Acara sea games 2011 pertumbuhan ekonomi di provinsi sumatera selatan mengalami peningkatan sebesar

SEA Games dorong ekonomi Sumsel

Sindonews.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat, selama 2011, pertumbuhan (growth) ekonomi Sumsel berada dipersentase 6,5 persen atau naik dibandingkan tahun 2010 hanya sekira 5,6 persen.

Kepala BPS Sumsel Haslani Haris mengungkapkan, growth ditopang pertumbuhan komponen internal, meliputi konsumsi rumah tangga 6,3 persen,lembaga swasta nirlaba 1,5 persen, konsumsi pemerintah 8,9 persen, dan pembentukan modal tetap bruto 11,6 persen. “Tingginya pertumbuhan Pembentukan Modal Tetap Domestic Bruto (PMTDB) merupakan pengaruh pesatnya pembangunan infrastruktur di Sumsel. Apalagi, adanya event SEA Games November lalu. Event seperti itu memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi,” katanya, Senin 6 Februari 2012. Di samping faktor internal, dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sumsel juga didukung sisi eksternal, yakni komponen ekspor dan impor yang cenderung naik signifikan pada level 14,8 persen dan 23,5 persen. Tingginya nilai ekspor Sumsel juga dipengaruhi peningkatan ekspor karet dan batu bara seiring terus membaiknya harga kedua komoditas tersebut.“Selama 2011, hampir semua sektor ekonomi yang membentuk PDRB Sumsel mengalami peningkatan pertumbuhan. Peningkatan pertumbuhan ini dipengaruhi meningkatnya permintaan domestik terhadap barang dan jasa yang dihasilkan sektor perekonomian regional sebagai dampak tuan rumah SEA Games Ke-26 di Palembang,” katanya.Dia melanjutkan, secara berurutan sektor yang mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi tahun 2011 adalah pertanian yang tumbuh sebesar 5,2 persen dibandingkan tahun lalu hanya 4,7 persen. Begitu pula sektor pertambangan dan penggalian tumbuh 2,9 persen atau meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 2,8 persen. Kemudian, sektor industri pengolahan tumbuh 5,7 persen atau naik dibandingkan tahun lalu 4,6 persen, sektor listrik, gas, air bersih tumbuh 7,6 persen atau naik dari tahun lalu yang hanya 6,3 persen.“Tapi ada tiga sektor yang memberikan sumbangan terbesar dalam menciptakan laju pertumbuhan ekonomi, yakni sektor perdagangan, hotel, dan restoran 1,12 persen, lalu sektor bangunan 1,03 persen dan pertanian sekitar 1,02 persen,” tuturnya.

Namun, distribusi PDRB menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku juga menunjukkan peranan dan perubahan struktur ekonomi dari tahun ke tahun.

Bogordaily.net – Kunci jawaban tema 5 kelas 6 halaman 49 berikut ini akan dijabarkan dan diulas. Supaya bisa dijadikan referensi saat kami belajar bersama.

Kunci jawaban kali ini akan membahas soal pada buku tematik subtema 1 pembelajaran 5 sesuai dengan buku tematik siswa kelas 6 kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Kali ini kita akan membahas soal pada halaman 47 48 49 50 51 52 pada kegiatan siswa ayo membaca: penyelenggaraan SEA Games.

Ayo Membaca

Mendulang Prestasi, Mengembangkan Potensi Ekonomi

Indonesia kembali dipercaya untuk menyelenggarakan kegiatan akbar SEA Games ke-26. Ini merupakan keempat kalinya Indonesia menjadi tuan rumah festival olahraga terbesar se ASEAN ini setelah sebelumnya di SEA Games 1979, SEA Games 1987, dan SEA Games 1997.

SEA Games ke-26 ini dilaksanakan pada 11-26 November 2011. Upacara pembukaan diselenggarakan secara spektakuler di sepanjang Sungai Musi, sedangkan penutupan di gedung bersejarah, Benteng Kuto Besak (Fort).

Bumi Sriwijaya (Palembang) ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan SEA Games di samping Jakarta yang menjadi tuan rumah pendukung.

Dengan demikian, setelah Chiang Mai dan Nakhon Ratchasima di Thailand, salah satu provinsi terbesar di Pulau Sumatera ini akan tercatat sebagai salah satu dari tiga kota yang pernah menyelenggarakan SEA Games di luar ibu kota negara.

