Kenapa file tidak bisa terbaca di laptop?

Ilustrasi Flashdisk. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Flashdisk yang tak terbaca saat akan digunakan pasti akan membuat kesal. Apalagi, jika masalah ini terjadi saat situasinya sedang sangat penting. Banyak orang mengalami masalah ini dan belum menemukan solusinya.

Sebagai tempat penyimpanan berbagai file penting, flashdisk sering kali dibawa kemana pun pemiliknya pergi. Hal ini dikarenakan sifatnya yang ringan dan mudah dibawa ke mana-mana membuat flashdisk digemari banyak orang dalam mendukung pekerjaannya.

Sayangnya, seringkali flashdisk mengalami masalah yaitu tidak terbaca atau tak terdeteksi oleh PC atau laptop saat hendak digunakan. Biasanya, penyebab flashdisk tidak terbaca diakibatkan oleh virus komputer berbahaya ataupun yang lainnya. Hal ini pastinya telah sering dialami orang-orang namun sampai saat ini belum dapat menemukan solusinya.

Sebagai referensi, berikut ini merdeka.com telah merangkum penyebab flashdisk tidak terbaca serta cara mengatasinya.

2 dari 4 halaman

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

1. Port pada USB atau Konektor Flashdisk Kotor
Dilansir dari jalantikus, penyebab flashdisk tidak terbaca yang pertama adalah karena port pada USB atau konektor dari flashdisk kotor. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan rutin mengecek kondisi fisik, baik itu pada port USB di PC ataupun laptop, dan konektor pada flashdisk itu sendiri.

Hal ini biasanya dapat mudah terjadi karena kebiasaan kamu meletakkan flashdisk, PC, ataupun laptop yang berada di tempat kotor. Maka hal ini dipastikan akan membuat port USB dapat kemasukan debu. Debu inilah yang biasanya menutupi konektor serta kemungkinan besar akan memengaruhi flashdisk kamu.

2. Driver pada USB Bermasalah
Penyebab flashdisk tidak terbaca berikutnya adalah karena adanya masalah pada driver USB itu. Misalnya, hal ini sering terjadi jika USB tak terbaca padahal sudah terhubung ke laptop atau PC.

Sebelum digunakan, kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu USB yang kamu gunakan melalui Device Manager serta memilih opsi Universal Serial Bus Controllers di dalamnya.

Meskipun sering kali flashdisk gagal terbaca bukan karena masalah ini, namun tak ada salahnya mencoba jika cara ini dapat berhasil.

3 dari 4 halaman

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca yang Lainnya

©2020 Merdeka.com

3. Virus Serta Malware
Penyebab flashdisk tidak terbaca yang ketiga adalah adanya serangan virus dan malware.
Biasanya, hal ini dapat dipicu oleh adanya penggunaan flashdisk yang seringkali disambungkan menuju sembarang PC ataupun laptop secara bergantian serta dengan intensitas yang tinggi.
Cara yang dapat dilakukan jika kamu miliki masalah ini adalah dengan menghapus semua virus tersebut menggunakan aplikasi antivirus yang banyak tersedia dan juga gratis.
4. Perangkat Flashdisk Palsu
Penyebab flashdisk tidak terbaca yang keempat adalah karena komponen serta perangkat yang ada pada flashdisk yang kamu miliki palsu. Ada banyak sekali produk-produk flashdisk yang beredar di pasaran dengan berbagai mereka, namun pilihlah merek yang menurut kamu dapat diandalkan dan dijamin barang tersebut asli.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tak Terbaca

Setelah mengetahui penyebab flashdisk tidak terbaca secara rinci, ada baiknya kita juga mempelajari bagaimana cara mengatasi flashdisk yang tak terbaca. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk atasi masalah ini:

1. Membersihkan Port USB yang Kotor
Langkah mudah untuk melakukannya adalah:
- Bersihkan area port USB serta konektor USB menggunakan kuas pembersih untuk mengangkat berbagai partikel debu yang menutupi.
- Selanjutnya, bersihkan area lempengan kuningan yang ada pada flashdisk dengan menggunakan karet penghapus (bisa dilakukan jika konektor USB merupakan tipe yang terbuka)
- Cobalah menghubungkan flashdisk di pc ataupun laptop. Pada tahap ini merupakan cara untuk mengetes apakah flashdisk dapat terbaca atau tidak.

2. Memindai dengan Software Antivirus
Jika permasalahan ini telah disebabkan oleh virus atau malware, kamu bisa segera lakukan pemindaian dengan menggunakan software antivirus.

Cara untuk memperbaiki flashdisk yang tak terbaca tanpa melakukan format adalah dengan cara menghapus shortcut yang tujuannya agar flashdisk dapat terhindar dari virus yang dapat membahayakan.
3. Lakukan Instal Ulang Driver USB
Kamu bisa segera lakukan perbaikan terhadap flashdisk yang tak terbaca dengan melakukan install ulang pada driver USB yang digunakan.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk atasi flashdisk yang tak terbaca:
- Hubungkan flashdisk yang tidak terbaca dengan PC atau laptop.
- klik kanan pada logo Windows di pojok kiri bawah layar dan pilih opsi Device Manager.
- Tunggu hingga jendela Device Manager terbuka seperti pada gambar di bawah ini.
- Pada jendela device manager, carilah opsi Universal Serial Bus Controllers.
- Bukalah menu dropdown serta carilah perangkat yang miliki nam USB Mass Storage Device yang akan diberi tanda peringatan kuning apabila flashdisk memang mengalami eror.
- Pada ikon USB Mass Storage Device, kamu tinggal mengklik kanan serta memilih opsi uninstall device.
- Setelah proses ini selesai, maka kamu dapat segera mencabut dan mencolok kembali flashdisk yang hendak digunakan.

[raf]

Kenapa file tidak terbaca di laptop?

Penyebab File Tidak Bisa Dibuka Ada bug pada sistem operasi. Space memory penuh. Cache yang menumpuk. File sistem corrupt atau terhapus.

Kenapa folder di laptop tidak bisa di buka?

Penyebab folder tidak bisa dibuka Pada umumnya penyebab error-nya pada folder Windows disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya seperti sistem bermasalah, error pada Windows Explorer, memori penuh hingga terkena serangan virus.

Bagaimana cara membuka file di laptop?

Menemukan & membuka file.
Buka File ..
Di sebelah kiri, pilih tempat file disimpan. Untuk file yang baru saja Anda gunakan, pilih Terbaru. Untuk melihat daftar file terbaru menurut jenisnya, gunakan tombol untuk memilih jenis file tersebut. ... .
Temukan file dan klik dua kali untuk membukanya..

Apa itu tidak dapat membuka file?

Jika file tidak terbuka, ada beberapa kemungkinan penyebab: Anda tidak memiliki izin untuk melihat file. Anda login ke Akun Google yang tidak memiliki akses. Aplikasi yang benar tidak terinstal di ponsel Anda.