Cara menggunakan TRANSALOR pada Python

Pada zaman saat ini, kamu belajar bahasa pemrograman tertentu ini jauh lebih mudah dalam mendapatkan informasi pembelajaran dan dokumentasi tentang bahasa pemrograman yang mau dipelajari. Terkadang, ada beberapa pekerjaan bagian programmer itu memakai beberapa bahasa pemrograman dalam membuat aplikasi yang dimana siap dipakai banyak orang. Hal ini menimbulkan kesulitan dalam menghasilkan produk aplikasi atau program dalam satu waktu yang bersamaan.

Untuk mengatasi permasalahan yang diatas yaitu menggunakan layanan situs translate bahasa pemrograman yang bernama Figstack (figstack.com) yang dimana bisa terjemahkan beberapa tulisan code dari satu bahasa pemrograman ke bahasa pemrograman lain.

Penulis memberikan tutorial untuk menggunakan layanan situs Translate bahasa pemrograman yang bernama Figstack. Banyak bahasa pemrograman yang mendukung layanan translate programming language yang antara lain Python, Java, PHP, JavaScript, dan masih banyak lagi. Hal ini bisa meningkatkan produktivitas kamu dalam melakukan coding dengan beberapa bahasa pemrograman.

Apabila kamu belum memiliki akun atau member di Figstack, maka kamu bisa melakukan daftar dulu melalui pengisian formulir atau OAuth System yang telah disediakan.

  • LANGKAH-LANGKAH :
  • KESIMPULAN
  • Share
  • About Post Author
      • DwiAY

LANGKAH-LANGKAH :

1. Kunjungi situs Figstack.

2. Lakukan Sign In atau Login dengan benar. Setelah itu, menunggu beberapa waktu sampai tampilan dashboard muncul.

3. Klik Language Translator.

4. Pilihlah bahasa pemrograman bagian awal dan hasil dengan sesuai kebutuhan. Misalkan, kamu mencari kode tulisan tambah data yang telah dibuat dari Python yang akan diubah kode tulisan dengan bahasa pemrograman Java.

5. Masukkan kode tulisan atau coding yang ingin diubah menjadi kode tulisan bahasa pemrograman yang berbeda.

6. Klik Translate.

7. Berikut hasilnya.

Selesai.

Kini, kamu bisa melakukan terjemahkan dari satu bahasa pemrograman ke bahasa pemrograman lain secara otomatis dengan bantuan sistem AI agar bisa menghasilkan jawaban yang mendekati 100% benar melalui Figstack.com.

KESIMPULAN

Figstack ini bisa mempermudah kamu dalam melakukan translate dari satu bahasa pemrograman ke bahasa pemrograman lain dengan bantuan AI sehingga kamu tidak perlu mengetik coding dari awal lagi ke bahasa pemrograman yang berbeda pada tema aplikasi atau program yang sama.

DwiAY

Saya bukan orang ahli apapun. Saya hanya ingin berbagi saja dengan ilmu yang saya telah pelajari sebelumnya. Semoga bermanfaat. 🙂

Happy

100 %

Sad

%

Excited

%

Sleepy

%

Angry

%

Surprise

%

Average Rating

string python

deskripsi

Python menerjemahkan () tabel parameter metode yang diberikan dalam tabel (256 karakter) konversi karakter string, untuk menyaring karakter ke dalam del parameter.

tatabahasa

menerjemahkan () sintaks metode:

str.translate(table[, deletechars]);

parameter

  • tabel - tabel terjemahan dikonversi dari tabel terjemahan oleh metode maketrans.
  • deletechars - daftar karakter dalam string yang ingin Anda filter.

Kembali Nilai

Mengembalikan string diterjemahkan.

contoh

Contoh berikut menunjukkan menerjemahkan () fungsi untuk menggunakan:

#!/usr/bin/python

from string import maketrans   # 引用 maketrans 函数。

intab = "aeiou"
outtab = "12345"
trantab = maketrans(intab, outtab)

str = "this is string example....wow!!!";
print str.translate(trantab);

Contoh hasil output di atas adalah sebagai berikut:

th3s 3s str3ng 2x1mpl2....w4w!!!

Contoh di atas untuk menghapus string 'x' dan 'm' karakter:

#!/usr/bin/python

from string import maketrans   # Required to call maketrans function.

intab = "aeiou"
outtab = "12345"
trantab = maketrans(intab, outtab)

str = "this is string example....wow!!!";
print str.translate(trantab, 'xm');

Contoh output di atas:

th3s 3s str3ng 21pl2....w4w!!!

string python

google translate menggunakan python.

Membuat skipt google translate menggunakan python.