Dua tahun sebelumnya, Laos yang baru bergabung dengan ASEAN dipercaya menjadi tuan rumah untuk SEA Games ke-25. Indonesia bertekad menyusul keberhasilan Laos tersebut. Sebanyak 542 medali emas dipertandingkan melalui 44 Cabang olahraga, 22 cabang di dipertandingkan di Palembang dan 24 cabang dipertandingkan di Jakarta.

Setidaknya ada tiga sukses yang dapat dicapai Indonesia terkait pelaksanaan SEA GAMES ke-26, yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses dalam peningkatan perekonomian, terutama di dua kota tempat terselenggaranya acara tersebut, Palembang dan Jakarta.

Peningkatan Sektor Ekonomi

Dalam hal peningkatan perekonomian, bukan hanya industri besar, penyelenggaraan SEA Games juga berpotensi memajukan perekonomian Sumatera Selatan secara keseluruhan.

Menjelang acara, pertumbuhan ekonomi provinsi ini mengalami peningkatan hingga 6,4 persen disebabkan pembangunan fisik sarana dan prasarana SEA Games yang menggunakan tenaga kerja besar-besaran. Persiapan SEA Games terlihat telah meningkatkan geliat ekonomi masyarakat di Palembang dan sekitarnya, setidaknya sejak awal tahun 2011.

Geliat ekonomi ini terlihat dari dibangunnya sejumlah hotel baru, terserapnya sekitar 4.000 tenaga buruh untuk pembangunan, serta meningkatnya kegiatan di sentra kerajinan rakyat untuk pembuatan cendera mata. Sekitar 5.000 atlet dari negara di Asia Tenggara, termasuk dari Indonesia akan berpartisipasi dalam ajang ini.

Sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses dalam peningkatan perekonomian tentunya tidak terlepas dari kerja keras dari seluruh pihak.

Halaman 49

1. Kapan Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games?

Jawaban:

Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games pada tahun 1979, 1987, 1997, dan 2011.

2. Di mana SEA Games ke-26 diselenggarakan?

Jawaban:

SEA Games ke-26 diselenggarakan di kota Palembang dan Jakarta.

3. Apa yang kamu ketahui tentang SEA Games?

Jawaban:

SEA Games adalah pesta olahraga yang diselenggarakan di Asia Tenggara setiap 2 tahun sekali.

4. Sebutkan 3 kesuksesan yang akan diraih dalam penyelenggaraan SEA Games.

Jawaban:

3 kesuksesan yang akan diraih dalam penyelenggaraan SEA Games adalah, kesuksesan prestasi, kesuksesan penyelenggaraan, dan kesuksesan dalam peningkatan perekonomian

5. Apa pengaruh penyelenggaraan SEA Games terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan? Jelaskan.

Jawaban:

Pengaruh penyelenggaraan SEA Games terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan adalah, ekonomi Sumatera Selatan mengalami peningkatan sebesar 6,4%.

Hal ini dikarenakan para banyak penduduknya yang direkrut sebagai tenaga kerja untuk membangun sarana dan prasarana SEA Games.

Selain itu, kegiatan para pengrajin untuk membuat cindera mata meningkat.

Jawaban Halaman 50

– Apa informasi yang kamu dapatkan dari bendera dan logo ASEAN tersebut?

Jawaban:

10 batang yang berwarna kuning menunjukkan jumlah negara anggota ASEAN dan warna merah melambangkan keberanian.

Jawaban Halaman 51 52

– Apakah kamu pernah menemukan logo di sekitarmu? Berikan contoh.

Jawaban:

Logo ditemukan di sekolah seperti logo merek tas dan sepatu, logo klub sepak bola, dan masih banyak lagi.

– Apa logo yang paling menarik yang pernah kamu temukan? Jelaskan.

Jawaban:

Logo klub bola basket karena terlihat bagus dan perpaduan warna yang mengesankan.

Demikian kunci jawaban tema 5 kelas 6 halaman 47 48 49 50 51 52, kegiatan siswa ayo membaca: penyelenggaraan SEA Games sesuai dengan buku tematik subtema 1 pembelajaran 5.

Disclaimer

Kunci jawaban diatas bersifat alternatif jawaban sehingga para siswa bisa memberikan eksplorasi jawaban lain.

