Esensi keindahan dalam karya tari dapat dilihat dari unsur

Seni tari merupakan salah satu cabang seni, dimana media ungkap yang digunakan adalah tubuh. Tari merupakan alat ekspresi manusia ibarat bahasa gerak sebagai media komunikasi yang universal dan dapat dinikmati oleh siapa saja, dan pada waktu kapan saja. Melalui gerak, tubuh manusia dipakai untuk mengungkapkan ide-ide, perasaan, dan pengalaman sang seniman kepada orang lain dengan menggunakan irama dan atau musik tertentu sebagai ciri khas dari tarian tersebut. Sebagaimana seni yang lain, seni tari juga memiliki unsur-unsur yang menjadi dasar keindahan sebuah karya seni tari.

Unsur-Unsur Keindahan Tari

Unsur-unsur seni tari tersebut diantaranya adalah;

Unsur dasar tari adalah gerak fisik atau gerak tubuh manusia. Gerak tidak dapat dipisahkan dengan unsur tenaga, ruang dan waktu. Oleh karena itu, tari merupakan penjabaran dari gerak, tenaga, ruang dan waktu.

Tari (Soedarsono) adalah seni gerak, maka yang paling penting dalam seni tari adalah bagaimana gerakannya. Biasanya, urutan gerak berhubungan dengan perpindahan gerak dari satu gerak ke gerak berikutnya (yang biasanya bersifat sesaat), juga termasuk penuh arti atau tidak, indah atau tidak, dan efisien atau tidak.

Yulianti Parani membagi gerak tari menjadi sepuluh dalam pola pengaturannya adalah sebagai berikut;

  • Gerak sebagai akibat kesadaran dari anggota tubuh atau anggota badan.
  • Gerak sebagai akibat kesadaran waktu dan kekuatan atau daya.
  • Gerak sebagai akibat penggunaan daya kekuatan yang bersumber pada lengan dan tangan.
  • Gerak sebagai kesadaran ruang.
  • Gerak sebagai akibat kesadaran pengaliran berat badan dalam ruang dan waktu.
  • Gerak sebagai akibat kesadaran berkelompok.
  • Gerak sebagai akibat bentuk-bentuk tertentu dalam penggunaan tubuh.
  • Gerak sebagai akibat ritme yang bersifat fungsional.
  • Gerak sebagai akibat rasa ringan sehingga ingin lepas dari lantai.
  • Gerak yang dituntut oleh kualitas ekspresi.

Berdasarkan uraian di atas, maka dalam suatu gerak mempunyai unsur tenaga, ruang, dan waktu.

  • Tenaga adalah besar kecilnya energi yang dikeluarkan oleh penari untuk melakukan usaha gerak.
  • Ruang adalah tempat penari itu berada (panggung) dan diakibatkan oleh gerak.
  • Waktu adalah satuan waktu untuk membentuk panjang pendeknya gerak.

Dalam tari, irama memegang peranan penting. Irama berperan penting karena menjadi pengatur gerakan penari dalam melakukan gerakan tarinya. Irama menjadi patokan dalam menari untuk memperjelas dan mempertegas gerakan penari sehingga menjadi ritmis dan beraturan. Ada dua macam irama atau iringan dalam tari, yaitu irama internal yaitu irama yang dihasilkan oleh penari itu sendiri seperti bunyi tepuk tangan, hentakan kaki, siulan, jeritan, dan lain-lain. Dan irama eksternal yaitu irama yang berasal dari luar diri penari seperti dari instrumen yang dimainkan secara langsung ataupun rekaman yang sudah ada.

Dalam tari, irama musik mempunyai tiga fungsi, yaitu musik sebagai iringan gerak tari, musik sebagai ilustrasi, dan musik sebagai pemberi suasana. Dalam tari kesesuain dan keselarasan irama atau iringan musik dengan gerakan tari sangat penting. Misalnya, tarian yang bersifat atraktif dan dinamis akan cocok diiringi dengan lagu bernuansa gembira dengan tempo yang cepat.

Wirasa yaitu penghayatan yang dilakukan oleh penari terhadap materi dan jenis tarian. Menari bukan sekedar menggerakkan anggota tubuh, melainkan mengekspresikan nilai seni atau keindahan melalui bahasa gerak bahasa tubuh, dan ekspresi wajah. Dalam melakukan gerakan tarinya seorang penari tidak asal-asalan, penjiwaan dan penghayatan menjadi hal yang wajib bagi penari agar setiap gerakan yang dibawakan memiliki nyawa dan dapat menjelaskan ekspresi dan perasaan tarian yang dibawakan. Ekspresi dalam sebuah tarian mampu mengungkapkan makna tari. Ekspresi dapat diungkapkan melalui gerak, suasana musik, dan perubahan ekspresi wajah penari.

Unsur wirasa akan semakin kuat apabila disertai dengan perasaan dan pendalaman karakter seorang penari dalam situasi perasaan pada tari yang dibawakan. Dengan kombinasi iringan atau irama  yang selaras akan menambah penjiwaan pada tari yang dibawakan.

Wicitra yaitu bagaimana keseluruhan gambaran yang dapat diperlihatkan sebagai sebuah keutuhan karya seni. Unsur ke empat ini dibangun dengan padu padan dari tata rias, tata busana, tata lampu, dan tata panggung.

Tata rias adalah membuat garis-garis di wajah sesuai dengan ide atau konsep garapan. Yang dilakukan dalam pengaturan tata rias termasuk juga tata rambut. Tata rias di dalam tari sangat berbeda dengan rias sehari-hari, karena rias di sini berfungsi untuk membantu ekspresi ataupun perwujudan watak si penari. Dengan demikian tata rias di dalam pergelaran bukan hanya sekedar menggarap muka atau tubuh penari supaya cantik atau tampan, akan tetapi harus disesuaikan dengan peranan yang dibawakan oleh penari tersebut.

Tata busana atau kostum haruslah sesuai dengan konsep garapan, baik desain busana ataupun warnanya. Pada prinsipnya tata busana tari sama dengan tata rias, yaitu membantu menghidupkan perwatakan penari. Busana adalah semua kebutuhan sandang yang dikenakan pada tubuh penari di atas pentas yang sesuai dengan peranan yang dibawakan.

Tata lampu dalam pergelaran seni sangat dibutuhkan. Pentingnya tata lampu di dalam pergelaran tari, di samping untuk penerangan juga dipakai untuk membentuk suasana yang diperlukan dalam adegan-adegan yang ditampilkan. Dengan demikian seorang penata lampu harus peka terhadap efek yang ditimbulkan akibat pengaturan lampunya.

Tata panggung adalah arena pertunjukan tari yang dipakai untuk pergelaran disesuaikan dengan ide garapan. Pengaturan tempat pertunjukan di sini adalah pengaturan bentuk lantai tari yang akan dipakai untuk pementasan sampai pada dekorasi yang dikenakan atasnya. Yang menjadi tugas pokok penata panggung adalah memberikan kesan kesatuan antara panggung dengan tari yang dipentaskan.

Dengan adanya keserasaian dan keselarasan kelima unsur penunjang dalam tari tersebut, maka sebuah pertunjukan tari akan menjadi satu kesatuan yang utuh. Demikian penjelasan "unsur-unsur keindahan seni tari, lengkap" yang dapat kami sampaikan. Semoga uraian singkat kami ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi pembaca.

Baca juga:

Jenis Tari Berdasarkan Fungsi dan Tujuannya


Jenis Tari Berdasarkan Tema atau Isi

TEORI SENI BUDAYA KELAS X

SEMESTER GENAP

BERKARYA DALAM SENI TARI

Sebuah tarian merupakan perpaduan dari beberapa unsure, yaitu wiraga, wirama, dan wirasa.

Wiraga adalah dasar keterampilan gerak tubuh/fisik penari. Sebagai gerak ekspresi, gerak yang dimaksud adalah gerak yang bukan gerak sehari – hari melainkan gerak yang telah distilir atau diberi bentuk lain, baik diperhalus, dipertegas, maupun dirombak (distorsi). Dalam tari ada 2 macam gerak tari, yaitu :

Gerakan tarian yang dilakukan sebagai hasil dari eksplorasi gerak yang ada dalam ala mini selain gerak manusia. Misalnya gerak hewan, tumbuhan atau benda lainnya.

2.     Gerak imajinatif

Gerak rekayasa manusia dalam membentuk suatu tarian. Terdiri dari gerak maknawi dan gerak murni.

§         Gerak maknawi adalah gerak tari yang mengandung arti atau mempunyai maksud tertentu. Gerak tersebut biasanya memiliki cirri khas yg mudah dimengerti oleh penonton. Misalnya gerak melamun, menolak, mengiyakan, dan sebagainya.

§         Gerak murni adalah gerak yang tidak mengandung arti, namun masih mengandung unsure keindahan gerak.

Wirama adalah suatu pola untuk mencapai gerakan yang harmonis. Didalamnya terdapat pengaturan dinamika seperti aksen dan tempo tarian. Ada dua macam irama untuk tari, yaitu:

a.     Wirama tandak

Wirama yang ajeg  (tetap) dan murni dengan ketukan yang dan aksen yang berulang dan teratur.

b.     Wirama bebas

Wirama yang tidak selalu memiliki ketukan dengan aksen yang berulang dan teratur.

Wirasa adalah tingkatan penghayatan dan penjiwaan dalam tarian seperti : tegas, lembut, gembira, sedih yang terekspresikan melalui gerakan dan mimic wajah sehingga melahirkan keindahan.

Penari yang baik, dituntut untuk memiliki beragam syarat agar dirinya benar – benar mampu menjadi koreografer. Syarat tersebut antara lain :

1.       Kreatif

Kreatif, merupakan kemampuan pokok yang harus dimiliki oleh seorang koreografer. Kreativitas dalam hal ini adalah kemampuan seorang koreografer untuk menemukan konsep pemikiran, teori, teknik dan atau metode “baru” dalam proses penciptaan karya tari. Daya kreativitas yang tampak dalam proses berkarya menunjukkan sejauh mana seorang koreografer berhasil melakukan riset, pendalaman akan ide dalam merespon sesuatu, sehingga mampu memberikan inovasi dalam karya tarinya. Hal ini secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap nilai orisinalitas yang terkandung di dalam karya tari itu sendiri.

2.     Disiplin

Kedisiplinan, merupakan “modal” selanjutnya yang dibutuhkan oleh seseorang untuk menjadi penari yang baik sekaligus koreografer nantinya. Sebagai penjabaran disiplin itu sendiri, penari yang baik akan menerapkan disiplin waktu, pantang menyerah dalam berusaha, teguh menjalankan proses, dan “keras” terhadap dirinya sendiri. Termasuk pula ketika hendak dan sedang tampil di panggung, seorang penari haruslah selalu berkonsentrasi untuk menyajikan sebuah pertunjukan yang baik.

3.     Terbuka

Sikap terbuka menunjukkan bahwa ia tidak memiliki sebuah ”hambatan” atau “hal yang menutup matanya” terhadap perkembangan zaman dimana ia tumbuh. Seperti yang telah diungkap diatas, kreativitas merupakan sesuatu yang timbul akibat proses imajinasi seorang. Imajinasi ini datangnya dari berbagai stimulant, termasuk pula dari hal-hal yang tengah berkembang di masanya. Untuk dapat menyerap berbagai informasi baru, hal-hal yang sedang trend, atau bahkan isu-isu yang sedang mengemuka, seorang penari aatau koreografer harus mau bersikap terbuka, dalam artian tidak terkungkung oleh doktrin sesuatu. Kebudayaan itu sifatnya selalu berkembang, begitu juga kesenian. Perkebangan tidak akan merusak nilai-nilai yang sudah ada bila dimaknai secara selektif. Justru, melalui keterbukaan ini, seorang koreografer yang baik akan mendapat sebuah pengayaan yang belum pernah didapat sebelumnya.

