Alat pemuas kebutuhan yang sifatnya terbatas dan untuk memperolehnya

Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas ?, Jawabannya: sebab (1) kebutuhan manusia terus bertambah (tidak terbatas), sedangkan barang-barang dan sumber daya alam terus berkurang (langka), (2) Sumber daya antara daerah satu dengan daerah lain tidak sama / tidak merata.

Kebutuhan manusia terus bertambah, pada zaman pra aksara, manusia memenuhi kebutuhan dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan, hingga melakukan barter.

Namun pada zaman sekarang kebutuan terus bertambah, seperti kebutuhan Smartphone, Gadget, Laptop dan lain sebaginya. Namun di sisi lain, sumber daya untuk membuat alat pemuas kebutuhan tersebut terus berkurang.

Sedangkan di beberapa daerah kebutuhan alat pemuas kebutuhan tidak sama, dan merata, di suatu daerah apel dapat tumbuh dengan sumbur, namun tanaman lain akan sulit untuk dikembangbiakan.

Tidak terbatasnya kebutuhan manusia, seumber daya yang terus berkurang dan tidak merata tersebutlah yang menyebabkan terjadi kelangkaan (terbatanya alat pemuasa kebutuhan).

Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas?

Alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas karena

  1. Kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan barang dan jasa serta sumber daya alam terus berkurang / mengalami kelangkaan.
  2. Sumber daya antara daerah satu dengan yang lain tidak merata.

Dalam perkembangan zaman, kebutuhan manusia terus bertambah, pada zaman dulu tidak ada internet, namun sekarang orang membutuhkan kuota agar dapat memperoleh akses informasi di internet, untuk belajar, dan lain sebaginya.

Kebutuhan terus mengalami perkembangan, dari smarphone, laptop, computer, dan lain sebagainya. Di sisi lain, sumber daya untuk membuatnya diambil dari alam sehingga terus berkurang dan menyebabkan kelangkaan.

Lalu pada daerah satu dengan daerah lainnya, memiliki sumber daya yang tidak merata, di suatu daerah sinyal dapat diperoleh dengan mudah, namun di tempat lain, harus keluar rumah, agar memperoleh sinyal sehinga dapat mengakses internet.

Kebutuhan yang tidak terbatas sedangkan sumber daya terus berkurang, dan juga tidak merata inilah yang mengkibatkan kelangkaan (keterbatasan).

Jawabannya

Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas

1. Kebutuhan manusia terus bertambah, namun sumber daya terus berkurang / langka.
2. Sumber daya antara daerah satu dengan yang lain tidak merata.

Jawaban dikutip berdasarkan penjelasan pada buku paket halaman 128 tentang Kelangkaan.

Jawaban belum diverifikasi.

Benda ekonomi adalah benda yang jumlahnya lebih sedikit dari kebutuhan manusia, dan untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Misalnya, Doddy membeli kalkulator dan harus membayar sebesar Rp90.000. Maka, uang yang dikeluarkan oleh Doddy dianggap sebagai bentuk pengorbanan untuk mendapatkan kalkulator.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Operasi pasar elpiji 3 kg di Bogor. ©2017 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kehidupan manusia banyak ditunjang oleh berbagai hal yang ada di lingkungan sekitarnya. Banyaknya kebutuhan yang dibutuhkan manusia, seakan tidak ada habisnya. Inilah yang menjadi alasan mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas.

Ya, kebutuhan jutaan manusia tidak bisa selalu didukung oleh sumber daya. Hal ini, pada akhirnya dapat menimbulkan kelangkaan pada kebutuhan manusia. Kelangkaan sendiri adalah kondisi di mana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan. Singkat kata, kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia.

Suatu kelangkaan yang terjadi bisa diamati dari beberapa ciri, seperti jumlah produk kebutuhan yang terbatas, harga kebutuhan yang meningkat drastis, dan adanya pengorbanan penting untuk mendapatkan suatu kebutuhan.

Penyebab mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas bisa karena berbagai alasan. Dalam artikel kali ini, merdeka.com akan menyampaikan alasan mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

2 dari 6 halaman

©Instagram.com/jelajahkerinci

Penyebab mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas yang pertama adalah karena pengaruh letak geografis di setiap daerah. Dilansir dari situs dosenekonomi.com, sumber daya alam di bumi tersebar di berbagai daerah. Itulah kenapa, setiap daerah memiliki sumber daya alamnya sendiri, yang berbeda dengan daerah lainnya.

Ada daerah yang subur, dan ada daerah yang gersang. Ada daerah yang bisa menghasilkan kopi, dan ada daerah yang tidak bisa. Sumber daya alam yang tidak merata inilah yang menyebabkan kelangkaan. Meskipun, penyebaran sumber daya alam ini juga menjadi keunikan tersendiri dari masing-masing daerah.

Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk yang semakin cepat juga menjadi alasan di balik mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas. Dengan pertumbuhan penduduk yang semakin cepat, akan membuat suatu daerah menjadi padat penduduk.

Hal ini akan berimbas pada bertambahnya kebutuhan yang harus dipenuhi. Apalagi, pertambahan penduduk jarang sekali disertai dengan pertambahan alat pemuas kebutuhan.

3 dari 6 halaman

©2019 SpaceX

Kemajuan IPTEK tidak selalu memiliki dampak yang positif. Meski terdengar baik, namun sayangnya kemajuan IPTEK ini tidak dirasakan oleh setiap daerah.

Sehingga, orang-orang yang cenderung meniru gaya hidup masyarakat dengan kemajuan teknologi yang luar biasa, akan kesulitan karena kondisi teknologi di daerah mereka tidak bisa mendukung kebutuhan tersebut secara efektif.

Kemampuan Produksi

Proses produksi juga dapat memengaruhi keterbatasan alat pemuas kebutuhan manusia. Ketika proses produksi bisa berjalan dengan cepat, maka kebutuhan juga akan segera tersedia.

Namun, jika proses produksi berjalan lambat, maka kebutuhan akan ikut terhambat dan tidak mencukupi. Belum lagi faktor-faktor di dalam proses produksi yang fluktuatif, seperti terbatasnya sumber daya alam dan sumber daya manusia.

4 dari 6 halaman

Langkah yang diambil oleh pemerintah juga dapat menjadi alasan di balik penyebab mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas. Jika pemerintah salah mengambil langkah, bukan tidak mungkin masyarakat akan mengalami kelangkaan.

©2012 Merdeka.com

Sumber daya alam yang ada di bumi ini ada dua macam yaitu sumber daya alam yang bisa diperbarui seperti air, tanah dan lain sebagainya serta sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti batu bara, emas dan lain sebagainya.

Meski saat ini jumlah sumber daya alam tampak sangat melimpah, bukan berarti sumber daya alam tersebut tidak terbatas. Selalu ada batasan, dan bukan tidak mungkin kita akan kehabisan sumber daya alam akibat penggunaan yang terus menerus.

5 dari 6 halaman

Sumber daya manusia yang berkualitas berperan penting dalam kelangsungan hidup perekonomian suatu negara. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, kondisi kelangkaan bisa dicegah atau diatasi.

Namun, meski jumlah manusia sangat banyak, jumlah sumber daya manusia yang berkualitas tetap saja terbatas. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk karena rendahnya pendidikan, atau kurangnya apresiasi sehingga motivasi untuk berkontribusi menjadi berkurang.

©news.com.au

Penyebab mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas yang berikutnya yaitu bencana alam. Bencana alam pada dasarnya tidak hanya terjadi secara alamiah, tapi terkadang manusia juga ikut berkontribusi dalam terjadinya bencana alam.

Banjir misalnya, yang disebabkan karena perilaku manusia dalam membuang sampah yang tidak disiplin. Bencana alam dapat mengakibatkan kerusakan sumber daya alam, serta menimbulkan kerugian dari berbagai sisi. Hal ini dapat membuat kelangkaan kebutuhan akan terjadi.

6 dari 6 halaman

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Baik perang atau pun wabah penyakit, dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan. Perang akan menghancurkan semua, termasuk sumber daya alam dan bahkan sumber daya manusia.

Sedangkan wabah penyakit dapat berpengaruh pada sumber daya manusia yang akan terganggu produktivitasnya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada proses produksi yang akan melambat dan akhirnya menciptakan kelangkaan.

Sifat Manusia

Penyebab mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas yang terakhir adalah sifat manusia yang serakah. Pada dasarnya, manusia memiliki sifat yang tidak pernah merasa puas.

Kita bisa lihat banyak orang yang membeli barang yang sebenarnya tidak mereka perlukan. Sifat boros pun menggerogoti diri mereka dan terus menerus menuruti hawa nafsunya. Hal ini tentu akan menyebabkan terjadinya kelangkaan pada kebutuhan.

[ank]