Gerakan senam irama yang dilakukan secara berulang-ulang dan tidak terputus-putus

40.Gerakan yang dilakukan secara berulang-ulang dan tidak terputus-putusdisebut ....II.Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!41.Seorang wirausahawan harus memiliki sikap ... agar dipercaya oleh rekan usahadan pembeli produk.42.Saat menyambut pengunjung pameran sikap panitia hendaknya ....43.Pemesanan produk dapat dilakukan melalui telepon. Telepon termasuk alat ....44.Kesuksesan usaha Ibu Made memunculkan kompetitor. Sinonim kata kompetitoradalah ....45.Kerucut memiliki ... sisi.46.Sisi lengkung pada tabung disebut ... tabung.47.Panas dapat berpindah dari tempat bersuhu tinggi ke tempat bersuhu ....48.Penahan panas pada pegangan panci umumnya dibuat dari ....49.Menentukan strategi pemasaran merupakan salah satu langkah menyusunrencana usaha yang bertujuan untuk memperkenalkan ....50.Pengusaha membuat barang untuk menyediakan kebutuhan ....51.Patung termasuk benda ... dimensi.52.Patung nusantara yang akan diwarnai harus dalam kondisi ....53.Dalam penggunaannya cat akrilik dicampur dengan ....54.Senam irama disebut juga senam ....55.Gada, tongkat, dan bola merupakan contoh ... yang bisa digunakan dalam senamirama.III.Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!56. Jelaskan sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan agar suksesdalam usahanya!Jawab :.........................................................................................................................PAS 1/2016/Kelas VI/Tema 5KURIKULUM 2013

KOMPAS.com - Senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik yang dilakukan secara kontinu dan konsisten.

Hal ini mengacu pada unsur senam irama yaitu gerakan yang dilakukan secara berulang-ulang dan tidak terputus-putus adalah kontinuitas.

Melakukan senam irama secara rutin tentu bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

Manfaat Senam Irama

Adapun manfaat melakukan senam irama bagi kesehatan tubuh kita adalah sebagai berikut:

Baca juga: Tempo Gerakan Pemanasan dalam Senam Irama

Membakar Lemak Berlebih

Senam irama sebagai olaharaga aerobik yang melakukan banyak gerakan akan menguras tenaga dan membuat tubuh bermandikan keringat.

Gerakan senam irama membutuhkan keseimbangan fisik, keluwesan, dan kelincahan untuk mengikuti irama lagu yang mengiringi.

Senam irama menuntut fisik untuk terus bergerak hampir tidak terputus dari satu gerakan ke gerakan lainnya.

Durasi senam irama akan memengaruhi pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh.

Baca juga: Tujuan Pemanasan Sebelum Melakukan Senam Irama

Menjaga Kesehatan Jantung

Kapasitas senam irama memiliki gerakan yang beragam dan tempo bervariasi. Variasi tempo lambat hingga cepat berfungsi untuk melatih otot jantung secara bertahap.

Jadi, jantung Anda tidak langsung dipaksa untuk bekerja terlalu keras. Kemudian perubahan tempo dalam senam irama membuat kinerja jantung tidak terlalu terbebani.

Saat lagu berada dalam tempo yang lambat, gerakan senam akan ikut melambat menuntut keluwesan tubuh.

Sebaliknya, saat lagu berada dalam tempo yang cepat, gerakan senam akan menjadi cepat dan menuntut kelincahanmu.

Baca juga: Perbedaan Senam Irama dengan Senam Biasa

Gerakan senam irama yang seimbang, baik dalam tempo lambat dan cepat dapat menjaga kesehatan jantung.

Memperkuat Otot dan Tulang

Senam irama yang dilakukan secara rutin dapat membantu mencegah tulang keropos. Selain itu, kesehatan tulang dan kekuatan otot juga akan terjaga dengan baik.

Dengan melakukan senam irama, otot akan menjadi lebih lentur dan kuat secara otomatis. Kelenturan dan kekuatan otot juga dapat meningkatkan jangkauan gerak tubuh.

Membantu Mengatasi Stres

Senam irama tidak hanya bermanfaat bagi jasmani, tetapi juga rohani.

Baca juga: Gerak Lokomotor, Non-lokomotor, dan Manipulatif dalam Senam Irama

Senam irama dapat menjadi opsi terbaik untuk mengatasi stres. Tubuh akan memproduksi hormon endorfin saat melakukan senam irama.

Hormon endorfin akan membantu kamu mengurangi stes berlebih.

Mengencangkan Tubuh

Dikutip dari gramedia.com, melakukan senam irama secara rutin dapat menghilangkan lengan, paha, dan betis yang bergelambir menjadi kencang.

Melalui senam irama, bagian tubuh yang bergelambir akan musnah dengan sendirinya karena lemak dalam tubuh akan diolah menjadi tenaga.

Baca juga: Mengenal Gerakan Knee Up pada Senam Irama

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dalam senam irama, ada gerakan yang dilakukan secara berulang-ulang dan tidak terputus-putus dinamakan?

  1. kontinuitas
  2. ritmik
  3. fleksibilitas
  4. tekanan
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: A. kontinuitas

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, dalam senam irama, ada gerakan yang dilakukan secara berulang-ulang dan tidak terputus-putus dinamakan kontinuitas.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Gerakan langkah kaki dan ayunan lengan secara perlahan mengikuti irama/musik masuk dalam nilai? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.