah, lalu pilih Suara & Getaran.
  3. Lanjutkan dengan memilih Hening / Jangan Ganggu.
  4. Pastikan Anda memilih Reguler atau Dering (semua suara akan bekerja dengan normal).
  5. Jika sudah, Anda bisa keluar dari menu Setelan.
  6. Selesai.
1. Cek tingkat volume pada perangkat Android. RUDI DIAN ARIFIN

Jika diperlukan, Anda juga bisa cek bagian-bagian lain yang masih berkaitan dengan speaker HP, seperti volume media, volume panggilan, volume nada notifikasi, volume alarm, dan lain-lain.

  1. Pada menu Suara & Getaran ponsel Android Anda.
  2. Cek juga tingkat volume yang Anda gunakan pada saat mode dering, alarm, dan juga media.
  3. Pastikan tingkat volumenya tidak berada pada posisi terendah atau nol.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Mengubah Setelan Volume HP Android

2. Gunakan aplikasi SoundAbout

2. Gunakan aplikasi SoundAbout. YouTube | Twelve June

Selanjutnya, Anda juga bisa menginstall aplikasi SoundAbout untuk memperbaiki suara HP yang hilang. SoundAbout sendiri merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur penggunaan suara atau speaker pada perangkat Android Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengubah sumber keluaran audio untuk memutar suara secara spesifik. Misalnya untuk panggilan telepon, apakah ingin diputar melalui koneksi bluetooth, speaker internal, atau headphone.

  1. Pertama, silakan download dan install SoundAbout pada perangkat Android Anda.
  2. Buka aplikasi, lalu aktifkan SoundAbout dengan memilih Sound About Service » pilih ON – With Status.
  3. Atur keluaran audio pada bagian yang Anda inginkan.
  4. Pada bagian Media audio misalnya, Anda bisa memilih Speaker.
  5. Pada bagian Phone call audio, Anda juga bisa memilih Speaker.
  6. Selanjutnya, Anda bisa tes apakah setelan yang Anda lakukan tersebut berhasil memperbaiki suara HP yang hilang atau tidak.
  7. Selesai.

Jika misalnya, HP Anda mengira masih tersambung ke headset yang ditandai dengan ikon logo headset di panel status notifikasi, Anda bisa menggunakan SoundAbout untuk mengatur keluaran audio dengan memilih opsi Speaker pada “Media audio” dan juga “Phone call audio”.

3. Tes speaker HP Anda

3. Tes speaker HP menggunakan aplikasi Speaker Tester. RUDI DIAN ARIFIN

Hampir sama dengan aplikasi SoundAbout, aplikasi serupa bernama Speaker Tester juga dapat Anda gunakan untuk memperbaiki speaker HP yang bermasalah. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menganalisis dan menguji speaker pada frekuensi tertentu untuk mengetahui apakah speaker berfungsi dengan baik atau tidak. Menariknya lagi, aplikasi ini juga membantu membersihkan cache memori audio pada perangkat Android Anda.

  1. Pertama, silakan unduh dan install Speaker Tester terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi, coba lakukan pengujian dengan memilih “Uji”.
  3. Kemudian tes dengan mengetuk “Uji”.
  4. Tunggu dan dengarkan sampai proses pengujian selesai hingga 100%.
  5. Untuk membersihkan memori audio, Anda bisa kembali ke halaman utama lalu pilih Bersihkan.
  6. Tunggu sampai proses pembersihan selesai hingga 100%.
  7. Sekarang, Anda dapat mencoba mendengarkan musik atau menonton video untuk menguji apakah speaker HP sudah bisa berfungsi dengan normal atau belum.
  8. Selesai.

4. Bersihkan cache pada perangkat

Jika Anda mengalami masalah suara HP yang hilang pada aplikasi tertentu seperti YouTube atau pemutar musik, mungkin aplikasi tersebut memang bermasalah. Untuk memperbaiki aplikasi yang bermasalah, cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan cache atau menghapus data aplikasi tersebut. Anda bisa masuk pada manajemen aplikasi atau menggunakan aplikasi pembersih untuk melakukannya.

Hapus cache aplikasi yang bermasalah

4. Hapus cache aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Bersihkan cache » lalu konfirmasi dengan Oke untuk membersihkan cache.
  4. Selesai.

Setelah menghapus cache pada aplikasi yang bermasalah, bersihkan juga cache sistem dan aplikasi lainnya menggunakan aplikasi pembersih bawaan. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Bersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih

4. Bersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi Pembersih pada ponsel Android Anda.
  2. Tunggu sampai proses scanning cache selesai dilakukan.
  3. Kemudian tap Bersihkan untuk memulai proses pembersihan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

Jika membersihkan cache tidak memperbaiki masalah pada aplikasi tersebut, Anda bisa hapus data aplikasi untuk mengembalikan setelan aplikasi ke posisi default. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Hapus data aplikasi

4. Hapus data aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Hapus semua data » lalu konfirmasi dengan Oke untuk menghapus data aplikasi.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 12 Cara Membersihkan Cache HP Android

5. Hapus aplikasi penyebab masalah suara

5. Hapus aplikasi yang bermasalah. RUDI DIAN ARIFIN

Sebelum mengalami masalah suara HP yang hilang, mungkin Anda perlu ingat-ingat, adakah aplikasi atau game yang Anda install yang akhirnya menyebabkan masalah pada speaker HP Anda. Jika ada, mungkin sebaiknya Anda hapus aplikasi tersebut. Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada beberapa aplikasi atau malware yang mempengaruhi pengaturan HP tanpa Anda sadari. Untuk menghapus aplikasi, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Uninstall » kemudian konfirmasi dengan Oke untuk menghapus aplikasi.
  4. Selesai.

