Bagaimana cara mengeluarkan iCloud di iPhone?

Cara keluar dari iCloud atau ID Apple dan masuk lagi

Ankur Thakur 6 Desember 2021

Tutorial ini menunjukkan langkah-langkah untuk keluar dari iCloud dan ID Apple Anda (keduanya sama) di iPhone, iPad, Apple Watch, dan Mac Anda. Itu juga menyebutkan langkah-langkah untuk masuk lagi. Seluruh prosesnya mudah tetapi memiliki beberapa konsekuensi. Biarkan kami memberi tahu Anda segalanya tentang ini.

Konsekuensi keluar dari iCloud atau ID Apple Anda

Inilah yang terjadi saat Anda keluar dari iCloud atau ID Apple. Harap dicatat bahwa konsekuensinya terbatas pada perangkat itu saja. Anda dapat terus menggunakan layanan iCloud di perangkat Anda yang lain. Juga, setelah Anda masuk lagi, semuanya akan disinkronkan dan berfungsi seperti sebelumnya.

  • Setelah Anda keluar dari ID Apple, Anda tidak dapat menggunakan layanan iCloud apa pun (daftar di bawah).
  • Anda tidak dapat menggunakan iCloud Drive. Akibatnya, jika aplikasi pihak ketiga menyinkronkan data atau menyimpannya di iCloud Drive, itu akan terpengaruh. Contoh: Cadangan WhatsApp.
  • Pembaruan apa pun yang Anda lakukan pada kontak, acara kalender, pengingat tidak akan disinkronkan di antara perangkat Apple lainnya.
  • Tab Safari, penanda, Daftar Bacaan, atau riwayat tidak akan disinkronkan dengan iPhone, iPad, atau Mac Anda yang lain.
  • Anda tidak dapat menggunakan fitur Berkelanjutan seperti Handoff, Universal Clipboard, dan Buka Kunci Otomatis iPhone atau Mac Anda dengan Apple Watch.
  • Apakah Anda memiliki sisa Saldo ID Apple, Apple Cash, atau kredit? Hal-hal ini terkait dengan ID Apple Anda dan bukan perangkat. Hasilnya, Anda dapat menggunakannya di perangkat Apple lainnya. Tetapi jika motif Anda untuk keluar adalah untuk berhenti menggunakan ID Apple ini, mohon diperhatikan bahwa Anda akan kehilangan uang yang ditambahkan di sana. Ini karena akun Apple Cash dan Apple Card Anda tidak dapat ditransfer ke ID Apple lain, Anda juga tidak dapat mengaksesnya menggunakan akun Apple yang berbeda.
  • Apakah Anda menggunakan iCloud+? Setelah keluar dari iCloud, Anda tidak dapat menggunakan Relay Pribadi iCloud, Sembunyikan Email Saya, dukungan Video Aman HomeKit, dan domain email khusus di perangkat ini.
  • Jika Anda menggunakan model seluler Apple Watch, beberapa fitur yang memerlukan nomor telepon seluler tidak akan berfungsi saat Anda keluar dari iCloud.

Daftar hal-hal yang tidak dapat Anda gunakan setelah keluar

Berikut daftar layanan yang tidak dapat Anda gunakan lagi. Untuk memudahkan Anda, kami telah menyebutkan beberapa alternatif untuk layanan tersebut dalam tanda kurung.

Catatan: Hampir setiap layanan memiliki alternatif. Misalnya, jika Anda mematikan Temukan iPhone Saya, Anda mungkin beruntung mendapatkan lokasi iPhone yang hilang menggunakan Riwayat Google Maps Anda. Tapi ini adalah alternatif yang tidak efektif (dan mungkin bodoh). Jadi, kami belum menyebutkan itu.

  • pembayaran apel
  • Temukan Saya
  • Pusat Permainan
  • Foto iCloud (Anda dapat beralih ke Foto Google.)
  • Cadangan iCloud (sekarang Anda dapat mencadangkan menggunakan Mac atau PC Anda.)
  • Rantai Kunci iCloud (Anda dapat menggunakan pengelola kata sandi pihak ketiga.)
  • iCloud Drive (Untuk menyimpan dan melihat file Anda, Anda masih dapat menggunakan Di iPhone Saya atau menambahkan layanan pihak ketiga seperti Google Drive, Dropbox, ke aplikasi File.)
  • iCloud Mail (Gmail, Hotmail, Yahoo adalah alternatif yang sangat baik.)
  • Pintasan iCloud
  • Memo Suara di iCloud
  • Kontak, Kalender, Pengingat iCloud (Anda masih dapat menyimpan ini secara lokal atau menyinkronkannya dari akun Google atau akun lainnya.)
  • iCloud Notes (Anda dapat mengaktifkan Google atau akun lain di aplikasi Notes atau menyimpannya secara lokal. Beberapa alternatif aplikasi Notes pihak ketiga gratis adalah Zoho Notebook, WordPress Simplenote, Google Keep, dan Microsoft One Note.)
  • Pesan di iCloud
  • Aplikasi rumah untuk mengontrol perangkat HomeKit Anda (Gunakan Amazon Alexa, Asisten Google, atau beberapa aplikasi/layanan/hub dari perusahaan aksesori pintar Anda.)
  • Catatan Bersama
  • Album Foto Bersama
  • Halaman Bersama, Numbers, dan dokumen Keynote

Mengapa Anda mungkin ingin keluar dari ID Apple dan masuk lagi

1) Saat meneruskan perangkat Anda ke anggota keluarga, Anda mungkin ingin menghapus ID Apple Anda dan menambahkan ID mereka. Melakukan ini akan memastikan mereka tidak mengedit kontak, pengingat, acara kalender, dan lainnya. Ini juga akan memisahkan data Anda dan pemilik baru.

2) Jika Anda membuat ID Apple baru atau kantor atau sekolah Anda memberikannya, Anda harus keluar dari ID saat ini.

3) Saat iCloud tidak menyinkronkan hal-hal seperti kontak, pengingat, pesan, foto, dan lainnya di seluruh perangkat, keluar dari ID Apple dan masuk adalah solusi yang andal.

4) Jika Anda tidak dapat mengaktifkan iMessage atau FaceTime, menghapus ID Apple dan menambahkannya lagi dapat membantu memperbaiki masalah.

5) Kami, Dukungan Apple, dan situs teknologi lainnya mungkin meminta Anda untuk keluar dari ID Apple dan masuk lagi untuk menyelesaikan beberapa masalah yang terkait dengan perangkat Anda.

Sekarang setelah Anda memiliki ide dasar, berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara keluar dari ID Apple atau iCloud

Di iPhone, iPad, dan iPod touch

Berikut cara berhenti menggunakan iCloud atau ID Apple di perangkat iOS dan iPadOS Anda:

1) Buka Pengaturan dan ketuk nama Anda dari atas.

2) Gulir ke bawah dan ketuk Keluar.

3) Masukkan kata sandi ID Apple Anda untuk menonaktifkan Cari Milik Saya dan ketuk Matikan.

4) Pilih apakah Anda ingin menyimpan salinan data secara lokal di perangkat Anda. Meskipun Anda memilih untuk tidak melakukannya, mereka akan tetap ada di iCloud dan perangkat Apple lainnya. Jika Anda keluar hanya untuk memperbaiki masalah, Anda dapat memilih untuk tidak menyimpan apa pun secara lokal. Saat Anda masuk lagi, semua ini akan disinkronkan dan tersedia di iPhone Anda. Ketuk Keluar dan konfirmasi.

Di Apple Watch

Untuk keluar dari ID Apple atau iCloud di Apple Watch Anda, cukup ikuti langkah-langkah untuk keluar dari iCloud di iPhone yang dipasangkan. Dengan kata lain, setelah Anda keluar dari iCloud di iPhone yang Anda pasangkan dengan Apple Watch, itu juga secara otomatis keluar dari jam tangan.

Di Mac

Berikut cara keluar dari iCloud atau ID Apple di Mac Anda:

1) Klik ikon Apple dari kiri atas dan pilih System Preferences.

2) Jika Anda menggunakan macOS Mojave atau versi lebih baru, klik ID Apple > Ikhtisar. Jika Anda menggunakan macOS High Sierra atau versi lebih lama, klik iCloud di System Preferences.

3) Klik Keluar.

4) Centang kotak yang diinginkan dan klik Simpan Salinan jika Anda ingin menyimpan salinan data iCloud yang ditampilkan secara lokal di Mac Anda. Untuk menyimpan kata sandi Safari Anda, klik Simpan di Mac Ini.

Dapatkah Anda menggunakan App Store, iMessage, dan FaceTime setelah keluar dari iCloud? 

Setelah Anda keluar dari ID Apple atau iCloud, App Store, iMessage, dan FaceTime juga keluar secara otomatis. Namun Anda tetap bisa mengaktifkan iMessage dan FaceTime menggunakan nomor telepon Anda. Anda tidak dapat menggunakan email ID Apple Anda.

Untuk menggunakan App Store guna memperbarui aplikasi yang ada atau mengunduh yang baru, Anda harus masuk. Setelah masuk, Anda dapat memilih apakah Anda ingin mulai menggunakan iCloud atau tidak.

Cara masuk ke ID Apple atau iCloud

Setelah Anda masuk dan mengaktifkan opsi yang sesuai, semua data iCloud Anda akan disinkronkan lagi ke perangkat. Konsekuensi yang kami sebutkan di atas akan hilang, dan Anda dapat mulai menggunakan iCloud dan layanan terkaitnya.

Di iPhone, iPad, dan iPod touch

Berikut cara masuk ke ID Apple atau iCloud di perangkat iOS dan iPadOS Anda:

1) Buka Pengaturan, dan di bagian atas, Anda akan melihat opsi untuk masuk. Ketuk Masuk ke iPhone Anda (iPad, iPod).

2) Masukkan ID Apple dan kata sandi Anda.

3) Saat diminta, masukkan kode verifikasi enam digit yang dikirim di perangkat Apple tepercaya Anda lainnya. Jika Anda tidak memiliki perangkat tepercaya, kode dikirim melalui SMS atau telepon ke nomor telepon Anda.

Di Apple Watch

Setelah Anda masuk ke iCloud di iPhone, itu juga harus masuk di Apple Watch yang dipasangkan. Jika tidak, Anda mungkin diminta memasukkan kata sandi ID Apple Anda. Anda dapat melakukannya di jam tangan. Anda juga dapat membuka app Tonton di iPhone dan ketuk Umum > ID Apple untuk masuk.

Di Mac

  • Buka Preferensi Sistem.
  • Klik Masuk dan masukkan ID Apple dan kata sandi Anda.
  • Jika diminta, selesaikan proses masuk dengan memasukkan kode verifikasi enam digit yang dikirim ke perangkat Apple atau nomor telepon tepercaya Anda.

Sekarang Anda tahu cara keluar dan masuk iCloud dan ID Apple di perangkat Apple Anda. Anda tidak harus sering melakukan ini tetapi hanya dalam situasi yang jarang terjadi atau ketika sebagian besar perbaikan gagal berfungsi.

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2021/12/06/how-to-sign-out-of-icloud-apple-id-sign-in-again/. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.

Bagaimana cara mengeluarkan iCloud dari iPhone?

Cara logout iCloud.
Masuk ke aplikasi Settings - Profile..
Gulirkan atau scroll ke bagian paling bawah dan pilih Sign Out..
Masukkan informasi Apple ID dan Password yang kamu gunakan (Pastikan Anda mengingat ID dan passwordnya).
Pilih data apa saja yang salinannya ingin tetap kamu sediakan di perangkat tersebut..

Bagaimana cara menghapus akun iCloud?

Akses appleid.apple.com dan masuk (sign in) menggunakan ID Apple Kamu. Klik “Edit” yang ada di samping bagian Account. Klik “X” yang ada di samping tiap-tiap alamat surel yang ingin Kamu hapus dari akun tersebut. Ini.

Jika iPhone direset apakah iCloud akan hilang?

Keamanan dan iCloud Password iPhone serta akses ke akun iCloud (untuk logout) dibutuhkan sebelum melanjutkan ke proses reset total. Jika sudah, setelah direset total iPhone dapat secara bebas menggunakan akun iCloud lainnya.

Apakah akun iCloud bisa diganti?

Yap tentu saja akun iCloud bisa diganti. Kamu sendiri bisa mengganti hampir seluruh hal dalam iCloud, seperti email, password, hingga mengeluarkan iCloud dari iPhone dan menggantinya menjadi akun iCloud baru.