Berikut yang merupakan bagian langkah kerja dalam teks laporan PERCOBAAN adalah

tolong bantu secepatnya besok dikumpulin​

pidato tema fasih berbahasa tingkatkan nasionalisme​

plistemukanlah 2 KALIMAT TIDAK BAKU lalu ubahlah ke KALIMAT BAKU kalimat ya bukan kata trimakasih​

kembangkan cerita fantasi Danau Toba​

apa itu kalimat baku? serta berikanlah contohnya! ​

sapa yang mau jadi pacarku lakik² umur 12 ​

Hal berikut yant terdapat dalan isi surat lamaran pekerjaan adalah

KARENA mencintai Lingkungan kita akan mendAPATKAN BANYAK memfaat kata tanyak yang tepat untuk bawaban di atas adalah​

Teks laporan hasil percobaan dapat disusun apabila.... a telah siap untuk melakukan per- cobaan b. telah selesai dalam melakukan percobaan telah seles … ai dalam menyiapkan alat dan bahan percobaan telah selesai memahami struktur teks percobaan C. d.​

kalimat efektif tidak mengandung maksud​

Jakarta -

Teks laporan percobaan berisi laporan yang menjelaskan tentang percobaan yang telah dilakukan. Untuk memahaminya, detikers bisa simak contoh teks laporan percobaan berikut ini, ya!

Percobaan atau eksperimen umumnya dilakukan untuk mencari jawaban atas pertanyaan. Eksperimen membantu peneliti untuk mengenali hubungan sebab akibat pada suatu gejala atau menguji hipotesis. Percobaan dilakukan melalui serangkaian pengamatan dan proses yang sistematis.

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi laporan percobaan atau eksperimen. Dikutip dari buku Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk SMP & MTs Kelas 3 oleh Dawud dkk, percobaan dilakukan dengan memberikan perlakuan terhadap suatu objek.

Umumnya, teks laporan percobaan berisi tentang bahan, alat, proses, dan hasil percobaan. Bahan dan alat merupakan media dasar untuk melakukan percobaan. Sementara itu, proses percobaan merupakan prosedur, tahap, atau langkah dalam memberi perlakuan terhadap objek yang diteliti.

Teks laporan percobaan tidak jauh berbeda dengan teks laporan observasi. Perbedaan keduanya hanya terletak pada proses eksperimen yang dilakukan.

Tujuan Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang seluruh proses percobaan yang dilakukan, mulai dari tujuan hingga kesimpulan. Jadi, isi dari teks laporan percobaan dimulai dengan pemaparan tujuan, proses, sampai percobaan yang dibuat secara sistematis.

Karakteristik Teks Laporan Percobaan

Terdapat beberapa karakteristik atau ciri-ciri dalam sebuah teks laporan percobaan. Baik dari segi isi maupun kaidah kebahasaan yang digunakan.

1. Isi

- Berisi laporan hasil percobaan yang sudah dilakukan.- Percobaan yang dilakukan adalah proses ilmiah untuk menguji teori atau hipotesis.- Isi dari teks laporan percobaan selalu diawali dengan penjelasan tujuan percobaan.- Berisi penjelasan prosedur atau proses percobaan hingga penjelasan hasil percobaan.

- Diakhiri dengan kesimpulan dari proses percobaan dengan mengacu pada hasil analisis yang telah dilakukan.

2. Kaidah Kebahasaan

Berikut karakteristik dalam kaidah kebahasaan yang digunakan sebagaimana dikutip dari buku Materi Utama Bahasa Indonesia SMP oleh Hari Wibowo:

- Menggunakan istilah ilmiah.- Banyak menggunakan kata kerja tindakan yang menyatakan langkah-langkah kegiatan (metode penelitian). Contohnya: mengisi, mencampurkan, melakukan.- Menggambarkan benda-benda atau hewan dan lingkungan tertentu.- Menggunakan konjungsi penyebaran untuk menjelaskan alasan. Contohnya: karena, sebab, oleh karena itu.- Menggunakan gaya formal.

- Menggunakan kata-kata bermakna perincian. Contohnya: pertama, kedua, ketiga, selain itu.

Struktur Teks Laporan Percobaan

Secara umum, teks laporan percobaan terdiri dari 5 struktur. Simak struktur berikut ini sebelum lanjut ke contoh teks laporan percobaan ya, detikers!

1. Penjelasan tujuan percobaan

Bagian ini berisikan penjelasan tentang tujuan dari percobaan yang dilakukan. Di samping itu, detikers juga dapat menjelaskan mengapa percobaan dilakukan, teori atau materi apa yang akan dibuktikan, dan penjelasan lain tentang latar belakang proses percobaan tersebut.

2. Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan

Setelah itu, sebutkan apa saja alat dan bahan yang digunakan ketika melakukan percobaan tersebut.

3. Langkah percobaan

Sebutkan dan jelaskan secara rinci proses atau langkah sistematis dalam proses percobaan yang kamu lakukan.

4. Hasil percobaan

Dalam bagian ini, detikers dapat menjelaskan apa hasil yang diperoleh dari proses percobaan yang telah dilakukan. Uraikan hasil percobaan secara mendetail, ya!

5. Kesimpulan

Terakhir, buat kesimpulan dari seluruh proses percobaan yang kamu lakukan hingga ke hasil yang kamu peroleh. Kamu juga bisa buat kesimpulan apakah percobaan yang kamu lakukan membuktikan teori atau materi yang kamu jelaskan pada bagian awal untuk menegaskan kesimpulan dari proses dan hasil percobaan tersebut.

Selain kelima struktur di atas, teks laporan percobaan juga diawali dengan penulisan judul untuk setiap percobaan yang dilakukan.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut contoh teks laporan percobaan:

1. Contoh Teks Laporan Percobaan Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makan/Minuman

Judul: Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makan/Minuman

Tujuan: Mengetahui kadar kandungan vitamin C yang terdapat dalam sampel makanan/minuman yang diuji.

Alat dan bahan:- Jeruk nipis- Jambu merah- Tomat- Air- Amilum iodida (betadine)- Vitamin C tablet- Minuman sari buah- Pipet tetes- Tabung reaksi, dan

- Mortar dan penumbuknya.

Langkah-langkah percobaan:

1. Bahan-bahan seperti jeruk nipis, jambu merah, dan tomat diambil ekstraknya, untuk vitamin C tablet dibuat larutan.

2. Tiap tabung reaksi diisi dengan amilum iodida sebanyak 1 ml lalu diberi tetes demi tetes ekstrak atau larutan bahan makanan tadi

3. Catat berapa tetes yang diperlukan agar larutan amilum iodida menjadi jernih.

Hasil:
Diketahui bahwa semakin banyak jumlah tetesan yang diperlukan maka semakin sedikit kandungan vitamin C pada bahan makanan tersebut.

Kesimpulan:

Berdasarkan percobaan beberapa bahan makanan yang dicurigai mengandung Vitamin C, diketahui bahwa kandungan vitamin C dari buah jambu biji merah paling tinggi di antara bahan makanan lain yang kami uji kadar vitamin C.

Selain itu, diketahui bahwa kadar vitamin C dalam minuman sari buah yang dinyatakan mengandung 100% vitamin C, ternyata kadar vitamin C-nya hanya 11,8% atau tidak sesuai dengan informasi nilai gizi yang tercantum pada kemasan produk.

Perlu diketahui bahwa lebih baik mengonsumsi bahan makanan alami yang mengandung vitamin C, seperti jeruk nipis, tomat, dan jambu biji merah daripada bahan makanan yang telah tercampur dengan zat adiktif (buatan).

2. Contoh Teks Laporan Percobaan Menguji Kandungan Boraks dalam Makanan

Judul: Percobaan Menguji Kandungan Boraks dalam Makanan

Tujuan: Boraks merupakan kandungan garam Natrium Na2B4O7.10H2O yang sering digunakan dalam bahan industri non pangan seperti industri kertas, gelas, pengawet kayu, antiseptik dan masih banyak lagi. Borak termasuk bahan beracun dan sangat berbahaya bagi manusia jika dikonsumsi.

Alat dan bahan:- Pisau- Sampel bakso- Pipet tetes- Air kunyit- Mie- Kerupuk

- Boraks

Langkah-langkah percobaan:1. Bakso dilumatkan lalu di angin-anginkan sebentar.2. Kemudian tetesi bakso dengan air kunyit.3. Tunggu beberapa saat, kurang lebih 5 menit.

4. Amatilah perubahan warnanya. Lakukan juga cara yang sama terhadap makanan yang diduga mengandung boraks.

Hasil:Bahan makanan jika ditetesi dengan air kunyit akan mengalami perubahan warna menjadi

merah kecoklatan itu menandakan bahan makanan tersebut mengandung boraks.

Kesimpulan:Bahan makanan jika ditetesi dengan air kunyit akan mengalami perubahan warna menjadimerah kecoklatan itu menandakan bahan makanan tersebut mengandung boraks. Mengapamakanan tersebut berubah warna merah kecoklatan? Hal itu dikarenakan kunyit mengandung

kurkumin, sedangkan boraks mempunyai sifat basa yang efeknya jika boraks kita campur dengan kurkumin maka akan menghasilkan senyawa baru yang biasa disebut dengan boro kurkumin yang mempunyai warna merah kecokelatan.

3. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Telur Asin

Judul: Percobaan Membuat Telur Asin

Tujuan: Telur asin adalah telur yang dibuat dari bebek yang sudah melalui proses pengasinan lebih dahulu. Telur asin mengandung banyak vitamin dan gizi,sehingga mengkonsumsi telur asin bisa bermanfaat bagi tubuh. Telur asin bisa dibuat dengan cara tradisional dan sangat mudah karena alat dan bahannya yang sederhana.

Alat dan bahan:- Telur bebek- Abu gosok- Tanah liat- Garam

- Ampelas

Langkah-langkah percobaan:

1. Cuci telur bebek hingga bersih, kemudian ampelas kulit telur sampai tipis.2. Campurkan abu gosok, tanah liat, dan garam hingga merata.3. Lapisi telur yang sudah diamplas menggunakan bahan campuran tadi.

4. Diamkan telur pada suhu ruang hingga 20 hari atau 3 minggu.

Hasil:
Telur bebek yang dibuat melewati proses pengasinan seperti di atas menghasilkan telur asin yang sempurna dan lezat. Telur asin ini sangat cocok dikonsumsi bersama nasi putih. Telur asin ini membuat varian konsumsi telur bebek jadi lebih banyak dan tidak begitu amis.

Kesimpulan:Pembuatan telur asin di atas menghasilkan kandungan gizi yang cukup lengkap dan cocok

dikonsumsi oleh segala usia. Namun, bagi penderita darah tinggi tidak disarankan mengonsumsi telur asin karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. Meskipun kandungan gizinya lengkap, tetapi telur asin tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak.

4. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Pelangi

Judul: Percobaan Membuat Pelangi

Tujuan: Untuk mengetahui proses terjadinya pelangi.

Alat dan bahan:- Air- Kaca- Gunting- Ruang gelap

- Senter

Langkah-langkah percobaan:

1. Letakkan gelas berisi air di atas meja dan tempatkan kaca ke dalam gelas secara serong.2. Buatlah ruangan benar-benar gelap.3. Tutup semua tirai dan lubang yang memungkinkan cahaya masuk.4. Sorotkan cahaya senter ke kaca dalam gelas.5. Perhatikan pelangi yang muncul dari sudut kaca.

6. Sesuaikan sudut kaca semaumu.

Hasil:Pelangi terbentuk ketika cahaya lampu senter dibiaskan saat melewati air di dalam gelas.

Sumber cahaya buatan merupakan sumber cahaya yang memancarkan cahaya karena dibuat manusia, misalnya lampu senter.

Cahaya memiliki sifat-sifat gelombang, diantaranya merambat lurus, menembus benda bening, dan dapat dibiaskan. Senter yang dinyalakan di tempat gelap akan tampak garis lurus cahaya. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya yang dihasilkan lampu senter tersebut merambat lurus.

Pada percobaan di atas terdapat 1 gelas berisi air bening, cahaya bisa diteruskan hingga menembus benda tersebut.

Kesimpulan:

Melalui percobaan membuat pelangi dengan senter dan gelas berisi air, kami mempelajaribahwa pelangi terjadi karena pembiasan cahaya yang terjadi melalui tetesan air. Hal ini dibuktikan lewat terbentuknya berkas pelangi ketika sinar dari senter menyentuh permukaan

kaca yang diletakkan serong pada gelas berisi air.

5. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Tinta Tak Terlihat

Judul: Percobaan Membuat Tinta Tak Terlihat

Tujuan: Untuk membuat tinta pulpen agar tidak terlihat.

Alat dan bahan:- Lemon- Air- Sendok- Mangkuk- Cotton Bud- Kertas Putih

- Lampu Bohlam

Langkah-langkah percobaan:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.2. Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok.3. Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih.4. Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.

5. Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu.

Hasil:

Setelah langkah di atas selesai kamu lakukan, kamu berhasil membuat tinta rahasia yang tidak terlihat. Kamu dapat menyampaikan pesan rahasia ini kepada teman-teman mu dengan cara menggunakan tinta yang tidak terlihat ini. Ini merupakan salah satu reaksi kimia.

Kesimpulan

Jus lemon adalah senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warnanya menjadi coklat ketika dipanaskan. Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit untuk dibaca. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan tulisan tersebut dipanaskan dengan cara mendekatkannya kepada bola lampu.

Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama adalah jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga dapat dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu.

Itulah 5 contoh teks laporan percobaan. Semoga membantu!

Simak Video "Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan Setpres ke Arsip Nasional RI"



(kri/nwy)


Page 2

Jakarta -

Teks laporan percobaan berisi laporan yang menjelaskan tentang percobaan yang telah dilakukan. Untuk memahaminya, detikers bisa simak contoh teks laporan percobaan berikut ini, ya!

Percobaan atau eksperimen umumnya dilakukan untuk mencari jawaban atas pertanyaan. Eksperimen membantu peneliti untuk mengenali hubungan sebab akibat pada suatu gejala atau menguji hipotesis. Percobaan dilakukan melalui serangkaian pengamatan dan proses yang sistematis.

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi laporan percobaan atau eksperimen. Dikutip dari buku Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk SMP & MTs Kelas 3 oleh Dawud dkk, percobaan dilakukan dengan memberikan perlakuan terhadap suatu objek.

Umumnya, teks laporan percobaan berisi tentang bahan, alat, proses, dan hasil percobaan. Bahan dan alat merupakan media dasar untuk melakukan percobaan. Sementara itu, proses percobaan merupakan prosedur, tahap, atau langkah dalam memberi perlakuan terhadap objek yang diteliti.

Teks laporan percobaan tidak jauh berbeda dengan teks laporan observasi. Perbedaan keduanya hanya terletak pada proses eksperimen yang dilakukan.

Tujuan Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang seluruh proses percobaan yang dilakukan, mulai dari tujuan hingga kesimpulan. Jadi, isi dari teks laporan percobaan dimulai dengan pemaparan tujuan, proses, sampai percobaan yang dibuat secara sistematis.

Karakteristik Teks Laporan Percobaan

Terdapat beberapa karakteristik atau ciri-ciri dalam sebuah teks laporan percobaan. Baik dari segi isi maupun kaidah kebahasaan yang digunakan.

1. Isi

- Berisi laporan hasil percobaan yang sudah dilakukan.- Percobaan yang dilakukan adalah proses ilmiah untuk menguji teori atau hipotesis.- Isi dari teks laporan percobaan selalu diawali dengan penjelasan tujuan percobaan.- Berisi penjelasan prosedur atau proses percobaan hingga penjelasan hasil percobaan.

- Diakhiri dengan kesimpulan dari proses percobaan dengan mengacu pada hasil analisis yang telah dilakukan.

2. Kaidah Kebahasaan

Berikut karakteristik dalam kaidah kebahasaan yang digunakan sebagaimana dikutip dari buku Materi Utama Bahasa Indonesia SMP oleh Hari Wibowo:

- Menggunakan istilah ilmiah.- Banyak menggunakan kata kerja tindakan yang menyatakan langkah-langkah kegiatan (metode penelitian). Contohnya: mengisi, mencampurkan, melakukan.- Menggambarkan benda-benda atau hewan dan lingkungan tertentu.- Menggunakan konjungsi penyebaran untuk menjelaskan alasan. Contohnya: karena, sebab, oleh karena itu.- Menggunakan gaya formal.

- Menggunakan kata-kata bermakna perincian. Contohnya: pertama, kedua, ketiga, selain itu.

Struktur Teks Laporan Percobaan

Secara umum, teks laporan percobaan terdiri dari 5 struktur. Simak struktur berikut ini sebelum lanjut ke contoh teks laporan percobaan ya, detikers!

1. Penjelasan tujuan percobaan

Bagian ini berisikan penjelasan tentang tujuan dari percobaan yang dilakukan. Di samping itu, detikers juga dapat menjelaskan mengapa percobaan dilakukan, teori atau materi apa yang akan dibuktikan, dan penjelasan lain tentang latar belakang proses percobaan tersebut.

2. Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan

Setelah itu, sebutkan apa saja alat dan bahan yang digunakan ketika melakukan percobaan tersebut.

3. Langkah percobaan

Sebutkan dan jelaskan secara rinci proses atau langkah sistematis dalam proses percobaan yang kamu lakukan.

