Jelaskan perbedaan konsep kepercayaan pada masa perundagian dengan masa sekarang

Hi, Sobat Zenius! Tahu nggak, sih, kalau hasil kebudayaan masa perundagian adalah kapak corong dan kapak perunggu? Nah, dalam artikel ini gue mau mengupas lebih dalam lagi mengenai kehidupan manusia pada masa ini.

Perkembangan masyarakat dan teknologi selalu berjalan progresif, termasuk pada periodisasi zaman.

Menurut arkeolog Indonesia, R. Soekmono, periode prasejarah di Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu zaman batu dan zaman logam.

Zaman batu terjadi ketika manusia mulai menggunakan peralatan yang terbuat dari batu. Zaman ini dibagi lagi menjadi paleolitikum, mesolitikum, neolitikum, dan megalitikum.

Spongebob pada zaman batu. (dok. Tenor)

Selanjutnya, ada zaman logam atau disebut juga dengan masa perundagian. Khusus untuk masa perundagian ini kita bahas pada poin selanjutnya ya.

Baca juga: Mengenal Skala Waktu Geologi – Materi Biologi Kelas 12

Apa Itu Masa Perundagian?

Masa perundagian adalah zaman ketika manusia udah mulai menguasai teknologi mengolah logam. Sehingga, manusia bisa membuat dan menggunakan peralatan dari logam.

Bagaimana kehidupan manusia pada masa perundagian? Apa aja hasil kebudayaan masa perundagian?

Sesuai dengan konsepnya, masa perundagian sudah menghasilkan kebudayaan terbuat dari logam. . Namun, pada awal-awal periode masih ada kok yang memakai batu.

Penggunaan logam masih di kalangan terbatas, karena ya persediaan logam juga terbatas saat itu, nggak semua orang punya bahan logam lah intinya.

Semakin lama, keterampilan membuat alat-alat dari logam mulai menyebar. Sejak periode ini, manusia modern telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghasilkan peralatan dan perkakas berbahan logam.

Periode ini dikatakan juga sebagai pertumbuhan teknologi secara eksponen, karena benda hasil kebudayaan zaman perundagian mengalami kemajuan dalam hal pembangunan dan kekuasaan.

Ya coba aja elo bayangin, saat ini kita mengenal pedang, smartphone, televisi, mobil, mesin, dan berbagai teknologi lainnya yang menunjang kehidupan kita.

Nah, teknologi tersebut nggak terlepas dari adanya logam yang ditemukan dan diasah sejak zaman logam atau masa perundagian.

Tanpa adanya logam, maka nggak ada tuh pemimpin kerajaan atau pemimpin suku—biasanya pemimpin ini yang paling kuat saat peperangan—nah peperangan butuh senjata yang terbuat dari logam. Jadi, tanpa logam ya nggak ada tuh yang namanya stratifikasi sosial.

Sampai sini paham ya kenapa zaman ini sangat penting bagi perkembangan teknologi dan politik.

Sama seperti zaman batu, zaman ini dibagi lagi menjadi beberapa zaman, yaitu zaman perunggu dan zaman besi.

Kehidupan Sosial Masyarakat pada Masa Perundagian

Salah satu ciri kehidupan sosial masyarakat pada masa perundagian adalah semakin teratur. Maksudnya, pada masa ini udah ada pembagian kerja antar masyarakat berdasarkan kemampuan yang dimilikinya.

Jadi, pada masa perundagian ada golongan undagi yang merupakan golongan terampil.

Tugas mereka adalah membuat peralatan dan teknologi dari logam untuk membantu pekerjaan masyarakat, khususnya bertani.

Dari situ mulai banyak nih pekerjaan, dengan kata lain ya pekerjaan semakin kompleks. Perempuan juga nggak hanya tinggal di rumah, tetapi ada yang berdagang di pasar.

Baca juga: Stratifikasi Sosial: Pengertian, Fungsi, Sifat, dan Contohnya – Materi Sosiologi Kelas 11

Kehidupan Ekonomi Masyarakat pada Masa Perundagian

Bagaimana kehidupan ekonomi masyarakat pada masa perundagian?

Seperti yang udah gue singgung sebelumnya, bahwa pada zaman ini masyarakat udah mulai mengenal pembagian kerja dan pekerjaan juga semakin kompleks. Ada yang menjadi undagi, bertani, beternak, dan berdagang.

Logam benar-benar meningkatkan perkembangan teknologi di kalangan masyarakat.

