Apa penyebab timbulnya jerawat batu

KOMPAS.com - Jerawat pada wajah memiliki berbagai jenis, salah satu yang paling mengganggu adalah jerawat batu. Sebelum jerawat bandel ini datang, kamu harus mengenali penyebabnya agar dapat melakukan langkah pencegahan.

Jerawat batu adalah salah satu jerawat yang paling serius dibanding jenis jerawat lainnya. Kemunculan jerawat jenis ini biasanya disebabkan oleh bakteri, minyak, dan sel kulit kering yang terperangkap di pori-pori.

Jerawat batu pada umumnya terjadi pada seseorang yang memiliki kulit berminyak. Tidak hanya orang dewasa, jerawat batu bisa dialami oleh remaja, bahkan lansia karena adanya ketidakseimbangan hormon.

Apa saja penyebab jerawat batu?

Salah satu ciri khas jerawat batu ialah bentuknya yang mirip dengan bisul. Ciri lainnya adalah berisi nanah, benjolan berwarna putih besar, kemerahan, dan sakit saat disentuh.

Jerawat batu tidak hanya muncul di wajah, tetapi bisa juga di bagian tubuh lainnya seperti di dada, leher dan lengan.

Ada banyak faktor penyebab jerawat batu, di antaranya:

Pori-pori tersumbat

Salah satu penyebab jerawat batu yang sering terjadi ialah pori-pori tersumbat. Penyumbatan ini dapat terjadi karena adanya minyak pada wajah, kotoran, bakteri, hingga penumpukkan sel-sel kulit sehingga mengakibatkan munculnya jerawat batu.

Perubahan hormon

Faktor terbesar lain yang menjadi penyebab jerawat batu adalah perubahan hormon, seperti di masa-masa remaja.

Selama pubertas, kadar hormon androgen meningkat drastis sehingga menyebabkan peningkatan produksi sebum dan pertumbuhan sel-sel kulit menjadi lebih cepat.

Perubahan hormon juga berkaitan dengan beberapa faktor, seperti siklus menstruasi, kehamilan, kontrol kelahiran, penggunaan obat terapi hormon, dan stres. Pemakaian kosmetik yang tidak cocok juga bisa memancing timbulnya jerawat batu.

Tingkat kelembapan dan keringat yang tinggi

Memiliki kondisi tubuh yang gampang berkeringat bisa membuat kulit mudah berjerawat. Pasalnya, pori-pori akan lebih mudah terbuka sehingga kotoran dan bakteri juga mudah masuk ke dalam kulit yang akhirnya menyebabkan munculnya jerawat.

Faktor genetik

Faktor genetik juga bisa jadi penyebab jerawat batu yang kita alami. Kemungkinan gen yang diturunkan dari orangtua yang memiliki masalah jerawat juga bisa menurun ke anggota keluarga lainnya.

Penggunaan obat

Penggunaan obat dan bahan kimia, seperti kortikosteroid, litium, fenitoin, dan isoniazid, dapat memperburuk atau menyebabkan munculnya jerawat batu.

Kamu mungkin pernah mendengat penyebab jerawat batu, seperti mengonsumsi cokelat, kacang-kacangan, makanan berminyak, masturbasi, hingga berhubungan seks. Namun, beberapa penelitian telah membantah hal tersebut.

Baca juga: 15 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Cara mencegah datangnya jerawat batu

Berikut ini ada beberapa cara praktis untuk mencegah jerawat batu yang bisa dilakukan dengan mudah.

Jangan terlalu sering mencuci wajah

Membersihkan wajah disarankan lebih baik dua kali sehari saja sudah cukup seperti saat bangun tidur, sebelum tidur atau setelah berolahraga. Gunakan sabun atau pembersih ringan di wajah.

Jangan menggosok wajah terlalu keras

Gosoklah wajah secara lembut dan hindari pemakaian sabun abrasif, astringen, atau pembersih yang mengandung scrub eksfoliasi yang menyebabkan pengelupasan kulit.

Jika muncul jerawat batu, jangan dipencet

Kebiasaan memencet jerawat malah akan memperburuk jerawat dan bisa mengakibatkan iritasi. Sebaiknya hindari memencet jerawat untuk menghindari komplikasi lainnya dari masalah kulit ini.