4.     Peka

Memiliki kepekaan yang kuat, juga merupakan modal yang saya utarakan sebagai seorang koreografer.  Kepekaan bisa terkait dengan banyak aspek, karena tari sebagai cabang kesenian memiliki banyak keterkaitan dengan aspek-aspek lainnya misalnya ruang, musik, warna, cahaya dan beberapa lainnya. Walau bukan berarti kita harus menekuni semuanya, namun setidaknya seseorang mengetahui esensi daripada aspek-aspek terkait tersebutyangmampu menunjang keberhasilan penampilan di atas panggung. Bagai ungkapan seniman besar Bali I Nyoman Pugra (alm.) dari Denpasar, bahwa penari yang baik itu harus mengetahui sastra. Pernyataan beliau tersebut tentu saja sangat dalam maknanya, di mana bila diartikan secara mudah seorang penari (atau bahkan koreografer) haruslah memahami teks sebagai sumber-sumber bacaan untuk memperkaya wawasannya serta konteks dimana, kapan dan dengan siapa karya tari akan dipertunjukkan.

5.     Bertanggung jawab

Maksudnya adalah bisa dan mampu mempertanggungjawabkan karyanya secara utuh dan professional. Seorang koreografer yang baik tidak cukup hanya mampu menciptakan karya saja tanpa mampu menjelaskan latar belakang penggarapan, sumber inspirasi, makna yang ingin disampaikan, hal baru apa yang ia miliki dan seterusnya. Ada banyak aspek di balik sebuah karya tari yang harus bisa ia jelaskan kepada para penikmat maupun pengamat, untuk menghindari kesan penjiplakan, “pembelian” karya dan pencatutan nama koreografer yang menciptakan tari itu sendiri. Hal ini sekaligus menghindarkan kita dari kemungkinan tindakan plagiatisme yang belakangan mulai marak terungkap. Plagiatisme tidak hanya “menjangkiti” akademisi melalui tulisan, namun “wabah” tesebut telah menjalar pada sisi karya seni khususnya seni pertunjukan meskipun jarang dan sulit untuk diamati. Tiada salahnya mencegah daripada membela diri pada saat sudah terlilit masalah.

Contoh soal seni budaya 1

1.      Untuk memudahkan pendeskripsian gerak tari, dapat digunakan patokan hitungan dengan jumlah.

a.       tujuh hitungan

b.      sembilan hitungan

c.       delapan hitungan

d.      enam hitungan

e.       sepuluh hitungan

2.      Gambaran singkat yang menceritakan tema tari yang dibuat disebut.

a.       lakon          d.         pengantar

b.      sinopsis     e.         naskah

c.       kertas garap

3.      Dekorasi pada panggung disebut…

a.       Setting panggung            d.         sebeng/layar

b.      properti                  e.         cahaya

c.       siklorama

4.      Dekorasi panggung harus disesuaikan dengan…

a.       jumlah penonton

b.      tema pergelaran

c.       penataan cahaya

d.      jumlah panitia

e.       jumlah penari

5.      Sebutkan yang tidak termasuk fungsi tari dalam kehidupan

a.     sebagai sarana kepentingan upaacara

b.    sebagai hiburan

c.     sebagai seni pertunjukan

d.     sebagai media pendidikan

e.    sebagai bahan lawakan

6.      Yang tidak termasuk dalam tari berdasarkan jumlah penari adalah…

a.       Tari tunggal

b.      Tari massal

c.       Tari kreasi

d.      Tari kelompok

e.       Tari berpasangan

7.      Suatu tarian yang dilakukan lebih dari 1 orang penari disebut…

a.      Tari berpasangan

b.      Tari tunggal

c.       Tari tradisisional

d.      Tari massal

e.       Tari kontemporer

8.      Tari yang pengungkapannya tidak mengindahkan aturan atau pola yang telah ada atau yang sudah lepas dari pola tarian yang telah ada, merupakan definisi dari…

a.       Tari tradisional

b.      Tari kontemporer

c.       Tari rakyat

d.      Tari kreasi

e.       Tari modern

9.      Tari yang lahir tumbuh berkembang dalam suatu masyarakat yang kemudian diturunkan atau diwariskan secara terus menerus dari generasi ke generasi, merupakan definisi dari…

a.       tari modern

b.      tari kontemporer

c.       tari tradisional

d.      tari balet

e.       tari massal

10.  Sajian tari yang mengungkapkan peristiwa atau cerita disebut…

a.      dramatari

b.      tari berpasangan

c.       tari massal

d.      tari tunggal

e.       tari rakyat

11.  tari yang berasal dari daerah jawa timur adalah…

a.       tari jaipong

b.      tari kipas

c.       tari jathilan

d.      tari cendrawasih

e.       tari tifa

12.  tari yang berasal dari daerah sumatera utara adalah…

a.      tari tor –tor

b.      tari serampang dua belas

c.       tari ngarojeng

d.      tari cakalele

e.       tari pendet

13.  yang merupakan sarana komunikasi kepada penonton ketika sedang membawkan peranannya disebut…

a.       bentuk

b.      irama

c.       tubuh

d.      jiwa

e.       gerak

14.  tari yang menggambarkan sesuatu dengan jelas biasa disebut dengan istilah…

a.       tari bentuk

b.      tari jejer

c.       tari representasional

d.      tari modern

e.       tari kerja bakti

15.  yang bukan termasuk fungsi musik adalah…

a.       sebagai pengiring

b.      sebagai pemberi ide

c.       sebagai irama

d.      sebagai kolaborasi

e.       sebagai pengatur tempo

16.  yang termasuk kedalam tari kontemporer adalah..

a.       tari bedoyo

b.      tari tango

c.       tari pakarena

d.      tari hiphop

e.       tari ballet

17. 

tari ondel-ondel merupakan tarian khas dari daerah…

a.       jawa tengah

b.      jawa barat

c.       jawa timur

d.      DKI Jakarta

e.       Sumatera selatan

18.  Tari yospan merupakan tarian khas dari daerah…

a.       Palempang

b.      Padang

c.       Ponorogo

d.      Sunda

e.       Papua

19.  tari yang melukiskan sesuatu dengan simbolis dan biasanya menggunakan gerak maknawi disebut dengan istilah…

a.      tari non representasional

b.      tari kontemporer

c.       tari modern

d.      tari kreasi

e.       tari representasional

20.  yang termasuk unsur pelengkap sajian tari adalah…

a.       proscenium, sinopsis, tata busana dan kostum, tat arias, tempat pertunjukan, tata lampu

b.      tata lampu, tata busana, tata suara, tata rias, tempat pertunjukan

c.       dekorasi, tata lampu, kostum, makeup

d.      tema, iringan, tata busana dan rias, tempat pentas, tata lampu

e.       pendopo, tema, gamelan, kostum

21.  Dibawah ini merupakan jenis – jenis tari menurut koreografi, kecuali ….

a.       Tari rakyat

b.      Tari klasik

c.       Tari kreasi baru

d.      Tari upacara

e.       Tari modern

22.  Kalau kita melihat tari yang ada di Indonesia,khususnya Jawa,kita dapat melihat perbedaan jenis-jenis tari yang ada.Adapun jenis tari menurut tema atau isinya adalah ….

a.     Tari pantonim, tari erotik, tari kepahlawanan, dan dramatari

b.    Tari upacara dan tari hiburan

c.      Tari pertunjukkan dan tari modern

d.     Tari kreasi baru dan tari rakyat

e.      Tari rakyat dan tari klasik

23.  Gambar tari di samping merupakan tari dari daerah ….

a.       Jawa Timur

b.      Bali

c.       Papua

d.     

DKI Jakarta

e.       Maluku

24.  Gambar di bawah ini merupakan jenis tari ….

a.      Ballet

b.      Hip hop

c.       Break Dance

d.      Kolosal

e.       Dramatari

 


25.  Gambar tari di samping ini berasal dari daerah ….

a.       Bali

b.      Jawa Tengah

c.       Palembang

d.     

Kalimantan

e.       Aceh

Contoh soal seni budaya 2

1.      Tari yang lahir tumbuh berkembang dalam suatu masyarakat yang kemudian diturunkan atau diwariskan secara terus menerus dari generasi ke generasi, merupakan definisi dari…

a.       Tari modern

b.      Tari kontemporer

c.       Tari tradisional

d.      Tari balet

e.       Tari missal

2.      Tari yang pengungkapannya tidak mengindahkan aturan atau pola yang telah ada atau yang sudah lepas dari pola tarian yang telah ada, merupakan definisi dari…

a.       Tari tradisional

b.      Tari kontemporer

c.       Tari rakyat

d.      Tari kreasi

e.       Tari modern

3.      Yang merupakan sarana komunikasi kepada penonton ketika sedang membawkan peranannya disebut…

a.       Bentuk

b.      Irama

c.       Tubuh

d.      Jiwa

e.       Gerak

4.     

