Apakah madu baik untuk ginjal

Jurnal Makassar - Simak ungkapan dr. Zaidul Akbar tentang bahaya minum madu dengan cara yang salah. Bahkan dengan cara yang salah itu dapat memicu kerusakan ginjal yang parah bila diteruskan.

Seperti diketahui, madu merupakan salah satu minuman atau bahan herbal yang banyak dikonsumsi demi tujuan kesehatan. Akan tetapi, meminum madu dengan cara yang salah justru bisa saja menyebabkan penyakit.

Oleh karena itu, sangat penting memahami resiko yang bisa saja dialami dengan cara segera menghindari cara minum madu yang salah.

Baca Juga: dr Zaidul Akbar Ungkap Resep Obat Herbal yang Bisa Sembuhkan Vertigo

Baca Juga: Sejarah Awal dan Amalan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, 4 Sholawat Ini Buat Rezeki Mengalir Terus

Seperti yang dilansir Jurnalmakassar.com dari kanal Youtube Sobat Herbal, madu memang merupakan salah satu bahan alami yang paling sehat di dunia.

Hal tersebut dikarenakan madu memiliki sari-sari berbagai macam tumbuhan yang diserap oleh lebah.

Selain itu, madu banyak dikonsumsi banyak orang karena madu merupakan jenis herbal yang rasanya yang manis.

Baca Juga: Jadwal Cair Bansos PKH Oktober Tahap 4 Bisa Dipantau Lewat HP Melalui Laman cekbanos.kemensos.go.id

Jakarta, CNBC Indonesia - Madu hitam merupakan jenis madu yang berasal dari nektar bunga mahoni, sehingga warnanya cenderung lebih hitam dan pekat. Bila dibandingkan dengan madu yang berwarna kuning, madu hitam mungkin lebih jarang dikonsumsi.

Tidak hanya berwarna hitam, rasanya pun cenderung lebih pahit dari madu lainnya. Adapun sumber rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkaloid yang biasa terdapat pada pohon mahoni.

Berikut adalah sejumlah manfaat dari madu hitam untuk kesehatan yang dirangkum CNBC Indonesia.

1. Mengatasi maag

Madu hitam dapat membantu mengatasi maag atau sindrom dyspepsia. Madu sendiri pada umumnya memiliki sifat dasar sebagai antibiotik, sehingga membantu mengurangi gejala tukak lambung, yang salah satunya bisa diakibatkan adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori.

2. Pengobatan diabetes

Madu hitam diklaim baik untuk penderita diabetes. Ini lantaran madu hitam memiliki kandungan alkaloid yang tinggi dan kadar glukosa yang rendah sehingga kemungkinan besar tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis.

3. Menjaga kesehatan kulit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu dapat membantu proses penyembuhan luka di kulit, sehingga bisa juga digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat.

Selain itu, madu hitam juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Khasiat ini bisa Anda rasakan berkat madu hitam yang dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah karena sifat eksfoliasinya. Cobalah untuk mengoleskan madu hitam pada wajah Anda maksimal dua kali seminggu. Jangan lupa pula untuk memakai minyak zaitun untuk menjaga kelembapan pada wajah setelah diolesi madu hitam.

4. Obat asam urat

Penyakit asam urat menjadi salah satu gangguan persendian yang sering dialami sejumlah orang. Hal ini bisa Anda rasakan apabila kadar asam urat (uric acid) dalam tubuh terlalu tinggi, sehingga persendian akan terasa sakit, bengkak, dan kemerahan.

Madu hitam diklaim memiliki khasiat untuk mengatasi masalah asam urat. Bahan makanan ini dapat menetralisir senyawa purin dalam tubuh.

5. Untuk gangguan pencernaan

Madu hitam dipercaya mampu untuk menetralkan kadar asam lambung, sehingga apabila Anda mengonsumsi makanan yang bersifat asam ataupun pedas, lambung akan tetap terlindungi dengan rutin mengonsumsi madu hitam.

6. Meningkatkan Fungsi Ginjal dan Hati

Ginjal merupakan salah satu organ vital yang berperan penting bagi tubuh. Terganggunya fungsi ginjal dan hati dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Madu hitam dipercaya sampai saat ini sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan ginjal dan hati pada tubuh Anda.

