Apa yang dimaksud dengan lampu halogen

KOMPAS.com – Sistem penerangan pada kendaraan bermotor punya peran yang sangat vital. Selain berfungsi sebagai penerang jalan kala malam hari, lampu pada motor juga punya ragam fungsi lain, seperti penunjuk arah belok, lampu tanda berhenti (saat mengerem), lampu senja, dan lampu plat.

Dengan melihat fungsinya yang begitu penting, pengguna motor harus memperhatikan kualitas lampu yang digunakan. Jangan sampai salah memilih lampu. Sebab, selain bisa merugikan keselamatan diri sendiri, hal ini bisa membahayakan pengguna jalan lain.

Untuk pilihan lampu motor, ada dua jenis yang kerap digunakan, yakni lampu pijar dan lampu halogen. Pada dasarnya, kedua lampu ini punya spesifikasi masing-masing. Untuk mengetahui perbedaannya, simak ulasan berikut.

Lampu pijar

Lampu pijar adalah jenis lampu yang cahayanya bersumber dari filamen atau kawat pijar tipis yang dipanaskan. Dari proses pemanasan inilah cahaya dapat dihasilkan.

Cahaya yang dihasilkan tersebut biasanya berwarna agak kekuningan. Meski demikian, lampu pijar memiliki color rendering index sebesar 100 persen sehingga cahaya yang dihasilkan tidak akan mengubah warna asli objek yang tertimpa cahaya lampu.

Dari segi kualitas, lampu pijar memiliki kelemahan, yakni cepat panas dan mudah putus. Pada saat digunakan, filamen menjadi panas. Tungsten (unsur kimia yang terdapat pada lampu pijar) pun akan menguap dan menempel pada dinding kaca bagian dalam.

Proses itu akan terjadi terus-menerus sehingga membuat dinding kaca menjadi hitam dan filamen semakin menipis. Dengan demikian, usia pemakaiannya tidak terlalu awet.

Lihat Foto

DOK. SHUTTERSTOCK

Ilustrasi lampu halogen LED pada motor

Berbeda dengan lampu pijar, lampu halogen memiliki cahaya agak keputihan. Saat disejajarkan, meskipun kedua lampu ini memiliki daya watt yang sama, lampu halogen akan tampak lebih terang.

Biasanya, halogen digunakan pada sistem lampu single reflector. Artinya, dalam satu batok lampu bisa menghasilkan cahaya kecil dan jauh (low and high beam). Oleh sebab itu, halogen memiliki dua filamen.

Lampu halogen juga memiliki bentuk lebih ergonomis dan aliran gas halogen yang ada di dalamnya menjadi dinamis. Dengan begini, output cahaya yang dihasilkan lebih fokus dan tidak menyilaukan kendaraan yang berada di lawan arah.

Keunggulan lainnya yang dimiliki lampu halogen dibandingkan lampu pijar adalah usia yang lebih panjang dan temperatur yang lebih terkontrol. Salah satu produk lampu halogen, Philips LED M5 dari Philips Automotive, misalnya, bahkan punya teknologi untuk mengontrol temperatur yang dihasilkan.

Selain itu, produk Philips LED M5 juga sudah memenuhi standar original equipment manufacturer (OEM) sehingga sesuai dengan spesifikasi sistem penerangan motor dari pabrik.

Produk tersebut pun telah mengikuti standardisasi economic commission for Europe (ECE). Melansir rilis resmi Philips Automotive, Senin (21/9/2020), lampu yang dihadirkan ini tidak menyilaukan pengendara lain.

Pasalnya, Philips telah mereplikasi pola cahaya (light beam) dari lampu halogen. Dengan kata lain, teknologi light emitting diode (LED) pada lampu ini hanya bertugas sebagai sumber cahaya. Jadi, lampu yang dihasilkan berwarna putih, stylish, lebih terang, tetapi tetap aman bagi pengendara lain.

Lampu tersebut juga bisa digunakan sebagai pengganti atau bahkan untuk upgrade lampu standar bawaan dari pabrik untuk performa yang lebih baik.

Saat ini, lampu Philips LED M5 sudah bisa didapatkan dengan mudah melalui e-commerce. Salah satunya melalui toko resmi Philips Moto di Lazada dan Shopee. Untuk informasi lebih lanjut mengenai lampu Philips, follow akun resmi Instagram Philips Automotife, @philipsautomotive.id.

Dengan penggunaan lampu yang lebih terang dan kualitas lebih baik, tentu berkendara akan jadi lebih aman serta nyaman.

Baca tentang


Lihat berita dan auto tips yang lain

Dalam berkendara, lampu memiliki peran yang sangat vital pada penerangan di kendaraan. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keselamatan dalam berkendara adalah lampu. Tanpa adanya lampu Anda akan kesulitan dalam berkendara terutama ketika melihat kondisi jalanan di malam hari, hujan deras maupun cuaca berkabut. Dilihat dari jenisnya, lampu kendaraan bermotor ada yang menggunakan LED dan ada yang menggunakan halogen. Walaupun kedua jenis lampu tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk penerangan, tetapi kedua lampu tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.


Lampu LED
LED merupakan singkatan dari Light Emitting Diodes. Lampu jenis ini sudah banyak diaplikasikan pada kendaraan-kendaran tipe terbaru. Lampu LED menggunakan dioda untuk menghasilkan cahaya dan menggunakan perangkat elektronik chip semikonduktor dengan hambatan. Dioda yang digunakan sebagai sumber utama memiliki sifat yang tidak menghasilkan panas sehingga dianggap lebih awet karena tidak mudah merusak lampu atau membuat lampu putus.

Kelebihan lampu LED:

  • Daya yang dibutuhkan lebih kecil dibandingkan dengan lampu halogen. Lampu LED memiliki konsumsi energi yang lebih efisien sehingga dapat memangkas konsumsi daya listrik di kendaraan. Penggunaan lampu LED pada kendaraan akan menghemat pemakaian aki di kendaraan.
  • Cahaya putih yang dihasilkan oleh lampu LED memberi kesan sporty pada kendaraan dan lampu terlihat lebih terang. Selain itu lampu LED tidak menghasilkan panas sehingga membuat lampu menjadi lebih awet dan tidak gampang putus.

Kekurangan lampu LED:

  • Karena menggunakan teknologi berupa dioda dan chip semikonduktor untuk menghasilkan cahaya membuat lampu LED lebih mahal.
  • Apabila lampu LED rusak, harus diganti satu set.
  • Lampu LED yang memiliki sinar warna putih membuat lampu LED susah untuk menembus kabut dan kadang nyala lampu LED terlalu menyilaukan sehingga dapat mengganggu pengendara lain.


Lampu Halogen
Lampu Halogen merupakan lampu pijar biasa yang terdiri dari filamen tungsten yang dibungkus oleh semacam kaca dan diberi gas nitrogen, argon dan crypton. Sumber daya listrik yang mengalir ke dalam bohlam membuat filamen wolfram menjadi panas. Energi panas tersebut akan bergesekan dengan gas seperti nitrogen agar bisa menghasilkan sinar yang digunakan untuk penerangan. Kebanyakan lampu halogen mengeluarkan sinar bewarna kuning.

Kelebihan lampu Halogen:

  • Karena teknologi yang digunakan masih menggunakan filamen tungsten, harga lampu halogen lebih murah dibandingkan dengan lampu LED.
  • Penggantian bohlam lampu menjadi lebih mudah karena apabila lampu putus maka hanya perlu mengganti bohlam lampunya saja.
  • Sorot lampu halogen yang kuat dan sinar yang berwarna kuning membuat lampu halogen mampu menembus kabut serta tidak menyilaukan pengendara lain.

Kekurangan lampu Halogen:

  • Karena lampu halogen menghasilkan panas yang tinggi maka resiko filamen putus sangat mungkin terjadi sehingga Anda harus lebih sering mengganti bohlam lampu.

Daya listrik yang diperlukan untuk menyalakan lampu halogen lebih besar dibandingkan dengan lampu LED sehingga lampu halogen dianggap lebih boros dan dapat menguras daya di aki lebih banyak.


Lihat berita dan auto tips yang lain

Kendaraan bermotor yang melintas di jalan raya saat ini semakin banyak terlihat menggunakan headlamp atau lampu depan LED. Bahkan kendaraan bermotor keluaran terbaru, termasuk produsen sepeda motor, telah menggunakan lampu LED sebagai lampu motor originalnya.

