divisi [di·vi·si]

Kata Nomina (kata benda)

  1. 1) satuan militer yang besar (jumlahnya sampai puluhan ribu) yang biasanya lengkap dengan peralatannya, dipimpin oleh perwira tinggi (biasanya mayor jenderal)
    contoh: 'satu divisi didatangkan untuk memperkuat penjagaan keamanan'
  2. 2) kelompok dalam suatu organisasi (sepak bola dan sebagainya)
    contoh: 'kesebelasan itu menjadi juara dalam kompetisi divisi II'
  3. 3) bagian dari suatu perusahaan besar
    contoh: 'pegawai Pertamina divisi Perkapalan'
  4. 4) satuan taksonomi dalam klasifikasi tumbuhan, berperingkat antara kelas dan dunia, namanya berakhiran -phyta, seperti Bryophyta (Botani)

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[divisi] Arti divisi di KBBI adalah: satuan militer yang besar (jumlahnya sampai puluhan ribu) yang biasanya lengkap.... Contoh: satu divisi didatangkan untuk.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)

14/02/2017 Umum 150 Views

Pengertian divisi adalah sebuah kelompok atau satuan di dalam sebuah organisasi. Pengertian divisi dalam biologi berarti kelompok dalam suatu klasifikasi atau taksonomi sebuah organisme hewan ataupun tumbuhan yang seringkali disebut dengan Filum / Phylum. Sedangkan dalam suatu organisasi tertentu, divisi berarti sub bagian dari suatu bidang.

Dalam penggunaannya kata divisi memiliki fungsi kata yang hampir sama meskipun memiliki defenisi yang berbeda. Berikut ini adalah penggunaan kata divisi dan pengertiannya dalam berbagai bidang:

  1. Divisi militer.

Divisi militer adalah kelompok unit satuan tempur militer yang berkekuataan penuh dan terdiri dari 10.000 – 15.000 orang personil tentara.

Divisi militer memiliki kesatuan tempur yang terdiri dari Invanteri, Kavaleri dan Artileri. Divisi ini juga memiliki unsur bantuan tempur yang disebut Zeni perhubungan dan peralatan, serta unsur bantuan administrasi yang meliputi: perbekalan, angkutan, kesehatan dan polisi militer.

  1. Divisi sepak bola.

Divisi sepak bola adalah tingkatan / level dalam dunia sepak bola di sebuah negara atau wilayah tertentu yang ditentukan oleh prestasi dan kemampuan finansial sebuah klub yang akan menjadi anggota / pesertanya. Divisi juga akan membuat semacam pengelompokan terhadap klub-klub dan turnamen-turnamen yang akan dilaksanakan di dalam sebuah negara / wilayah.

Contoh divisi dalam sepak bola adalah: divisi utama liga Spanyol, divisi utama liga Inggris.

  1. Divisi perusahaan

Divisi perusahaan adalah bagian-bagian di dalam perusahaan yang menangani satu bidang tertentu dan memiliki fungsi dan kewenangan masing-masing. Pendek kata, divisi dalam perusahaan sering diartikan sebagai unit bisnis. Divisi di dalam perusahaan dipimpin oleh kepala divisi bagian (manajer) yang bertugas untuk menjalankan dan melakukan pengawasan terhadap divisi yang dipimpinnya.

Contoh divisi dalam perusahaan adalah : divisi penjualan, divisi pembelian dan divisi keuangan.

Divisi memiliki 4 arti.

Divisi adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Divisi memiliki arti dalam bidang ilmu botani.

Divisi memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga divisi dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Divisi

Nomina (kata benda)

  1. Satuan militer yang besar (jumlahnya sampai puluhan ribu) yang biasanya lengkap dengan peralatannya, dipimpin oleh perwira tinggi (biasanya mayor jenderal).
    Contoh: Satu divisi didatangkan untuk memperkuat penjagaan keamanan
  2. Kelompok dalam suatu organisasi (sepak bola dan sebagainya).
    Contoh: Kesebelasan itu menjadi juara dalam kompetisi divisi ii
  3. Bagian dari suatu perusahaan besar.
    Contoh: Pegawai pertamina divisi perkapalan
  4. Satuan taksonomi dalam klasifikasi tumbuhan, yang berada di antara kelas dan dunia, namanya berakhiran -phyta, seperti bryophyta

Kata Turunan Divisi

  1. Berdivisi

Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata divisi adalah satuan militer yang besar (jumlahnya sampai puluhan ribu) yang biasanya lengkap dengan peralatannya, dipimpin oleh perwira tinggi (biasanya mayor jenderal). Contoh: Satu divisi didatangkan untuk memperkuat penjagaan keamanan. Arti lainnya dari divisi adalah kelompok dalam suatu organisasi (sepak bola dan sebagainya). Contoh: Kesebelasan itu menjadi juara dalam kompetisi divisi ii.

Apa saja contoh divisi?

Contoh divisi dalam perusahaan merupakan divisi penjualan, divisi pembelian serta divisi keuangan. Jika semua divisi merupakan bagian dari perusahaan yang sama, maka perusahaan itu bertanggung jawab secara hukum atas semua kewajiban dan hutang divisi.

Apa fungsi divisi?

Tujuan pembagian divisi dalam sebuah perusahaan yaitu agar karyawan dapat menempati posisi sesuai dengan keahliannya, sehingga tujuan perusahaan akan lebih mudah tercapai.