Konsumsi madu hitam secara rutin agar fungsi ginjal dan hati Anda tetap terjaga dan dapat bekerja secara maksimal.

[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

Semua orang tentunya tahu tentang madu. Cairan kental manis dan legit ini sangat lazim dikonsumsi oleh orang dewasa dan juga anak – anak. Namun dibalik rasanya yang enak ini ternyata madu mengandung banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Selain untuk menjaga kesehatan, madu mampu untuk mengatasi penyakit berat seperti batu ginjal. Benarkah madu mampu untuk mengatasi banyak penyakit berat?tentu saja bisa dan hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang.

(Baca juga : Makanan dan minuman penghancur batu ginjal – Penyebab batu ginjal – Bahaya batu ginjal)

Madu dipercaya mampu untuk mengatasi berbagai penyakit seperti diare, kanker, batu ginjal, kolesterol, dan lain sebagainya. Bukti medis menyebutkan bahwa madu sebagai obat alamiah yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Namun pada artikel kali ini akan dijelaskan khasiat madu untuk penderita batu ginjal. (Baca : Bahaya diare – Gejala diare)

Manfaat Madu untuk Penderita Batu Ginjal

Madu memiliki beberapa kandungan yang dibutuhkan oleh ginjal ketika mengalami kerusakan. Kandungan tersebut antara lain pollen, royal jelly, dan juga propolis yang menyediakan mineral dan vitamin untuk metabolisme ginjal pada saat ginjal tersebut mengalami gangguan. Madu juga mampu untuk meregenerasi sel dan memperbaiki bagian – bagian ginjal yang rusak. Banyak kasus kelainan ginjal yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi madu.  Berikut akan diuraikan beberapa manfaat madu untuk batu ginjal :

  1. Madu merupakan sumber antioksidan – Sehingga akan melindungi ginjal dari radikal bebas. Radikal bebas bisa membuat kondisi batu ginjal semakin parah. (Baca juga : Akibat kelebihan antioksidan – Makanan yang mengandung antioksidan)
  2. Dengan rutin mengkonsumsi madu mampu mengurangi frekuensi mencuci darah akibat gagal ginjal dan untuk batu ginjal mampu mengecilkan massa batu ginjal. (Baca juga : Efek samping cuci darah – Bahaya darah kental – Ciri ciri gagal ginjal)
  3. Madu mampu untuk meregenerasi sel dan mampu memperbaiki jaringan ginjal yang rusak akibat batu ginjal. (Baca juga : Cara mencegah batu ginjal – Pantangan batu ginjal  – Gejala batu ginjal)
  4. Memberikan proteksi pada ginjal dari induksi etanol, metanol, aspirin, dan zat lainnya. (Baca juga : Cara menjaga kesehatn ginjal)

Cara Mengkonsumsi Madu

Sebelum memutuskan untuk melakukan terapi madu perlu diperhatikan seberapa besar kerusakan pada ginjal. Kita perlu melihat seberapa parah indikator kerusakan ginjal atau angka kreatinin. Angka normal berkisar pada nominal 1,4. Kreatinin ialah hasil sisa perubahan keratin fosfat dalam otot. Kreatinin dapat menjadi racun dan mengendap dalam darah apabila ginjal sedang mengalami gangguan. Mengkonsumsi madu dapat dilakukan apabila angka kreatin menunjukkan nominal dibawah 1,4 dan mengkonsumsi madu berfungsi untuk mendongkrak angka kreatin menuju angka normal. Sedangkan apabila kreatinin sudah berada diatas 1,4 maka madu bisa dikonsumsi sebagai pelengkap dari obat yang diresepkan.

Banyak penderita ginjal yang gagal dalam melakukan pengobatan dengan madu karena mereka masih saja mengkonsumsi minuman yang mengandung zat kimia seperti alkohol. Penyakit pada ginjal bisa terjadi apabila ginjal terlalu lelah dalam menyaring sisa metabolisme.

