Contoh kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalmu Konsumsi

Jawaban:

Contoh kegiatan ekonomi di lingkungan tempat  tinggalku  

1) produksi  : Produksi Tempe dan Tahu

2) distribusi  : Menjual beras di pasar

3) konsumsi : Makan Bakso dirumah bersama keluarga

Penjelasan:

pengertian kegiatan ekonomi adalah kegiatan untuk mendapatkan barang dan jasa, untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mencapai kemakmuran hidupnya. kegiatan ekonomi ini terbagi menjadi 3 yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. produksi adalah suatu kegiatan untuk menghasilkan barang atau jasa distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang atau jasa dan konsumsi adalah kegiatan menghabiskan atau memanfaatkan barang atau jasa.

Dalam ilmu ekonomi kegiatan produksi merupakan suatu kegiatan yang utama, baik produksi barang maupun jasa yang tujuannya adalah mendapatkan keuntungan.

4 bidang usaha produksi antara lain :

  • Bidang usaha ekstraktif yaitu bidang usaha produksi yang langsung mengambil barang-barang dari alam seperti pertambangan, perikanan, kehutanan.
  • Bidang usaha pertanian atau agraris merupakan suatu bentuk produksi yang mengambil keuntungan dari kesuburan tanah seperti perkebunan, pertanian.
  • Bidang usaha Industri yaitu bidang usaha yang mengelola bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi serta memberi nilai atau manfaat pada suatu barang.
  • Bidang produksi jasa, yaitu bidang yang menawarkan jasa seperti pengacara, guru, dan juga dokter.

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang pelaku ekonomi brainly.co.id/tugas/17505710

2. Materi tentang barang dan jasa brainly.co.id/tugas/527012

3. Materi tentang jenis-jenis barang brainly.co.id/tugas/1086757

--------------------------

Detil jawaban

Kelas : X (1 SMA)

Mapel : Ekonomi

Bab : Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Kode : 10.12.2

Kata Kunci : Kegiatan Ekonomi, Produksi, Distribusi, konsumsi

  • makasih kak jawabannya bener semua

  • bisa di ganti gk kak?? jangan bakso

Rabu, 23 Maret 2022 10:49 WIB

lihat foto

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013

Contoh Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Tempat Tinggalku: Produksi, Distribusi dan Konsumsi 

TRIBUNPADANG.COM - Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Halaman 36 dan 37 Subtema 1 Pembelajaran 4.

Subtema 1 berjudul Lingkungan Tempat Tinggalku, bagian dari Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Ayo Mengamati

1. Amatilah lingkungan tempat tinggalmu.2. Identifikasilah kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan tempat tinggalmu.3. Identifikasi pula jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi itu.

4. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Jawaban:

a. Contoh kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalku.

1) Produksi : Perajin tempe, petani, peternak kambing, dan perajin genting

3) Konsumsi : Membeli pulsa, aplikasi online untuk memesan makanan. berbelanja secara langsung atau tidak langsung, dan mencukur rambut di tukang cukur rambut.

Kabupaten Tabanan

Tabanan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bali.

Kabupaten ini terletak di bagian selatan Pulau Bali.

Daerah Tabanan didominasi oleh pegunungan dan pantai.

Sepertiga wilayah Kabupaten Tabanan digunakan sebagai lahan persawahan sehingga kabupaten ini dikenal sebagai daerah agraris.

  • BERITA TERKINI

    Contoh kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalku 1) Produksi, 2) Distribusi, dan 3) Konsumsi, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 36 – 37, tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

    Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang apa saja jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi di Kabupaten Tabanan? Produksi, dan distribusi, konsumsi. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

    Ayo Mengamati

    1. Amatilah lingkungan tempat tinggalmu. 2. Identifikasilah kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan tempat tinggalmu. 3. Identifikasi pula jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi itu.

    4. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

    a. Contoh kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalku.

    1. Produksi : Perajin tempe, petani, peternak kambing, dan perajin genting
    2. Distribusi : Pedagang sayuran, sopir koprades, dan kuli angkut,
    3. Konsumsi : Membeli pulsa, aplikasi online untuk memesan makanan. berbelanja secara langsung atau tidak langsung, dan mencukur rambut di tukang cukur rambut.

    b. Jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalku. Produksi : Distribusi :

    Konsumsi :

    Jawaban, buka disini: Jenis Pekerjaan yang Terkait dengan Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Tempat Tinggalku

    Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari tentang tokoh pada cerita fiksi. Tokoh cerita fiksi dibedakan menjadi dua, yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peran penting dalam cerita, ditampilkan terus-menerus, dan mendominasi cerita. Tokoh tambahan adalah tokoh yang dimunculkan sekali atau beberapa kali dalam cerita. Tokoh ini biasanya untuk menghidupkan cerita atau sekadar pemanis cerita. Dapatkah kamu mengidentifikasi tokoh utama dan tokoh tambahan dalam sebuah cerita fiksi? Ayo lakukan kegiatan berikut.

    Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 36 – 37. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku. Terimakasih, selamat belajar!