Tari ondel-ondel merupakan tarian khas dari daerah…

a.       Jawa tengah

b.      Jawa barat

c.       Jawa timur

d.      DKI Jakarta

e.      Sumatera selatan

5.      Orang yang ahli dalam bidang seni disebut…

a.       Narasumber

b.      Motivator

c.       Seniman

d.      Kreator

e.       Wartawan

6.      Orang yang memiliki keahlian menata tari disebut …

a.       Seniman

b.      Sutradara

c.       Kritikus

d.      Koreografer

e.       Arsitek

7.      Tarian yang dilakukan oleh beberapa orang dengan gerakan serempak adalah …

a.      Tari massal

b.      Tari tunggal

c.       Tari klasik

d.      Tari kelompok

e.       Tari berpasangan

8.      Gerakan mata yang terdapat pada tari bali disebut …

a.       Lirikan

b.      Plototan

c.       Perwatakan

d.      Ekspresi

e.       Sledetan

9.      Musik yang digunakan untuk mengiringi tari Indang, yaitu  jenis musik  ….

a.       Internal                                          d. Modern

b.      Eksternal                                     e. Klasik

c.       Tradisional

10.  Bagong Kusudiarjo adalah tokoh tari dari daerah ….

a.       Jawa Tengah                               d. Sumatera

b.      Bali                                               e. Kalimantan

c.       Jawa Barat

11.   Mengamati suatu karya tari secara mendalam dari awal sampai akhir sehingga dapat menilai dan member penghargaan terhadap karya terseut disebut juga dengan ….

a.       Konsepsi                                       d. Apresiasi

b.      Ekspresi                                        e. Koreografi

c.       Imajinasi   

12. 

 Disamping ini merupakan tarian dari daerah ….

a.       DKI Jakarta

b.      Sumatera Utara

c.       Kalimantan

d.      Jawa timur

e.       Bali

13.   Musik yang biasa digunakan oleh pemerintah untuk mengiringi Tari Saman menggunakan jenis musik …

a.       Internal                                       d. Modern

b.      Eksternal                                       e. Klasik

c.       Tradisional

14.  Tari yang  nilai pergaulan umtuk disampaikan ke penontonnya disebut ….

a.       Sosial                                                       d. Spiritual

b.      Etika dan pandangan hidup                        e. Olah raga

c.       Estetika dan  tema tari

15.  Esensi keindahan gerak dalam tari dapat dilihat pada ….

a.      Kostum                                         d. Gerak, ruang, waktu, tenaga

b.      Kecantikan penari              e. Berlari.

c.       Tata rias   

16.  Gerakan dari seluruh anggota tubuh yang selaras dengan musik, dan diatur dengan irama yang sesuai dengan maksud dan tujuan tertentu disebut...

a.      Seni tari

b.      Seni musik

c.       Seni teater

d.      Seni rupa

e.       Break dance

17.  Gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran disebut dengan...

a.       Ritme

b.      Gerak tubuh

c.       Teater

d.      Senam

e.       Tari

18.  Yang merupakan sarana komunikasi kepada penonton ketika sedang membawkan peranannya disebut…

a.       Bentuk

b.      Irama

c.       Tubuh

d.      Jiwa

e.       Gerak

19    Tari yang menggambarkan sesuatu dengan jelas biasa disebut dengan istilah…

a.       Tari bentuk

b.      Tari jejer

c.       Tari representasional

d.      Tari modern

e.       Tari kerja bakti

20.  Tari yang melukiskan sesuatu dengan simbolis dan biasanya menggunakan gerak maknawi disebut dengan istilah…

a.      Tari non representasional

b.      Tari kontemporer

c.       Tari modern

d.      Tari kreasi

e.       Tari representasional


Page 2