Cara masuk ke akun lama facebook tanpa harus kode verifikasi

Login Facebook tanpa kode tentunya bisa Anda terapkan dengan sangat mudah. Sebenarnya, kode verifikasi ini merupakan salah satu metode untuk mengamankan akun Facebook Anda.

Bila ingin login ke Facebook, tentunya tidak perlu lagi menggunakan kode tersebut. Namun, kenyataannya tidaklah demikian, terkadang tetap harus menggunakan kode untuk bisa login.

Baca Juga : Cara Membuat Facebook Bisnis, Cek Langkah-Langkahnya di Sini!

Cara Login Facebook Tanpa Kode

Tanpa menggunakan kode verifikasi, sudah pasti Anda tidak akan bisa masuk ke akun Facebook. Karena itulah mau tidak mau Anda harus selalu menjaga nomor telepon agar tidak lupa, bahkan hilang.

Jika hal ini merepotkan Anda, ada salah satu solusi yang lebih mudah, yakni dengan login tanpa menggunakan kode. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Langkah 1: Silahkan Login di Mana Anda Pernah Login

Agar bisa login Facebook tanpa kode, silahkan Anda login di mana Anda pernah melakukannya. Misalnya, Anda baru saja menginstal aplikasi Puffin Browser.

Setelah itu, Anda ingin mencoba login ke akun Google melalui aplikasi Puffin Browser tersebut. Namun, Anda harus melakukan verifikasi nomor telepon terlebih dahulu, karena aplikasi tersebut tidak dikenal.

Anda bisa menyiasatinya dengan login ke aplikasi ataupun browser mana saja yang pernah Anda gunakan untuk login. Misalnya saja, Anda pernah login ke akun Google melalui browser Chrome.

Anda bisa mencoba login melalui browser tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan kode verifikasi seperti yang terjadi saat login melalui Puffin Browser.

Baca Juga : Cara Membuka Blokiran Facebook Terbaru, Simak Langkah Mudahnya!

Langkah 2: Jangan Menggunakan VPN

Supaya login Facebook tanpa kode ini berhasil, jangan menggunakan VPN. Jika VPN dimatikan, Anda bisa login tanpa menggunakan kode verifikasi.

Pasalnya, jika menggunakan VPN maka alamat IP maupun lokasi perangkat akan berpindah. Hal ini dapat membuat keamanan akun apapun itu, termasuk Facebook semakin ketat. Itulah sebabnya, ketika Anda ingin login jangan menggunakan VPN.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk aplikasi seperti WhatsApp. Sebab, dari awal untuk login ke WhatsApp harus memasukkan verifikasi nomor terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Menggunakan Facebook Reels di Android, Ini Tutorial Lengkapnya!

Langkah 3: Silahkan Gunakan Saja Data Seluler, Jangan WiFi!

Langkah terakhir untuk login Facebook tanpa kode ini adalah jangan menggunakan WiFi dan pakai saja data seluler. Sebenarnya, langkah terakhir ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan ketika ingin login tanpa menggunakan kode.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya jika menerapkan langkah ini. Siapa tahu, akan lebih membantu Anda supaya berhasil login tanpa kode.

Penting untuk selalu diingat, login Facebook tanpa kode ini sebenarnya hanya upaya untuk mengakali sistem keamanan saja yang menjadi semakin ketat. Hal ini terjadi karena alamat IP maupun lokasi perangkat yang Anda gunakan berbeda dari sebelumnya. 

Selain itu, cara ini hanya berlaku untuk akun yang tidak menggunakan verifikasi 2 langkah atau akun yang terkena checkpoint. (R10/HR-Online)

Unduh PDF

Unduh PDF

Artikel wikiHow ini menunjukkan kepada Anda cara memulihkan akun Facebook yang sudah tidak dapat diakses. Jika Anda lupa akan kata sandi akun, Anda dapat mengirimkan permintaan pengaturan ulang kata sandi lewat surel atau pesan singkat. Jika Anda tidak dapat mengakses alamat surel atau menggunakan nomor telepon yang tersambung dengan akun, Anda bisa memanfaatkan satu dari beberapa pilihan untuk mengatur ulang kata sandi. Jika akun dibekukan akibat pelanggaran ketentuan penggunaan Facebook, Anda bisa mengunggah kartu identifikasi untuk melakukan banding.

  1. 1

    Akses https://facebook.com/recover/initiate melalui peramban web. Anda bisa memakai peramban apa pun untuk memulihkan akun, selama Anda menggunakan komputer, ponsel, atau tablet yang sebelumnya digunakan untuk masuk ke akun.[1]

    • Ikuti metode ini jika akun masih aktif, tetapi Anda tidak bisa mengaksesnya karena tidak memiliki atau lupa akan kata sandinya.

  2. 2

    Tikkan alamat surel atau nomor telepon dan klik Search ("Cari"). Alamat atau nomor yang dimasukkan harus terhubung dengan akun Facebook yang Anda tidak dapat akses.

  3. 3

    Pilih opsi pengaturan ulang kata sandi yang Anda inginkan dan klik Continue ("Lanjutkan"). Pilihan-pilihan yang tersedia akan bergantung pada informasi yang Anda berikan ke Facebook.

    • Jika Anda menghubungkan satu atau beberapa alamat surel ke akun, Anda bisa melihat opsi untuk menerima kode pengaturan ulang kata sandi melalui surel. Selama Anda masih bisa mengakses akun surel yang dipilih atau ditikkan, Anda bisa memulihkan akun.
    • Jika ada nomor telepon yang terhubung dengan akun, Anda bisa melihat opsi untuk menerima kode melalui pesan singkat. Pilih opsi tersebut selama Anda masih bisa menggunakan nomor yang bersangkutan.
    • Anda mungkin melihat opsi-opsi lain, termasuk opsi untuk masuk menggunakan akun Google.
    • Jika Anda tidak bisa mengakses salah satu opsi yang diberikan, klik "No longer have access to these?" ("Tidak dapat mengakses ini lagi?").

  4. 4

    Periksa akun surel atau pesan singkat pada perangkat. Facebook mengirimkan kode yang Anda bisa gunakan untuk mengatur ulang kata sandi ke alamat surel atau nomor telepon yang tersambung dengan akun.

    • Jika Anda memilih "No longer have access to these?" ("Tidak dapat mengakses ini lagi?"), Anda akan diminta untuk mencoba masuk kembali ke akun. Jika Anda masih tidak bisa mengakses akun dan tidak dapat mengakses akun surel yang dimasukkan, pilih "I Cannot Access My Email" ("Saya Tidak Bisa Mengakses Email Saya"). Pada tahap ini, Anda hanya dapat mengakses kembali akun Facebook jika dapat membuka akun surel atau menggunakan nomor telepon yang terhubung dengan akun Facebook agar Anda bisa menerima kode konfirmasi. Facebook tidak dapat mengembalikan akun hingga Anda bisa mengakses salah satunya.[2]

  5. 5

    Masukkan kode pemulihan dari Facebook dan klik Continue ("Lanjutkan"). Selama kode yang dimasukkan tepat, Anda akan diminta mengatur ulang kata sandi. Setelah mengatur ulang kata sandi, Anda bisa menggunakan kata sandi baru untuk mengakses kembali akun Facebook.

    • Untuk alasan keamanan, Anda disarankan membuat kata sandi yang memiliki huruf, angka, dan karakter khusus.

    Iklan

  1. 1

    Coba masuk ke akun terlebih dahulu. Jika Anda menonaktifkan sendiri akun, Anda bisa mengaktifkannya kembali secara otomatis dengan mengakses akun.[3] Namun, jika akun ditangguhkan oleh pihak Facebook atas pelanggaran ketentuan atau peraturan yang berlaku, Anda akan melihat pesan yang menunjukkan alasan tersebut saat mencoba masuk ke akun.

    • Jika Anda yakin bahwa penangguhan akun yang dialami merupakan sebuah kesalahan, tetap baca metode ini.
    • Facebook menghilangkan opsi untuk menjelaskan situasi yang ada dari sudut pandang Anda di akhir tahun 2019.[4] Anda masih tetap bisa mengirimkan kartu identitas diri sebagai bukti bahwa Anda adalah pengguna yang "nyata" dan berharap akun dapat dipulihkan, tetapi tidak ada cara lain untuk menangani masalah secara spesifik.
    • Anda bisa meninjau standar komunitas Facebook di https://www.facebook.com/communitystandards.

