Diantara peristiwa berikut yang merupakan contoh penerapan hukum 3 Newton adalah

Diantara peristiwa berikut yang merupakan contoh penerapan hukum iii newton adalah:

  1. ketika kita menendang tembok, kaki kita merasa sakit.
  2. sebuah roket yang diam saat tidak ada gaya luar yang mempengaruhinya.
  3. motor yang bergerak tiba-tiba saat di gas.
  4. gerobak yang ditarik dengan gaya tertentu.

Jawabannya adalah a. ketika kita menendang tembok, kaki kita merasa sakit.

Diantara peristiwa berikut yang merupakan contoh penerapan hukum iii newton adalah ketika kita menendang tembok, kaki kita merasa sakit.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. ketika kita menendang tembok, kaki kita merasa sakit menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban b. sebuah roket yang diam saat tidak ada gaya luar yang mempengaruhinya menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban c. motor yang bergerak tiba-tiba saat di gas menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di situs ruangguru ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban d. gerobak yang ditarik dengan gaya tertentu menurut saya ini malah 100% salah, karena tadi saat coba cari buku catatan, jawaban ini cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah a. ketika kita menendang tembok, kaki kita merasa sakit.

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.

Lihat juga kunci jawaban pertanyaan berikut:

Jakarta -

Pada dasarnya, Hukum Newton terbagi menjadi Hukum Newton 1, 2, dan 3. Dalam artikel kali ini, kita akan fokus membahas mengenai bunyi, rumus, dan contoh Hukum Newton 3.

detikers pasti sudah tidak asing dengan Hukum Newton. Berdasarkan laman Sumber Belajar Kemdikbud, Hukum Newton merupakan hukum dasar yang merumuskan pengaruh gaya terhadap perubahan gerak atau perpindahan kedudukan suatu benda.

Sesuai dengan namanya, Hukum Newton dikemukakan oleh Sir Isaac Newton, seorang ilmuwan Inggris yang mempelajari tentang gerak. Berdasarkan sejarah, Isaac Newton merumuskan Hukum Newton setelah melakukan kajian terhadap pendapat Aristoteles dan Galileo Galilei mengenai gerak suatu benda.

Mengutip Modul Kemdikbud Ilmu Pengetahuan Alam: Gerak Dalam Kehidupan, Hukum Newton 3 berbunyi, "Ketika suatu gaya (aksi) diberikan pada suatu benda, maka benda tersebut akan memberikan gaya (reaksi) yang sama besar dan berlawanan arah dengan gaya yang diberikan." Dengan begitu, Hukum Newton juga disebut sebagai hukum aksi-reaksi.

Persamaan Hukum Newton 3

Secara matematis, Hukum Newton 3 dapat ditulis dalam bentuk persamaan sebagai berikut.

Faksi = - Freaksi (tanda - menunjukkan arah yang berlawanan)

Dua gaya merupakan gaya aksi-reaksi jika keduanya memiliki sifat sama besar, berlawanan arah, dan terjadi pada dua objek atau benda yang saling berinteraksi.

Contoh Hukum Newton 3

Berikut ini adalah beberapa penerapan Hukum Newton 3 yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Senapan yang ditembakkan mengakibatkan peluru terdorong keluar dari senapan terdorong ke belakang.
  2. Ketika kita mendorong tembok (aksi), tembok juga mendorong (reaksi) tubuh kita.
  3. Gaya dorong bahan bakar pada roket menyebabkan roket terdorong ke depan dan terbang ke angkasa.
  4. Pemain skateboard mendorong kakinya ke belakang yang menyebabkan skateboard terdorong ke depan.
  5. Melepaskan balon yang terisi udara. Ketika kita melepaskannya, udara di dalam balon bergerak ke luar dan mendorong udara di luar balon. Dorongan yang diberikan udara di luar balon berlawanan dengan udara di dalam balon sehingga balon melesat terbang.

Simak Video "Prilly Latuconsina Jadi Dosen Praktisi di UGM"



(erd/erd)

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions [MCQ] Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Di antara peristiwa berikut yang merupakan contoh penerapan Hukum III Newton adalah...

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. Gerobak yang ditarik dengan gaya tertentu
  2. Ketika kita menendang tembok, kaki kita merasa sakit
  3. Sebuah mobil yang melaju cepat dan mendadak berhenti
  4. Motor yang bergerak tiba-tiba saat di gas
  5. Sebuah roket yang diam saat tidak ada gaya luar yang mempengaruhinya

Jawaban terbaik adalah B. Ketika kita menendang tembok, kaki kita merasa sakit.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan ❝Di antara peristiwa berikut yang merupakan contoh penerapan Hukum III Newton adalah...❞ Adalah B. Ketika kita menendang tembok, kaki kita merasa sakit.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu Setiap benda cenderung untuk mempertahankan keadaannya semula, hal ini sesuai dengan... dengan jawaban yang sangat akurat.

Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Hukum Newton berhubungan dengan gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak benda itu sendiri. Hukum ini pertama kali dirumuskan oleh fisikawan dan matematikawan Inggris, yaitu Sir Isaac Newton.

Yuk Sobat, kita belajar Hukum Newton bersama! Kita mulai dari mengetahui pengertian Hukum Newton, hukum I sampai Hukum III Newton, hingga contoh soal Hukum Newton.