(Baca juga : Bahaya minum alkohol 70 persen – Efek bahaya alkohol)

Maka dari itu selain mengkonsumsi madu, perlu dikurangi mengkonsumi minuman  yang mengandung zat kimia. Rutin mengonsumsi air putih akan menjadi pilihan terbaik selain mengkonsumsi madu. Namun dianjurkan untuk mengkonsumsi madu tanpa dicampur apapun. Ini adalah tips mengkonsumsi madu yang baik :

  • Mengonsumsi madu asli dan tidak bercampur zat apapun. Karena madu yang dicampur zat lain akan mengurangi kualitas madu itu sendiri. ( Baca : Cara membedakan madu asli dan palsu )
  • Mengonsumsi saat pagi hari sebelum sarapan dan ketika malam menjelang tidur. Meskipun begitu madu tetap dapat dikonsumsi kapan pun, karena madu memiliki banyak kelebihan untuk kesehatan tubuh. ( Baca : Kopi bagi penderita ginjal )
  • Mencampurkan madu dengan air liur agar madu mudah dicerna oleh lambung.
  • Dicampurkan dengan air. Namun gunakan air yang tidak panas dan juga tidak dingin, karena air yang panas dan dingin bisa merusak kandungan yang ada dalam madu.
  • Meminumnya dengan posisi duduk, hal ini untuk membantu ginjal karena meminum dengan posisi duduk menghidari kita terkena penyakit ginjal. ( Baca : Cara mencegah sakit ginjal – Ciri ciri penyakit ginjal )
  • Jangan lupa doa.

Fakta Ginjal

Berikut ini adalah fakta tentang ginjal yang harus diketahui:

  • Organ tubuh yang memiliki fungsi sebagai penyaring sisa metabolisme dan mengeluarkannya dari tubuh dalam bentuk urin adalah ginjal.
  • Ginjal akan rusak jika tubuh banyak kemasukan zat-zat kimia seperti zat pewarna, zat perangsang, zat penguat rasa zat pengawet dan juga obat-obatan kimia.
  • Kerusakan pada ginjal akan terjadi jika ginjal berkerja terlalu keras sehingga menimbulkan rasa sakit pada penderitanya.
  • Ginjal yang mengalami kerusakan akan menyebabkan nyeri pinggang dan jika sudah parah akan mengalami kencing berdarah dan bernanah.

Itulah manfaat madu bagi penderita batu ginjal. Madu bisa dikonsumsi sehari-hari untuk pencegahan terhadap penyakit. Selain itu meminum madu setiap hari mampu menambah vitalitas tubuh agar tidak mudah sakit. Madu juga baik dikonsumsi untuk anak-anak. Demikian artikel tentang madu untuk penderita batu ginjal semoga bermanfaat dan terima kasih.

Apakah penyakit ginjal boleh minum madu?

Madu juga membantu regenerasi sel untuk memperbaiki jaringan rusak di ginjal. “Banyak kasus kelainan ginjal ringan bisa sembuh dengan konsumsi madu. Bahkan, pada beberapa kasus dapat mengurangi frekuensi cuci darah akibat gagal ginjal,” kata Lutfi.

Siapa saja yg tidak boleh minum madu?

Madu dapat mengurangi efektivitas efek obat dan meningkatkan efek samping obat tersebut..
Bayi. Bayi tidak disarankan mengonsumsi madu karena mengandung spora bakteri yang disebut clostridium botulinum. ... .
Penderita Diabetes. Penderita diabetes juga tidak disarankan mengonsumsi madu..

Penyakit apa saja yang bisa disembuhkan oleh madu?

Selain itu, ada juga beberapa manfaat madu lain yang bisa Anda peroleh, yaitu:.
Menangkal radikal bebas. ... .
Meningkatkan imunitas tubuh. ... .
Meredakan batuk. ... .
Mempercepat penyembuhan luka. ... .
Menjaga kesehatan sistem pencernaan. ... .
6. Menjaga kesehatan jantung..

Madu hitam Apakah baik untuk ginjal?

Meningkatkan Fungsi Ginjal dan Hati Madu hitam dipercaya sampai saat ini sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan ginjal dan hati pada tubuh Anda. Konsumsi madu hitam secara rutin agar fungsi ginjal dan hati Anda tetap terjaga dan dapat bekerja secara maksimal.