4. Hasil percobaan

Dalam bagian ini, detikers dapat menjelaskan apa hasil yang diperoleh dari proses percobaan yang telah dilakukan. Uraikan hasil percobaan secara mendetail, ya!

5. Kesimpulan

Terakhir, buat kesimpulan dari seluruh proses percobaan yang kamu lakukan hingga ke hasil yang kamu peroleh. Kamu juga bisa buat kesimpulan apakah percobaan yang kamu lakukan membuktikan teori atau materi yang kamu jelaskan pada bagian awal untuk menegaskan kesimpulan dari proses dan hasil percobaan tersebut.

Selain kelima struktur di atas, teks laporan percobaan juga diawali dengan penulisan judul untuk setiap percobaan yang dilakukan.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut contoh teks laporan percobaan:

1. Contoh Teks Laporan Percobaan Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makan/Minuman

Judul: Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makan/Minuman

Tujuan: Mengetahui kadar kandungan vitamin C yang terdapat dalam sampel makanan/minuman yang diuji.

Alat dan bahan:- Jeruk nipis- Jambu merah- Tomat- Air- Amilum iodida (betadine)- Vitamin C tablet- Minuman sari buah- Pipet tetes- Tabung reaksi, dan

- Mortar dan penumbuknya.

Langkah-langkah percobaan:

1. Bahan-bahan seperti jeruk nipis, jambu merah, dan tomat diambil ekstraknya, untuk vitamin C tablet dibuat larutan.

2. Tiap tabung reaksi diisi dengan amilum iodida sebanyak 1 ml lalu diberi tetes demi tetes ekstrak atau larutan bahan makanan tadi

3. Catat berapa tetes yang diperlukan agar larutan amilum iodida menjadi jernih.

Hasil:
Diketahui bahwa semakin banyak jumlah tetesan yang diperlukan maka semakin sedikit kandungan vitamin C pada bahan makanan tersebut.

Kesimpulan:

Berdasarkan percobaan beberapa bahan makanan yang dicurigai mengandung Vitamin C, diketahui bahwa kandungan vitamin C dari buah jambu biji merah paling tinggi di antara bahan makanan lain yang kami uji kadar vitamin C.

Selain itu, diketahui bahwa kadar vitamin C dalam minuman sari buah yang dinyatakan mengandung 100% vitamin C, ternyata kadar vitamin C-nya hanya 11,8% atau tidak sesuai dengan informasi nilai gizi yang tercantum pada kemasan produk.

Perlu diketahui bahwa lebih baik mengonsumsi bahan makanan alami yang mengandung vitamin C, seperti jeruk nipis, tomat, dan jambu biji merah daripada bahan makanan yang telah tercampur dengan zat adiktif (buatan).

2. Contoh Teks Laporan Percobaan Menguji Kandungan Boraks dalam Makanan

Judul: Percobaan Menguji Kandungan Boraks dalam Makanan

Tujuan: Boraks merupakan kandungan garam Natrium Na2B4O7.10H2O yang sering digunakan dalam bahan industri non pangan seperti industri kertas, gelas, pengawet kayu, antiseptik dan masih banyak lagi. Borak termasuk bahan beracun dan sangat berbahaya bagi manusia jika dikonsumsi.

Alat dan bahan:- Pisau- Sampel bakso- Pipet tetes- Air kunyit- Mie- Kerupuk

- Boraks

Langkah-langkah percobaan:1. Bakso dilumatkan lalu di angin-anginkan sebentar.2. Kemudian tetesi bakso dengan air kunyit.3. Tunggu beberapa saat, kurang lebih 5 menit.

4. Amatilah perubahan warnanya. Lakukan juga cara yang sama terhadap makanan yang diduga mengandung boraks.

Hasil:Bahan makanan jika ditetesi dengan air kunyit akan mengalami perubahan warna menjadi

merah kecoklatan itu menandakan bahan makanan tersebut mengandung boraks.

Kesimpulan:Bahan makanan jika ditetesi dengan air kunyit akan mengalami perubahan warna menjadimerah kecoklatan itu menandakan bahan makanan tersebut mengandung boraks. Mengapamakanan tersebut berubah warna merah kecoklatan? Hal itu dikarenakan kunyit mengandung

kurkumin, sedangkan boraks mempunyai sifat basa yang efeknya jika boraks kita campur dengan kurkumin maka akan menghasilkan senyawa baru yang biasa disebut dengan boro kurkumin yang mempunyai warna merah kecokelatan.

3. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Telur Asin

Judul: Percobaan Membuat Telur Asin

Tujuan: Telur asin adalah telur yang dibuat dari bebek yang sudah melalui proses pengasinan lebih dahulu. Telur asin mengandung banyak vitamin dan gizi,sehingga mengkonsumsi telur asin bisa bermanfaat bagi tubuh. Telur asin bisa dibuat dengan cara tradisional dan sangat mudah karena alat dan bahannya yang sederhana.

Alat dan bahan:- Telur bebek- Abu gosok- Tanah liat- Garam

- Ampelas

Langkah-langkah percobaan:

1. Cuci telur bebek hingga bersih, kemudian ampelas kulit telur sampai tipis.2. Campurkan abu gosok, tanah liat, dan garam hingga merata.3. Lapisi telur yang sudah diamplas menggunakan bahan campuran tadi.

4. Diamkan telur pada suhu ruang hingga 20 hari atau 3 minggu.

Hasil:
Telur bebek yang dibuat melewati proses pengasinan seperti di atas menghasilkan telur asin yang sempurna dan lezat. Telur asin ini sangat cocok dikonsumsi bersama nasi putih. Telur asin ini membuat varian konsumsi telur bebek jadi lebih banyak dan tidak begitu amis.

Kesimpulan:Pembuatan telur asin di atas menghasilkan kandungan gizi yang cukup lengkap dan cocok

dikonsumsi oleh segala usia. Namun, bagi penderita darah tinggi tidak disarankan mengonsumsi telur asin karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. Meskipun kandungan gizinya lengkap, tetapi telur asin tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak.

4. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Pelangi

Judul: Percobaan Membuat Pelangi

Tujuan: Untuk mengetahui proses terjadinya pelangi.

Alat dan bahan:- Air- Kaca- Gunting- Ruang gelap

- Senter

Langkah-langkah percobaan:

1. Letakkan gelas berisi air di atas meja dan tempatkan kaca ke dalam gelas secara serong.2. Buatlah ruangan benar-benar gelap.3. Tutup semua tirai dan lubang yang memungkinkan cahaya masuk.4. Sorotkan cahaya senter ke kaca dalam gelas.5. Perhatikan pelangi yang muncul dari sudut kaca.

6. Sesuaikan sudut kaca semaumu.

Hasil:Pelangi terbentuk ketika cahaya lampu senter dibiaskan saat melewati air di dalam gelas.

Sumber cahaya buatan merupakan sumber cahaya yang memancarkan cahaya karena dibuat manusia, misalnya lampu senter.

Cahaya memiliki sifat-sifat gelombang, diantaranya merambat lurus, menembus benda bening, dan dapat dibiaskan. Senter yang dinyalakan di tempat gelap akan tampak garis lurus cahaya. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya yang dihasilkan lampu senter tersebut merambat lurus.

Pada percobaan di atas terdapat 1 gelas berisi air bening, cahaya bisa diteruskan hingga menembus benda tersebut.

Kesimpulan:

Melalui percobaan membuat pelangi dengan senter dan gelas berisi air, kami mempelajaribahwa pelangi terjadi karena pembiasan cahaya yang terjadi melalui tetesan air. Hal ini dibuktikan lewat terbentuknya berkas pelangi ketika sinar dari senter menyentuh permukaan

kaca yang diletakkan serong pada gelas berisi air.

5. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Tinta Tak Terlihat

Judul: Percobaan Membuat Tinta Tak Terlihat

Tujuan: Untuk membuat tinta pulpen agar tidak terlihat.

Alat dan bahan:- Lemon- Air- Sendok- Mangkuk- Cotton Bud- Kertas Putih

- Lampu Bohlam

Langkah-langkah percobaan:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.2. Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok.3. Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih.4. Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.

5. Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu.

Hasil:

Setelah langkah di atas selesai kamu lakukan, kamu berhasil membuat tinta rahasia yang tidak terlihat. Kamu dapat menyampaikan pesan rahasia ini kepada teman-teman mu dengan cara menggunakan tinta yang tidak terlihat ini. Ini merupakan salah satu reaksi kimia.

Kesimpulan

Jus lemon adalah senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warnanya menjadi coklat ketika dipanaskan. Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit untuk dibaca. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan tulisan tersebut dipanaskan dengan cara mendekatkannya kepada bola lampu.

Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama adalah jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga dapat dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu.

Itulah 5 contoh teks laporan percobaan. Semoga membantu!

Simak Video "Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan Setpres ke Arsip Nasional RI"


[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)