Bolehkah makan kacang almond malam hari?

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Anda suka makan kacang almond? Ya benar selain camilan sehat, punya manfaat yang banyak buat kesehatan tubuh.

Tapi harus tetap dibatasi ya dalam mengkonsumsinya.

Meskipun terdapat berbagai manfaat kacang almond yang menggiurkan bagi kesehatan, Anda tetap harus mengonsumsi kacang almond secukupnya.

Beberapa butir kacang almond sudah membuat perut terasa kenyang. 

Cobalah untuk membatasi asupan kacang almond sebesar 1 ons atau sekitar 23 butir kacang.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Konsumsi Kacang Almond yang Aman, Manfaatnya untuk Tubuh Lebih Bagus Lagi

Menurut Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu ons kacang almond mengandung:

  • 164 kalori
  • 6 gram protein
  • 3,5 gram serat

Mengonsumsi kacang almond secara berlebih berpotensi membuat Anda mengalami kenaikan berat badan akibat konsumsi kalori dan lemak yang tinggi.

Anda juga berisiko mengalami overdosis vitamin E yang dapat memicu sakit kepala, kelelahan, penglihatan mengabur, dan diare.

Konsumsi kacang almond terlalu banyak juga dapat membuat Anda kembung dan sembelit karena konsumsi serat yang berlebih.Hindari mengonsumsi kacang almond jika Anda mengonsumsi obat tekanan darah, antibiotik, obat pencahar, antasida, atau obat antipsikotik.

Selalu konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi kacang almond jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Almond merupakan salah satu makanan yang penuh protein, vitamin, dan serat. Mengonsumsinya secara rutin dipercaya dapat mengurangi masalah kesehatan seperti kanker, serangan jantung, obesitas, dan diabetes.

  • Patut Dicoba, 5 Cara Jitu untuk Meningkatkan Fokus di Pagi Hari
  • 7 Tips Hadapi Masalah Kulit Saat Musim Kemarau Tiba, Cobain Deh
  • Ngakak, Dikira Selamatkan Burung Langka Berwarna Oranye Ternyata...

Almond memang memiliki kandungan kalori, jadi kamu tetap perlu memakannya dengan jumlah yang tepat.

Melansir dari Hhdresearch, Senin (15/7/2019), cobalah makan empat almond per hari secara rutin. Dalam satu ons almond, kamu akan mendapat 3,5 gram serat, 6 gram protein, dan 9 gram lemak tak jenuh tunggal. Almond pun masih memiliki kandungan lainnya seperti vitamin E, magnesium, dan kalsium.

Kamu boleh memakan lebih dari empat almond, tapi jangan berlebihan. Agar kalori tetap terjaga, batas memakan almond yang tepat adalah satu ons per hari atau 23 kacang almond. Kamu juga bisa mengonsumsi olahan almond seperti tepung dan susu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Manfaat Almond

Berikut deretan manfaat untuk tubuhmu jika mengonsumsi empat almond setiap hari.

1. Kolesterol baik

Almond dapat mengurangi kolesterol buruk dan meningkatkan kolestrol baik. Hal ini penting untuk menghindari risiko kesehatan seperti serangan jantung dan stroke.

Memakan almond saat memakan makanan tidak sehat seperti keripik atau permen pun dapat mengurangi kolesterol buruk hingga 10%.

2. Rambut yang lebih kuat dan berkilau

Kandungan magnesium dan zinc dalam almond dapat memicu pertumbuhan rambut. Vitamin E dalam almond pun dapat membuat rambut lebih kuat, dan vitamin B membuat rambut lebih berkilau natural.

Selain dikonsumsi, minyak almond pun sudah biasa digunakan untuk mencegah ketombe dan menghaluskan rambut.

Manfaat lainnya

Kacang almond kaya akan Omega-3 yang bisa melawan efek penuaan.

3. Mengurangi risiko serangan jantung

Kandungan almond seperti serat, vitamin E, dan asam lemak omega 3 dapat bermanfaat bagi kesehatan hati. Untuk mendapatkan manfaat untuk kesehatan jantung yang maksimal, usahakan untuk memakan cangkang almondnya juga.

4. Mengurangi keriput

Penuaan dini dapat dicegah salah satunya dengan mangan dan vitamin E dalam almond. Mangan adalah salah satu protein yang dapat memproduksi kolagen.

Kolagen dapat membuat kulit tetap kencang dan lembut. Vitamin E bermanfaat untuk melindungi kulit dari radiasi UV dari sinar matahari yang menyebabkan dark spots dan keriput.

Baik untuk pencernaan

5. Pencernaan yang lebih baik

Cangkang almond merupakan sumber prebiotik yang bagus. Ini bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus kita. Bakteri baik bertanggung jawab dalam metabolisme nutrisi dari makanan dan obat-obatan.

Penelitian terbaru pun menunjukkan bahwa mengonsumsi prebiotik secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit kanker dan jantung.

6. Mempermudah menurunkan berat badan

Meski almond mengandung banyak lemak dan kalori, almond dapat membantu menurunkan berat badan. Ini karena almond akan membuat kamu lebih merasa kenyang sehingga membatnmu menghindari makanan tidak sehat.

Baik untuk otak

7. Meningkatkan aktivitas otak

Asupan vitamin E yang banyak dapat membantu mencegah penurunan kognitif. Magnesium dalam almond pun dapat memperkuat saraf di otak. Protein pun membantu memperbaiki sel-sel otak sehingga meningkatkan fungsi kognitif.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

Kapan Waktu yang Tepat makan kacang almond?

Almond, jika dikonsumsi di pagi hari, dapat meningkatkan daya ingat, memperbaiki pencernaan, mengurangi kolesterol karena kaya akan protein, vitamin E, dan magnesium. Selain itu, almond yang direndam lebih baik karena kulitnya mengandung tanin yang menghambat penyerapan nutrisi.

Apakah boleh makan kacang di malam hari?

Karena mengkonsumsi kacang-kacangan pada malam hari dapat menambah berat badan. Terlebih buat kamu yang sedang menjaga berat badanmu, maka hindari ngemil dimalam hari. Hal ini sebabkan oleh tingginya lemak dan kalori yang terdapat pada kacang-kacangan.

Kenapa tidak boleh makan kacang di malam hari?

Kacang-kacangan mengandung serat tinggi sehingga memakannya di malam hari dapat menyebabkan kembung dan menurunkan kualitas tidur di antara beberapa orang. Lebih baik berhati-hati dengan produk ini. Kacang adalah makanan yang baik untuk makan siang.

Berapa banyak makan kacang almond dalam sehari?

Anda bisa mengonsumsi sekitar 8-10 biji kacang almond per hari bisa menambah nutrisi. Asal Anda tahu, segenggam kacang almond bisa meningkatkan kadar serotonin dan membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari.