Contoh panduan wisata edukasi di bandung

Liburan ke Bandung kemana aja? di Bandung ada wisata apa aja? Disini kami kumpulkan info tempat wisata di Bandung yang bisa anda kunjungi nanti. Jika bingung jalan ke Bandung enaknya kemana, kunjungi aja tempat rekreasi ini.

Area Pariwisata Bandung

Area wisata Bandung di dominasi wisata outdoor. Tapi, ada juga yang berupa wisata indoor atau campuran (outdoor, indoor, dan kuliner). Selain itu lokasinya tersebar di beberapa area utama. Ada di area kota, Bandung Utara, Bandung Barat, Bandung Selatan, dan juga Bandung Timur.

Hal di atas perlu anda ketahui saat membuat itinerary liburan ke Bandung. Biar nanti bisa mengatur mana yang berdekatan dan bisa dikunjungi dalam satu waktu.

Berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang kami kumpulkan.

Wisata Bandung Utara

Meliputi area Lembang, Cisarua dan Parongpong di Bandung Barat.

Dusun Bambu

Dusun Bambu

Dusun Bambu cocok sekali menjadi tujuan wisata keluarga di Bandung. Di Dusun Bambu terdapat area playground anak, ruang terbuka yang indah, dan taman.

Ada juga restoran, cafe, dan pujasera dengan berbagai pilihan kuliner. Mau menginap? ada villa dan glamping juga disini. Tempat liburan di Bandung yang satu ini bisa anda jadikan tempat bersantai keluarga.

Farmhouse Lembang

image: https://www.instagram.com/silviautari/

Farmhouse Lembang berada di jalan raya Bandung – Lembang. Lokasinya mudah sekali ditemukan, ga bakal terlewat.

Mencari tempat aesthetic di Bandung? Jangan lewatkan Farmhouse Lembang. Banyak spot foto yang unik disini. Cocok banget untuk anda nikmati.

Floating Market Lembang

Floating Market

Floating Market Lembang cukup terkenal sebagai tempat rekreasi di Bandung. Areanya cukup luas, dengan banyak pilihan wahana permainan.

Selain itu, terdapat area kuliner yang cukup unik. Semua pedagang menjajakan makanan dari perahu. Dari sini juga nama Floating Market berasal. Sebagian besar area Floating market berada di luar ruangan. Jadi faktor cuaca cukup berpengaruh.

Mau berfoto ria? Ga masalah. Banyak spot foto bagus tersedia.

Rainbow Slide Lembang

Rainbow Slide Lembang

Sebetulnya, Rainbow Slide ini merupakan salah satu wahana baru di Floating Market Lembang. Hanya saja, memang banyak orang yang sengaja berkunjung ke Floating market untuk mencoba wahana ini saja.

Anda perlu masuk ke Floating Market terlebih dulu, baru mencoba wahana ini.

Kawah Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

Secara administrasi, Gunung Tangkuban Perahu masuk ke wilayah Subang sebenarnya. Tapi, dekat sekali dari Lembang, sehingga sering disebut berada di Lembang. Dari wilayah Bandung, bentuknya memang mirip perahu terbalik.

Tangkuban Perahu termasuk tempat wisata alam Bandung yang terkenal. Daya tarik utamanya berupa kawah yang bisa dijangkau langsung tanpa harus berjalan jauh.

Ada dua kawah utama yang terkenal. Kawah Ratu (kawah utama), dan kawah Domas (harus trekking rada jauh).

Orchid Forest

Orchid Forest Cikole

Salah satu tempat hits di Bandung nih. Orchid Forest Cikole merupakan tempat ngadem di Lembang, piknik, sekaligus budidaya anggrek yang keren banget.

Di sini terdapat banyak tempat berfoto yang epic. Pastinya bakal nge hits kalau di upload ke medsos. Selain itu juga, terdapat berbagai koleksi anggrek yang indah. Koleksi anggrek di Orchid Forest Cikole termasuk yang terbesar di Indonesia lho.

Tempat ini berada di Cikole. Arahkan kendaraan ke arah Tangkuban Perahu, nanti sebelumnya akan melewati tempat ini.

Grafika Cikole

image : Nur Amila

Grafika Cikole menawarkan tempat makan sekaligus berbagai spot dan kegiatan menarik untuk keluarga. Lokasinya tidak jauh dari Kawah Tangkuban Perahu, ataupun tempat lainnya di Lembang.

Ngga cuma itu saja, anda juga bisa menginap di berbagai lokasi yang tersedia disini. Tentunya bakal asyik banget, karena tempatnya berada ditengah hutan pinus Cikole yang rindang.

De Ranch Lembang

sumber : instagram.com/anita.tamba/

Tempat wisata keluarga di Lembang, De Ranch Lembang menawarkan konsep yang beda. Disini kita disuguhi suasana western ala koboy yang asik banget.

Anda bisa menaiki kuda dengan instruktur terlatih. Ada juga berbagai wahana permainan menarik. Pastinya ini bakal menjadi pengalaman baru buat si kecil.

Jendela Alam Lembang

image via eatinguntildiee.blogspot.co.id

Salah satu objek wisata edukasi di Bandung. Jendela Alam Lembang mengenalkan tumbuhan dan binatang kepada anak, dengan konsep menarik.

Disini kita bisa berinteraksi langsung dengan berbagai binatang yang ada. Bisa juga melihat berbagai jenis tumbuhan dan sayuran. Slain itu, berbagai permainan juga tersedia disini.

Curug Cimahi / Air Terjun Pelangi

Curug Cimahi letaknya dekat serta mudah dijangkau. Tapi, masih banyak orang yang tidak tahu. Meskipun namanya Curug Cimahi, tapi air terjun ini terletak tidak jauh dari Lembang.

Suasana di area curug cimahi Bandung alami dan tertata baik. Anda bisa menikmati air terjun tinggi dengan air yang jernih. Tersedia juga platform pandang, plus suasana alami yang indah.

Di malam hari, dibelakang air terjun diterangi dengan lampu warna-warni. Sekarang tempat ini dikenal juga dengan nama air terjun pelangi. Unik dan indah juga lho..

Curug Tilu Leuwi Opat

Mau trekking ringan di Lembang? anda bisa berkunjung ke Curug Tilu Leuwi Opat. Tempatnya berada di area Parongpong Lembang. Tidak jauh dari Dusun Bambu dan Curug Cimahi.

Untuk menuju ke lokasi, anda harus berjalan menyusuri trek kurang lebih 30 menit. Tapi, banyak banget spot bagusnya lho. Suasananya juga hijau dan adem banget.

Maribaya Resort

Maribaya sekarang sudah berbeda dengan Maribaya yang dulu. Dibawah management yang baru, tempat ini direnovasi dan berubah nama menjadi Maribaya Resort and Spa.

Terletak tidak jauh dari pusat kota Lembang, cocok sekali buat anda kunjungi.

The Lodge Maribaya

via https://www.instagram.com/feniiiii/

Berada di kawasan Cibodas, The Lodge Maribaya bisa dikatakan salah satu tempat favorit di Lembang. Di tempat ini kita bisa menikmati suasana indah hutan pinus, dan berbagai tempat untuk selfie yang keren banget.

Kebun Teh Sukawana

Nah, bagi anda yang ingin ngadem di kebun teh di Lembang, Kebun Teh Sukawana bisa jadi alternatif nih. Tempatnya memang sedikit tersembunyi sehingga rada jarang yang datang kesini.

Padahal, tempatnya cukup bagus lho. Kebun tehnya rapi dan hijau. Juga tidak bising. Tempatnya juga tidak begitu jauh dari Curug Cimahi ataupun Dusun Bambu.

Taman Begonia Lembang

sumber: pakdhe Notro

Kebun bunga di Taman Begonia Lembang sering wara-wiri di timeline facebook ataupun instagram. Wajar saja sih. Tempat wisata di Lembang ini memang memiliki landscape yang dipenuhi dengan bunga berwarna-warni.

Berlibur ke Lembang? tempat ini wajib untuk anda kunjungi.

Lembang Wonderland

image: Edgi Evan Setiawan

Satu lagi tempat wisata keluarga di Bandung Barat; Lembang Wonderland. Di sini anda bisa menikmati area-area unik dan cantik untuk berfoto.

Konsep tempatnya juga berbeda-beda. Cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Lembang Park and Zoo

image: Afdhalul Iman

Lembang Park and Zoo menawarkan konsep wisata keluarga yang unik. Berbeda dengan tempat wisata Bandung lainnya, disini terdapat juga kebun binatang.