Setelah menghapus aplikasi, sebaiknya bersihkan dahulu file cache menggunakan aplikasi pembersih, lalu muat ulang perangkat Android Anda.

Untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan, sebaiknya hindari menginstall aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya, takutnya aplikasi tersebut telah disematkan malware yang dapat mengubah pengaturan HP serta menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Lihat Juga : 10 Cara Menghapus Aplikasi Android

6. Reset HP Android Anda

6. Reset HP Android Anda. RUDI DIAN ARIFIN

Jika semua metode di atas tidak berhasil mengatasi suara HP yang hilang, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan reset dengan mengembalikan setelan sistem ke posisi pabrikan / awal. Metode ini diharapkan dapat memperbaiki speaker HP bermasalah. Tapi sebelum melakukan reset, pastikan untuk melakukan backup pada semua data yang tersimpan di memori internal. Setelah itu, Anda bisa reset HP dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Reset HP Android

7. Servis speaker HP

7. Servis speaker HP. Freepik.com

Jika dengan melakukan reset juga tidak berhasil memperbaiki suara HP yang hilang, kemungkinan komponen speaker HP Anda telah rusak. Speaker HP yang rusak ini dapat disebabkan karena banyak hal, mungkin karena terjatuh, kemasukan air, HP terlalu panas (overheat), dan lain-lain. Anda bisa datang ke tempat servis HP untuk mendapatkan penanganan dari para teknisi di sana. Anda bisa tanya-tanya mengenai penyebab dari masalah tersebut serta kisaran biaya yang harus dikeluarkan.

Harga komponenBiaya pasang
30 – 150 ribuan 50 – 100 ribuan

Kalau misalnya HP Anda masih dalam masa garansi, Anda juga bisa datang ke Service Center untuk klaim garansi HP Anda. Di sana Anda berkemungkinan mendapatkan perbaikan tanpa biaya apabila kerusakan tersebut tidak disebabkan oleh kesalahan pengguna. Atau jika mau, Anda bisa memasangnya sendiri dengan membeli komponennya saja sesuai dengan merek dan tipe HP yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 21 Daftar Biaya Servis HP Android Lengkap

Penutup,

Dengan mencoba beberapa tips sederhana yang kami paparkan di atas, semoga masalah suara HP yang hilang dapat teratasi dan Anda bisa menggunakan HP Anda untuk mendengarkan musik atau memutar film kesukaan Anda. Dalam mengikuti beberapa tips di atas, mungkin akan terdapat perbedaan antarmuka sistem dan aplikasi, sehingga Anda harus menyesuaikan dengan ponsel Android yang Anda gunakan. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis pertanyaan atau pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa penyebab suara HP hilang saat menggunakan headset?

Ada beberapa hal yang menyebabkan suara headset HP tidak tersedia, di antaranya: headset tidak support, headset tidak terhubung dengan baik, mode headset tidak dipilih, baterai headset habis, headset rusak, dll.

Mengapa notifikasi Android tidak bunyi?

Ada beberapa hal yang menyebabkan notifikasi tidak bunyi, di antaranya: kesalahan dalam mengatur mode, setelan notifikasi tidak aktif, nada notifikasi tidak dipilih, aplikasi tidak berjalan di latar belakang, memori RAM penuh, dll. Untuk mengatasinya, Anda bisa simak penyebab dan solusi mengatasi notifikasi Android tidak bunyi dan muncul di sini.

Mengapa panggilan WhatsApp tidak ada suara?

Coba pastikan perizinan audio sudah Anda aktifkan saat melakukan panggilan suara pada aplikasi WhatsApp. Jika Anda menggunakan headset, maka pastikan panggilan tersebut terhubung ke headset Anda.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

  • Sinyal Android Hilang / Tidak Muncul
  • Kamera Android Tidak Berfungsi
  • Kartu SIM Tidak Terbaca

Bagaimana cara mengembalikan suara hp Oppo yang Hilang?

Anda bisa memeriksa pengaturan volume dengan membuka menu pengaturan. Kemudian, cari menu suara dan getaran, lalu geser volume media, volume dering dan volume alarm ke arah kanan. Naikkan volume penuh untuk mengecek, kemudian pastikan dengan teliti apakah suara sudah keluar atau tidak. Cek juga pada pengaturan volume.

Bagaimana cara mengembalikan suara HP yang Hilang?

Cara mengatasi suara HP Android tidak keluar.
Periksa pengaturan volume HP..
2. Gunakan aplikasi SoundAbout..
3. Tes speaker HP Anda..
4. Bersihkan cache pada perangkat..
Hapus aplikasi penyebab masalah suara..
6. Reset HP Android Anda..
7. Servis speaker HP..

Kenapa hp saya tidak bisa mengeluarkan suara?

Penyebab HP Tidak Keluar Suara HP yang mengalami bug. HP mengira masih tersambung ke headset. HP mengira masih tersambung ke speaker bluetooth. HP dalam keadaan mute.

Apakah HP OPPO A37 speaker mati satu?

Untuk OPPO A37 Neo 9 Lubang bawah sebelah kanan adalah letak speaker sedangkan di lobang sebelah kirinya merupakan tempat Microphone. Jadi sekarang anda sudah bisa tersenyum lega karena ternyata ponsel OPPO A37 speakernya tidak rusak dan memang hanya ada satu sisi saja yakni sebelah kanan.