Apakah boleh memakai masker saat berjerawat?

Memakai masker saat pandemi berefek pada masalah kulit seperti jerawat. Berikut sejumlah cara agar tak berjerawat saat pakai masker.(Foto: iStockphoto/LeoPatrizi)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi Covid-19 membuat setiap orang mesti memakai masker untuk mencegah infeksi virus corona. Maskerbahkan bisa dipakai seharian penuh saat berada di luar ruangan.

Efek pemakaian masker dalam waktu yang lama ini dapat menimbulkan masalah kulit seperti jerawat dan ruam. Bahkan muncul fenomena maskne (mask acne) atau jerawat yang muncul karena penggunaan masker. Berikut cara agar tak berjerawat saat pakai masker.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Pondok Indah, Susie Rendra menyebut penggunaan masker memang bisa memicu berbagai permasalahan kulit. Mulai dari jerawat hingga ruam di sekitar wajah yang tertutup masker.

"Permasalahan kulit ini memang bisa muncul karena saat pakai masker. Kan pengap, keringat, dan istilahnya itu ngelekeb," kata Susie dalam webinar Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Pandemi, Kamis (26/8).

Belum lagi uap air yang semakin banyak tertahan di balik masker dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jerawat di kulit.

Cara agar tak berjerawat saat memakai masker adalah dengan mengurangi berbicara. Berbicara membuat uap air semakin banyak di masker.

"Salah satu yang dikerjakan selain mengganti masker atau hal-hal lain, yang harus dikurangi adalah berbicara. Karena semakin banyak bicara uap air yang diproduksi banyak," kata Susie.

Berbicara secukupnya adalah salah satu hal yang bisa dilakukan agar tak hanya terhindar dari Covid-19 tapi juga bisa meminimalisir gangguan kulit yang bisa menyerang area wajah Anda.

Tips lainnya yang dibagikan Susie adalah dengan rutin mengganti masker setiap tiga hingga empat jam sekali. Anda juga dianjurkan mencuci muka setiap kali akan mengganti masker. Cucilah muka dengan air bersuhu normal. Jangan gunakan air hangat atau air panas karena dapat menyebabkan iritasi.

"Kurangi juga penggunaan make up selama Anda pakai masker agar kulit tidak lembap karena keringat dapat bercampur dengan make up yang tertutup masker," kata Susie.

Itulah cara agar tak berjerawat saat memakai masker di masa pandemi Covid-19. Pastikan Anda selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan untuk mencegah Covid-19.

(tst/ptj)

[Gambas:Video CNN]

Suara.com - Gunakan Masker saat Berjerawat Bisa Memperparah Masalah Kulit?

Masalah jerawat memang bikin tak nyaman. Namun, di tengah jerawat yang meradang bolehkah menggunakan masker untuk perawatan wajah.

Masker peel off termasuk salah satu jenis masker yang kerap digunakan dengan tujuan agar jerawat yang bernanah bisa terangkat. Namun tunggu dulu, Anda tak bisa sembarangan lho pakai masker peel off saat sedang jerawatan. Berikut Hello Sehat paparkan alasannya.

Masker peel off adalah jenis masker yang perlu dilepaskan setelah digunakan karena menempel di kulit. Maksudnya, tak seperti masker oles yang harus dicuci dengan air, masker peel off bisa langsung Anda kelupas setelah digunakan.

Baca Juga: Anak Lahir dari Cinta Terlarang, Kakak-Adik Diusir dan Nyaris Diamuk Warga

Ketika masker dikelupas, lapisan kulit teratas (stratum korneum) biasanya akan ikut terangkat. Dengan begitu, lapisan kulit mati akan terangkat sehingga kulit yang lebih muda bisa menggantikannya. Inilah yang menjadi daya pikat masker peel off dibandingkan dengan jenis masker lain yang serupa seperti sheet mask.

Cara ini tentu tak ada masalah jika dilakukan pada kulit yang sedang dalam kondisi baik. Akan tetapi, pada kulit yang sedang berjerawat hal ini sama sekali tidak dianjurkan.

Ketika jerawat sedang meradang, Anda tak boleh melakukan hal-hal yang bisa memperparah peradangan. Ya, pakai masker peel off saat jerawatan bisa memperparah peradangan. Apalagi jika dilakukan dengan tujuan agar jerawat pustula atau yang bernanah bisa ikut terangkat.