Jadi, tidak cuma objek berfoto dan kuliner saja.

The Great Asia Africa Lembang

image: Rudd Van

The Great Asia Africa Lembang memiliki konsep wisata yang unik. Di sini, terdapat banyak miniatur wisata seperti luar negeri, khususnya kawasan Asia dan Afrika.

Objek wisata di Bandung ini seolah-olah menjadi jendela keindahan wisata di negeri lain. Menarik sekali.

Sarae Hills

sumber: Giat Sugiawan

Sarae Hills berada di Lembang, dan mengusung konsep wisata keluarga. Disini, kita bisa melihat berbagai miniatur landscape terkenal di dunia.

Sarae Hills Lembang sering juga disebut dengan World of Wonder Sarae Hills.

Curug Layung

image: Hamdi Lukman

Air terjun yang satu ini memang tidak tinggi, hanya sekitar 4 meter saja. Tapi, dikelilingi oleh pemandangan indah dan suasana alami.

Lokasi Curug Layung berada di kawasan Cisarua, Bandung Barat. Masih di sekitaran kaki gunung Tangkuban Perahu.

Taman Lembah Dewata

sumber: Federik Nayoel

Jika anda ke arah Subang atau Tangkuban Perahu, pasti akan melewati Taman Lembah Dewata. Lokasinya memang berada di lembah, dengan danau kecil yang cantik. Cocok untuk tujuan wisata keluarga di Bandung.

Observatorium Bosscha

image: Isman Junian

Tempat wisata edukasi di Bandung lainnya yang bisa dikunjungi yaitu Observatorium Bosscha. Tempat pengamatan bintang ini berlokasi di jalan raya Lembang. Jaraknya sekitar 15Km di utara kota Bandung.

Untuk bekunjung ke tempat ini Anda diwajibkan untuk daftar terlebih dahulu. Petugas observatorium tidak akan mengijinkan Anda masuk ke observatorium bila Anda langsung datang. Tapi, Anda tetap bisa menikmati taman dan suasana sekitar observatorium ini.

Bird And Bromelia Pavilion

image :  Tammy Taufieq Sardar

Di Bird and Bromelia Pavilion, anda bisa melihat beragam jenis burung yang eksotis. Disini, anda juga bisa berinteraksi langsung dengan berbagai jenis burung yang ada.

Cocok untuk dipilih sebagai wisata anak di Bandung yang anda kunjungi nanti.

Wisata Bandung Barat

Tempat wisata lain yang ada di area kabupaten Bandung Barat.

Sendang Geulis Kahuripan

sumber: Paradise Point

Salah satu alternatif tempat wisata alam di Bandung, tepatnya di Bandung Barat. Sendang Geulis Kahuripan merupakan sumber mata air, dengan air yang jernih banget. Selain itu, juga memiliki suasana alam yang adem.

Lokasinya lumayan rada jauh dari pusat kota, tapi sepadan dengan keindahannya.

Sanghyang Heuleut

Image via: www.instagram.com/yessyessitha

Satu tempat eksotis yang menyimpan peninggalan purba di Bandung; Sanghyang Heuleut. Konon, Sangyang Heuleut merupakan peninggalan alam dari danau purba. Danau purba ini melingkupi area Bandung di jaman dulu kala.

Sekarang, tempat ini jadi salah satu tujuan wisata alam alternatif. Asyik juga, kita bisa menikmati alam sambil melihat peninggalan geologis dataran Bandung disini.

Curug Malela

image: Irma Suryania

Curug Malela letaknya cukup jauh dari pusat kota Bandung. Anda bakal butuh waktu 2 jam (ditambah hiking dikit) untuk sampai ke lokasi. Tapi, rata-rata pengunjung puas dengan keindahannya.

Kampung Batu Malakasari

image: Nendy Excellent

Lokasinya berada di wilayah Cililin, lumayan jauh dari kota Bandung. Daya tarik Kampung Batu Malakasari ada pada landscapenya. Lokasinya memiliki landscape bebatuan besar, dan ditata jadi menarik.

Curug Sawer

image : Wawan Marwanto

Mencari tempat wisata alternatif di Bandung? Curug Sawer di Bandung Barat bisa masuk list nih. Lokasinya berada di desa Karangtanjung, kec. Cililin, Bandung Barat.

Di sini terdapat juga area hutan pinus untuk berpiknik.

Sanghyang Kenit

sumber: mulyana panca

Sanghyang Kenit merupakan salah satu wisata sungai di Bandung. Tidak hanya itu, disini kita bisa melihat bentukan alam dan landscape purba dari sungai Citarum.

Di Sanghyang Kenit, kita bisa menyusuri sungai, arum jeram, juga wisata goa.

Wisata Bandung Kota

Tempat wisata yang berada di area kota Bandung dan sekitarnya (Dago atas, Punclut, Cimenyan, dll).

D’Dieuland

sumber: Meko Seiadhy

D’Dieuland berada di kawasan Punclut. Disini, anda bisa menikmati wisata keluarga dan wisata kuliner dalam satu tempat.

Ngga cuma itu, banyak juga spot menarik untuk berfoto. Cocok untuk update sosmed anda.

Puncak Bintang

Puncak Bintang Bandung berada tidak jauh dari pusat kota. Anda bisa datang ke sini lewat jalan Padasuka, dekat terminal Cicaheum.

Di tempat ini, anda bisa menikmati hutan pinus dan pemandangan kota Bandung dari atas. Bisa dikatakan, tempat paling ideal buat melihat kota Bandung dari ketinggian.

Btw, Puncak Bintang tidak sama dengan Bukit Bintang di Dago.

Saung Angklung Udjo

Image via: @bambangkelikbudiharso

Tempat wisata budaya dan edukasi ini berada di Padasuka Bandung. Tidak jauh dari terminal Cicaheum. Rutenya satu arah dengan Puncak Bintang, Bukit Moko, dan kawasan Cartil.

Disini kita bisa menikmati sajian budaya tradisional sunda, dan juga berinteraksi langsung. Cocok banget buat wisata keluarga di Bandung. Saung Angklung Udjo direkomendasikan sebagai tujuan wisata budaya di Bandung.

Trans Studio Bandung

Image via: www.instagram.com/transstudio.bandung

Trans Studio Bandung Berada di dalam Trans Studio Mall. Tepatnya di jalan Gatot Subroto 289.

Wisata indoor Bandung ini direkomendasikan banget buat anda kunjungi. Berbagai wahana permainan keren, cocok untuk wisata keluarga di Bandung.

Meskipun indoor, wahana yang tersedia lengkap lho. Mulai dari Giant Swing, Vertigo, Sky Pirates, Captain Black Heart Pirate Ship, sampai dengan roller coaster juga ada!

Dago Dream Park

Sky Tree, via dagodreampark.co.id

Salah satu tempat wisata di Bandung kota yang mudah dijangkau. Dago Dream Park Berlokasi di kawasan Dago Giri, tidak jauh dari Dago Bandung.

Tempat wisata di Dago ini cocok untuk anda yang ingin liburan, tapi malas pergi jauh ke Lembang atau Bandung selatan.

Tebing Keraton

image dari @gumilangagung

Tebing Keraton Bandung merupakan tempat selfie favorit di Bandung. Tempat ini dikenal awalnya dari media sosial. Sekarang berkembang jadi tempat wisata alam yang unik.

Tebing keraton Bandung terletak di area Taman Hutan Raya Juanda. Dikenal juga dengan nama tebing selfie, karena banyaknya foto selfie disini.

Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda merupakan tempat wisata hutan di Bandung yang paling terkenal. Areanya luas sekali. Terletak di kawasan Dago Pakar dan membentang sampai ke daerah Maribaya. Di Taman Hutan Raya pertama di Indonesia ini terdapat 2500 lebih jenis tanaman.

Selain wisata outdoor, juga terdapat beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi, antara lain:

  • Monumen Ir. H. Djuanda
  • Gua Jepang dan Gua Belanda
  • Air Terjun Dago
  • Air Terjun Omas
  • Air Terjun Lalay
  • Museum Ir.H Djuanda
  • Prasasti Raja Thailand

Suhu udara disini selalu sejuk dan tenang. Taman Hutan Raya Juanda cocok dijadikan rekreasi keluarga di Bandung.

Museum Geologi

Image via: idetrips.com

Wisata edukasi di Bandung ini terletak di jalan Diponegoro. Letaknya dekat dengan Gedung Sate dan Taman Lansia.

Museum Geologi memiliki koleksi fosil, bebatuan, mineral dan peta . Dipastikan dapat menarik rasa ingin tahu pengunjung anak-anak bahkan dewasa.

Banyak terdapat fosil-fosil replika dari binatang purba, terutama fosil dinosaurus. Pasti menarik untuk anak-anak.

Rabbit Town Bandung

image: gita dhebby

Satu lagi tempat wisata keluarga di Bandung; Rabbit Town. Lokasinya berada di area Ciumbuleuit, dan tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Disini, anda bisa menikmati berbagai spot unik dan bagus untuk berfoto. Selain itu, terdapat juga beberapa permainan yang cocok untuk anak-anak.

Jalan Braga

Image via: instagram.com/saiful.fadilah/

Jalan Braga, salah satu ruas jalan aesthetic dan romantis di Bandung. Ruas jalan ini ngga panjang, tapi menjadi salah satu ikon sejarah di kota Bandung. Ruas jalan ini di dominasi oleh bangunan lama. Selain itu, terdapat banyak tempat hangout yang terbilang klasik.

Taman Balai Kota

Taman publik yang ngetrend banget di Bandung nih, Taman Balai Kota Bandung. Di era Kang Emil sebagai walikota, taman ini disulap menjadi taman publik dan tempat main anak di Bandung Kota yang keren abis.

Suasananya jadi lebih adem, indah, dan unik dengan adanya taman puzzle disini. Cocok buat anda datangi.

Amazing Art World

sumber: Ramdan Suherlan

Amazing Art World terletak di kawasan Setia Budhi, tidak jauh dari kampus UPI. Di sini, anda bisa menikmati lukisan dan ruangan dengan konsep 3D.

Keren banget untuk berfoto. Seolah-olah anda masuk dan berada menyatu dengan lukisan yang ada.

Kiara Artha Park

Kiara Artha Park merupakan taman wisata Bandung dan tempat rekreasi yang terbuka untuk umum. Areanya luas, dengan berbagai area terbuka yang menarik.

Disini juga terdapat atraksi air terjun menari dengan permainan cahaya yang indah.

Kampung Korea Bandung

Kampung Korea Bandung merupakan kerjasama antara kota Bandung dengan Seoul, Korea Selatan. Disini, anda bisa melihat miniatur dan suasana berbau Korea yang kental. Mulai dari kuliner, sampai arsitektur dan hiasan.

Lokasinya masih ada di dalam kawasan Kiara Artha Park.

Famoso Garden

sumber: Fian Kuncoro

Sepertinya banyak banget tempat wisata di Bandung dengan daya tarik spot berfoto unik dan kuliner. Famoso Garden salah satunya.

Lokasi Famoso Garden ada di area Dago atas Bandung. Jadi, tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Wisata Bandung Selatan

Tempat wisata yang berada di area Bandung Selatan (kabupaten Bandung), termasuk Ciwidey, Rancabali, dan Pangalengan.

Kawah Putih Ciwidey

Nama Kawah Putih Ciwidey sudah tidak asing di kalangan pecinta alam. Kawah yang terletak di daerah Ciwidey ini merupakan kawah vulkanik. Tanahnya berwarna putih akibat kandungan belerang.

Airnya berwarna hijau cerah dan terkadang berubah warna. Ini merupakan keunikan dari kawah itu sendiri. Kawah Putih bisa disebut sebagai tempat wisata Kabupaten Bandung yang paling terkenal sejak dulu.

Situ Patenggang

Situ Patenggang terletak sekitar 7 Km dari Kawah Putih, masih di daerah Bandung Selatan. Pemandangan yang disuguhkan danau ini sangat indah. Letaknya berada di tengah kebun teh, terbilang unik di Jawa Barat.

Anda bisa menggunakan perahu untuk mengelilingi danau Situ Patengang. Bisa juga mengunjungi situs legenda Batu Cinta disini. Tempat wisata di Ciwidey ini direkomendasikan untuk dikunjungi.

Pinisi Resto Dan Glamping Lakeside Ciwidey

Glamping Lakeside Rancabali bisa dikatakan salah satu tujuan utama wisata di Bandung Selatan saat ini. Terkenal dengan icon restoran berbentuk perahu yang besar yang ada di pinggir situ Patenggang.

