Apakah ibu habis melahirkan Wajib Pakai korset?

Sebagian ibu memilih menggunakan korset setelah melahirkan agar tubuhnya bisa segera kembali ke bentuk semula. Korset tersebut dirancang sebagai penyangga yang dikenakan di sekitar perut dan pinggul atas untuk menopang inti dan dasar panggul.

Tekanan yang diberikan korset ini tidak menyakitkan dan difungsikan untuk menahan otot sekaligus ligamen pada tempatnya sehingga mempercepat pemulihan setelah melahirkan.

Manfaat menggunakan korset setelah melahirkan

Sebuah penelitian medis menunjukkan bahwa menggunakan korset pascamelahirkan dapat membantu memperkuat inti tubuh dengan aman dari waktu ke waktu, terutama bila disertai dengan terapi fisik.

Sejumlah manfaat menggunakan korset setelah melahirkan yang mungkin Anda dapatkan, yaitu:

  • Mempercepat pemulihan 
  • Memperbaiki postur dan mobilitas
  • Menstabilkan dasar panggul
  • Menyangga otot perut agar lebih nyaman
  • Mendorong aliran darah
  • Mengurangi sakit punggung
  • Mengurangi pembengkakan dan retensi cairan
  • Membantu terlihat lebih langsing secara instan.

Korset ini juga ideal bagi Anda yang menjalani pemulihan pascaoperasi caesar atau yang mengalami diastasis recti. 

Orang yang melahirkan secara caesar umumnya menjalani pemulihan yang lebih lama karena sayatan yang dibuat untuk mengeluarkan bayi turut memotong beberapa lapisan otot dan jaringan. 

Foto: Moms, Apakah Perlu Penggunaan Korset Pasca Melahirkan.jpg (https://babycastanonboard.com/)

Foto: babycastanonboard.com

Menggunakan korset setelah melahirkan sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter.

Moms perlu mengetahui apa saja manfaat dari penggunaan korset setelah melahirkan.

Pembahasan membentuk tubuh agar kembali ke bentuk semula diterbitkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Gynecology and Obstetrics.

Bagi yang melahirkan dengan proses caesar, korset ini direkomendasikan apabila mengalami sakit parah seperti masalah punggung yang memburuk selama kehamilan agar mengurangi rasa nyeri.

Menggunakan korset setelah melahirkan dapat menjaga lingkar pinggang seperti semula dan tidak perlu banyak waktu tambahan untuk berolahraga.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Kembali Langsing Usai Melahirkan

Kerugian Korset

Foto: Moms, Apakah Perlu Penggunaan Korset Pasca Melahirkan 2.jpg (https://cafemomstatic.com/)

Foto: cafemomstatic.com

Penggunaan korset setelah melahirkan tidak melulu memberikan manfaat, namun juga memunculkan efek samping. Korset yang dipakai bisa saja bersifat ketat, kaku, dan tidak nyaman untuk dipakai.

Penggunaan korset yang seperti ini akan mengganggu sirkulasi darah, sesak napas, dan dapat menyebabkan susah buang air besar.

Kemudian juga akan mengakibatkan kandung kemih menjadi turun dan akan sering buang air kecil.

Menggunakan korset setelah melahirkan dapat menurunkan aliran darah di perut yang berdampak memperlebar jahitan atau justru menyebabkan radang.

Akibat lainnya akan muncul seperti penyakit saluran cerna, penyakit ginjal, dan sakit perut.

Baca Juga: 4 Jenis Jamu Alami untuk Dikonsumsi Setelah Melahirkan, Bikin Langsing dan Bugar

Waktu Penggunaan dan Jenis Korset

Foto: Moms, Apakah Perlu Penggunaan Korset Pasca Melahirkan 3.jpg (https://www.babycentre.co.uk/)

Foto: babycentre.co.uk

Moms dapat memakai korset apabila dokter telah merekomendasikan untuk memakainya. Dokter akan merekomendasikan jenis korset dan menjelaskan bagaimana pemakaian yang tepat.

Biasanya waktu rata-rata pemakaian korset ini sekitar 4-6 minggu. Biasanya dokter akan merekomendasikan korset jenis gaya universal, pull-up, korset seperti celana pendek, dan bandage skirt.

Korset dengan gaya universal ini memungkinkan Moms memakainya selama atau setelah kehamilan. Saat proses kehamilan, Moms memakai sisi sempit, dan kebalikannya saat setelah kehamilan.

Menggunakan korset setelah melahirkan dengan gaya pull-up ini seperti korset prenatal dengan bagian pinggang lebih tinggi. Biasanya korset dengan jenis ini akan terbuat dari bahan tebal dan nyaman digunakan.

Baca Juga: Minum Jamu Pelangsing Badan, Apakah Aman?

Kemudian untuk korset dengan desain seperti celana pendek ini memiliki bagian pinggang tinggi dan dapat menutupi paha hingga lutut.

Korset ini akan membantu juga membentuk pantat dan paha.

Sementara korset dengan model bandage skirt memiliki desain seperti sabuk lebar dengan pengencang yang akan dipasang pada bagian atas celana dalam dan akan membungkus pinggul dan pinggang.

Seperti yang sudah disebutkan, konsultasi dengan dokter akan menjadi hal penting sebelum penggunaan korset setelah melahirkan dilakukan.

Apakah boleh setelah melahirkan tidak pakai korset?

Penggunaan korset setelah melahirkan tidak diwajibkan. Bahkan jika wanita melahirkan secara caesar justru tidak boleh menggunakan korset dulu. Penggunaan korset sebanranya hanya ditujukan agar perut cepat rata kembali. Namun faktanya perut akan mengecil dengan sendirinya meskipun tanpa penggunaan korset.

Berapa lama ibu harus memakai korset setelah melahirkan?

Bagi Mama yang melahirkan secara normal, dapat menggunakan korset setidaknya satu hari setelah melahirkan. Bagi Mama yang melahirkan secara caesar atau C-section, dapat menggunakan korset setelah luka jahitan benar-benar sembuh dan mengering.

Berapa lama perut akan kembali normal setelah melahirkan?

Penyebab Perut Buncit Setelah Melahirkan Nah, setelah melahirkan, rahim akan mengecil dan kembali ke keadaan seperti sebelum hamil. Mengecilnya rahim ini dipengaruhi oleh perubahan hormonal yang membutuhkan waktu sekitar 6–8 minggu.

Kapan waktu yang baik untuk memakai korset?

Waktu yang Tepat Memakai Korset Penggunaan korset yang efektif biasanya ketika sedang beraktivitas. Anda bisa memakainya ketika sedang bekerja dan berolahraga. Pada pemakaian pertama biasanya belum terasa efeknya. Bahkan anda juga akan merasakan ketidaknyamanan saat menggunakannya.