Alih-alih nanahnya keluar, kulit malah bisa luka dan infeksi. Hal ini justru bisa memicu munculnya bekas atau bopeng jerawat. Oleh karena itu, ketimbang pakai masker peel off lebih baik gunakan obat jerawat khusus yang sesuai dengan kondisi saat itu.

Kapan sebaiknya menggunakan masker peel off?

Baca Juga: Dhawiya Ungkap Asmara Raffi Ahmad dengan Asha Shara

Masker peel off sebaiknya digunakan untuk jerawat tipe komedonal. Ketika Anda memiliki banyak komedo di wajah, masker peel off bisa jadi pilihan yang tepat karena bisa membantu mengangkat komedo membandel. Selain itu, sel kulit mati pun bisa terangkat sehingga mencegah sumbatan di pori yang akan membentuk komedo baru.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tidak dianjurkan pakai masker peel off saat kulit sedang meradang atau jerawatan. Tahan dulu keinginan untuk menggunakan masker jenis ini saat kulit sedang mengalami peradangan baik karena jerawat, penggunaan krim, dan sebab lainnya.

Jika kulit wajah sedang meradang, langkah yang paling tepat dilakukan yaitu meredakan peradangannya terlebih dahulu. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya atau mengompres wajah dengan air dingin untuk meredakannya.

Jenis masker yang cocok dipakai saat berjerawat

Lantas, masker apa dok yang cocok dipakai saat berjerawat? Pertanyaan ini mungkin menjadi hal yang masih belum terjawab di benak Anda.

Saran saya, jika jerawat tidak sedang meradang atau tipe komedonal, gunakan masker yang mengandung AHA dan BHA. Kedua bahan aktif ini sangat baik untuk membantu mengurangi komedo penyebab jerawat.

Selain AHA dan BHA, Anda juga bisa menggunakan masker berbahan tea tree. Tea tree memiliki potensi sebagai antimikroba dan antiradang ringan.

Tak hanya itu, bahan activated charcoal atau arang aktif juga bisa jadi pilihan masker yang baik saat sedang berjerawat. Pasalnya, bahan ini mampu menyerap kotoran yang ada di pori-pori kulit sehingga kulit menjadi lebih bersih.

Jadi sebaiknya hindari pakai masker peel off saat sedang jerawatan ya. Jika ingin menggunakan masker, pakailah yang berbentuk oles atau sheet mask. Selamat mencoba.

Saat berjerawat apakah boleh pakai masker wajah?

Ketika jerawat sedang meradang, Anda tak boleh melakukan hal-hal yang bisa memperparah peradangan. Ya, pakai masker peel off saat jerawatan bisa memperparah peradangan. Apalagi jika dilakukan dengan tujuan agar jerawat pustula atau yang bernanah bisa ikut terangkat.

Masker apa yang bisa menghilangkan jerawat?

Ingin Bekas Jerawat Hilang?.
Masker lidah buaya. Melansir Mirror, lidah buaya memiliki kandungan antiperadangan dan antibakteri. ... .
Masker lemon. ... .
Masker kentang. ... .
Masker kunyit. ... .
Masker madu. ... .
Masker witch hazel. ... .
Masker putih telur. ... .
Masker kulit jeruk..

Kenapa setelah pakai masker wajah jadi jerawatan?

Untuk sebagian orang yang aktivitasnya yang berada di luar rumah menuntut penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama. Hal ini kerap kali membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker yang dapat memicu iritasi dan peradangan pada kulit. Hasilnya, kulit menjadi semakin meradang dan mudah tumbuh jerawat.

Bagaimana cara agar tidak jerawatan saat pakai masker?

Yuk, Ikuti 6 Tips Ini Agar Tak Jerawatan Saat Pakai Masker.
Cuci Muka Sebelum Menggunakan Masker. ... .
Gunakan Pelembab. ... .
Tetap Menggunakan Sun Screen. ... .
Hindari Pemakaian Make Up Tebal. ... .
Rajin Mengganti Masker. ... .
Penggunaan Masker Sekali Pakai Dan Masker Kain..