Destinasi wisata Bandung Selatan yang satu ini termasuk lengkap. Fasilitasnya lengkap, pemandangan alamnya juga indah. Ada juga tempat bermain anak, kuliner, sampai dengan menginap di Glamping.

Kita bisa mengunjungi berbagai spot foto yang unik. Anda bisa berjalan melintasi jembatan ponton di tengah danau, kuliner, dan lain sebagainya.

Ranca Upas

Ranca Upas, merupakan tempat bumi perkemahan di Ciwidey yang sudah terkenal. Sekarang nama lengkapnya Kampung Cai Ranca Upas.

Disini terdapat areal camping ground, penangkaran rusa, juga pemandian air panas beserta waterboom. Semuanya dibingkai dengan suasana pegunungan dan udara segar khas Bandung Selatan.

Ciwidey Valley Hot Spring Water Park

sumber: dudu abidin

Ciwidey Valley Hot Spring Water Park berada di kawasan Ciwidey, sebelum Kawah Putih. Di tempat main air di Bandung Selatan ini sini kita bisa menginap dan bermain di waterpark air panas. Cocok bagi anda yang berlibur ke area Bandung selatan.

Ecopark Curug Tilu

sumber: saida mardhiati

Ecopark Curug Tilu termasuk tempat wisata di Bandung terbaru saat ini. Lokasinya berada di kawasan Rancabali, Ciwidey, sebelum Situ Patenggang.

Barusen Hills

sumber: Novi Emelda

Secara administratif, Barusen Hills berada di wilayah kabupaten Bandung. Tapi lebih dikenal sebagai Barusen Hills Ciwidey. Mungkin karena lebih mudah di akses dari sana.

Tempat ini merupakan taman wisata dan penginapan keluarga. Cocok untuk anda jadikan alternatif wisata Bandung Selatan.

Bukit Jamur

sumber: Muhammad Fachry

Awalnya Bukit Jamur Ciwidey hanya berupa jalan dengan pepohonan berbentuk jamur yang unik. Banyak traveler yang berfoto dan akhirnya terkenal di medsos.

Sekarang, kawasan Bukit Jamur sudah berkembang. Banyak spot lain yang bisa anda nikmati juga.

Palalangon Park

sumber: Fitri Erlina

Satu lagi wisata Bandung Selatan yang cocok untuk keluarga; Palalangon Park. Lokasinya ada di area Gambung, tidak terlalu jauh dari Ciwidey.

Curug Bentang Padjadjaran

Jika anda suka camping dan hiking, Curug Bentang Padjadjaran bisa anda masukin ke list nih. Di kelilingi hutan pinus, dan pemandangan yang indah, tentu bikin anda lebih betah.

Situ Cisanti

situ cisanti

Situ Cisanti merupakan hulu sungai Citarum. Siapa sangka, hulu sungai yang membelah Bandung ini ternyata indah sekali lho. Suasananya masih alami, Buat penggemar wisata alam pasti akan betah.

Mencari tempat wisata di Bandung yang tidak macet dan masih alami? Situ Cisanti bisa anda masukan ke dalam list.

Sebagai catatan, letaknya tidak jauh dari Pangalengan. Jadi tidak satu kawasan dengan Ciwidey. Cukup jauh malahan.

Wayang Windu Panenjoan

Sumber: twitter.com

Ingin menikmati indahnya kebun teh di Bandung? Wayang Windu Panenjoan bisa anda masukan ke daftar utama.

Disini terdapat landscape perbukitan kebun teh yang indah, disertai dengan spot foto yang keren. Wajar kalau jadi tempat hunting foto favorit di Bandung juga.

Kampung Singkur Pangalengan

image: Asep Rustana

Kampung Singkur Pangalengan cukup terkenal di Bandung Selatan. Disini, anda bisa rehat sejenak, sambil menikmati berbagai permainan yang ada.

Cileunca Land

Cileunca Land, foto: leo kim

Cileunca Land merupakan area camping terbaru di pinggir Situ Cileunca di Pangalengan. Daya tarik utama tempat ini memang untuk camping sih. Tapi, model camping ceria dengan fasilitas lengkap.

Jika anda mencari tempat camping keluarga di Bandung, Cileunca Land bisa jadi pilihan.

