Apakah nama aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata atau teks?

Saat ini semakin banyak orang yang membutuhkan aplikasi pengolah kata untuk menunjang pekerjaan dan study.

Tidak hanya penulis artikel, copywriter, atau script writer, aplikasi pengolah kata juga banyak digunakan oleh para peneliti, dosen, mahasiswa hingga digital marketer untuk menyiapkan dan mengelola kata.

Jika jaman dulu kita hanya mengenal Microsoft Word saja, saat ini sudah ada belasan atau bahkan puluhan aplikasi alternatif yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Menariknya, berbagai software pengolah kata gratis tersebut mayoritas bisa didapatkan secara cuma-cuma melalui internet tanpa perlu membayar lisensi atau istilah teknisnya disebut sebagai GPL.

Berikut merupakan ulasan selengkapnya terkait daftar aplikasi pengolah kata terbaik beserta fungsinya.

Fungsi Aplikasi Pengolah Kata

Fungsi Aplikasi Pengolah Kata

Ada banyak fungsi yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi pengolah kata, berikut beberapa fungsi dari aplikasi pengolah kata yang sering kita gunakan saat ini:

  1. Memproduksi Dokumen
  2. Penyuntingan Dokumen
  3. Mengarsipkan Dokumen
  4. Mengubah Format File
  5. Desain layout Dokumen

Selain itu masih ada fungsi lain yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi-aplikasi pengolah kata.

Contoh Aplikasi Pengolah Kata

Contoh Aplikasi Pengolah Kata

1. Microsoft Word

Tidak bisa dipungkiri lagi jika Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata terbaik yang ada di abad ini.

Sahabat Qwords bisa leluasa berkreasi menggunakan software garapan Microsoft ini untuk kebutuhan pribadi maupun profesional.

Aplikasi Microsoft Word bisa didapatkan dengan membeli lisensi Microsoft Office yang dibanderol sekitar Rp 2,5 jutaan atau Anda bisa langsung mengunjungi website resminya di Microsoft.com.

Untuk tutorialnya aplikasi buatan Microsot ini paling lengkap dan familiar untuk digunakan.

2. Microsoft 365

Microsoft-365

Aplikasi pengolah kata selain Microsoft Word ada Microsoft 365 atau sebelumnya dikenal sebagai Office 365 adalah salah satu bagian inovasi Microsoft dalam menghadirkan layanan software produktivitas handal.

Secara umum, ketika berlangganan Microsoft 365 Anda akan mendapatkan akses untuk Excel, PowerPoint, Word, hingga fasilitas penyimpanan berbasis cloud di OneDrive.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh kalangan profesional karena teknologinya yang sudah terintegrasi dengan internet.

Sehingga membantu peningkatan efektivitas dan kolaborasi antar divisi meskipun berada di tempat berbeda-beda.

Tertarik untuk mencoba layanan Microsoft 365? Sahabat Qwords bisa berlangganan platoform produktivitas ini melalui Qwords.com dengan harga mulai dari Rp130 ribuan perbulan.

Harga tersebut sudah termasuk fitur penyimpanan cloud sebesar 1TB, space email 50GB, serta akses video conference melalui Microsoft Teams.

Baca juga: Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Microsoft 365

3. Pages

Pages merupakan aplikasi pengolah kata profesional yang tersedia secara eksklusif hanya untuk pengguna produk Apple (Mac OS).

Software ini sangat nyaman digunakan untuk membuat draft artikel, laporan harian, atau proposal untuk kebutuhan bisnis perusahaan.

Untuk mengakomodir kolaborasi dengan tim, Pages juga memberikan fitur export dalam berbagai jenis file, mulai dari .Doc, .Docx, .PDF, .TXT, dan lain sebagainya.

Aplikasi Pages tersedia secara gratis tanpa perlu membayar biaya lisensi kepada developer, namun sayangnya tidak semua sistem operasi mendukung software ini.

4. Docs To Go

Docs To Go

Meski sudah tersedia aplikasi Google Docs dan Microsoft Word versi mobile, namun Docs To Go masih sangat layak untuk menjadi aplikasi pengolah kata sederhana.

Terutama bagi sahabat Qwords yang memiliki mobilitas tinggi.

Docs To Go bisa dibilang sebagai aplikasi legend yang sejak dulu banyak digunakan oleh para pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran hingga karyawan untuk melakukan editing dokumen.

Jadi, fitur-fiturnya tentu sudah tidak diragukan lagi kehandalannya.

5. Notepad

Hadir sebagai aplikasi native di paket sistem operasi Windows, notepad bisa digunakan untuk mengolah teks atau dokumen sederhana yang tidak memerlukan atribut tambahan.

Di dunia professional, Notepad sendiri banyak dimanfaatkan untuk menulis catatan meeting, LOG modifikasi software atau aplikasi.

Sementara bagi para blogger, notepad bisa digunakan untuk membantu edit file XML serta menetralisir format dokumen yang di-copy dari jenis file lain.

6. Google Docs

Google Docs

Dengan tampilan antarmuka yang hampir sama dengan Microsoft Word, Google Docs saat ini menjelma menjadi aplikasi word processor yang populer di kalangan profesional.

Selain dari segi tampilan yang mudah digunakan, layanan yang tersedia secara gratis juga turut mendongkrak popularitas Google Docs di berbagai kalangan.

Menariknya, dokumen teks yang dikerjakan menggunakan Google Docs bisa dibagikan secara langsung ke semua orang tanpa perlu mengupload ulang.

Hal ini disebabkan karena cara kerja Google Docs yang sepenuhnya terintegrasi secara online.

7. Ez Word

Bicara soal aplikasi pengolah dokumen dan kata, tidak bisa dilepaskan dari kehadiran Ez Word.

Program ini awalnya dikembangkan oleh Andrew User Interface System, sebuah proyek kerjasama antara IBM dan Carnegie Mellon University untuk sistem operasi Linux.

8. Open Office Writer

Open Office writer merupakan aplikasi yang hadir dengan lisensi General Public License (GPL) sehingga bebas digunakan oleh siapapun tanpa perlu membayar biaya berlangganan.

Dari segi fitur, sahabat Qwords bisa menggunakan Open Office writer layaknya Microsoft Word dengan kemampuan format teks hingga fleksibilitas dalam menyimpan jenis file dokumen.

9. Atlantis Word Processor

Nama Atlantis Word Processor memang masih kalah tenar jika disandingkan dengan Pages atau Microsoft Word.

Akan tetapi, aplikasi ini cukup layak dijadikan sebagai alternatif pengolah kata untuk Anda yang memiliki hobi membuat dokumen.

Salah satu daya tarik yang membuat Atlantis Word Processor banyak digunakan adalah kemampuannya dalam memproses kata-kata sederhana menjadi penuh makna.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini secara mobile karena bisa digunakan dan disimpan dalam USB drive.

10. WPS Writer

WPS Writer adalah salah satu rival terkuat yang menjadi pesaing Microsoft Word. Aplikasi ini biasa digunakan untuk pengolah dokumen karena menawarkan fitur yang hampir sama seperti Ms Word.

Saat ini WPS Writer sendiri sering dimanfaatkan bagi para pekerja profesional yang masih belum bisa membeli lisensi Microsoft Office original.

Bahkan, dalam beberapa kasus ada pula distributor laptop atau notebook yang secara gratis memberikan paket WPS Writer kedalam perangkat yang dijual.

Selain 10 aplikasi pengolah kata diatas, masih ada beberapa aplikasi yang tidak kalah menarik seperti Google Workspace, Libre Office, iWork, FreeOffice, Polaris Office, Polaris Office, TextMaker, AbiWord dan sebagainnya.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Kesimpulan

Selain daftar di atas, sebenarnya masih ada banyak aplikasi pengolah kata lainnya yang bisa sahabat Qwords gunakan.

Namun, untuk mengakomodir kebutuhan profesional rasanya berbagai aplikasi di atas sudah cukup lengkap. Tinggal dipilih saja salah satu yang cocok untuk menunjang pekerjaan.

Sementara itu, jika sahabat Qwords merupakan tipe pengguna yang berkolaborasi serta memiliki mobilitas tinggi, sangat disarankan untuk menggunakan Microsoft 365 sebagai platform pengolah kata.

Selain karena sudah dibekali dengan kapasitas penyimpanan besar, platform ini juga relatif populer dan mudah digunakan.

Tertarik menggunakan Microsoft 365? Anda bisa membeli lisensinya secara resmi di Qwords.com mulai dari Rp 130 ribuan perbulan.

Semoga bermanfaat.

Apa nama aplikasi pengolah kata?

Microsoft Word adalah program pengolah kata berupa software aplikasi yang berfungsi untuk membuat tulisan dengan berbagai macam format, seperti surat, laporan, jurnal, dan sebagainya. Microsoft Word merupakan aplikasi yang masih dalam satu bagian pada paket Microsoft Office milik perusahaan Microsoft.

Apakah Word termasuk aplikasi pengolah kata?

Fungsi utama dari microsoft word adalah membantu kita dalam mengolah kata jadi seperti pengertian di atas Ms word memang di khususkan untuk pengolahan kata. ms word berperan sebagai alat bantu user /pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan terkait kata/teks/dokument/surat-menyurat dan lainya.