Faktor yang memengaruhi besarnya gaya tolak-menolak antara dua benda yang bermuatan listrik adalah

Faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya tarik-menarik atau gaya tolak-menolak antara dua benda bermuatan listrik adalah:

  1. besar muatan.
  2. jarak antar muatan.
  3. kuadrat jarak antar muatan.
  4. intensitas cahaya.

Jawabannya adalah c. kuadrat jarak antar muatan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya tarik-menarik atau gaya tolak-menolak antara dua benda bermuatan listrik adalah kuadrat jarak antar muatan.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. besar muatan menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. jarak antar muatan menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di situs ruangguru ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. kuadrat jarak antar muatan menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban d. intensitas cahaya menurut saya ini malah 100% salah, karena tadi saat coba cari buku catatan, jawaban ini cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah c. kuadrat jarak antar muatan..

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.

Lihat juga kunci jawaban pertanyaan berikut:

Untuk diketahui, faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Coulomb adalah besarnya muatan kedua benda dan jarak kedua benda.

1. Besarnya Muatan Kedua Benda

Gaya Coulomb salah satunya dipengaruhi oleh besarnya muatan kedua benda karena gaya Coulomb berbanding lurus dengan besarnya muatan benda.

Artinya, semakin besar muatan kedua benda maka semakin besar pula gaya Coulomb-nya. Sebaliknya makin kecil muatan benda, semakin kecil pula gaya Coulomb-nya.

2. Jarak Kedua Benda

Gaya Coulomb juga dipengaruhi oleh jarak kedua benda karena gaya Coulomb berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda.

Artinya, semakin kecil jarak kedua benda, maka semakin besar gaya Coulomb yang terjadi. Sebaliknya, gaya Coulomb akan mengecil ketika jaraknya bertambah.

Hubungan antara gaya Coulomb, besarnya muatan benda, dan jarak, dirumuskan melalui persamaan matematis:

F = k . q1.q2/r2

Keterangan:

  • F = gaya Coulomb [N]
  • q1, q2 = muatan setiap partikel [C]
  • r = jarak antara kedua muatan [m]
  • k = konstanta Coulomb 9 x 109 [N/m2C2]

Hukum Coulomb

by

Pada tulisan mengenai muatan listrik dan jenis-jenis muatan listrik diterangkan bahwa muatan listrik sejenis saling tolak menolak sedangkan muatan listrik tak sejenis saling tarik menarik. Dengan kata lain benda bermuatan positif tarik menarik dengan benda bermuatan negatif, benda bermuatan positif tolak menolak dengan benda bermuatan positif, dan benda bermuatan negatif tolak menolak dengan benda bermuatan negatif. Peristiwa ini menunjukkan adanya gaya listrik yang bekerja pada benda bermuatan positif dan benda bermuatan negatif. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi besar gaya listrik antara benda bermuatan listrik ?

Fisikawan berkebangsaan Perancis bernama Charles Coulomb [1736-1806] melakukan serangkaian eksperimen pada tahun 1780-an untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya listrik antara benda bermuatan listrik. Alat yang digunakan oleh Coulomb menyerupai alat yang digunakan Cavendish untuk menyelidiki konstanta gravitasi, dinamakan timbangan torsi. Coulomb menyelidiki gaya listrik karenanya Ia menggunakan dua bola logam bermuatan listrik sedangkan Cavendish menyelidiki gaya gravitasi karenanya Ia menggunakan dua bola bermassa yang tidak bermuatan listrik.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai gaya Coulomb berdasarkan buku Fisika SMA Kelas XII oleh M.Ali Yaz [2007: 82-83]. Dalam buku tersebut dijelaskan contoh bila dua materi bermuatan, maka gaya tolak atau gaya tarik satu sama lain sebanding dengan perkalian dari kedua muatan. Jika muatan pada K dan L adalah Q1 dan Q2, maka gaya F adalah:

F ~ Q1 Q2

Ketergantungan antara gaya tolak dan gaya tarik antara muatan-muatan didemonstrasikan oleh ilmuwan asal Prancis, Charles Coulomb pada tahun 1785. Coulomb menemukan bahwa gaya tarik dan gaya tolak antara dua muatan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara muatan.

ADVERTISEMENT

Oleh karena itu, gaya listrik pada setiap muatan berbanding dengan:

K [Qq]/R2

Dalam persamaan ini, K merupakan konstanta, bergantung pada satuan yang digunakan untuk menghitung gaya, jarak, dan muatan. Konstanta ini juga bergantung pada medium percobaan. Jika dilakukan di udara atau ruang hampa udara maka konstanta K adalah:

K = 9 x 10 Nm2 /C2

Satuan muatan disebut dengan coulomb, disingkat dengan C. Seperti gaya lainnya, gaya coulomb juga merupakan besaran vektor. Jika muatan berlawanan tanda maka terjadi gaya tarik. Jika muatan bertanda sama maka terjadi gaya tolak. Tanda dari gaya Coulomb bergantung dari perkalian muatan, untuk menyederhanakan perhitungan, kita akan menyebut gaya tarik sebagai [+] dan gaya tolak sebagai [-].

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

LihatIlustrasi Inilah Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Gaya Coulomb. Sumber: pexels.com

Itulah penjelasan mengenai hukum Coulomb dan faktor yang mempengaruhi gaya Coulomb dalam fisika beserta rumusnya. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda yang sedang mempelajari fisika. [IND]

ADVERTISEMENT

Jawaban: 1

Buka kunci jawaban

Video liên quan

Adik-adik, materi fisika kita kali ini akan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Coulomb.

Kalian pasti sudah tahu apa itu gaya Coulomb? Yah benar, gaya Coulomb adalah gaya tarik atau gaya tolak yang timbul di antara dua muatan listrik berdekatan.

Sebenarnya, materi seputar gaya Coulomb pernah kakak bahas di materi sebelumnya, kalian bisa membacanya di sini: Gaya Coulomb.

Nah, di materi kali ini, pembahasan akan kita fokuskan pada faktor-faktor yang berpengaruh terhadap besar kecilnya gaya Coulomb.

Baiklah, kita mulai saja pembahasannya...

Untuk diketahui, faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Coulomb adalah besarnya muatan kedua benda dan jarak kedua benda.

Gaya Coulomb salah satunya dipengaruhi oleh besarnya muatan kedua benda karena gaya Coulomb berbanding lurus dengan besarnya muatan benda.

Artinya, semakin besar muatan kedua benda maka semakin besar pula gaya Coulomb-nya. Sebaliknya makin kecil muatan benda, semakin kecil pula gaya Coulomb-nya.

Gaya Coulomb juga dipengaruhi oleh jarak kedua benda karena gaya Coulomb berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda.

Artinya, semakin kecil jarak kedua benda, maka semakin besar gaya Coulomb yang terjadi. Sebaliknya, gaya Coulomb akan mengecil ketika jaraknya bertambah. 

Hubungan antara gaya Coulomb, besarnya muatan benda, dan jarak, dirumuskan melalui persamaan matematis: 

F = k . q1.q2/r2

Keterangan:

  • F = gaya Coulomb (N)
  • q1, q2 = muatan setiap partikel (C)
  • r = jarak antara kedua muatan (m)
  • k = konstanta Coulomb 9 x 109 (N/m2C2)

Jadi, faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Coulomb adalah besarnya muatan kedua benda dan jarak kedua benda.

Gimana adik-adik, udah tahu kan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Coulomb? Jangan lupa lagi yah.

Sekian dulu pembahasan kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

2+ Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Gaya Coulomb 2021-04-14T08:16:00-07:00 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

Hukum Coulomb berbunyi " Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua benda bermuatan listrik berbanding lurus dengan muatan masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda tersebut"

Jadi, salah satu faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Coulomb adalah jarak kedua muatan. Jawaban yang tepat adalah B.

Faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya tarik-menarik atau gaya tolak-menolak antara dua benda bermuatan listrik adalah?

  1. Besar muatan
  2. jarak antar muatan
  3. kuadrat jarak antar muatan
  4. intensitas cahaya
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: A. Besar muatan

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya tarik-menarik atau gaya tolak-menolak antara dua benda bermuatan listrik adalah besar muatan.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Gaya tarik-menarik antara dua benda bermuatan yang dipisahkan dengan jarak r adalah F. Jika kedua muatan benda tersebut menjadi dua kali muatan semula, maka besar gaya tarik-menarik antara kedua benda tersebut akan menjadi? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

32. Perhatikan gambar berikut! 3 5: A 8. X Waktu (s) w Alm) Besar cepat rambat gelombang transversa menurut gambar di atas adalah .... a. 3 m/s c. 5 m … /s b. 4 m/s d. 6 m/s a​

pliss bantu jawab sekian​

selain jaringan tersebut masih adakah jenis jaringan lain yang menyusun tubuh tumbuhan dan hewan?​

Tentukan Jarak Yang di tempuh bernilai 1 gelombang dan Ada berapa Gelombang?​

7. Gelombang transversal terbentuk dari penggetaran seutas tali di salah satu ujungnya yang cukup pnjang. Apabila dua bukit berdekatannya memiliki jar … ak 60 cm dan besar frekuensi sumber getarannya 12 Hz. Maka hitunglah besar cepat rambat gelombang dalam tali !

8. Lima pegas identik masing-masing mempunyai konstanta pegas 200 N/m disusun seperti pada gambar berikut. Beban w digantung vertikal menyebabkan pega … s mengalami pertambahan panjang secara keseluruhan sebesar 10 cm, maka besar energi potensial pegas tersebut adalah

Air merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan karena air bagi tumbuhan berfungsi sebagai

Apabila massa benda 1 dan 2 adalah 6 kg dan 4 kg di tarik pada bidang licin, tegangan tali benda tersebut adalah

Awan berbentuk menggumpal, bergelombang, dan bertumpuk - tumpuk. Warna awan putih terang dan menyilaukan mata. Terbentuk ketika udara sangat panas dan … bertambah dengan cepat sebelum terjadi hujan. Hal tersebut merupakan ciri - ciri awan

jaringan mana sajakah yang mesusun tubuh hewan?jelaskan karakteristik dan fungsi di setiap jaringan tersebut​

Video yang berhubungan