Jelaskan fungsi dari telur bebek dibungkus dengan adonan abu gosok yang dicampur garam

Kasus COVID-19 Meledak di Korea Utara, Kenapa Baru Sekarang?

Oleh Fadila Adelin pada 20 Okt 2018, 18:59 WIB

Diperbarui 20 Okt 2018, 18:59 WIB

Perbesar

Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang nggak tahu telur asin? Telur yang terbuat dari telur bebek ini memiliki rasa gurih dan asin yang tentu saja memanjakan lidah penikmatnya. Telur asin sendiri merupakan salah satu makanan yang diawetkan sehingga dapat disimpan hingga berhari-hari tanpa takut basi. Selain rasanya yang menggoda lidah, ternyata telur asin juga banyak mengandung gizi lengkap dan kandungan mineral serta kalsium yang baik bagi kesehatan tubuh terutama bagi anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan. Sebelum diasinkan telur sendiri memang sudah bergizi, namun dengan diawetkan gizi pada telur asin meningkat hingga 2 kali lipat.

Telur asin sendiri dapat dengan mudah ditemui di setiap kota di Indonesia. Terutama di daerah Brebes, Jawa Tengah yang merupakan kota penghasil telur asin. Telur asin khas Brebes ini bahkan sudah muncul sejak setengah abad yang lalu. Bahkan industri telur asin di Brebes cukup meluas dan juga tersedia berbagai pilihan rasa dan kualitas telur asin.

Tidak hanya sebagai hidangan pelengkap lauk dan nasi, kamu juga menyantap telur asin sebagai camilan sehat. Telur asin juga cocok dibawa sebagai bekal saat perjalanan, karena praktis dan juga tahan lama.

Telor asin masir yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri khas dari kuning berwarna agak kemerahan, kering (kalau digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin menyengat, tekstur tidak berminyak. Ciri-ciri rasa telur asin ini dianggap sempurna dan bernama telur asin masir.

Apalagi kini sudah banyak hidangan yang menggunakan telur asin sebagai sausnya atau yang biasa disebut dengan salted egg sauce. Mulai dari cumi telur asin, jamur telur asin, hingga keripik dengan bubuk telur asin. Buat kamu si pecinta salted egg, nggak ada salahnya mencoba membuatnya di rumah lho. Bahan yang kamu perlukan juga mudah ditemukan kok. Salah satu bahan utamanya adalah abu gosok. Berikut ini rangkuman liputan6.com, Sabtu (20/10/2018) cara membuat telur asin dengan abu gosok.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

10 Butir telur bebek

Abu gosok setengah ember atau 1 kg

100 gram garam dapur

Air secukupnya

1 buah ember

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Siapkan ember plastik, amplas, panci, alat pengaduk, dan wadah penyimpan telur.

2. Siapkan air ke dalam ember plastik, untuk mencuci telur.

3. Cuci bersih telur bebek yang masih mentah. Untuk mempermudah membuang kotoran di kulit telur. Kamu bisa menggunakan bantuan sikat gigi.

4. Setelah telur bersih, lap dan keringkan telur.

5. Gosok telur dengan amplas agar pori-pori di kulit telur terbuka. Tujuannya adalah untuk membuat adonan garam meresap ke dalam telur.

6. Buat campuran untuk mengasinkan telur dengan cara mencampur abu gosokmerah dengan perbandingan 1:1.

7. Campur dengan air hingga menjadi pasta.

8. Baluri telur bebek dengan adonan kira-kira setebal 1-2 mm.

9. Simpan telur dalam wadah selama 15-20 hari. Semakin lama telur disimpan, rasanya akan semakin asin dan lezat.

10. Setelah dirasa cukup waktu disimpan, bersihkan telur kemudian masak dengan cara dikukus atau direbus.

11. Telur asin siap dihidangkan.

Demikianlah cara membuat telur asin dengan abu gosok yang sangat mudah. Abu gosoknya bisa digunakan kembali untuk membuat telur asin sampai selanjutnya. Jadi jangan sampai dibuang. Telur asin ini sangat kaya dengan protein sehingg sangat baik untuk anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jika tidak punya cukup waktu untuk membuat telur asin secara tradisional, kamu bisa memakai cara praktis yaitu dengan hanya menggunakan air dan garam. Cara membuatnya sangat mudah.

Pertama, cuci bersih lalu amplas perlahan telur agar pori-porinya terbuka sehingga garam bisa meresap dengan sempurna ke dalam telur.

Kedua, panaskan air dalam panci sampai mendidih, lalu masukan garam sedikit demi sedikit sampai larut sembari diaduk. Jika garam sudah larut, matikan panci dan dinginkan air garam sampai mencapai suhu ruangan.

Langkah terakhir, rendam telur dalam air garam hingga terendam sempurna seluruh permukaannya. Simpan rendaman telur di tempat yang kering dan bersih selama kurang lebih 3 minggu. Tapi jika kamu ingin tidak terlalu asin, cukup rendam telur selama 12 hari saja. Tiriskan telur, cuci bersih, dan telur asin siap diolah lebih lanjut.