Lampu LED dipilih karena lebih hemat energi daripada lampu halogen sehingga tidak menyebabkan aki motor cepat habis. Lampu LED dinilai cukup tahan lama meskipun dipakai secara terus-menerus.

Lampu LED memang lebih hemat daripada lampu halogen, namun apakah perbedaan diantara keduanya? Lalu, manakah yang lebih baik sebenarnya untuk motor Anda? Simak ulasan berikut

Baca Juga : Fungsi Avometer: Bagian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Sekilas Tentang Lampu LED Untuk Motor

LED adalah singkatan dari Light Emitting Diodes. Sesuai namanya, lampu ini menggunakan teknologi dioda untuk menghasilkan cahaya dan menggunakan perangkat elektronik chip semikonduktor dengan hambatan sehingga cahayanya sangat terang dan tahan lama.

Selain itu, kelebihan LED tidak menghasilkan panas sehingga tidak merusak lampu dan lebih hemat energi. Teknologi lampu LED sebenarnya tidak hanya pada kendaraan bermotor saja, masyarakat sudah banyak menggunakannya untuk senter dan lampu ruangan di rumah.

Baca Juga : Tidak Hanya Melumasi, Ini Sebenarnya Fungsi Penting Oli Mesin

Sumber cahaya biasanya berbentuk elemen kotak pada lampu senter karena sangat hemat dan tidak panas maka lampu untuk motor jenis ini tidak mudah putus.

Lampu LED juga digunakan untuk penerangan pada alat elektronik lain. Katakanlah seperti panel kontrol pada mobil, komputer, system audio, atau kabin bagian dalam mobil

Baca Juga : Mesin Diesel Diisi Bensin? Ini Akibatnya!

Kelebihan Lampu LED

Selain awet, apa lagi sebenarnya kelebihan lampu motor LED sehingga banyak digunakan masyarakat untuk kendaraan bermotornya? Ini daftar kelebihan tersebut.

  • Cahaya lampu putih membuat kesan bawah lampu LED lebih terang.
  • Suhunya yang cenderung tidak panas membuat rumah lampu menjadi tahan lama
  • Lampu tidak gampang mati atau putus karena lampu LED tidak menghasilkan panas.
  • Banyak variasi yang dihasilkan dari lampu LED dari bentuk maupun sorotnya.
  • Jenis lampu ini menghemat aki kendaraan bermotor karena lampu ini hemat energi. Sudah terbukti bahwa lampu LED 6 sampai 7 kali lebih efisien daripada lampu halogen. Bahkan, lampu ini mampu memangkas konsumsi daya hingga sampai 80%.
  • Cahayanya yang putih dan tidak mengandung proses pembakaran. Hal ini membuat lampu LED tidak menghasilkan suhu dengan panas berlebih pada lampu utama motor Anda.

Kelemahan Lampu LED

Memang, jenis lampu ini memiliki banyak kelebihan jika digunakan pada motor Anda. Namun, ada juga beberapa kelemahan lampu LED yang perlu Anda antisipasi sebagaimana daftar di bawah ini.

  1. Harga Lebih Mahal

    Harganya lumayan mahal daripada lampu pijar biasa, karena teknologi yang digunakan menggunakan dioda dan juga chip elektronik yang tidak murah.

  2. Belum Banyak Dijual di Pasaran

    Lampu LED belum banyak dijual di pasaran karena produksinya yang rumit dan variasinya yang banyak. Mungkin Anda harus membeli di toko khusus lampu LED baik online maupun offline.

  3. Jika Rusak Harus Diganti Satu Set

    Jika lampu LED Anda rusak, maka Anda harus mengganti semuanya. Anda harus mengganti satu set dengan batok lampunya.

    Mengganti lampu LED aftermarket juga harus dipertimbangkan tingkat cahayanya. Kadang cahaya yang terlalu putih dari lampu LED akan membuat pengendara sulit melihat jelas saat hujan deras.
  4. Silau Bagi Pengguna Jalan

    Sinar lampu motor yang putih dari LED kadang terlalu menyilaukan bagi pengendara jalan lain,  sehingga kadang mengganggu ketertiban jalan. Pengendara yang silau mungkin saja akan melambat sehingga yang lain juga terganggu

  5. Tidak Dapat Menembus Kabut

    Sinarnya yang putih juga membuat cat lampu ini tidak mampu menembus kabut seperti lampu halogen.