Google Translate saat ini sangat dibutuhkan untuk seorang pengguna internet, terutama untuk orang yang tidak bisa berbahasa inggris, dengan Google Translate seseorang akan mudah merubah bahasa negaranya menjadi bahasa inggris, selain Google Translate yang ada di Google dan aplikasinya di Google Playstore, ada banyak orang yang membuat Google Translate buatan dia sendiri dengan menggunakan API atau semacamnya, contohnya seperti membuat aplikasi Google Translate menggunakan bahasa program Java. Nah pada halaman ini saya akan membagikan tutorial Cara Membuat Skrip Google Translate Versi CLI Menggunakan Bahasa Program Python.

Jika anda menggunakan handphone anda bisa menginstall termux atau aplikasi lainnya yang dapat menjalankan program python sekaligus untuk ngoding nya, disini saya menggunakan handphone, jadi saya menggunakan aplikasi termux untuk ngoding dan menjalankan skripnya karena aplikasi termux bisa buat ngoding dapat dapat menjalankan hampir semua bahasa program dapat dijalanlan di aplikasi termux. Ikuti langkah demi langkahnya sebagai berikut.

Langkah demi langkah.

Install alat.

Install aplikasi Termux di Google Playstore jika anda menggunakan Android, bagi yang menggunakan IPhone dapat menginstall aplikasi Termux di Apps Store. Dan yang menggunakan komputer atau laptop dapat menginstall python secara langsung di website resminya, yaitu www.python.org, untuk menjalankannya anda bisa menggunakan CMD jika menggunakan OS Windows, dan jika anda menggunakan OS MacBook dan Linux dapat menggunakan Terminal Shell bawaan.

Ini adalah perintah untuk menginstall python diaplikasi Termux.

pkg update && pkg upgrade
pkg install python -y

Buat file berekstensi py(file.py).

Buat file berekstensi py, contohnya file.py jika sudah lanjut ke langkah berikutnya.

Coding. 

Masukan kode berikut didalam file yang anda buat berekstensi.py

# mengimport module yang dibutuhkan
import requests, sys

# versi python
if sys.version_info.major < 3:
  print('Ketik: python translater.py')
  exit()

# mencob
try:
  print('Translater')
  print('ID To EN')
  teks=input('Teks: ')
  data=requests.get(r'https://translate.google.com/translate_a/t?client=at&sc=1&v=2.0&sl=id&tl=en&hl=nl&ie=UTF-8&oe=UTF-8&text='+teks).json()
  for output in data['sentences']:
    print('output: '+output['trans'])
# jika terdapat kesalahan maka akan menjalankan fungsi dibawah
except:
  pass

Jika sudah lanjut ke langkah dilanjutkan.

Arahkan lokasi di terminal anda ke lokasi file yang anda taruh. 

Arahkan lokasi di terminal anda ke lokasi file yang anda taruh supaya anda bisa menjalankan skripnya. 

Jalankan skrip.

Jika lokasi di terminal anda sudah di direktori file yang anda taruh, langkah selanjutnya adalah menjalankan skripnya, ketikan perintah berikut.

python namafile.py

Jika berhasil menjalankan skripnya, berarti anda mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar. Berikut adalah screenshot saat berhasil menjalankan skrip

Jika ingin mengubah bahasa yang ingin ditranslate tinggal edit aja dibagian url contohnya seperti url berikut.

https://translate.google.com/translate_a/t?client=at&sc=1&v=2.0&sl=KODENEGARAINDONESIA&tl=KODENEGARAORANGLAIN&hl=nl&ie=UTF-8&oe=UTF-8&text=

Jika masih tidak mengerti tonton video dibawah

sekian tutorial membuat skrip Google Translate menggunakan bahasa program python, jika ada kesalahan ataupun kekurangan pada halaman ini saya pribadi mohon maaf, akhir kata dari saya Wassalamualaikum.

Modul Python re memungkinkan untuk menggunakan fungsi sebagai argumen pengganti , yang harus mengambil objek Match dan mengembalikan pengganti yang sesuai. Kami dapat menggunakan fungsi ini untuk membangun fungsi terjemahan karakter khusus:

import re

def mk_replacer(oldchars, newchars):
    """A function to build a replacement function"""
    mapping = dict(Zip(oldchars, newchars))
    def replacer(match):
        """A replacement function to pass to re.sub()"""
        return mapping.get(match.group(0), "")
    return replacer

Sebuah contoh. Cocokkan semua huruf kecil ([a-z]), terjemahkan masing-masing 'h' dan 'i' ke 'H' dan 'I', hapus kecocokan lainnya:

>>> re.sub("[a-z]", mk_replacer("hi", "HI"), "hail")
'HI'

Seperti yang Anda lihat, ini dapat digunakan dengan set pengganti pendek (tidak lengkap), dan dapat digunakan untuk menghapus beberapa karakter.

Contoh Unicode:

>>> re.sub("[\W]", mk_replacer(u'\u0435\u0438\u043f\u0440\u0442\u0432', u"EIPRTV"), u'\u043f\u0440\u0438\u0432\u0435\u0442')
u'PRIVET'