Lanjutkan Membaca ↓

Manfaat dan Teknik Pembuatan Telur Asin

Tahukah kamu, dibalik rasanya yang lezat terdapat beberapa manfaat telur asin yang bisa membuat kamu terkesan. Telur asin adalah telur yang telah mengalami proses pengawetan dengan menggunakan garam sehingga mampu bertahan lama. Bahan utama telur asin yang biasa digunakan oleh produsen adalah telur bebek, mengapa demikian? sebenarnya telur asin bisa juga menggunakan telur ayam sebagai bahan utama, akan tetapi hampir semuanya menggunakan telur bebek atau telur itik. Ini dikarenakan telur bebek atau telur itik memiliki kualitas cangkang yang lebih baik dalam menyerap garam sehingga lebih mudah untuk pengawetan. Selain itu, tekstur yang dimiliki oleh telur bebek lebih kenyal dan gurih daripada telur ayam. Dalam kandungan gizi, telur bebek memiliki kandungan yang lebih tinggi terutama kandungan protein. Ukuran telur bebek pun lebih besar daripada telur ayam sehingga memiliki kepuasan yang lebih saat menyantapnya.

            Telur asin yang utamanya menggunakan telur bebek memiliki kandungan gizi yang banyak. Protein merupakan kandungan gizi utama yanga ada didalamnya. Kandungan gizi lainnya yang cukup tinggi adalah kolesterol, sehingga perlu berhati hati bagi anda yang beresiko mengkonsumsi kolesterol berlebih. Selain itu telur asin juga mengandung asam amino, kemudian kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Vitamin yang terkandung didalamnya yaitu vit B kompleks, vit A dan Vit E. beberapa mineral seperti zat besi, kalsium , sodium, magnesium dan fosfor juga terdapat didalam sebuah telur asin sehingga menjadikannya memiliki banyak manfaat.

            Berikut ini adalah beberapa manfaat telur asin bagi tubuh

Kandungan protein didalam telur asin mampu mengganti sel sel tubuh yang telah rusak sehingga sel sel tubuh yang sehat bisa diproduksiyang berguna bagi tubuh

Hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi pada telur asin mampumembangun dan membentuk massa otot sehingga menjadi lebih kuat dan padat.

Protein yang dikandung adalah protein hewani yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, massa tulang akan tetap bertahan untuk mencegah osteoporosis. Hal ini merupakan hal penting terutama bagi wanita yang telah memasuki menopause untuk menjaga agar tulang tetap sehat.

  1. Meningkatkan Metabolisme tubuh

Kandungan protein dalam telur memberikan energy yang cukup pada sel sel tubuh untuk mencerna, mendistribusikan, dan memanfaatkan zat zat gizi dari makanan dan minuman . ini membuat tubuh mendapatkan manfaat makanan yang baik untuk tumbuh kembang.

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi bagian putih pada telur asin bisa menurunkan tekanan darah.

  1. Menurunkan Kadar Lipid Darah

Kadar lipid darah seperti kolesterol dan trigliserida yang tinggi tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi masalah medis lainnya. Kandungan yang ada pada telur asin bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Kandungan zat besi yang terdapat didalam telur bisa membantu tubuh mengatasi anemia defisiensi zat besi.

  1. Membantu Perkembangan Otak

Telur asin mengandung omega 3 yang dapat membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel sel otak. Omega 3 juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan pada otak, sehingga disarankan telur asin baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan anak-anak.

Kandungan vitamin A yang terdapat didalam telur asin dapat membantu menjaga kesehatan mata

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan selenium yang terdapat pada telur asin bisa meningkatkan system imunitas tubuh. Dengan begitu, konsumsi telur asin secara rutin mampu menjaga vitalitas tubuh.

Cara Membuat Telur Asin

Bahan dan alat yang digunakan adalah :

  • Telur bebek
  • Garam
  • Abu gosok
  • Air
  • Ember Plastik
  • Panci
  • Alat pengaduk
  • Toples untuk penyimpanan telur
  1. Cara Pelaksanaan
  2. Pilih telur yang bagus, tidak retak dan tidak busuk
  3. Telur telur dibersihkan dengan cara di lap dengan air hangat kemudian diamplas agar pori-pori telur terbuka
  4. Buat adonan pengasin, yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam dengan perbandingan 1: 1
  5. Tambahkan sedikit air ke dalam adonan kemudian aduk adonan sampai berbentuk pasta
  6. Telur dibungkus dengan adonan secara merata satu persatu, kira kira setebal 1-2 mm
  7. Simpan telur dalam toples selama 15-20 hari

Sumber:   htpps://doktersehat.com

Di susun oleh

Iis Mira Afriany, SP (Penyuluh Pertanian)

Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. OKI, Sumsel.