Adanya logam memungkinkan munculnya alat-alat baru untuk menunjang kehidupan. Dari situ, kegiatan ekonomi udah mulai maju dan berkembang.

Selain itu, zaman ini juga bisa dikatakan sebagai awal mula munculnya aturan tata tertib dan norma.

Hasil Kebudayaan Masa Perundagian

Undagi merupakan golongan terampil yang membuat berbagai peralatan dari logam. Sehingga, pada zaman ini banyak sekali peninggalan berupa peralatan logam.

Dari peralatan-peralatan itulah terlihat tingkat kebudayaan yang semakin jelas.

Apa saja hasil kebudayaan masa perundagian? Seperti yang udah gue singgung di awal, bahwa masa perundagian ini terbagi menjadi dua zaman, yaitu zaman perunggu dan besi.

Hasil kebudayaan zaman perunggu yaitu temuan jenis logam dengan bahan lebih keras dari tembaga. 

Masyarakatnya udah mulai mengenal teknologi peleburan dan pencampuran logam. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan perunggu yang merupakan pencampuran dari tembaga dan timah.

Memasuki zaman besi, manusia udah menemukan jenis logam lain yang ternyata lebih keras dari perunggu. Jadi, diperlukan pemanasan yang sangat tinggi untuk meleburkan logam tersebut. Namun, ternyata logam ini lebih sempurna menghasilkan peralatan daripada perunggu.

Eitss … tapi perlu elo ingat juga, bahwa pada zaman logam itu masih ada yang menggunakan batu dan masih banyak juga peralatan gerabah.

Hal itu karena ada beberapa alat atau benda yang nggak bisa digantikan dengan mudah oleh bahan logam.

Beberapa contoh hasil kebudayaan manusia purba pada masa perundagian adalah kapak corong, moko, kapak perunggu, nekara, dan bejana perunggu.

Nekara merupakan salah satu hasil kebudayaan masa perundagian. (dok. Kemdikbud)

Sistem Kepercayaan pada Masa Perundagian

Ngomong-ngomong masalah kepercayaan, ternyata sistem kepercayaan masyarakat pada masa perundagian nggak jauh beda dengan masa sebelumnya, yaitu zaman batu.

Mereka masih menganut sistem animisme, yaitu kepercayaan kepada makhluk halus dan roh.

Nah, masyarakat purba pada masa itu juga melakukan pemujaan kepada roh nenek moyang mereka. Selain itu, mereka juga memelihara hubungan dengan orang yang udah meninggal.

Hal itu karena mereka percaya bahwa arwah nenek moyang akan memberikan pengaruh besar terhadap perjalanan hidup manusia pada saat itu.

Animisme merupakan sistem kepercayaan masyarakat masa perundagian. (dok. Humans and Nature)

Baca juga: Ciri-Ciri dan Contoh Historiografi Tradisional – Materi Sejarah Kelas 10

Contoh Soal Masa Perundagian dan Pembahasannya

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai hasil kebudayaan masa perundagian, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi. Cekidot!

Contoh Soal 1

Apa yang dimaksud dengan masa perundagian?

Jawab: Masa perundagian disebut juga dengan zaman logam, artinya pada periode ini manusia modern telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghasilkan peralatan dan perkakas berbahan logam.

Contoh Soal 2

Di bawah ini, manakah yang termasuk nama lain dari perundagian?

A. Fireworks

B. Flameworks

C. Metalworks

D. Frameworks

E. Teamworks

Jawab: C. Metalworks

Pembahasan: Perundagian disebut juga dengan zaman logam, dengan begitu dari nama-nama di atas yang termasuk nama lain perundagian adalah metalworks atau pekerjaan logam.

Nah, demikian penjelasan singkat mengenai hasil kebudayaan masa perundagian beserta kehidupan sosial, ekonomi, dan sistem kepercayaannya.

Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius, ya!

Gimana cara aksesnya? Mudah banget! Elo tinggal klik banner di bawah ini, ya!

Nggak cuman itu, elo juga bisa, lho, mengakses video pembelajaran dari mata pelajaran lainnya beserta contoh soal dan pembahasannya dengan berlangganan paket Aktiva Sekolah Zenius.

Melalui paket tersebut, elo juga berkesempatan mengikuti ujian try out sekolah, sesi live class per minggu, sharing bareng ZenTutor, hingga akses rekaman live class.

Menarik, kan? Jangan lupa berlangganan dari sekarang, ya!

Originally published: March 14, 2022
Updated by: Maulana Adieb