Hindari pemakaian make up yang tebal

Ketika merias wajah, pilihlah make up yang berbahan dasar air, berlabel ‘nonkomedogenik’ atau ‘bebas minyak’, serta pastikan untuk membersihkan riasan wajah sebelum tidur.

Akan tetapi, jika kondisi jerawat batu tergolong parah, kamu harus berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pada umumnya, dokter akan meresepkan sejumlah resep obat tergantung tingkat keparahan.

Baca juga: 10 Tips Mencegah Jerawat dengan Perawatan Kulit Sehari-hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Ilustrasi jerawat. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/olavs

Merdeka.com - Jerawat bisa dibilang permasalahan yang hampir dihadapi semua orang dengan berbagai tipe kulit. Baik itu kamu dengan tipe kulit berminyak, kulit kering maupun kulit kombinasi. Salah satunya jerawat batu yang juga dikenal dengan cystic acne, yang merupakan jerawat yang paling membandel dan biasanya paling sulit dihilangkan.

Tak hanya sakit, jerawat batu juga sering meninggalkan bekas luka. Jerawat batu disebabkan oleh sebum yang menyumbat pori-pori. Kebanyakan orang merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri saat wajahnya berjerawat. Tak heran bila kemudian skincare untuk mengatasi jerawat laris manis di pasaran.

Selain cara mengatasi jerawat batu, penting bagi kamu juga untuk tahu apa saja yang menjadi penyebab munculnya jerawat batu. Dengan begitu, kita bisa mencegahnya sedari awal.

Berikut penyebab jerawat batu dan cara mengatasinya yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Jumat, (24/09/2021).

2 dari 4 halaman

Penyebab Jerawat Batu

Berikut beberapa penyebab yang bisa memicu munculnya jerawat batu, yaitu:

1. Faktor Genetik
Penyebab jerawat batu yang pertama adalah faktor genetik. Apakah orang tuamu memiliki jenis wajah berminyak dan sering mengalami jerawat batu? Jika iya, jerawat batu yang sering kamu alami itu bisa jadi disebabkan karena masalah genetik. Untuk mencegahnya, kamu perlu lebih rajin lagi untuk membersihkan wajah agar terhindar dari kotoran dan minyak penyebab jerawat.

2. Kosmetik
Penyebab jerawat batu berikutnya adalah penggunaan kosmetik. Esensi penggunaan kosmetik seharusnya memang untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membuat kamu tampil lebih cantik.

Akan tetapi, perlu juga diperhatikan bahwa beberapa bahan-bahan yang terkandung di dalam kosmetik bisa memicu timbulnya jerawat, termasuk jerawat batu. Apalagi kalau memang tipe kulitmu sensitif, penggunaan kosmetik yang tidak cocok bisa memperparah keadaan kulitmu.

Solusinya, sebaiknya jangan terlalu sering memakai makeup yang tebal seharian, terlebih jika kamu malas untuk segera membersihkannya. Sebab, hal ini dapat memicu munculnya jerawat batu yang disebabkan karena pori-pori wajah tersumbat oleh kosmetik yang kamu pakai. Makeup yang oil-based atau memiliki kandungan minyak yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan munculnya jerawat batu.

3. Faktor Hormonal
Penyebab jerawat batu lainnya adalah faktor hormonal. Ketika kamu mengalami fase pubertas misalnya, produksi jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan kulitmu memproduksi sebum yang lebih banyak daripada biasanya dan hasilnya jerawat batu akan muncul.

Selain masa pubertas, pada saat wanita mengalami fase menstruasi juga dapat meningkatan level pada hormon androgen dan hormon estrogen, sehingga produksi sebum juga meningkat. Mengonsumsi pil KB, masa kehamilan, dan stres berat juga dapat memicu produksi minyak yang berlebihan karena hormon yang tidak stabil. Semua perubahan hormon yang signifikan tersebutlah penyebab munculnya jerawat batu.