  2. 2

    Pindai atau foto kartu identitas. Anda perlu memindai atau memfoto kartu identitas diri untuk mengajukan banding. Anda bisa menggunakan satu kartu identitas yang diterbitkan instansi pemerintahan (mis. KTP) atau dua kartu pengenal nonpemerintahan.[5] Berikut adalah jenis-jenis tanda pengenal yang diterima:

    • Tanda pengenal dari instansi pemerintahan (hanya satu): Akta lahir, SIM atau KTP, paspor, buku nikah, berkas perubahan nama resmi, kartu atau berkas imigrasi, kartu status/pengenal suku, kartu atau bukti pemilih (mis. saat pemilu), kartu keluarga, visa, kartu tanda usia, kartu pendaftaran imigrasi, atau kartu NPWP.
    • Tanda pengenal nonpemerintahan (dibutuhkan dua jika tidak ada tanda pengenal dari instansi pemerintahan): Rekening koran, kartu transit, cek, kartu kredit, surat verifikasi pekerjaan, kartu perpustakaan, surat pos, surat langganan majalah, riwayat kesehatan, kartu keanggotaan (termasuk kartu pekerja, kartu persatuan/serikat pekerja, kartu pensiun, dan lain-lain), struk gaji, surat izin, kartu siswa (atau buku rapor), struk atau bukti pembayaran listrik/air, foto buku tahunan (hasil pemindaian dari buku tahunan siswa), kartu loyalitas perusahaan, kontrak, kartu registrasi keluarga, ijazah, asuransi kesehatan, kartu bukti alamat, serta kartu asuransi pribadi atau kendaraan.

  3. 3

    Kunjungi https://www.facebook.com/help/contact/260749603972907 melalui peramban web. Jika Anda melihat pesan yang menunjukkan bahwa akun Facebook telah ditangguhkan oleh pihak Facebook, Anda bisa mengajukan banding.

  4. 4

    Masukkan alamat surel atau nomor telepon yang terhubung dengan akun. Tikkan entri pada kolom pertama.

  5. 5

    Masukkan nama lengkap Anda. Tikkan nama pada kolom kedua dan pastikan nama cocok dengan nama pada akun yang diblokir.

  6. 6

    Klik Choose Files ("Pilih Berkas"). Jendela penelusuran berkas komputer akan ditampilkan.

  7. 7

    Pilih foto kartu/tanda pengenal dan pilih Open. Jika Anda perlu mengunggah lebih dari satu tanda pengenal, Anda dapat memilih beberapa berkas sekaligus dengan menahan tombol "Ctrl" sambil mengeklik berkas.

  8. 8

    Klik tombol Send ("Kirim"). Permintaan banding akan dikirimkan ke pihak Facebook.[6] Setelah itu, Facebook akan mengevaluasi kembali status akun dan menghubungi Anda untuk memberi tahu keputusan dari mereka. Jika mereka meminta lebih banyak informasi, Anda akan menerima surel berisi petunjuk dari Facebook.

    Iklan

Tentang wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 237.653 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Bagaimana cara buka FB yang lupa sandi dan nomor HP tidak aktif?

Masukkan email yang telah terdaftar di Facebook..
Pilih kirim kode melalui email..
Klik 'Lanjutkan'.
Lalu, buka kotak masuk pada email terdaftar tersebut..
Salin kode keamanan yang dikirimkan dan masukkan ke kolom yang tersedia di halaman pemulihan..

Bagaimana cara memulihkan akun Facebook lama yang tidak bisa diakses?

Memulihkan akun Facebook jika Anda tidak bisa login..
Buka halaman Cari Akun Anda di facebook.com/login/identify dan ikuti petunjuknya. ... .
Cari akun yang ingin Anda pulihkan. ... .
Ikuti langkah-langkah di layar untuk mereset kata sandi akun Anda..

Bagaimana cara masuk ke akun Facebook yang lama?

Ikuti beberapa tips berikut ini untuk bisa login Facebook lama kamu..
1. Logout dulu dari akun Facebook yang sekarang. Source: Unsplash.com. ... .
Klik 'lupa kata sandi' ... .
3. Reset kata sandi. ... .
4. Cek email atau sms. ... .
Masukkan kode keamanan. ... .
6. Isikan kata sandi baru. ... .
7. Simpan kata sandi baru. ... .
Gunakan password yang unik..

Apakah bisa login FB dengan email?

Email: Anda bisa login dengan email apa pun yang tercantum di akun Facebook Anda. Nomor telepon: Jika nomor ponsel Anda sudah terkonfirmasi di akun, Anda bisa memasukkannya di sini (jangan tambahkan angka nol di depan kode negara atau simbol lain).