Berapa lama memasak daging sapi biar empuk

Tips Idul Adha cara merebus daging agar empuk tanpa presto dalam 15 menit /pexels/Christina Voinova


Page 2

Tips Idul Adha cara merebus daging agar empuk tanpa presto dalam 15 menit /pexels/Christina Voinova


Page 3

Setelah 15 menit, nyalakan kembali kompor.

Rebus kembali selama 10 menit, ini merupakan rebusan terakhir.

Setelah direbus selama 10 menit, matikan kompor. Jangan lupa tutup panci tidak boleh dibuka dulu.

Biarkan daging di dalam panci selama 10 sampai 15 menit dan air rebusannya menjadi dingin.

Setelah itu, angkat daging sapi dari dalam panci.

Daging sapi pun siap untuk diolah menjadi berbagai masakan lezat. Teknik sederhana seperti ini bisa membuat daging sapi menjadi lebih empuk.

Cara seperti ini sangat mudah untuk dipraktekkan ketika kamu akan mengolah daging sapi di rumah.

Sebenarnya masih banyak macam cara untuk membuat daging sapi menjadi terasa empuk, contohnya dengan cara menambahkan buah nanas pada saat merebusnya, juga bisa menggunakan daun pepaya, dan cara lainnya.***

Sumber: YouTube Wijaya Ngapak

SOLOPOS.COM - Daging sapi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Hari Raya Iduladha 2022 sudah di depan mata, sebaiknya ketahui cara memasak daging sapi agar empuk.  Hal ini mengingat daging merah umumnya butuh waktu lama untuk jadi empuk saat dimasak, berlama-lama merebus bisa bikin isi tabung gas cepat habis.

Nah, agar Anda tidak perlu berlama-lama merebusnya dan bisa bisa hemat gas simak triknya di tips memasak sehat kali ini. Karena biasanya pada saat Hari Raya Iduladha, stok daging kurban berlimpah.

PromosiJos! Petani & Peternak Klaten Bisa Jadi Penopang Kedaulatan Pangan

Berikut ini cara memasak daging sapi agar empuk seperti dikutip dari maggi.id pada Rabu (6/7/2022):

1. Bungkus dengan Daun Pepaya

Ada cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membuat daging merah lebih empuk tanpa boros gas, yaitu memanfaatkan daun pepaya. Daun pepaya punya kandungan enzim alami yang berfungsi memecah protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini 3 Golongan Penerima Daging Kurban Saat Iduladha

Triknya mudah. Anda  cukup mengambil daun pepaya, bersihkan dengan air mengalir, keringkan, lalu jadikan pembungkus daging. Usahakan setiap bagian daging terbungkus dengan baik dan diamkan selama sekitar 1 jam. Setelah itu, daging siap diolah.

2. Lumuri dengan Jus Nanas

Selain pakai daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan buah nanas sebagai cara memasak daging sapi agar empuk. Sama seperti daun pepaya, nanas juga punya enzim alami yang bisa bikin daging merah lebih cepat empuk.

Bedanya, kalau daun pepaya cukup dijadikan pembungkus daging, buah nanas perlu dihaluskan atau dijus. Anda perlu melumuri daging merah dengan nanas yang sudah dihaluskan atau dijus, lalu diamkan selama 30 menit.

Setelah itu, daging pun siap dimasak sesuai selera. Kalau mau lebih praktis, Anda juga bisa pakai jus nanas sebagai salah satu bahan marinasi. Tapi, pastikan proses marinasi cukup 30 menit supaya tekstur dan rasa daging nggak berubah, ya.

Baca Juga: Iduladha di Indonesia & Arab Saudi Berbeda, Kapan Puasa Arafah 2022?

3. Diamkan Daging pada Suhu Ruangan

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah mendiamkan daging merah pada suhu ruangan. Cara ini bisa dipilih kalau Anda nggak punya stok daun pepaya atau buah nanas, tapi tetap ingin menghemat gas.

Pertama, kalau Anda menyimpan daging di freezer, sebaiknya simpan di rak bawah terlebih dulu dalam wadah tertutup sejak malam sebelumnya. Setelah itu, sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum memasak, Ibu bisa mengeluarkan daging merah dari kulkas, dan tetap simpan di dapur dalam wadah tertutup.

Baca Juga: Apakah Nanas Bisa Membuat Daging Empuk? Ini Penjelasannya

Mendiamkan daging merah di suhu ruangan membantu suhu dagingnya turun secara perlahan dan stabil, sehingga teksturnya lebih empuk secara merata. Sembari menunggu daging merah lebih empuk, Ibu bisa menyiapkan bahan masakan lainnya. Perlu Ibu ingat bahwa keempukan dagingnya nggak akan seperti saat pakai daun papaya atau buah nanas, ya. Tapi, cara ini lebih baik ketimbang langsung mengolah daging dari kulkas untuk dimasak.

4. Potong Berlawanan Serat Daging

Cara memasak daging sapi agar empuk lainnya adalah memerhatikan cara potongnya. Anda bisa melihat serat yang memanjang pada daging. Nah, supaya dagingnya empuk, Anda bisa memotong daging berlawanan arah dengan serat dagingnya.

Tujuannya, untuk bikin serat lebih pendek sehingga daging lebih cepat empuk saat dimasak dan mudah dikunyah ketika dimakan.

5. Manfaatkan Uap Panas

Uap panas juga bisa jadi cara masak daging sapi agar empuk tanpa boros gas, lho. Untuk mempraktekkan trik ini, kuncinya adalah tidak membuka tutup panci dan gunakan stopwatch di handphone supaya pengukuran waktunya lebih tepat. Lalu, gimana caranya?

Baca Juga: Pencucian Daging Kurban di Sungai Wonogiri Dilarang, Ini Tujuannya

Pertama, didihkan air dan rebus daging merah selama lima menit dalam panci tertutup. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan daging di dalam panci selama 30 menit. Terakhir, nyalakan kembali kompor dan rebus daging selama 7 menit. Dengan menerapkan trik ini, Ibu hanya menyalakan kompor selama 12 menit, tapi secara teknis sudah memasak daging selama lebih dari setengah jam. Lumayan, kan?

tirto.id - Selain kaya akan kandungan yang dibutuhkan tubuh, daging juga menjadi makanan favorit banyak orang karena rasanya yang begitu lezat. Akan tetapi, memakan daging dengan tekstur alot tentu akan mengurangi kenikmatannya. Sebenarnya, kunci agar daging terasa empuk ini terletak pada proses pembuatannya.
Tips memasak daging agar cepat empuk tidak hanya sekadar bergantung pada durasi, namun termasuk pula cara memotong hingga temperatur yang digunakan. Jangan khawatir, tips ini pun dapat diterapkan pada bagian potongan daging yang keras seperti area bahu atau dada yang merupakan otot aktif.

Dilansir dari laman Eating Well, simak tips memasak daging agar cepat empuk berikut ini.

1. Potong secara melintang

Cara pertama untuk membuat daging yang alot menjadi empuk dimulai dengan memotongnya dengan tepat. Potong daging secara melintang melewati serat otot panjang yang ada di dalam daging. Kendati terdengar sederhana, hal ini bisa membuat daging lebih empuk.

2. Masak dengan suhu yang tepat

Daging yang terlalu matang atau justru kurang matang bisa membuatnya terasa alot dan membuat Anda merasa lelah mengunyah. Hal ini biasanya diakibatkan temperatur yang kurang tepat. Oleh karenanya, saat memasak, siapkan termometer dan pastikan daging diangkat dari wajan setelah sudah siap. Bergantung pada potongan daging yang digunakan, sebagian besar steak yang dimasak dengan cepat hingga sedang menggunakan suhu 140 derajat Celcius.

3. Masak perlahan

Tips ketiga sebenarnya lebih cocok digunakan untuk daging yang terkenal keras seperti daging sandung lamur dan juga bahu babi. Masak dengan perlahan ini berlaku untuk seluruh cara memasak, baik itu merebus atau pun memanggang. Memasaknya secara perlahan akan memecah jaringan ikat pada daging sehingga siap untuk dimakan tanpa membuat rahang Anda pegal karena terus mengunyah.

4. Pukul daging

Daging tertentu seperti daging yang berbentuk kubus baru bisa empuk hanya jika sudah dipukuli dengan palu daging bergerigi. Cara ini berpengaruh sebab dengan memukulnya, serat otot yang membuat daging keras akan terpecah.

5. Marinasi

Marinasi adalah proses pengasinan dengan tujuan memberikan rasa. Namun, tak banyak yang tahu bahwa proses ini juga bisa melunakkan daging.

Dikutip dari laman Distan Pangan Provinsi Bali, bahan alami yang digunakan sebagai marinasi biasanya adalah bahan yang mengandung enzim proteolitik yang berperan untuk mengurai protein.

Bahan alami untuk membuat daging empuk melalui proses marinasi tersebut di antaranya adalah:
    • Jahe
      Untuk menggunakan jahe dalam proses marinasi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan dan memarut jahe. Setelah itu, lumuri daging dengan jahe yang sudah diparut dan diamkan selama 30 menit. Jangan lupa untuk mencuci daging sebelum dimasak untuk mengurangi rasa pedas yang dihasilkan jahe.
    • Daun papaya
      Daun papaya juga mengandung enzim papain yang berguna untuk menguraikan protein dalam daging. Anda bisa memanfaatkan jahe dengan cara meremas daun papaya yang sudah dicuci lalu membungkus daging dengan bahan itu. Diamkan selama 10 hingga 30 menit sebelum dicuci kemudian dimasak.
    • Nanas
      Bila ingin memanfaatkan nanas, lumuri daging dengan parutan buah nanas dan diamkan selama 10-30 menit. Jika Anda menyukainya, Anda bisa memasak daging bersama buah nanasnya.
    • Lemon
      Tak hanya mengempukkan daging, lemon juga bisa memberi sensasi rasa kecut dan segar pada daging. Caranya, peras buah jeruk lemon lalu balurkan airnya perasannya pada daging. Setelah didiamkan selama minimal 30 menit hingga beberapa jam dalam kulkas, barulah masak daging sesuai selera Anda.

Infografik SC Tips Memasak Daging Biar Empuk. tirto.id/Fuad