Apakah yang dimaksud dengan elemen kering?

Jelaskan perbedaan antara elemen kering dan elemen basah!

Jawab :

Elemen primer merupakan  sumber arus listrik yang bersifat sekali pakai, sedangkan elemen basah adalah sumber arus listrik yang dapat diperbaharui.

Penjelasan :

Elemen listrik dibedakan menjadi dua, yaitu elemen kering (primer) dan elemen basah (sekunder).

A. Elemen Primer

Elemen primer merupakan  sumber arus listrik yang bersifat sekali pakai. Artinya, jika sumber arus tersebut sudah habis energinya, tidak dapat mengisinya kembali dan harus diganti dengan sumber arus yang baru.

1. Elemen Volta

Elemen volta adalah sel elektrokimia yang dapat menghasilkan arus listrik. Bagian-bagian elemen Volta adalah sebagai berikut.

  • Kutub positif (anoda) adalah tembaga (Cu).
  • Kutub negatif (katoda) adalah seng (Zn)
  • Larutan elektrolit adalah asam sulfat (H2SO4)

Apabila elektroda-elektroda seng dan tembaga dimasukkan ke dalam larutan asam sulfat, akan terjadi reaksi kimia yang menyebabkan lempeng tembaga bermuatan listrik positif dan lempeng seng bermuatan listrik negatif.

Hal ini menunjukkan bahwa lempeng tembaga memiliki potensial lebih tinggi daripada potensial lempeng seng. Elektron akan mengalir dari lempeng seng menuju lempeng tembaga.

2. Elemen Daniel

Elemen Daniell memiliki cara kerja yang hampir sama dengan elemen Volta. Akan tetapi, pada elemen Daniell ditambahkan larutan tembaga sulfat (CuSO4) sebagai larutan elektrolit dan campuran serbuk karbon dengan oksida mangan sebagai dispolarisator.

Dispolarisator berfungsi untuk mencegah terjadinya polarisasi. Campuran tersebut akan menyerap gelembung-gelembung gas yang terjadi selama muatan listrik mengalir.

3. Baterai 

Baterai memiliki dua kutub, yaitu kutub positif dan kutub negatif. Kutub positif baterai berupa batang karbon yang dibenamkan ke dalam campuran mangan dioksida (MnO2) dan amonium klorida (NH4Cl).

Kutub negatif baterai adalah lapisan paling luar yang terbuat dari seng (Zn). Sedangkan campuran mangan dioksida berfungsi sebagai zat pelindung elektrolit.

Di antara lapisan paling luar, yaitu seng yang berfungsi sebagai kutub negatif dan campuran mangan dioksida terdapat pasta amonium klorida yang berfungsi sebagai elektrolit.

B. Elemen Sekunder

Elemen sekunder bersifat dapat diperbaharui. Artinya tegangan yang berasal dari elemen sekunder suatu saat akan habis, tetapi masih dapat diisi ulang.

Contoh elemen sekunder adalah akumulator, yang banyak digunakan dalam kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil.

Akumulator sering disebut juga elemen basah. Akumulator atau aki terdiri atas pasangan-pasangan keping timbal dan timbal dioksida, dimana tiap pasangan ini disebut sel.

Setiap pasangan timbal dan timbal dioksida ini mampu memberikan tegangan 2 volt. Kapasitas penyimpanan sebuah aki dapat terlihat berupa tulisan angka pada aki.

Akumulator juga mempunyai dua buah kutub, yaitu kutub positif dan kutub negatif. Kutub negatif akumulator terletak pada timbal dan kutub positif pada timbal dioksida. Timbal dan timbal dioksida dicelupkan ke dalam larutan elektrolit asam

Pencernaan manusia digolongkan menjadi pencernaan mekanik dan mikiawi. Pada bagian manakah yang terjadi proses pencernaan mekanik dan mikiawi? Plis to … long di jawab

wujud alkohol pada suhu 80°c adalah ...., sedangkan wujud air pada suhu 80° adalah....​

semakin lama rokok di bakar maka reaktan semakin(...), dan produk semakin(...)​

please bantu jawab !!!​

a.molekul senyawa dan tuliskan rumus kimianya ,dan ?b .campuran? pliss tolong di jawab ​

lagi sakit DBD+Dirawat :(- Bagaimana cara mencegah penyakit DBD?Berikan contohnya!mau foto tapi takut kalian ngilu :((​

Lengkapilah tabel di bawah ini untuk menyimpulkan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran! tolong ya kak kalo bisa​

tolong di jawab ya besok di kumpulin nya ​

Mengapa penemuan listrik membuat aktivitas malam hari semakin padat​

apa pembahasan dari zat cair?​

Berikut ini merupakan pembahasan tenang salah satu jenis sumber tegangan listrik yaitu elemen kering atau baterai yang pembahasannya meliputi elemen kering, pengertian elemen kering, cara kerja elemen kering, cara kerja baterai, contoh baterai, contoh elemen kering, macam macam elemen kering, macam macam baterai, kelebihan elemen kering, kelebihan baterai, kelemahan elemen kering, kelemahan baterai.

Elemen kering adalah elemen yang apabila habis muatannya maka tidak dapat di beri muatan lagi. Salah satu contoh nya adalah baterai. Susunan dasar elemen kering terdiri atas batang karbon sebagai elektroda positif (kutub positif atau anoda), pembungkus batang karbon yang terbuat dari seng sebagai elektroda negatif (kutub negatif atau katoda), larutan amonium klorida sebagai larutan elektrolit (larutan yang menghantarkan arus listrik), dan mangan dioksida bercampur serbuk karbon sebagai depolarisator, yaitu pelindung larutan elektrolit, perhatikanlah gambar di bawah ini.

Gambar: Elemen Kering
Dua hal penting yang perlu kamu ketahui tentang elemen kering yaitu:
  1. Elemen ini disebut elemen primer karena elemen ini tidak dapat dimuati (diisi atau disetrum) kembali jika muatannya habis, dan
  2. Beda potensial elemen 1,5 V.

Elemen kering pertama kali dibuat oleh Leclance, dan elemen kering yang dibuatnya disebut elemen Leclance. Setelah itu, barulah dibuat elemen kering jenis baru yang waktu hidupnya lebih lama. Kini baterai sebagai sumber tegangan sudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada lampu senter transistor, jam dinding, dan kalkulator.
Beberapa jenis baterai yang dijual di pasaran, antara lain sebagai berikut: Merupakan perkembagan utama dari baterai kering dan memiliki kapasitas yang lebih besar. Sel ini memiliki anode raksa oksida dan katode campuran seng raksa. Waktu hidupnya cukup lama dan memberikan tegangan yang konstan pada beban yang berbeda. Anodenya terbuat dari mangan dioksida dan katode dari lithium. Kapasitasnya cukup besar dan waktu hidupnya lama. Banyak digunakan dalam jam, kalkulator, dan permainan game watch.

Elemen Volta dan elemen kering disebut elemen primer karena bila energi kimia sudah habis seluruhnya diubah menjadi energi listrik, tidak dapat dikembalikan lagi untuk menghasilkan energi kimia.

Jadi, elemen-elemen di atas hanya sekali pakai. Lain halnya dengan sumber tegangan yang akan dibahas, yaitu akumulator.

Apa sih yang dimaksud dengan kata atau istilah elemen kering? Glosarium.org mengumpulkan beberapa pengertian atau arti dari kata tersebut pada beberapa kamus dan subjek berikut ini: Kelistrikan, dll.

Kita sajikan artinya menggunakan tabel berdasarkan bidang maupun kamusnya, dengan maksud untuk mempermudah penjelasan kata elemen kering.

Subjek Definisi
Kelistrikan ? elemen kering : Sebutan lain untuk batu baterai
Definisi ?


Jika kesulitan untuk melihat tabel pada pengguna peramban mobile, saya sarankan untuk mencoba mengusap slide tabelnya ke arah kiri atau menggunakan mode lanskap agar tabel menjadi lebih lebar.

Mengenai definisi kata-kata yang ada pada situs ini semuanya memiliki sumber, oleh karena itu, bagi yang membutuhkan sumber artinya, dapat menghubungi pihak website ini melalui email, facebook, twitter, dan juga Youtube Channel. Akan tetapi dibutuhkan waktu setidaknya satu minggu prosesnya.

Semoga bermanfaat ulasan sederhana ini mengenai arti dari kata elemen kering. Dalam kesempatan selanjutnya mungkin kata ini akan dilengkapi dengan contoh penggunaan kata dan juga penjelasan yang lebih lengkap dan interaktif melalui video.

Jangan lupa juga Subscribe Youtube channel kita di Glosarium Online ya guys! untuk Update kata-kata menarik, viral dan populer yang ada di situs ini.


Istilah Umum | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata elemen kering | artinya apaan sih? | apa maksud perkataan | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia | Kata-kata viral