Taman Langit Pangalengan

sunrise di taman langit, hegi subhan rusdian

Taman Langit merupakan tempat wisata baru di Pangalengan. Selain tempat camping, disini juga terdapat berbagai spot selfie dan fasilitas lainnya lengkap.

Anda bisa mendapatkan pemandangan sunrise terbaik di sini. Tapi, tentunya tergantung cuaca juga ya.

Nimo Highland

nimo highland, foto sumber

Masih tempat wisata di Bandung yang lagi hits, sekarang ada juga Nimo Highland. Tempat ini terhitung baru, tapi cukup viral di sosmed. Nimo Highland berada di kawasan kebun teh di Pangalengan.

Nimo Highland Pangalengan menawarkan spot selfie dengan latar pemandangan alam dan kebun teh indah, platform pandang 360 derajat, juga cafe.

Wisata Bandung Timur

Tempat wisata di wilayah Bandung Timur yang populer (kabupaten Bandung).

Batu Kuda

Batu Kuda

Kawasan Batu Kuda terbilang wisata Bandung Timur populer. Di sini, terdapat area hutan pinus yang rindang dan indah, platform pandang, juga petilasan Batu Kuda yang adem. Batu Kuda juga menjadi tempat camping favorit di Bandung, dengan fasilitas cukup lengkap.

Banyak jalan alternatif menuju kesini. Tapi yang paling mudah, bisa ditempuh melalui rute Cileunyi.

Cicalengka Dreamland

Cicalengka dreamland, sumber: Disparbud Jabar

Cicalengka Dreamland lokasinya tidak jauh dari Curug Cinulang, tepatnya di Desa Tanjungwangi, Cicalengka. Area Cicalengka Dreamland cukup luas. Terdapat berbagai tempat kuliner dan ngopi, playground anak, permainan, dan spot berfoto.

Selain itu, disini juga terdapat Flying Fox terpanjang di Indonesia lho, dengan panjang mencapai 720 meter. Menarik bukan?

Taman Buru Kareumbi Masigit

Di Taman Buru Kareumbi Masigit, suasananya masih alami. Anda bisa hiking, berkeliling hutan, menginap di rumah pohon, ataupun kegiatan outbond rombongan.

Lokasinya satu arah dengan curug Cinulang. Jadi masih ada di area kabupaten Bandung yang berbatasan dengan Sumedang.

Curug Cinulang

Curug Cinulang berada di perbatasan kabupaten Bandung dengan Sumedang. Anda bisa akses air terjun di Bandung timur ini dari jalan raya Cicalengka.

Lokasinya cukup unik. Sebagian area curug Cinulang masuk ke Bandung, sebagian lagi masuk ke Sumedang. Kalau mau muterin areanya, kadang kita harus bayar dua kali di dua tempat tiket berbeda.

Panduan Tambahan

Seperti yang kami tulis sebelumnya, banyak tujuan wisata Bandung terkenal yang letaknya berjauhan. Misalnya saja Dusun Bambu dan Kawah Putih.

Jika anda ingin mengunjungi banyak destinasi wisata di Bandung, perhatikan hal ini. Biar nantinya perjalanan anda bisa direncanakan lebih efisien. Tentunya ngga mau waktunya habis di jalan kan?

Wisata edukasi itu seperti apa?

Wisata edukasi adalah suatu perjalanan wisata yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran, studi perbandingan ataupun pengetahuan mengenai bidang kerja yang dikunjunginya. Wisata jenis ini juga sebagai study tour atau perjalanan kunjungan-kunjungan pengetahuan (Suwantoro, 1997).

Apa saja manfaat mengikuti wisata edukasi?

Manfaat Wisata Edukasi.
Meningkatkan keakraban antar siswa..
Sebagai ajang melepas penat dari kegiatan belajar mengajar di kelas..
Mendapatkan ilmu pengetahuan dengan cara yang lebih menarik..
Mendapat pengalaman dengan mengunjungi tempat baru dan bertemu dengan orang baru..
Meningkatkan kreativitas siswa dan siswi..

Kota Bandung ada apa aja?

Cek daftar tempat wisata di Bandung ini untuk jadi referensimu saat liburan ke Kota Kembang.
Braga..
Kampung Cai Ranca Upas..
Kawah Putih Ciwidey..
Lembang Park & Zoo..
Orchid Forest Cikole..
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda..
Tebing Keraton..
Rumah Guguk..