Di antara pernyataan berikut yang merupakan fungsi larutan penyangga dalam tubuh manusia


Latihan Soal - SD/MI - SMP/MTs - SMA | Kategori: Semua Soal SMA Kimia (Acak)

★ Kimia Semester 2 Genap - SMA Kelas 11

Diantara pernyataan berikut yang merupakan fungsi larutan penyangga dalam tubuh manusia, yaitu ….

A. menjaga pecahnya pembuluh darah

B. menjaga kesetimbangan cairan yang ada di luar dan di dalam sel

C. menjaga pH darah agar tidak banyak berubah

D. menjaga masuknya cairan ke dalam sel

E. menjaga masuknya pelarut melalui selaput semipermeable

Pilih jawaban kamu:
A  B  C  D  E 

Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar

Preview soal lainnya: Soal Kimia SMA Sederajat

Perhatikan ciri-ciri larutan saat diuji dengan menggunakan rangkian alat uji daya hantar listrik berikut.

1. Lampu tidak menyala

2. sedikit gelembung gas

3. larutan terionisasi sebagian

4.derajat ionisasi = 0 < α < 1Larutan yang dapat menunjukkan ciri-ciri tersebut adalah larutan....A. cukaB. garam dapurC. alkoholD. gulaE. asam klorida

Materi Latihan Soal Lainnya:

Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Tips : Jika halaman ini selalu menampilkan soal yang sama secara beruntun, maka pastikan kamu mengoreksi soal terlebih dahulu dengan menekan tombol "Koreksi" diatas.

Lihat Foto

pixabay.com

Hemoglobin merupakan larutan penyangga untuk menjadi pH darah

KOMPAS.com – Larutan penyangga atau buffer adalah larutan yang dapat mempertahankan pH dengan menetralkan asam atau basa. Tidak hanya berguna dalam ilmu kimia dan industri, larutan penyangga juga memiliki fungsi penting dalam tubuh manusia. 

Berikut dalah fungsi larutan penyangga dalam tubuh manusia!

Menjaga pH darah

Fungsi larutan penyangga dalam tubuh manusia adalah menjaga atau mempertahankan pH darah. Dilansir dari Medicine LibreTexts, darah manusia harus memiliki pH sedikit basa yaitu sekitar 7,35 hingga 7,45.

Untuk mempertahankan rentang pH yang sangat sempit tersebut, manusia memiliki sistem larutan penyangga yang sangat kuat.

pH darah yang berubah dapat menyebabkan berbagai kondisi pada tubuh mulai dari denaturasi dan kehilangan fungsi protein, erosi jaringan tubuh, hingga kematian.

Baca juga: Larutan Penyangga: Pengertian dan Jenisnya

Mendukung kerja enzim

Fungsi larutan penyangga dalam tubuh selanjutnya adalah mendukung kerja enzim. Seperti yang kita ketahui, enzim adalah zat katalitik yang dapat mempercepat terjadinya reaksi biokimia penunjang tubu seperti metabolisme.

Enzim adalah protein yang berfungsi optimal pada pH yang tepat. Dilansir dari Khan Academy, pada pH yang tidak sesuai enzim akan berhenti bekerja atau bahkan terdenaturasi (rusak) secara permanen.

Larutan penyangga dapat menjadi pH tubuh manusia pada kisaran normal. Sehingga, enzim dapat berkerja secara optimal dalam tubuh manusia.

Menjaga pH air liur

Larutan penyangga atau buffer dalam tubuh berfungsi untuk menjaga pH air liur. Dilansir dari Healthline, pH air liur berada dalam kisaran 6,2 hingga 7,6.

Baca juga: Sifat-Sifat Enzim, Fungsi, dan Cara Kerja

Jika air liur terlalu asam, akan terjadi erosi asam. Di mana air liur yang asam mengikis mineral pada gigi menyebabkan gigi berlubang, keropos, hingga kehilangan gigi. Larutan penyangga, menjaga pH air liur agar erosis asam pada gigi tidak terjadi.

Mencegah terjadinya asidosis

Fungsi larutan penyangga dalam tubuh adalah mencegah terjadinya asidosis. Asidosis adalah kondisi meningkatkan keasaman pada cairan tubuh. Asidosis dapat menyebabkan gejala yang ringan hingga syok berat juga kematian.

Mencegah terjadinya alkalosis

Fungsi larutan penyangga dalam tubuh lainnya adalah mencegah terjadinya alkalosis. Alkalosis adalah kondisi meningkatnya kadar bikarbonat yang menyebabkan darah menjadi lebih basa.

Alkalosis dapat menyebabkan gejala gangguan kesehatan yang ringan seperti mual, mati rasa dan gemetar. Namun, dapat juga meningbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius seperti syok dan koma.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

suatu larutan diperoleh dengan melarutkan 19 gram suatu zat padat Mr = 95 dalam 500 gram air Bila derajat ionisasi larutan MgCl2 = 0,9 dan KB air = 0, … 25 berapakah titik didih larutan tersebutbantu jawab dong​

Perhatikan diagram fase (P-T) larutan gula dan pelarut air berikut! P (atm) K M N Cair R X Padat Gas T(°C) KL Berdasarkan diagram tersebut, garis yang … menunjukan penurunan tekanan uap larutan pada suhu 100°C adalah .... MN​

Ada yang bisa jelaskan?, Jelaskan hubungan bilangan kuantum Orbital s dengan nomor atom

mengapa huruf g dan l pada MgCl2 ditulis kecil?​

enzim yang terdapat pada batang pisang?​

Kerjakan soal persamaan reaksi berikut: 1. Na2CO3+ HCl --&gt;H2CO3+NaCl​

diketahui reaksi P+Q --&gt; R+S. pernyataan yang benar untuk menunjukan laju reaksi adalah....​

apakah bisa jika proses lebih besar dari utilitas​

Tolong di jawab...saya mencampur beberapa bahan dengan air dalam toples.terlihat dalam toples,sebagian mengapung di permukaan,dan sebagian mengendap d … i dasar toples.setelah toples tertutup kedap udara.saya simpan di bawah kolong meja.berselang 2 hari,saya amati,ada sesuatu bergerak dari bawah ke atas.katakanlah seperti menembak keatas.reaksi tersebut di sebut apa?

2 A compound is made up of 3 atoms that are covalently bonded. Which pair of elements will have atoms to form this compound? Satu sebatian terdiri dar … ipada 3 atom yang diikat dengan ikatan kovalen. Pasangan unsur yang manakah akan mempunyai atom untuk membentuk sebatian ini? A Aluminium and chlorine B Magnesium and chlorine C Hydrogen and nitrogen D Hydrogen and sulphur ​

22. Diantara pernyataan berikut yang merupakan fungsi larutan penyangga dalam tubuhmanusia, yaitu …a.Menjaga kesetimbangan cairan yang ada di luar dan di dalam selb.Menjaga pecahnya pembuluh darah