3 dari 4 halaman

Penyebab Jerawat Batu Lainnya

4. Pertumbuhan Sel Kulit yang Abnormal
Jerawat batu juga bisa disebabkan karena pertumbuhan sel kulit yang abnormal atau tidak normal. Ketika sel-sel kulit mati ini tidak beregenerasi dengan cepat, pada akhirnya sel kulit mati ini akan menumpuk dalam folikel rambut yang nantinya juga bercampur dengan bakteri (Propionibacteria).

5. Gaya Hidup Tidak Sehat
Gaya hidup yang tidak sehat penyebab timbulnya jerawat batu bisa bermacam-macam seperti merokok, minum-minuman beralkohol, mengonsumsi makanan penyebab jerawat terus menerus, kurang minum air putih dan kurangnya waktu beristirahat. Merokok dapat mempersempit pembuluh di kulit dan akan merusak sel-sel kulit. Jika sel kulit kamu rusak, maka hal ini bisa mengakibatkan penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan akan menimbulkan jerawat batu.

Makanan yang pedas, berminyak, junk food dan makanan bersantan juga dapat membuat kulit memproduksi sebum lebih banyak dari biasanya yang pada akhirnya juga menimbulkan jerawat batu. Selain itu, kurang istirahat juga akan menghambat regenerasi sel pada kulitmu, sehingga bisa memperburuk kondisi kulit. Selain itu, kebiasaan buruk seperti mengusap atau menggaruk wajah dengan tangan kotor juga bisa memicu timbulnya jerawat batu.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Selain penyebab jerawat batu, berikut cara mengatasi jerawat batu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kamu: 

1. Baking Soda
Cara mengatasi jerawat batu yang pertama cukup campurkan baking soda dengan sedikit air, aduk hingga adonan berubah menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta kental tersebut pada daerah kulit yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini setiap hari sampai jerawat batu kamu menghilang dengan sempurna.

2. Masker Madu
Cara mengatasi jerawat batu berikutnya kamu bisa memanfaatkan masker madu yang terbukti sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat batu karena mengandung antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri pada jerawat.

Selain itu, madu juga sangat berperan penting dalam menghilangkan bekas luka. Cara mengatasi jerawat batu dengan madu adalah gunakan madu sebagai masker wajah setidaknya 2-3 kali seminggu.

3. Lidah Buaya
Cara mengatasi jerawat batu dengan lidah buaya yakni kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya. Haluskan gel dari lidah buaya tersebut dan gunakan sebagai masker. Diamkan sampai mengering atau kira-kira 15 menit.

Kemudian basuh wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebagai cara mengatasi jerawat batu secara alami.

4. Jeruk Nipis
Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan jeruk nipis. Cara siapkan jeruk nipis secukupnya, 2-3 buah. Belah jeruk nipis jadi 2 bagian. Peras dengan saringan. Oleskan air perasan jeruk ke wajahmu.

Biarkan sekitar 10 menit. Cuci dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang membandel.

5. Cuka Apel
Cara mengatasi jerawat batu dengan cuka apel yakni bersihkan wajah terlebih dahulu. Siapkan cuka apel sekitar 2 sendok makan. Oleskan cuka apel pada wajah yang berjerawat batu. Diamkan lebih kurang sekitar 20 - 30 menit. Tunggu hingga mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

[nof]

Bagaimana cara mengempeskan jerawat batu?

Cara mengempeskan jerawat batu yang bisa dilakukan sendiri di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan metode berikut ini..
Pemberian krim dan salep. ... .
Kompres hangat. ... .
Kompres es. ... .
Pembersih yang bukan sabun. ... .
Pemberian minyak daun teh (tea tree oil) ... .
Pemberian antibiotik. ... .
Pemberian Isotretinoin. ... .
Pil kontrasepsi dan spironolactone..

Makanan apa saja yang menyebabkan jerawat batu?

Makanan Penyebab Jerawat.
Gula. Permen, minuman manis, dan coklat adalah makanan yang mengandung gula tinggi. ... .
Produk Susu. Banyak produk makanan dan minuman terbuat dari produk susu sapi. ... .
3. Alkohol. ... .
Makanan Cepat Saji (fastfood) ... .
Cokelat. ... .
6. Biji-bijian dan Gula Halus. ... .
8. Lemak Omega-6. ... .
9. Bubuk Protein (whey protein).