Cara memasak gulai kambing biar empuk

JAKARTA, iNews.id - Cara memasak gulai kambing agar tidak bau ada triknya tersendiri supaya rasanya lebih lezat. Bagi Anda yang sedang bingung ingin mengolah daging kurban, Anda bisa mencoba cara memasak daging kambing yang satu ini.

Seperti diketahui, memasak daging kambing ada tata caranya sendiri agar ketika dikonsumi, daging empuk, lezat dan tidak memiliki bau aneh. Setelah mengolah daging agar tidak bau, Anda bisa langsung mengolahnya menjadi hidangan gulai kambing.

Seperti kita tahu, gulai kambing menjadi menu favorit banyak orang karena rasanya yang lezat, gurih, dan tak jarang bikin nagih. Selain itu, daging kambing juga baik untuk kesehatan. 

Di antaranya saja untuk mencegah anemia, kanker, hingga menjaga kesehatan tulang. Hal itu karena daging kambing mengandung ragam nutrisi yang baik. 

Dalam 100 gram daging kambing saja terdapat 150 kalori, 27 gram protein, dan 15 gram lemak. Selain itu, daging kambing juga mengandung kalium, vitamin B12, zat besi, magnesium, selenium, dan omega-3.

Namun, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi daging kambing secara berlebihan. Hal ini terkait dengan kolesterol dan tekanan darah yang bisa melonjak jika mengonsumsi daging kambing berlebihan. Maka, konsumsilah daging kambing dalam batas yang wajar.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui cara memasak gulai kambingnya agar tidak bau. Penasaran dengan cara memasak gulai kambing agar tidak bau? 

Berikut cara-cara dan resepnya, seperti dirangkum pada Kamis (22/7/2021).

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3




Jakarta -

Berbeda dengan gule, gulai adalah sajian berkuah yang populer asal Sumatera Barat. Bagaimana cara membuat gulai kambing yang enak? Berikut tips dan resepnya!

Gulai terbuat dari bumbu gurih dan pedas. Gulai dan gule merupakan makanan khas Indonesia yang berbeda, meski namanya hampir mirip. Dimana perbedaannya? Gulai merupakan hidangan berkuah khas Sumatera dengan bahan baku ayam, ikan, kambing, sapi, jeroan serta sayuran.

Gulai juga dimasak dengan bumbu berempah. Rempah yang digunakan seperti kunyit, ketumbar, lengkuas, jahe, adas, jintan dan lainnya. Kuahnya kental dan rasanya gurih pedas.

Sedangkan Gule berasal dari Jawa. Kuah gule lebih cair dan tidak terlalu kental. Penggunaan santan encer dan kaldu daging kambing membuat rasanya gurih. Namun citarasanya tidak gurih pekat seperti gulai. Gule juga tidak begitu pedas karena ada sedikit pemakaian gula.

Cara membuat gulai kambing sederhana. Foto: iStock

Berikut ini detikFood punya tips tentang cara membuat gulai kambing yang enak, empuk dan sederhana.

1. Bagian daging kambing

Cara membuat gulai kambing yang enak, pertama-tama harus memilih bagian kambingnya. Pilih bagian panggul dekat dengan ekor karena bagian ini dagingnya lebih empuk dan aromanya tak terlalu tajam serta lemaknya lebih sedikit.

Gulai juga enak dicampurkan dengan jeroan seperti limpa, babat, paru serta usus dari sapi dan kambing.

2. Rebus daging

Cara membuat gulai kambing yang enak dan empuk adalah direbus terlebuh dulu. Rebus daging kambing sampai airnya mendidih. Buang buih berwarna keabuan yang muncul di permukaan air. Hindari merebus daging bersamaan dengan jeroan karena bau prengusnya akan semakin parah.

Rebuslah terpisah dan tambahkan rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk dan batang sereh ke dalam air rebusan.

3. Santan

Khusus untuk gulai penggunaan santannya lebih kental dibandingkan dengan gule. Pilihlah santan yang sudah tua supaya kandungan minyaknya lebih banyak.

4. Bumbu rempah

Bumbu yang digunakan supaya resep gulai kambing ala Padangnya nikmat adalah ketumbar, adas, jintan, bawang merah, cabai merah, serai, kayu manis, cengkeh, kapulaga, pala, hingga jahe dan kunyit.

Supaya lebih jelas, berikut ini resep gulai kambing yang bisa kamu buat di rumah:

Cara membuat gulai kambing yang empuk dan enak. Foto: detikFood

Bahan membuat gulai kambing:

- 1 kg daging kambing dengan beberapa tulang iga, potong-potong
- 1 sdm ketumbar bubuk
- ½ sdt adas bubuk
- ½ sdt jintan bubuk
- 4 sdm minyak sayur
- 10 butir bawang merah, iris tipis
- 1 sdm cabai merah bubuk/crushed chilli
- 1 batang serai, memarkan
- 5 cm kayu manis
- 2 butir cengkih
- 2 butir kapulaga
- ½ butir pala, memarkan
- 1 liter santan
- 200 g kelapa parut, sangrai, tumbuk halus

Haluskan bumbu gulai kambing:

- 5 siung bawang putih
- 1 cm jahe, cincang
- 1 cm kunyit, cincang
- ½ cm lengkuas, cincang
- 2 sdt garam

Cara membuat gulai kambing yang empuk:

1. Aduk potongan daging kambing dengan ketumbar, adas dan jintan hingga rata.
2. Sisihkan selama 30 menit.
3. Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu.
4. Masukkan cabai merah bubuk, aduk hingga wangi.
5. Tambahkan bumbu halus, serai, kayu manis, cengkih, kapulaga dan pala, aduk hingga wangi.
6. Masukkan daging kambing, aduk hingga kaku dan berubah warna.
7. Tuangi santan dan masukkan kelapa sangrai.
8. Masak dengan api kecil hingga daging kambing empuk. Angkat dan sajikan hangat.

Selamat mencoba!

Simak Video "Bikin Laper: Bakso Rawit Keju dan Mie Ayam Loncat di Jakarta Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)