  6. Pemasangan Lebih Rumit

    Bohlam lampu LED memerlukan driver atau adaptor DC. Karena itu itu lampu LED lebih rumit pemasangannya daripada lampu halogen.

Sekilas Tentang Lampu Motor Halogen

Lampu halogen merupakan lampu pijar biasa yang terdapat pada kendaraan-kendaraan bermotor di era 90-an. Lampu ini berisi filamen tungsten yang dibungkus oleh semacam kaca dan diberi gas nitrogen, argon atau crypton.

Listrik yang masuk ke dalam bohlam ini akan membuat filamen wolfram menjadi panas sehingga menimbulkan cahaya atau sinar. Sinar tersebut kemudian lebih diperkuat lagi oleh gas yang terdapat di dalam bola lampu tersebut.

Kelebihan Lampu Halogen Untuk Motor

Tentu saja lampu ini tetap memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan lampu LED. Berikut daftar kelebihan lampu motor halogen tersebut.

  • Intensitas cahaya yang dihasilkan lampu halogen cukup kuat. Untuk itu selain digunakan oleh kendaraan bermotor biasa, lampu halogen menjadi pilihan utama untuk penerangan mobil adventure.
  • Harganya lebih terjangkau dari lampu LED karena tersedia banyak di pasaran.
  • Sorot lampu lebih kuat dibandingkan LED karena diperkuat oleh gas-gas tersebut, namun tetap tidak menyilaukan karena lampu halogen berwarna kuning.
  • Penggantian lampu halogen lebih mudah karena jika bohlam lampu halogen ini putus cukup diganti bohlamnya saja. Tak perlu satu set seperti lampu LED. Namun penggantian bohlam lampu halogen yang rusak harus tetap sesuai standar.
  • Karena sorotnya yang panjang dan kuat, sinar lampu ini mampu menembus kabut dan membantu Anda berkendara.

Kelemahan Lampu Halogen

  • Daya Panasnya Tinggi
  • Suhu Lampu Cepat Panas

    Lampu ini cepat panas, jadi kebanyakan yang menggunakan lampu halogen akan menemukan kondisi lampu yang cepat buram dan tidak bening dan membuat filamen sering putus.

  • Boros

    Jenis lampu ini tergolong boros karena setiap beroperasi menghasilkan daya sebesar 55 watt minimal. Oleh karena itu, lampu halogen ini sangat menguras aki mobil atau motor Anda sehingga mengakibatkannya cepat drop.

    Tips Menggunakan Lampu Halogen Pada Motor

    Dalam hal ini, ada tips yang perlu diterapkan para pengguna lampu motor halogen. Nah, jika Anda ingin memegangnya, Anda tidak boleh memegang pada bagian kaca bohlam. Hal ini disebabkan sentuhan tangan Anda akan meninggalkan bekas minyak pada kaca bohlam.

    Hal tersebut akan menyebabkan suhu permukaan menjadi lebih dingin dibanding permukaan yang tidak terkena jari tangan. Selanjutnya, gas pada lampu halogen yang menciptakan pijar akan terganggu, sebab gas-gas dalam bohlam menempel pada sisi bekas jari tangan Anda.

    Tipsnya adalah jika Anda ingin memegang bohlam lampu halogen peganglah pada pangkalnya.  Jika ingin memegang kacanya gunakan lap atau tisu untuk membalut kaca bohlam tersebut terlebih dahulu.

    Jadi manakah yang lebih baik antara lampu LED atau lampu halogen untuk kendaraan bermotor Anda? Masing-masing jenis lampu untuk motor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

    Dalam hal ini, Anda tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan berkendara. Jika sering berkendara di medan yang berkabut dan memerlukan lampu sorot yang kuat dengan jarak yang jauh, maka gunakan lampu halogen.

    Sebaliknya, jika hanya berkendara di sekitar kota dan tidak memerlukan cahaya lampu yang intensif, lampu motor LED bisa menjadi pilihan. Pertimbangkan juga ketersediaan suku cadang bagi lampu LED dan lampu halogen di sekitar Anda.