Pengertian Hukum Newton

Kita mulai belajar dengan definisi Hukum Newton, Sobat. Hukum Newton merupakan hukum yang menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada benda dan gerak yang disebabkannya. Bagaimana bunyi Hukum Newton? Bagaimana juga dengan penerapan Hukum Newton? Yuk, belajar bersama, Sobat Pintar!
Hukum Newton ini terdiri dari tiga jenis yakni Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. Berikut adalah bunyi Hukum Newton dan penerapannya.

Hukum I Newton

Bunyi Hukum I Newtonadalah “Setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya”. Jika resultan gaya yang bekerja pada suatu benda bernilai 0 maka benda yang awalnya diam akan tetap diam, sedangkan benda yang awalnya bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan konstan.
Persamaannya [rumus Hukum I Newton]:

Dimana : F = gaya [N]
Peristiwa yang berhubungan dengan Hukum I Newton berikut adalah ketika mengendarai mobil dengan kecepatan yang sangat tinggi dan kemudian menabrak sesuatu, misalnya pohon . Mobil akan berhenti seketika, tetapi pengemudi akan terus bergerak maju [tubuh pengemudi akan terhentak ke depan, cenderung menabrak kaca mobil depan]. Inilah mengapa mobil membutuhkan airbags, sebagai pelindung pengemudi dari ancaman menabrak kaca depan mobil.

Hukum II Newton

Bunyi Hukum II Newtonadalah "Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya [resultan gaya] yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya".
Persamaannya [rumus Hukum II Newton]:

F = Gaya [N] m = massa [kg]

a = percepatan [m/s2]

Berdasarkan Hukum II Newton, dapat dipahami bahwa benda akan menambah kelajuannya jika diberi gaya total arah yang sama dengan arah gerak benda. Contoh dari penerapan Hukum II Newtonadalah ketika mendorong sebuah kursi kecil dan lemari. Kita membutuhkan gaya lebih besar untuk mendorong lemari karena massa lemari lebih besar daripada massa kursi.

Hukum III Newton

Bunyi Hukum III Newtonadalah “Untuk setiap aksi selalu ada reaksi yang sama besar dan berlawanan arah. Atau, gaya dari dua benda pada satu sama lain selalu sama besar dan berlawanan arah”. Gaya aksi dan reaksi dari dua benda memiliki besar yang sama, dengan arah berkebalikan, dan segaris.
Persamaannya [rumus Hukum III Newton]:

Contoh penerapan pada hukum III Newtonadalah saat melompat, kaki akan memberi gaya ke tanah dan tanah akan memberi gaya berlawanan arah sehingga badan akan terdorong ke udara.

Contoh soal

Shonia meletakkan sebuah balok pada bidang miring dengan elevasi 60 derajat. Balok tersebut memiliki massa 3 kg. Gaya minimum untuk mendorong balok itu sebesar 30 N. Berapakah koefisien gesek kinetis antara balok dan bidang?

Pembahasan :

Gaya minimum terjadi ketika benda akan bergerak, sehingga pada saat itu terjadi gaya gesekan statis.

Nah bagaimana, Sobat? Hukum Newton tidak terlalu sulit, bukan? Soal evaluasi bab lainnya ada dalam fitur Belajar Pintar, yaa.
Sampai bertemu di pembahasan berikutnya!

Writer: Fifa Pransiska Indra Loleta
Editor: Deni Purbowati, Qorin R

Peristiwa berikut ini yang sesuai dengan Hukum III Newton adalah ... A. Penumpang bus akan terdorong ke depan jika bus direm secara mendadak. B. Orang berenang. C. Mobil yang mengebut di jalan raya.

D. Buah kelapa jatuh dari pohonnya.

3 Menjawab

Hukum III Newton menyatakan bahwa jika sebuah benda mendapat gaya aksi, benda tersebut akan melakukan gaya reaksi yang besarnya sama, tetapi berlawanan arah. ketika orang berenang, kaki dan tangannya akan melakukan gaya aksi kepada air dan pada saat yang bersamaan air akan melakukan gaya reaksi sehingga orang bergerak.

Jadi B adalah jawabannya.

Viona Febrianty W

, Relawan

Menurut saya, jawabannya adalah B. Orang berenang, karena ketika kita berenang, tangan dan kaki kita mendorong air ke belakang sehingga air mendorong tangan dan kaki kita ke depan sehingga kita berenang ke depan. Yang dimaksud dengan hukum III Newton adalah ketika sebuah benda yang memberikan gaya kepada benda lain, maka benda yang kedua akan memberikan gaya kepada benda yang pertama dan kedua gaya tersebut sama besar tetapi berlawanan arah. Kalau pilihan yang A. Penumpang bus akan terdorong ke depan jika bus direm secara mendadak merupakan prinsip hukum I Newton. Yang dimaksud dengan hukum I Newton adalah benda yang awalnya diam akan tetap diam dan hanya akan gerak apabila dikasih gaya [tarikan atau dorongan]. Kalau pilihan C. Mobil yang mengebut di jalan raya merupakan prinsip hukum II Newton. Yang dimaksud dengan hukum II Newton adalah kecepatan dari sebuah benda akan sama dengan resultan gaya pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massa benda tersebut. Kalau pilihan D. Buah kelapa jatuh dari pohonnya merupakan contoh dari gerak jatuh bebas.

B Orang berenang adalah jawabannya

Jawaban Anda

Baca Juga

Bagaimana sifat bayangan yang terbentuk dari cermin cembung

rumahtanya.com

Apa yang dimaksud inersia atau kelembaman benda

rumahtanya.com

Video yang berhubungan