Kunci jawaban soal diatas bisa saja berbeda sesuai dengan pemahaman tenaga pengajar atau murid. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

Artikel ini telah dibaca 800 kali

Apa pengaruh penyelenggaraan SEA Games terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatra Selatan Jelaskan, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 6 halaman 49 50 52 54 55 56 57 tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Sebutkan 3 Kesuksesan yang Akan Diraih dalam Penyelenggaraan SEA Games Ke-26. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 49

Ayo Membaca

Mendulang Prestasi, Mengembangkan Potensi Ekonomi
Indonesia kembali dipercaya untuk menyelenggarakan kegiatan akbar SEA Games ke-26. Ini merupakan keempat kalinya Indonesia menjadi tuan rumah festival olahraga terbesar se ASEAN ini setelah sebelumnya di SEA Games 1979, SEA Games 1987, dan SEA Games 1997.

SEA Games ke-26 ini dilaksanakan pada 11-26 November 2011. Upacara pembukaan diselenggarakan secara spektakuler di sepanjang Sungai Musi, sedangkan penutupan di gedung bersejarah, Benteng Kuto Besak (Fort).

Bumi Sriwijaya (Palembang) ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan SEA Games di samping Jakarta yang menjadi tuan rumah pendukung. Dengan demikian, setelah Chiang Mai dan Nakhon Ratchasima di Thailand, salah satu provinsi terbesar di Pulau Sumatera ini akan tercatat sebagai salah satu dari tiga kota yang pernah menyelenggarakan SEA Games di luar ibu kota negara. Dua tahun sebelumnya, Laos yang baru bergabung dengan ASEAN dipercaya menjadi tuan rumah untuk SEA Games ke-25.

Indonesia bertekad menyusul keberhasilan Laos tersebut. Sebanyak 542 medali emas dipertandingkan melalui 44 Cabang olahraga, 22 cabang di dipertandingkan di Palembang dan 24 cabang dipertandingkan di Jakarta. Setidaknya ada tiga sukses yang dapat dicapai Indonesia terkait pelaksanaan SEA GAMES ke-26, yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses dalam peningkatan perekonomian, terutama di dua kota tempat terselenggaranya acara tersebut, Palembang dan Jakarta.

Peningkatan Sektor Ekonomi
Dalam hal peningkatan perekonomian, bukan hanya industri besar, penyelenggaraan SEA Games juga berpotensi memajukan perekonomian Sumatera Selatan secara keseluruhan. Menjelang acara, pertumbuhan ekonomi provinsi ini mengalami peningkatan hingga 6,4% disebabkan pembangunan fisik sarana dan prasarana SEA Games yang menggunakan tenaga kerja besar-besaran. Persiapan SEA Games terlihat telah meningkatkan geliat ekonomi masyarakat di Palembang dan sekitarnya, setidaknya sejak awal tahun 2011. Geliat ekonomi ini terlihat dari dibangunnya sejumlah hotel baru, terserapnya sekitar 4.000 tenaga buruh untuk pembangunan, serta meningkatnya kegiatan di sentra kerajinan rakyat untuk pembuatan cendera mata. Sekitar 5.000 atlet dari negara di Asia Tenggara, termasuk dari Indonesia akan berpartisipasi dalam ajang ini.

Sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses dalam peningkatan perekonomian tentunya tidak terlepas dari kerja keras dari seluruh pihak.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks Mendulang Prestasi, Mengembangkan Potensi Ekonomi.

5. Apa pengaruh penyelenggaraan SEA Games terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatra Selatan Jelaskan.

Jawaban : Pengaruh penyelenggaraan SEA Games terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatra Selatan yaitu Ekonomi Provinsi Sumatra Selatan mengalami peningkatan sebesar 6,4%. Hal ini disebabkan karena banyak penduduk Sumatera Selatan yang direkrut sebagai tenaga kerja untuk membangun sarana dan prasarana SEA Games dan kegiatan para pengrajin untuk membuat cendera mata meningkat.

Ayo Mengamati

Amati logo pada bendera ASEAN berikut.
Apa informasi yang kamu dapatkan dari bendera dan logo ASEAN tersebut?

Jawaban, buka disini: Apa Informasi yang Kamu Dapatkan Dari Bendera Dan Logo ASEAN Tersebut

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 6 SD halaman 49 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5 subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: